SILABUS
MATA PELAJARAN MATEMATIKA
KELAS IX
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH
KURIKULUM 2013
SILABUS MATA
PELAJARAN MATEMATIKA
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/
MADRASAH TSANAWIYAH KELAS IX
KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SMP/MTS
Kelas / Semester : IX
Kompetensi Inti*
Kompetensi Inti 2 :
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
Kompetensi Inti 3 :
Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
Kompetensi Inti 4 :
Mengolah, menyaji,
dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Pendekatan Pembelajaran |
Instrumen Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
3.1 Menjelaskan dan melakukan operasi
bilangan berpangkat bilangan rasional dan bentuk akar, serta sifat-sifatnya. 4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan sifat-sifat operasi bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.
|
Pangkat dan akar |
MENGAMATI § Mengamati
gambar, foto, video atau
secara langsung peristiwa, kejadian,
fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan pangkat dan akar MENANYA § Guru memotivasi, mendorong kreatifitas dalam bentuk
bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami misal: bagaimana
kebiasaan manusia
membuat notasi turunan/lebih singkat dari notasi dasar untuk memperjelas,
mempermudah suatu komunikasi dalam matematika, dsb § Membahas
dan diskusi mempertanyakan berbagai aspek pangkat dan akar, misal: apa
kelebihan dan manfaat mengubah menjadi pangkat dan akar dari
perkalian/pembagian berulang dan generalisasi, bagaimana mengubah
masalah/bahasa sehari-hari ke dalam bentuk pangkat dan akar dan sebaliknya EKSPLORASI Pangkat
dan akar § Menulis
bentuk perpangkatan
dari bentuk perkalian berulang dan menghitung hasil berbagai perpangkatan bilangan § Menyusun
atau membuat serta mendeskripsikan aturan dari pola/barisan bilangan
berpangkat dan barisan bangun datar yang bersesuaian § Menjelaskan,
mendeskripsikan dan menemukan melalui pengamatan sifat perpangkatan dengan
satu, perpangkatan dengan nol dan perpangkatan dengan bilangan negative § mendeskripsikan
dan menuliskan hasil pengukuran yang sangat besar atau sangat kecil dalam
bentuk notasi ilmiah, untuk menuliskan masa electron, masa bakteri, masa
matahari, masa bumi dsb § Menulis
bentuk akar dari bentuk pembagian berulang dan sebagai kebalikan dari
perpangkatan serta menghitung hasil berbagai penarikan akar bilangan,
dilanjutkan dengan mendefinisikan pengertian akar dan notasi penulisannya § Menjelaskan, mendeskripsikan dan menemukan melalui
pengamatan sifat-sifat operasi aljabar, manipulasi matematika dengan
bilangan berpangkat § Berlatih
menentukan hasil penarikan akar, hasil perpangkatan, notasi ilmiah, solusi
suatu masalah, prosedur penyederhanaan bentuk pangkat dan akar atau unsur
lainnya berkaitan dengan perpangkatan dan bentuk akar |
TUGAS § Mencari
informasi objek bernilai sangat kecil atau sangat besar PORTOFOLIO § Pemecahan
masalah TES § Sifat
dan operasi pangkat dan akar
|
5 x 5 JP |
Buku
teks matematika, benda di lingkungan |
|
|
ASOSIASI Penalaran § Menyelidiki, menganalisis dan membedakan menjelaskan
melalui contoh kejadian,
peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang merupakan penerapan pangkat dan akar § Menganalisis
dan menyimpulkan batasan atau cakupan konsep pangkat dan akar, termasuk
menguji keberlakuan pangkat dan akar tertentu, misal: 00, dsb Pemecahan
masalah § Menjelaskan
atau mendeskripsikan masalah ke dalam bahasa sendiri, diagram, table,
gambar/ilustrsi yang lebih sederhana, jelas dan lengkap § Membahas,
mengidentifikasi, dan menentukan konsep serta mengorganisasi data dan memilih
informasi yang relevan berkaitan dengan masalah pangkat dan bentuk akar
dengan merepresentasikan secara matematis, melalui model atau melalui diagram § Menyusun,
membuat atau merumuskan model atau kalimat matematika yang tepat, lengkap dan
cukup berkaitan dengan masalah pangkat dan bentuk akar, serta syarat
keberlakuan modelnya § Menggunakan,
memanfaatkan dan memilih algoritma atau prosedur operasi serta manipulasi
matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari masalah pangkat dan
bentuk akar § Menentukan
dan menafsirkan solusi atau penyelesaian masalah serta memberikan
alasan kebenaran solusi berkaitan
dengan masalah pangkat dan bentuk akar § Mendikusikan,
menjelaskan dan menarik kesimpulan berdasarkan tahapan dan prosedur penyelesaian masalah
pangkat dan bentuk akar KOMUNIKASI § Menyajikan
secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa
yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan (menurut siswa) berdasarkan apa yang dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok § Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
