Postingan Populer

RPP persamaan dan pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak



      
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)

Persamaan dan pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak

                      Satuan Pendidikan      :     SMA NEGERI
                      Kelas / Semester        :     X / 1(Ganjil)
 Unit 1                       :    persamaan dan pertidaksamaan linear dalam tanda     mutlak             
Sub Unit                     :     pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak
                      Pembelajaran Ke         :     1
                  

Kompetensi inti

3.      Memahami dan menerapkan, menganalisis  pengetahuan (factual, konseptual,dan procedural)  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni budaya  dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan , kebangsaan , kenegaraan , dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian , serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menyaji,dan menalar dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri , dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI DASAR (KD) 
3.1     mendeskripsikan  dan menganalisis pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak serta menerapkannya dalam pemecahan masalah nyata.
4.1         menerapkan konsep pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak serta menerapkannya dalam pemecahan masalah nyata.
4.2         membuat model matematika berupa pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak dari situasi nyata dan matematika, serta menentukan jawaban dan menganalisis model sekaligus jawabannya.

INDIKATOR;
         menjelaskan pengertian dan bentuk pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak  
         menyelesaikan pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak dengan menggunakan sifat-sifat nilai mutlak
           pengaplikasian  pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak di kehidupan sehari-hari
         melakukan operasi pertidaksamaan linear dengan menggunakan sifat-sifat nilai mutlak.

         TUJUAN PEMBELAJARAN ;
    Setelah mempelajari Unit ini siswa diharapkan mampu
    mendeskripsikan dan menganalisis pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak serta menerapkannya dalam  kehidupan sehari-hari.
menyajikan dan menyelesaikan masalah berkaitan dengan pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

MATERI PEMBELAJARAN
            Pertidaksamaan Linear dalam Tanda Mutlak

METODE PEMBELAJARAN  

Model pembelajaran        ;  cooperatif learning
Metode                         ;   Diskusi dan tanya jawab.


SUMBER PEMBELAJARAN;
            Buku matematika untuk SMA kelas X kelompok Wajib
           
            Buku paket

            Buku referensi lainnya.


            KEGIATAN PEMBELAJARAN
            Pertemuan 4 (empat )

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan sub unit yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak ”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
§   Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta membaca dalam hati.
§   Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak, kemudian mendiskusikan penggunaan konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
§   Tanya jawab tentang bentuk-bentuk pertidaksamaan linear.
         Apa itu pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak?”
         sudahkah kalian mendengar sebelumnya tentang pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak?”
          Adakah perbedaan persamaan linear dalam tanda mutlak dengan pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak?”
§  menyampaikan  inti pembelajaran hari ini, mengenai pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak
20 menit
Inti
§   mengamati permasalahan mengenai pertidaksamaan linear
§   menyimak penjelasan mengenai bagaimana bentuk pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak dan cara penyelesaiannya
§   menyelesaikan beberapa contoh pertidaksamaan linear dengan menggunakan sifat-sifat nilai mutlak
§   Menganalisis dan menyimpulkan data tambahan tentang bentuk-bentuk pertidaksamaan linear
§   menyimpulkan data tambahan tentang permasalahan yang melibatkan pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak
§   Memberikan soal latihan tambahan terkait pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak
           menit

Penutup
§  Siswa diharapkan mengajukan pertanyaan tentang pembelajaran hari ini.
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit

PENILAIAN;
1.     Tehnik dan bentuk instrumen
     Tehnik
   Bentuk Instrumen
 pengamatan sikap
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
  tes tertulis
Tes uraian
  penilaian sikap
lembar penilaian sikap
           
a.      Pengamatan sikap
Lembar pengamatan sikap

No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1
Menunjukkan rasa syukur kepada tuhan




