Assalamu'alaikum bapak/ibu Pendidik semua.
Diawal tahun ajaran baru, bukanlah hal muah untuk kita sebagai guru. Kita harus menyiapkan Perangkat pembelajaran, Program Tahunan, Program Semester dan Juga Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Oleh karena, itu saya sangat ingin membagikan RPP saya ini kepada bapak/ibu sekalian. Saya kira ini sangat dibutuhkan, semoga membantu.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Persamaan dan pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak
Satuan Pendidikan : SMA
NEGERI 2 MUTIARA
Kelas / Semester : X
/ 1(Ganjil)
Unit 6 : Trigonometri
Sudut-sudut Berelasi
Sub Unit : Sudut-sudut Relasi di Kuadran IV
Pembelajaran Ke : 6
Alokasi Waktu :
Kompetensi inti
3. Memahami
dan menerapkan, menganalisis pengetahuan
(factual, konseptual,dan procedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni
budaya dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan , kebangsaan , kenegaraan , dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian , serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menyaji,dan menalar dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri , dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI
DASAR (KD)
3.6 Menganalisis dan mendeskripsikan sudut-sudut
berelasi pada kuadran IV.
4.14 menentukan nilai perbandingan untuk sudut-sudut berelasi di
kuadran IV
INDIKATOR
⋆ menjelaskan dan menentukan
formula dasar sudut relasi kuadran IV
⋆ pengaplikasian nilai suatu relasi dalam kehidupan hari-hari
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mempelajari Unit ini siswa diharapkan mampu
⋆ menjelaskan apa itu
relasi dan menentukan nilai suatu relasi pada kuadran IV
⋆ menentukan nilai relasi θ dengan = 270° + θ
⋆ menentukan nilai relasi θ dengan = 360° + θ
⋆ menentukan nilai relasi θ dengan = (- θ)
MATERI PEMBELAJARAN
Sudut-Sudut Relasi Pada Kuadran IV
METODE PEMBELAJARAN
Model pembelajaran ; cooperatif learning
Metode ; Diskusi dan tanya jawab.
SUMBER PEMBELAJARAN;
Buku matematika untuk SMA kelas X kelompok
Wajib
Buku paket
Buku referensi lainnya.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 25 (dua puluh Lima)
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
§ Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a. § Guru mengecek
kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan posisi tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. § Menginformasikan sub unit yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”sudut-sudut relasi di kuadran
IV” § Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan. § Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta
membaca dalam hati. § Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa
segitiga siku-siku kemudian menentukan relasi pada segitiga sehingga
menemukan sudut-sudutnya , setelah itu siswa mendiskusikan penggunaan konsep
tersebut dalam kehidupan sehari-hari. § Tanya jawab tentang trigonometri Sudut relasi pada segitiga
siku-siku ”dimakah letak kuadran ke 4 pada segitiga?” ”adakah perbedaan gambar relasi θ untuk ” “dimanakah letak perbedaan kuadran
III dengan kuadran IV?” § menyampaikan inti pembelajaran hari ini, mengenai sudut
relasi pada kuadran IV |
20 menit |
Inti |
§ mengamati permasalahan relasi pada kuadran IV § menyimak penjelasan mengenai bagaimana bentuk bentuk
formula dasar suatu relasi pada kuadran IV dengan menggunakan segitiga § menyelesaikan penurunan perbandingan berdasarkan gambar
dari segitigasehingga menemukan formula dasar untuk sudut relasi kuadran IV § Menganalisis dan menyimpulkan data tambahan tentang
bentuk-bentuk formula dasar relasi kuadran IV dan mengaitkan secara langsung
dengan kehidupan sehari-hari § menyimpulkan data tambahan tentang permasalahan yang
melibatkan sudut relasi pada kuadran IV § Memberikan soal latihan tambahan terkait sudut relasi
pada kuadran IV dalam segitiga siku-siku yang berkaitan langsung dengan
permasalahan seharii-hari |
menit |
Penutup |
§
Siswa diharapkan mengajukan pertanyaan tentang pembelajaran hari ini. §
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan
/ rangkuman hasil belajar selama sehari §
Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) §
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang
pembelajaran yang telah diikuti. §
Melakukan penilaian
hasil belajar §
Mengajak semua siswa
berdo’a (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) |
15 menit |
0 Response to "RPP PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR DALAM TANDA MUTLAK REVISI "
Posting Komentar