Postingan Populer

SILABUS MATEMATIKA KURIKULUM 2013

  

SILABUS

 


MATA PELAJARAN MATEMATIKA

KELAS IX

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH

 

 

KURIKULUM 2013


SILABUS MATA PELAJARAN MATEMATIKA

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/ MADRASAH TSANAWIYAH KELAS IX

KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan    :    SMP/MTS

Kelas / Semester        :    IX

Kompetensi Inti*

Kompetensi Inti 2    :

Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

Kompetensi Inti 3    :

Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

Kompetensi Inti 4    :

Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Pendekatan  Pembelajaran

Instrumen Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

3.1 Menjelaskan dan melakukan operasi bilangan berpangkat bilangan rasional dan bentuk akar, serta sifat-sifatnya.

4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.

 

Pangkat dan akar

MENGAMATI

§ Mengamati gambar, foto, video atau secara langsung peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan pangkat dan akar

MENANYA

§ Guru memotivasi, mendorong kreatifitas dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami misal: bagaimana kebiasaan manusia membuat notasi turunan/lebih singkat dari notasi dasar untuk memperjelas, mempermudah suatu komunikasi dalam matematika, dsb

§ Membahas dan diskusi mempertanyakan berbagai aspek pangkat dan akar, misal: apa kelebihan dan manfaat mengubah menjadi pangkat dan akar dari perkalian/pembagian berulang dan generalisasi, bagaimana mengubah masalah/bahasa sehari-hari ke dalam bentuk pangkat dan akar dan sebaliknya

EKSPLORASI

Pangkat dan akar

§ Menulis bentuk perpangkatan dari bentuk perkalian berulang dan menghitung hasil berbagai perpangkatan bilangan

§ Menyusun atau membuat serta mendeskripsikan aturan dari pola/barisan bilangan berpangkat dan barisan bangun datar yang bersesuaian

§ Menjelaskan, mendeskripsikan dan menemukan melalui pengamatan sifat perpangkatan dengan satu, perpangkatan dengan nol dan perpangkatan dengan bilangan negative

§ mendeskripsikan dan menuliskan hasil pengukuran yang sangat besar atau sangat kecil dalam bentuk notasi ilmiah, untuk menuliskan masa electron, masa bakteri, masa matahari, masa bumi dsb

§ Menulis bentuk akar dari bentuk pembagian berulang dan sebagai kebalikan dari perpangkatan serta menghitung hasil berbagai penarikan akar bilangan, dilanjutkan dengan mendefinisikan pengertian akar dan notasi penulisannya

§ Menjelaskan, mendeskripsikan dan menemukan melalui pengamatan sifat-sifat operasi aljabar, manipulasi matematika dengan bilangan berpangkat

§ Berlatih menentukan hasil penarikan akar, hasil perpangkatan, notasi ilmiah, solusi suatu masalah, prosedur penyederhanaan bentuk pangkat dan akar atau unsur lainnya berkaitan dengan perpangkatan dan bentuk akar

TUGAS

§ Mencari informasi objek bernilai sangat kecil atau sangat besar

PORTOFOLIO

§ Pemecahan masalah

TES

§ Sifat dan operasi pangkat dan akar

 

5 x 5 JP

Buku teks matematika, benda di lingkungan

 

 

ASOSIASI

Penalaran

§ Menyelidiki, menganalisis dan membedakan menjelaskan melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang merupakan penerapan pangkat dan akar

§ Menganalisis dan menyimpulkan batasan atau cakupan konsep pangkat dan akar, termasuk menguji keberlakuan pangkat dan akar tertentu, misal: 00, dsb

Pemecahan masalah

§ Menjelaskan atau mendeskripsikan masalah ke dalam bahasa sendiri, diagram, table, gambar/ilustrsi yang lebih sederhana, jelas dan lengkap

§ Membahas, mengidentifikasi, dan menentukan konsep serta mengorganisasi data dan memilih informasi yang relevan berkaitan dengan masalah pangkat dan bentuk akar dengan merepresentasikan secara matematis, melalui model atau melalui diagram

§ Menyusun, membuat atau merumuskan model atau kalimat matematika yang tepat, lengkap dan cukup berkaitan dengan masalah pangkat dan bentuk akar, serta syarat keberlakuan modelnya