sanggahan dan alasan, memberikan
tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya § Melakukan
resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang
dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya . |
|
|
|
3.2
Menjelaskan persamaan kuadrat dan karakteristik-nya berdasarkan akar-akarnya
serta cara penyelesaiannya. 3.3 Menjelaskan fungsi kuadrat dengan
menggunakan tabel, persamaan, dan grafik. 3.4 Menjelaskan hubungan antara koefisien dan diskriminan fungsi kuadrat
dengan grafiknya. 4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan persamaan kuadrat. 4.3 Menyajikan fungsi kuadrat menggunakan
tabel, persamaan, dan grafik. 4.4 Menyajikan dan menyelesaikan masalah
kontekstual dengan menggunakan sifat-sifat fungsi kuadrat. |
Fungsi dan persamaan kuadrat |
MENGAMATI § Mengamati
gambar, foto, video atau
secara langsung peristiwa, kejadian,
fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan ekspresi aljabar dan khususnya fungsi dan persamaan
kuadrat MENANYA § Guru memotivasi, mendorong kreatifitas dalam bentuk
bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami misal: bagaimana
fungsi kuadrat berperan
penting untuk dipelajari dan aspek aplikasinya, dsb § Membahas
dan diskusi mempertanyakan berbagai aspek fungsi kuadrat, misal: apa
kelebihan dan manfaat penerapan fungsi kuadrat dalam masalah sehari-hari,
bagaimana mengubah masalah/bahasa sehari-hari ke dalam bentuk ekspresi fungsi
aljabar dan sebaliknya EKSPLORASI Fungsi
kuadrat § Memberikan
berbagai contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas
sosial sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi kuadrat § Mendiskusikan
dan menjelaskan ciri dan sifat dari variabel, koefisien, konstata dan derajat
dari suatu fungsi kuadrat, dan menggambarkan sketsa serta mendeskripsikan
bentuk grafik dan titik puncaknya §
Mendiskusikan, menjelaskan dan melakukan
manipulasi matematika tertentu
untuk menyederhanakan atau mengubah fungsi kuadrat ke bentuk kuadrat sempurna § Melakukan
percobaan atau mendemonstrasikan untuk menemukan rumus sumbu simetri dan
diskriminan dari fungsi kuadrat, dilanjutkan dengan menggambar dan
menjelaskan karakteristik berbagai sketsa grafik fungsi kuadrat untuk
berbagai nilai koefisien dan diskriminan § Berlatih
menentukan nilai fungsi kuadrat, titik potong dengan sumbu koordinat, sumbu
simetri, titik puncak, koefisien dan diskriminan, sifat-sifat dan sketsa
grafik, ataupun unsur lainnya berkaitan dengan fungsi kuadrat |
TUGAS § Grafik,
foto dan ilustrasi parabol PORTOFOLIO § Pemecahan
masalah TES § Fungsi
dan persamaan kuadrat
|
5 x 5 JP |
Buku
teks matematika, benda di lingkungan, benda parabol |
|
|
ASOSIASI Penalaran § Menyelidiki, menganalisis dan membedakan menjelaskan
melalui contoh kejadian,
peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang merupakan penerapan matematika dan yang bukan
penerapan matematika, terutama berkaitan dengan fungsi kuadrat § Menganalisis dan menyimpulkan perbedaan fungsi dan
persamaan kuadrat melalui contoh
kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial
sehari-hari § Menyelidiki,
menganalisis dan menyimpulkan unsur-unsur kurva fungsi kuadrat dari perilaku
grafiknya apabila digeser ke atas, ke bawah, ke kiri dan ke kanan Pemecahan
masalah § Menjelaskan
atau mendeskripsikan masalah ke dalam bahasa sendiri, diagram, table,
gambar/ilustrsi yang lebih sederhana, jelas dan lengkap § Membahas,
mengidentifikasi, dan menentukan konsep serta mengorganisasi data dan memilih
informasi yang relevan berkaitan dengan masalah fungsi kuadrat dengan
merepresenasikan secara matematis, melalui model atau melalui diagram § Menyusun,
membuat atau merumuskan model atau kalimat matematika yang tepat, lengkap dan
cukup berdasarkan masalah fungsi kuadrat, serta syarat keberlakuan modelnya § Menggunakan,
memanfaatkan dan memilih algoritma atau prosedur operasi serta manipulasi
matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari masalah berkaitan fungsi
kuadrat § Menentukan
dan menafsirkan solusi atau penyelesaian masalah serta memberikan alasan
kebenaran solusi berkaitan dengan fungsi kuadrat KOMUNIKASI § Menyajikan
secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa
yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan (menurut siswa) berdasarkan apa yang dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok § Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
sanggahan dan alasan, memberikan
tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya § Melakukan
resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang
dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya . |
|
|
|
3.5
Menjelaskan transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi)