2
Menunjukkan kemampuan bekerja sama dalam kerja kelompok




3
Menunjukkan ketekunan dan disiplin dalam belajar da bekerja baik secara individu maupun berkelompok




           
Rubric pengamatan sikap

NO
 Aspek yang dinilai
Rubrik
1
Menunjukkan arasa syukur kepada tuhan yang maha Esa
3.menunjukkan ekspresi rasa syukur kepada Tuhan yang maha Esa yang telah memberikan potensi kepada kita untuk menggali ilmu pengetahuan lebih dalam lagi.
2.belum secara eksplisit menunjukkan ekspresi atau ungkapan syukur , namun menaruh minat terhadap kebesaran Tuhan saat refleksi
1.belum menunjukkan ekspresi rasa syukur atau menaruh minat terhadap kebesaran Tuhan saat refleksi
2
Menunjukkan kemampuan bekerja sama dalam berkelompok
3.menunjukkan kemampuan bekerja sama antar anggota kelompok dan terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
2.menunjukkan kemampuan bekerja sama , namun baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1.tidak menunjukkan kemampuan bekerja sama , dan sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat.
3
Menunjukkan ketekunan dan disiplin dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
3.tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan , berupaya tepat waktu
2.berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya..
1.tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas ,dan tugasnya tidak selesai



b.     Lembar Tes Tulis

      pada lembar soal tes. isilah dengan soal-soal yang berkaitan dengan rencana pembelajaran yang sedang kita ajarkan. dan jangan lupa beserta jawabannya 




        
     Penilaian sikap
No
Nama Peserta Didik
Aspek yang Dinilai
Percaya Diri
Teliti
Disiplin
1
Aldi putra



2
Dian islami



3
Dian munira



   4
Laila rahma



   5
Mastura



   6
Mizzan



   7
Muhammad yasir



   8
Naziratul husna



   9
Nurul huda



   10
Rahmat fadhillah



   11
rajuddin



   12
Tursina akmalia



  13
Ulan shakira



  14
zulfikar



  15
zulnizah



  16
Arif mumfadhil



                     Keterangan:     1: Kurang        2 : Cukup      3 : Baik         4 : baik sekali

REKAPITULASI  PENILAIAN SISWA TEMA 1 SUBTEMA  1 sd 4
        Nama Siswa       :  
        Kelas                 :   V
        Tema                 :   8
        Sub Tema          :   1




                                 Sikap
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
Diisi oleh  guru dalam kalimat positif tentang apa yang  menonjol dan apa yang  perlu usaha-usaha pengembangan untuk mencapai kompetensi yang  ditetapkan pada kelas yang  diikutinya.
Menunjukkan perilaku  jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya  diri, dan cinta tanah air.
Diisi oleh  guru dalam kalimat positif tentang apa yang  menonjol dan apa yang  perlu usaha-usaha pengembangan untuk mencapai kompetensi yang  ditetapkan pada kelas yang  diikutinya
 

         pengetahuan
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  
 Mengingat dan memahami pengetahuan faktual dan konseptual berdasarkan rasa ingin tahu  tentang:
-  dirinya,
-  makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya benda-benda lain di sekitarnya
Kompetensi
1
2
3
4
3.1     mendeskripsikan  dan menganalisis pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak serta menerapkannya dalam pemecahan masalah nyata.





    
        ketrampilan
                    
Menyajikan kemampuan mengamati, menanya, dan mencoba dalam:
-         bahasa yang jelas,  logis  dan sistematis
-  tindakan anak beriman dan berakhlak  mulia
4.1 menerapkan konsep pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak serta menerapkannya dalam pemecahan masalah nyata.

4.2    membuat model matematika berupa pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak dari situasi nyata dan matematika, serta menentukan jawaban dan menganalisis model sekaligus jawabannya




        Jurnal penilaian siswa per subtema ini bisa  digunakan sebagai data  untuk pengisian rapot akademik                siswa per semester. Dari data  pencapaian siswa per subtema ini, guru  dapat melihat dan  mengukur          pencapaian kompetensi siswa dan  memberikan umpan balik yang  konstruktif berdasarkan data                   penilaian autentik yang  dimilikinya.




                                                                                                          Pidie 18 September 2017
    Guru Pamong                                                                                            Mahasiswa 

                                                                                                                       
    Hamdi , S.Pd.                                                                                           Laila Akmal
    NIP 19811                                                                                                NPM;14101
                                                                                                                             
      Mengetahui
Kepala SMA Negeri


Muslem, S.Pd. M.pd.
NIP. 19760501


0 Response to "RPP persamaan dan pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak "

Posting Komentar