§ Menggunakan, memanfaatkan dan memilih algoritma atau prosedur operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari masalah pangkat dan bentuk akar

§ Menentukan dan menafsirkan solusi atau penyelesaian masalah serta memberikan alasan kebenaran solusi berkaitan dengan masalah pangkat dan bentuk akar

§ Mendikusikan, menjelaskan dan menarik kesimpulan berdasarkan tahapan dan prosedur penyelesaian masalah pangkat dan bentuk akar

KOMUNIKASI

§ Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan (menurut siswa) berdasarkan apa yang dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok

§ Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,  memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

§ Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya

.

 

 

 

3.2 Menjelaskan persamaan kuadrat dan karakteristik-nya berdasarkan akar-akarnya serta cara penyelesaiannya.

3.3 Menjelaskan fungsi kuadrat dengan menggunakan tabel, persamaan, dan grafik.

3.4 Menjelaskan hubungan  antara koefisien dan diskriminan fungsi kuadrat dengan grafiknya.

4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan kuadrat.

4.3 Menyajikan fungsi kuadrat menggunakan tabel, persamaan, dan grafik.

4.4 Menyajikan dan menyelesaikan masalah kontekstual dengan menggunakan sifat-sifat fungsi kuadrat.

 

Fungsi dan persamaan kuadrat

MENGAMATI

§ Mengamati gambar, foto, video atau secara langsung peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan ekspresi aljabar dan khususnya fungsi dan persamaan kuadrat

MENANYA

§ Guru memotivasi, mendorong kreatifitas dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami misal: bagaimana fungsi kuadrat berperan penting untuk dipelajari dan aspek aplikasinya, dsb

§ Membahas dan diskusi mempertanyakan berbagai aspek fungsi kuadrat, misal: apa kelebihan dan manfaat penerapan fungsi kuadrat dalam masalah sehari-hari, bagaimana mengubah masalah/bahasa sehari-hari ke dalam bentuk ekspresi fungsi aljabar dan sebaliknya

EKSPLORASI

Fungsi kuadrat

§ Memberikan berbagai contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi kuadrat

§ Mendiskusikan dan menjelaskan ciri dan sifat dari variabel, koefisien, konstata dan derajat dari suatu fungsi kuadrat, dan menggambarkan sketsa serta mendeskripsikan bentuk grafik dan titik puncaknya

§ Mendiskusikan, menjelaskan dan melakukan manipulasi matematika tertentu untuk menyederhanakan atau mengubah fungsi kuadrat ke bentuk kuadrat sempurna

§ Melakukan percobaan atau mendemonstrasikan untuk menemukan rumus sumbu simetri dan diskriminan dari fungsi kuadrat, dilanjutkan dengan menggambar dan menjelaskan karakteristik berbagai sketsa grafik fungsi kuadrat untuk berbagai nilai koefisien dan diskriminan

§ Berlatih menentukan nilai fungsi kuadrat, titik potong dengan sumbu koordinat, sumbu simetri, titik puncak, koefisien dan diskriminan, sifat-sifat dan sketsa grafik, ataupun unsur lainnya berkaitan dengan fungsi kuadrat

TUGAS

§ Grafik, foto dan ilustrasi parabol

PORTOFOLIO

§ Pemecahan masalah

TES

§ Fungsi dan persamaan kuadrat

 

5 x 5 JP

Buku teks matematika, benda di lingkungan, benda parabol

 

 

ASOSIASI

Penalaran

§ Menyelidiki, menganalisis dan membedakan menjelaskan melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang merupakan penerapan matematika dan yang bukan penerapan matematika, terutama berkaitan dengan fungsi kuadrat

§ Menganalisis dan menyimpulkan perbedaan fungsi dan persamaan kuadrat melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari

§ Menyelidiki, menganalisis dan menyimpulkan unsur-unsur kurva fungsi kuadrat dari perilaku grafiknya apabila digeser ke atas, ke bawah, ke kiri dan ke kanan

Pemecahan masalah

§ Menjelaskan atau mendeskripsikan masalah ke dalam bahasa sendiri, diagram, table, gambar/ilustrsi yang lebih sederhana, jelas dan lengkap

