RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Persamaan dan pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak
Satuan Pendidikan : SMA
NEGERI
Kelas / Semester : X
/ 1(Ganjil)
Unit 1 : persamaan dan pertidaksamaan linear dalam
tanda mutlak
Sub Unit : pertidaksamaan linear dalam tanda
mutlak
Pembelajaran Ke : 1
3. Memahami
dan menerapkan, menganalisis pengetahuan
(factual, konseptual,dan procedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni
budaya dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan , kebangsaan , kenegaraan , dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian , serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menyaji,dan menalar dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri , dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI
DASAR (KD)
3.1 mendeskripsikan dan menganalisis pertidaksamaan linear dalam
tanda mutlak serta menerapkannya dalam pemecahan masalah nyata.
4.1
menerapkan
konsep pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak serta menerapkannya dalam
pemecahan masalah nyata.
4.2
membuat
model matematika berupa pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak dari situasi
nyata dan matematika, serta menentukan jawaban dan menganalisis model sekaligus
jawabannya.
INDIKATOR;
⋆ menjelaskan pengertian dan
bentuk pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak
⋆ menyelesaikan
pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak dengan menggunakan sifat-sifat nilai
mutlak
⋆pengaplikasian pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak di
kehidupan sehari-hari
⋆ melakukan operasi pertidaksamaan
linear dengan menggunakan sifat-sifat nilai mutlak.
TUJUAN PEMBELAJARAN ;
Setelah mempelajari Unit ini siswa diharapkan
mampu
⋆ mendeskripsikan dan
menganalisis pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak serta menerapkannya
dalam kehidupan sehari-hari.
⋆
menyajikan dan menyelesaikan masalah berkaitan dengan pertidaksamaan linear dalam
tanda mutlak serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
MATERI PEMBELAJARAN
Pertidaksamaan Linear dalam Tanda Mutlak
METODE PEMBELAJARAN
Model pembelajaran ; cooperatif learning
Metode ; Diskusi dan tanya jawab.
SUMBER PEMBELAJARAN;
Buku
matematika untuk SMA kelas X kelompok Wajib
Buku paket
Buku referensi lainnya.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 4 (empat )
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a.
§ Guru mengecek
kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan posisi tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan sub unit yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ” pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak ”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan.
§ Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta
membaca dalam hati.
§ Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa
terkait pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak, kemudian mendiskusikan penggunaan
konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
§ Tanya jawab tentang bentuk-bentuk pertidaksamaan linear.
”Apa itu pertidaksamaan linear dalam tanda
mutlak?”
”sudahkah kalian mendengar sebelumnya
tentang pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak?”
”Adakah perbedaan persamaan linear dalam
tanda mutlak dengan pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak?”
§ menyampaikan inti pembelajaran hari ini, mengenai pertidaksamaan
linear dalam tanda mutlak
|
20 menit
|
Inti
|
§ mengamati permasalahan mengenai pertidaksamaan linear
§ menyimak penjelasan mengenai bagaimana bentuk
pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak dan cara penyelesaiannya
§ menyelesaikan beberapa contoh pertidaksamaan linear dengan
menggunakan sifat-sifat nilai mutlak
§ Menganalisis dan menyimpulkan data tambahan tentang
bentuk-bentuk pertidaksamaan linear
§ menyimpulkan data tambahan tentang permasalahan yang
melibatkan pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak
§ Memberikan soal latihan tambahan terkait pertidaksamaan
linear dalam tanda mutlak
|
menit
|
Penutup
|
§
Siswa diharapkan mengajukan pertanyaan tentang pembelajaran hari ini.
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan
/ rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang
pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa
berdo’a (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
PENILAIAN;
1. Tehnik dan bentuk instrumen
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
∙ pengamatan
sikap
|
∙ Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
∙ tes
tertulis
|
∙ Tes uraian
|
∙ penilaian
sikap
|
∙lembar
penilaian sikap
|
a. Pengamatan sikap
Lembar pengamatan sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
Menunjukkan
rasa syukur kepada tuhan
|
||||
2
|
Menunjukkan
kemampuan bekerja sama dalam kerja kelompok
|
||||
3
|
Menunjukkan
ketekunan dan disiplin dalam belajar da bekerja baik secara individu maupun
berkelompok
|
Rubric pengamatan sikap
NO
|
Aspek yang
dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Menunjukkan arasa syukur kepada tuhan yang maha Esa
|
3.menunjukkan ekspresi rasa syukur
kepada Tuhan yang maha Esa yang telah memberikan potensi kepada kita untuk
menggali ilmu pengetahuan lebih dalam lagi.