yang dihubungkan dengan masalah kontekstual. 4.5
Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan transformasi geometri (refleksi, translasi,
rotasi, dan dilatasi). |
Transformasi |
MENGAMATI § Mengamati
gambar, foto, video atau
secara langsung peristiwa, kejadian,
fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan Transpormasi MENANYA § Guru memotivasi, mendorong kreatifitas dalam bentuk
bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami misal: bagaimana
masalah Transpormasi dalam
kehidupan keseharian dsb § Membahas
dan diskusi mempertanyakan berbagai aspek Transpormasi, misal: apa kelebihan
dan manfaat mengenal masalah sehari-hari yang bersifat fungsional, tidak
fungsional, bagaimana mengubah masalah/bahasa sehari-hari ke dalam bentuk Transpormasi
dan sebaliknya EKSPLORASI Perbandingan/rasio/proporsi § Membahas, mendeskripsikan dan transformasi geometri (refleksi, translasi,
rotasi, dan dilatasi) ke
dalam berbagai bentuk gambar, serta kaitan dan penulisannya. § Membahas
dan mendeskripsikan strategi mengubah suatu transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi,
dan dilatasi) ke dalam bentuk paling sederhana § Menentukan
nilai transformasi geometri (refleksi,
translasi, rotasi, dan dilatasi). dari kuantitas benda dengan
kuantitas benda lainnya dalam suatu kumpulan benda, atau suatu ukuran/besaran
dengan ukuran/besaran lainnya di bidang aritmetika social, pengukuran
(geometri, sains) dan masalah lainnya § Membahas,
mendeskripsikan dan menjelaskan ciri atau karakteristik serta menentukan
nilai transformasi geometri (refleksi,
translasi, rotasi, dan dilatasi) grafik dan persamaan § Berlatih
menentukan nilai perbandingan, kuantitas benda tertentu, ataupun kuantitas
keseluruhan benda, table, grafik dan persamaan, termasuk penerapannya di
bidang aritmetika social, pengukuran (geometri, sains) dan masalah lainnya
berkaitan dengan transformasi
geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi). |
TUGAS § Mencari
contoh kejadian yang berupa penerapan transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi). PORTOFOLIO § Pemecahan
masalah TES § transformasi geometri (refleksi, translasi,
rotasi, dan dilatasi).Tabel, grafik, persamaan
menunjukkan perbandingan § Manipulasi
matematika dalam transformasi
geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi). |
5 x 5 JP |
Buku
teks matematika, benda di lingkungan |
|
|
ASOSIASI Penalaran § Menyelidiki, menganalisis dan membedakan menjelaskan
melalui contoh kejadian,
peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang merupakan penerapan transformasi geometri (refleksi, translasi,
rotasi, dan dilatasi). § Mengidentifikasi,
menganalisis dan menyimpulkan transformasi
geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi). melalui contoh
kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial
sehari-hari § Menyelidiki,
menganalisis dan menyimpulkan unsur-unsur, besaran atau karakteristik grafik
terkait dengan masalah transformasi
geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi). Pemecahan
masalah § Menjelaskan
atau mendeskripsikan masalah ke dalam bahasa sendiri, diagram, table,
gambar/ilustrsi yang lebih sederhana, jelas dan lengkap § Membahas,
mengidentifikasi, dan menentukan konsep serta mengorganisasi data dan memilih
informasi yang relevan berkaitan dengan masalah transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi,
dan dilatasi). dengan merepresentasikan secara matematis, melalui
model, diagram, table, grafik atau persamaan § Menyusun,
membuat atau merumuskan model atau kalimat matematika yang tepat, lengkap dan
cukup berkaitan dengan masalah transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi).,
serta syarat keberlakuan modelnya § Menggunakan,
memanfaatkan dan memilih algoritma atau prosedur operasi serta manipulasi
matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari masalah transformasi geometri (refleksi, translasi,
rotasi, dan dilatasi). § Menentukan dan menafsirkan solusi atau penyelesaian
masalah serta memberikan alasan kebenaran solusi berkaitan dengan masalah transformasi geometri (refleksi, translasi,
rotasi, dan dilatasi). §
Mendikusikan, menjelaskan dan menarik kesimpulan berdasarkan
tahapan dan prosedur penyelesaian masalah transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi). |
|
|
|
|
|
§ Menjelaskan,
mendeskripsikan atau menjelaskan ciri dan karakteristik masalah hubungan dua
besaran yang bersifat fungsional ke dalam bahasa sendiri, diagram, pasangan
nilai, table, atau grafik/gambar yang lebih sederhana, jelas dan lengkap § Menentukan
dan memilih strategi untuk menaksir besaran yang tidak diketahui dari masalah
dengan melakukan manipulasi matematika, aljabar, atau aritmtika, berdasarkan