§ Membahas, mengidentifikasi, dan menentukan konsep serta mengorganisasi data dan memilih informasi yang relevan berkaitan dengan masalah fungsi kuadrat dengan merepresenasikan secara matematis, melalui model atau melalui diagram

§ Menyusun, membuat atau merumuskan model atau kalimat matematika yang tepat, lengkap dan cukup berdasarkan masalah fungsi kuadrat, serta syarat keberlakuan modelnya

§ Menggunakan, memanfaatkan dan memilih algoritma atau prosedur operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari masalah berkaitan fungsi kuadrat

§ Menentukan dan menafsirkan solusi atau penyelesaian masalah serta memberikan alasan kebenaran solusi berkaitan dengan fungsi kuadrat

KOMUNIKASI

§ Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan (menurut siswa) berdasarkan apa yang dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok

§ Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,  memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

§ Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya

.

 

 

 

3.5  Menjelaskan transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi) yang dihubungkan dengan masalah kontekstual.

4.5   Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi).

Transformasi

MENGAMATI

§ Mengamati gambar, foto, video atau secara langsung peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan Transpormasi

MENANYA

§ Guru memotivasi, mendorong kreatifitas dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami misal: bagaimana masalah Transpormasi dalam kehidupan keseharian dsb

§ Membahas dan diskusi mempertanyakan berbagai aspek Transpormasi, misal: apa kelebihan dan manfaat mengenal masalah sehari-hari yang bersifat fungsional, tidak fungsional, bagaimana mengubah masalah/bahasa sehari-hari ke dalam bentuk Transpormasi dan sebaliknya

EKSPLORASI

Perbandingan/rasio/proporsi

§ Membahas, mendeskripsikan dan transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi) ke dalam berbagai bentuk gambar, serta kaitan dan penulisannya.

§ Membahas dan mendeskripsikan strategi mengubah suatu transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi) ke dalam bentuk paling sederhana

§ Menentukan nilai transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi). dari kuantitas benda dengan kuantitas benda lainnya dalam suatu kumpulan benda, atau suatu ukuran/besaran dengan ukuran/besaran lainnya di bidang aritmetika social, pengukuran (geometri, sains) dan masalah lainnya

§ Membahas, mendeskripsikan dan menjelaskan ciri atau karakteristik serta menentukan nilai transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi) grafik dan persamaan

§ Berlatih menentukan nilai perbandingan, kuantitas benda tertentu, ataupun kuantitas keseluruhan benda, table, grafik dan persamaan, termasuk penerapannya di bidang aritmetika social, pengukuran (geometri, sains) dan masalah lainnya berkaitan dengan transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi).

TUGAS

§ Mencari contoh kejadian yang berupa penerapan transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi).

PORTOFOLIO

§ Pemecahan masalah

TES

§ transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi).Tabel, grafik, persamaan menunjukkan perbandingan

§ Manipulasi matematika dalam transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi).

5 x 5 JP

Buku teks matematika, benda di lingkungan

 

 

ASOSIASI

Penalaran

§ Menyelidiki, menganalisis dan membedakan menjelaskan melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang merupakan penerapan transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi).

§ Mengidentifikasi, menganalisis dan menyimpulkan transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi). melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari

§ Menyelidiki, menganalisis dan menyimpulkan unsur-unsur, besaran atau karakteristik grafik terkait dengan masalah transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi).

Pemecahan masalah

§ Menjelaskan atau mendeskripsikan masalah ke dalam bahasa sendiri, diagram, table, gambar/ilustrsi yang lebih sederhana, jelas dan lengkap

§ Membahas, mengidentifikasi, dan menentukan konsep serta mengorganisasi data dan memilih informasi yang relevan berkaitan dengan masalah transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi). dengan merepresentasikan secara matematis, melalui model, diagram, table, grafik atau persamaan

§ Menyusun, membuat atau merumuskan model atau kalimat matematika yang tepat, lengkap dan cukup berkaitan dengan masalah transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi)., serta syarat keberlakuan modelnya

§ Menggunakan, memanfaatkan dan memilih algoritma atau prosedur operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari masalah transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi).