2.belum secara eksplisit menunjukkan
ekspresi atau ungkapan syukur , namun menaruh minat terhadap kebesaran Tuhan
saat refleksi
1.belum menunjukkan ekspresi rasa
syukur atau menaruh minat terhadap kebesaran Tuhan saat refleksi
|
2
|
Menunjukkan kemampuan bekerja sama dalam berkelompok
|
3.menunjukkan kemampuan bekerja sama
antar anggota kelompok dan terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
2.menunjukkan kemampuan bekerja sama ,
namun baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1.tidak menunjukkan kemampuan bekerja
sama , dan sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah
didorong untuk terlibat.
|
3
|
Menunjukkan ketekunan dan disiplin dalam belajar dan
bekerja baik secara individu maupun berkelompok
|
3.tekun dalam menyelesaikan tugas
dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan , berupaya tepat waktu
2.berupaya tepat waktu dalam
menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya..
1.tidak berupaya sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas ,dan tugasnya tidak selesai
|
b. Lembar Tes Tulis
pada lembar soal tes. isilah dengan soal-soal yang berkaitan dengan rencana pembelajaran yang sedang kita ajarkan. dan jangan lupa beserta jawabannya
pada lembar soal tes. isilah dengan soal-soal yang berkaitan dengan rencana pembelajaran yang sedang kita ajarkan. dan jangan lupa beserta jawabannya
Penilaian
sikap
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek yang Dinilai
|
||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Disiplin
|
||
1
|
Aldi putra
|
|||
2
|
Dian islami
|
|||
3
|
Dian munira
|
|||
4
|
Laila
rahma
|
|||
5
|
Mastura
|
|||
6
|
Mizzan
|
|||
7
|
Muhammad
yasir
|
|||
8
|
Naziratul
husna
|
|||
9
|
Nurul
huda
|
|||
10
|
Rahmat
fadhillah
|
|||
11
|
rajuddin
|
|||
12
|
Tursina
akmalia
|
|||
13
|
Ulan
shakira
|
|||
14
|
zulfikar
|
|||
15
|
zulnizah
|
|||
16
|
Arif
mumfadhil
|
Keterangan: 1: Kurang 2
: Cukup 3 : Baik 4 : baik sekali
REKAPITULASI PENILAIAN SISWA TEMA 1 SUBTEMA 1 sd 4
Nama Siswa :
Kelas :
V
Tema :
8
Sub Tema : 1
|
||||||
Sikap
|
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
|
Diisi
oleh guru dalam kalimat positif
tentang apa yang menonjol dan apa
yang perlu usaha-usaha pengembangan
untuk mencapai kompetensi yang
ditetapkan pada kelas yang
diikutinya.
|
||||
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, percaya diri,
dan cinta tanah air.
|
Diisi
oleh guru dalam kalimat positif
tentang apa yang menonjol dan apa
yang perlu usaha-usaha pengembangan
untuk mencapai kompetensi yang
ditetapkan pada kelas yang
diikutinya
|
|||||
pengetahuan
|
Mengingat
dan memahami pengetahuan faktual dan konseptual berdasarkan rasa ingin
tahu tentang:
- dirinya,
- makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya
benda-benda lain di sekitarnya
|
Kompetensi
|
1
|
2
|
3
|
4
|
3.1 mendeskripsikan dan menganalisis pertidaksamaan linear
dalam tanda mutlak serta menerapkannya dalam pemecahan masalah nyata.
|
||||||
ketrampilan
|
Menyajikan
kemampuan mengamati, menanya, dan mencoba dalam:
- bahasa yang jelas, logis
dan sistematis
- tindakan anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 menerapkan konsep pertidaksamaan
linear dalam tanda mutlak serta menerapkannya dalam pemecahan masalah nyata.
4.2
membuat model matematika berupa pertidaksamaan
linear dalam tanda mutlak dari situasi nyata dan matematika, serta menentukan
jawaban dan menganalisis model sekaligus jawabannya
|
||||
Jurnal
penilaian siswa per subtema ini bisa
digunakan sebagai data untuk
pengisian rapot akademik siswa per semester. Dari data pencapaian siswa per subtema ini, guru dapat melihat dan mengukur pencapaian kompetensi siswa
dan memberikan umpan balik yang konstruktif berdasarkan data penilaian autentik yang dimilikinya.
|
Pidie 18 September 2017
Guru Pamong
Mahasiswa
Hamdi , S.Pd.
Laila Akmal
NIP 19811 NPM;14101
Mengetahui
Kepala SMA Negeri
Muslem, S.Pd. M.pd.
NIP. 19760501
0 Response to "RPP persamaan dan pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak "
Posting Komentar