table nilai atau grafik yang disusun KOMUNIKASI § Menyajikan
secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa
yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan (menurut siswa) berdasarkan apa yang dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok § Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
sanggahan dan alasan, memberikan
tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya § Melakukan
resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami,
keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya . |
|
|
|
3.6 Menjelaskan
dan menentukan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar. 4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar.
|
Kekongruenan
dan Kesebangunan |
MENGAMATI § Mengamati
gambar, foto, video atau
secara langsung peristiwa, kejadian,
fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan relasi bangun-bangun datar dan bangun ruang MENANYA § Guru memotivasi, mendorong kreatifitas dalam bentuk
bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami misal: bagaimana
tingkat estetik, ergonomis, dan efektifitas dari berbagai benda di sekeliling
yang bersifat sebangun atau kongruen, misal: model rumah, kavling, dsb § Membahas
dan diskusi mempertanyakan berbagai aspek relasi bangun datar dan bangun
ruang, misal: apa kelebihan dan manfaat mengubah sebangun dan kongruensi,
bagaimana mengubah masalah/bahasa sehari-hari ke dapat diselesaikan dengan
menggunakan konsep sebangun atau kongruensi dan sebaliknya EKSPLORASI Melakukan
pekerjaan secara tekun, sabar, teliti dan sungguh-sungguh untuk menyelidiki
sifat-sifat dalam konsep matematika, serta secara khusus dalam menyelidiki
sifat-sifat segitiga sebangun dan kongruen, sbb: § Mengidentifikasi
dan mendeskripsikan persamaan dan perbedaan permukaan benda-benda dan gambar
atau kejadian yang memiliki bentuk sama § Mendeskripsikan,
menjelaskan sifat, ciri dan persamaan dan perbedaan benda dengan permukaan
yang sebangun dan kongruen berdasarkan hasil pengamatan § Membuat
model, menggambar atau melukis bangun-bangun datar sebangun dan kongruen
dengan berbagai cara dan posisi § Menentukan
atau menggambar bangun datar yang sebangun dan kongruen dengan bangun lain § Berlatih
menentukan sisi, sudut, dan ukurannya, atau unsur lainnya berkaitan dengan
kesebangunan |
TUGAS § Menggambar
berbagai bangun datar yang sebangun, kongruen dalam berbagai posisi OBSERVASI § Ingin
tahu PORTOFOLIO § Pemecahan
masalah TES § Sebangun,
kongruen
|
5 x 5 JP |
Buku
teks matematika, benda di lingkungan Alat
peraga bangun datar |
|
|
§ Menjelaskan
atau mendeskripsikan masalah ke dalam bahasa sendiri, diagram, gambar,
ilustrsi yang lebih sederhana, jelas dan lengkap § Membahas,
mengidentifikasi, dan menentukan konsep serta mengorganisasi data dan memilih
informasi yang relevan berkaitan dengan masalah kesebangunan dan kongruen
dengan merepresentasikan secara matematis, melalui model atau melalui diagram § Menyusun,
membuat atau merumuskan model atau kalimat matematika yang tepat, lengkap dan
cukup berdasarkan masalah kesebangunan dan kongruen § Menggunakan,
memanfaatkan dan memilih algoritma atau prosedur operasi serta manipulasi
matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari masalah berkaitan
kesebangunan dan kongruen § Menentukan dan menafsirkan solusi atau penyelesaian
masalah serta memberikan alasan kebenaran solusi berkaitan dengan kesebangunan dan kongruen ASOSIASI Melakukan
pekerjaan yang menantang dalam menyelidiki kebenaran konsep yang berlaku
dalam matematika, khususnya kebenaran prosedur atau logika dalam
merumuskan sifat-sifat segitiga
sebangun dan kongruen,
sbb: § Menyelidiki, menganalisis dan membedakan menjelaskan
melalui contoh kejadian,
peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang merupakan penerapan konsep sebangun dan yang bukan
penerapan konsep sebangun § Menganalisis
dan menyimpulkan perbedaan sebangun dan kongruen melalui sifat atau definisi
matematika § Menyelidiki,
menganalisis dan menyimpulkan untuk merumuskan unsur-unsur atau komponen dari
masalah kesebangunan dengan bantuan
diagram/ilustrasi KOMUNIKASI § Menyajikan
secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa
yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan (menurut siswa) berdasarkan apa yang dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok § Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
sanggahan dan alasan, memberikan
tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya § Melakukan
resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang
dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya |
|
|
|
3.7
Membuat generalisasi luas permukaan dan volume berbagai bangun ruang
sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola).