§ Menentukan dan menafsirkan solusi atau penyelesaian masalah serta memberikan alasan kebenaran solusi berkaitan dengan masalah transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi).

§ Mendikusikan, menjelaskan dan menarik kesimpulan berdasarkan tahapan dan prosedur penyelesaian masalah transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi).

 

 

 

 

 

§ Menjelaskan, mendeskripsikan atau menjelaskan ciri dan karakteristik masalah hubungan dua besaran yang bersifat fungsional ke dalam bahasa sendiri, diagram, pasangan nilai, table, atau grafik/gambar yang lebih sederhana, jelas dan lengkap

§ Menentukan dan memilih strategi untuk menaksir besaran yang tidak diketahui dari masalah dengan melakukan manipulasi matematika, aljabar, atau aritmtika, berdasarkan table nilai atau grafik yang disusun

KOMUNIKASI

§ Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan (menurut siswa) berdasarkan apa yang dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok

§ Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,  memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

§ Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya

.

 

 

 

3.6   Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar.

4.6   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar.

 

 

 

Kekongruenan dan Kesebangunan

MENGAMATI

§ Mengamati gambar, foto, video atau secara langsung peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan relasi bangun-bangun datar dan bangun ruang

MENANYA

§ Guru memotivasi, mendorong kreatifitas dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami misal: bagaimana tingkat estetik, ergonomis, dan efektifitas dari berbagai benda di sekeliling yang bersifat sebangun atau kongruen, misal: model rumah, kavling, dsb

§ Membahas dan diskusi mempertanyakan berbagai aspek relasi bangun datar dan bangun ruang, misal: apa kelebihan dan manfaat mengubah sebangun dan kongruensi, bagaimana mengubah masalah/bahasa sehari-hari ke dapat diselesaikan dengan menggunakan konsep sebangun atau kongruensi dan sebaliknya

EKSPLORASI

Melakukan pekerjaan secara tekun, sabar, teliti dan sungguh-sungguh untuk menyelidiki sifat-sifat dalam konsep matematika, serta secara khusus dalam menyelidiki sifat-sifat segitiga sebangun dan kongruen, sbb:

§ Mengidentifikasi dan mendeskripsikan persamaan dan perbedaan permukaan benda-benda dan gambar atau kejadian yang memiliki bentuk sama

§ Mendeskripsikan, menjelaskan sifat, ciri dan persamaan dan perbedaan benda dengan permukaan yang sebangun dan kongruen berdasarkan hasil pengamatan

§ Membuat model, menggambar atau melukis bangun-bangun datar sebangun dan kongruen dengan berbagai cara dan posisi

§ Menentukan atau menggambar bangun datar yang sebangun dan kongruen dengan bangun lain

§ Berlatih menentukan sisi, sudut, dan ukurannya, atau unsur lainnya berkaitan dengan kesebangunan

TUGAS

§ Menggambar berbagai bangun datar yang sebangun, kongruen dalam berbagai posisi

OBSERVASI

§ Ingin tahu

PORTOFOLIO

§ Pemecahan masalah

TES

§ Sebangun, kongruen

 

5 x 5 JP

Buku teks matematika, benda di lingkungan

Alat peraga bangun datar

 

 

§ Menjelaskan atau mendeskripsikan masalah ke dalam bahasa sendiri, diagram, gambar, ilustrsi yang lebih sederhana, jelas dan lengkap

§ Membahas, mengidentifikasi, dan menentukan konsep serta mengorganisasi data dan memilih informasi yang relevan berkaitan dengan masalah kesebangunan dan kongruen dengan merepresentasikan secara matematis, melalui model atau melalui diagram

§ Menyusun, membuat atau merumuskan model atau kalimat matematika yang tepat, lengkap dan cukup berdasarkan masalah kesebangunan dan kongruen

§ Menggunakan, memanfaatkan dan memilih algoritma atau prosedur operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari masalah berkaitan kesebangunan dan kongruen

§ Menentukan dan menafsirkan solusi atau penyelesaian masalah serta memberikan alasan kebenaran solusi berkaitan dengan kesebangunan dan kongruen

