RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Persamaan dan pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak
Satuan Pendidikan : SMA
NEGERI 2 MUTI
Kelas / Semester : X
/ 1(Ganjil)
Unit 7 : Aturan Sinus Cosinus
Sub Unit : Aturan Sinus
dan Pembuktiannya
Pembelajaran Ke : 7
Alokasi Waktu :
Kompetensi inti
3. Memahami
dan menerapkan, menganalisis pengetahuan
(factual, konseptual,dan procedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni
budaya dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan , kebangsaan , kenegaraan , dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian , serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menyaji,dan menalar dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri , dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI
DASAR (KD)
3.7 Memahami konsep dan menentukan aturan sinus
serta pembuktian secara nyata.
4.15 Menyajikan aturan sinus dan membuktikannya.
INDIKATOR
⋆ menjelaskan apa itu aturan sinus
dan konsep nya
⋆ menyelesaikan
aturan sinus menggunakan permasalahan yang nyata
⋆pengaplikasian aturan sinus dalam kehidupan sehari-hari
⋆menyelesaikan suatu permasalahan
sinus dan membuktikan kebenaran konsepnya
TUJUAN PEMBELAJARAN ;
Setelah
mempelajari Unit ini siswa diharapkan mampu
⋆ mendeskripsikan dan
mengemukakan konsep aturan sinus serta
menerapkannya dalam kehidupan
sehari-hari.
⋆
menyajikan dan menyelesaikan masalah berkaitan dengan aturan sinus serta
mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
MATERI PEMBELAJARAN
Aturan Sinus (Rumus Sinus)
METODE PEMBELAJARAN
Model pembelajaran ; cooperatif learning
Metode ; Diskusi dan tanya jawab.
SUMBER PEMBELAJARAN;
Buku
matematika untuk SMA kelas X kelompok Wajib
Buku paket
Buku referensi lainnya.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 28 (dua puluh delapan )
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a.
§ Guru mengecek
kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan posisi tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan sub unit yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”aturan sinus”
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan.
§ Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta
membaca dalam hati.
§ Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa
terkait rumus sinus(aturan sinus), kemudian mendiskusikan penggunaan konsep
tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
§ Tanya jawab tentang aturan sinus
”Apa itu aturan sinus?”
”sudahkah kalian mendengar sebelumnya
tentang sinus ?”
“dimana dan bagaimanakah aturan
sinus digunakan?”
§ menyampaikan inti pembelajaran hari ini, mengenai aturan
sinus(rumus sinus)
|
20 menit
|
Inti
|
§ mengamati permasalahan mengenai aturan sinus
§ menyimak penjelasan mengenai bagaimana bentuk rumus
sinus(aturan sinus)
§ menyelesaikan beberapa contoh penggunaan aturan sinus
dan pembuktiaannya
§ Menganalisis dan menyimpulkan data tambahan tentang aturan
sinus dan pembuktiannya
§ Menganalisis dan menyimpulkan data tambahan tentang
permasalahan yang melibatkan aturan sinus
§ Memberikan soal latihan tambahan terkait aturan sinus
dan pembuktiannya
|
menit
|
Penutup
|
§
Siswa diharapkan mengajukan pertanyaan tentang pembelajaran hari ini.
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan
/ rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang
pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa
berdo’a (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
0 Response to "RPP EDISI Revisi Terbaru Aturan Sinus Cosinus"
Posting Komentar