ASOSIASI

Melakukan pekerjaan yang menantang dalam menyelidiki kebenaran konsep yang berlaku dalam matematika, khususnya kebenaran prosedur atau logika dalam merumuskan  sifat-sifat segitiga sebangun dan kongruen, sbb:

§ Menyelidiki, menganalisis dan membedakan menjelaskan melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang merupakan penerapan konsep sebangun dan yang bukan penerapan konsep sebangun

§ Menganalisis dan menyimpulkan perbedaan sebangun dan kongruen melalui sifat atau definisi matematika

§ Menyelidiki, menganalisis dan menyimpulkan untuk merumuskan unsur-unsur atau komponen dari masalah  kesebangunan dengan bantuan diagram/ilustrasi

KOMUNIKASI

§ Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan (menurut siswa) berdasarkan apa yang dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok

§ Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,  memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

§ Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya

 

 

 

3.7   Membuat generalisasi luas permukaan dan volume berbagai bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola).

 

4.7   Menyelesaikan masalah  kontekstual yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola), serta  gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung.

Bangun Ruang Sisi Lengkung (Luas dan volume)

MENGAMATI

§ Mengamati gambar, foto, video atau secara langsung peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan luas dan volume

MENANYA

§ Guru memotivasi, mendorong kreatifitas dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami misal: bagaimana manusia menghitung, menemukan, menaksir luas dan volume berbagai benda di sekeliling kita melalui percobaan dsb

§ Membahas dan diskusi mempertanyakan berbagai aspek luas dan volume, misal: apa kelebihan dan manfaat pengetahuan dan penggunaan masalah luas dan volume dsb

 

EKSPLORASI

§ Membahas, membentuk atau menyusun berbagai jaring-jaring tabung, kerucut, dan bola (yang tertutup atau tanpa tutup beberapa bagian)

§ Membahas, menjelaskan strategi dan melakukan percobaan untuk menemukan dan menghitung luas permukaan serta volume tabung, kerucut, dan bola atau berdasarkan konep luas dan volume bangun prisma dan limas.

§ Berlatih menentukan luas, volume ataupun unsur lainnya yang berkaitan dengan tabung, kerucut, dan bola

TUGAS

§ Melakukan percobaan dan pengamatan pola menemukan luas dan volume tabung, kerucut, bola

TES

§ Luas dan volume tabung, kerucut, bola

§ Luas dan volume bangun bangun tidak beraturan

 

5 x 5 JP

Buku teks matematika, benda di lingkungan

Kubus, balok

 

 

§ Membahas, menggambar atau membuat sketsa bangun ruang beraturan atau bangun geometri dasar yang memiliki kesamaan atau kemiripan ukuran dengan bangun ruang tidak beraturan (bersisi lengkung ataupun yang tidak lengkung)

§ Membahas, menjelaskan strategi menghitung luas dan volume bangun geometri dasar sebagai cara untuk menaksir luas dan volume bangun ruang tidak beraturan sisi lengkung/ tidak lengkung

§ Berlatih menentukan luas, volume ataupun unsur lainnya yang berkaitan dengan bangun ruang tidak beraturan bersisi lengkung ataupun yang tidak lengkung

ASOSIASI

§ Menyelidiki, menganalisis dan menjelaskan melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang merupakan luas dan volume

§ Menganalisis, merancang dan melakukan percobaan dan menyimpulkan konsep dan rumus luas dan volume bangun datar dan bangun ruang sederhana serta untuk menaksir bangun-bangun tidak beraturan melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari

§ Menyelidiki, menganalisis dan menyimpulkan unsur-unsur rumus luas dan volume serta perilaku hubungan fungisonalnya

KOMUNIKASI

§ Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan (menurut siswa) berdasarkan apa yang dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok

§ Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,  memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

§ Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya

.

 

 

 

Mengetahui

Kepala Madrasah

 

Beureunuen, 17 Agustus 2021

Guru Mata Pelajaran

 

 

Tarmizi, S.Pd                               NIP. --------


 

 

 Laila Akmal, S.Pd                                       NIP. ------

0 Response to "SILABUS MATEMATIKA KURIKULUM 2013"

Posting Komentar