4.7
Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun
ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola), serta gabungan beberapa bangun ruang sisi
lengkung. |
Bangun
Ruang Sisi Lengkung (Luas dan
volume) |
MENGAMATI § Mengamati
gambar, foto, video atau
secara langsung peristiwa, kejadian,
fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan luas dan volume MENANYA § Guru memotivasi, mendorong kreatifitas dalam bentuk
bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami misal: bagaimana
manusia menghitung,
menemukan, menaksir luas dan volume berbagai benda di sekeliling kita melalui
percobaan dsb § Membahas
dan diskusi mempertanyakan berbagai aspek luas dan volume, misal: apa
kelebihan dan manfaat pengetahuan
dan penggunaan masalah luas dan volume dsb
EKSPLORASI § Membahas,
membentuk atau menyusun berbagai jaring-jaring tabung, kerucut, dan bola (yang tertutup atau tanpa
tutup beberapa bagian) § Membahas,
menjelaskan strategi dan melakukan percobaan untuk menemukan dan menghitung
luas permukaan serta volume tabung,
kerucut, dan bola atau berdasarkan konep luas dan volume bangun prisma dan
limas. § Berlatih
menentukan luas, volume ataupun unsur lainnya yang berkaitan dengan tabung, kerucut, dan bola |
TUGAS § Melakukan
percobaan dan pengamatan pola menemukan luas dan volume tabung, kerucut, bola TES § Luas
dan volume tabung, kerucut, bola § Luas
dan volume bangun bangun tidak beraturan
|
5 x 5 JP |
Buku
teks matematika, benda di lingkungan Kubus,
balok |
|
|
§ Membahas,
menggambar atau membuat sketsa bangun ruang beraturan atau bangun geometri
dasar yang memiliki kesamaan atau kemiripan ukuran dengan bangun ruang tidak
beraturan (bersisi lengkung ataupun yang tidak lengkung) § Membahas,
menjelaskan strategi menghitung luas dan volume bangun geometri dasar sebagai
cara untuk menaksir luas dan volume bangun ruang tidak beraturan sisi
lengkung/ tidak lengkung § Berlatih
menentukan luas, volume ataupun unsur lainnya yang berkaitan dengan bangun ruang tidak beraturan bersisi
lengkung ataupun yang tidak lengkung ASOSIASI § Menyelidiki, menganalisis dan menjelaskan
melalui contoh kejadian,
peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang merupakan luas dan volume § Menganalisis, merancang dan melakukan percobaan dan menyimpulkan
konsep dan rumus luas
dan volume bangun datar dan bangun ruang sederhana serta untuk menaksir
bangun-bangun tidak beraturan melalui
contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial
sehari-hari § Menyelidiki,
menganalisis dan menyimpulkan unsur-unsur rumus luas dan volume serta perilaku
hubungan fungisonalnya KOMUNIKASI § Menyajikan
secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa
yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan (menurut siswa) berdasarkan apa yang dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok § Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
sanggahan dan alasan, memberikan
tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya § Melakukan
resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang
dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya . |
|
|
|
Mengetahui Kepala Madrasah |
|
Beureunuen, 17 Agustus 2021 Guru Mata Pelajaran |
Tarmizi, S.Pd NIP. -------- |
|
Laila Akmal, S.Pd NIP. ------ |
0 Response to "SILABUS MATEMATIKA KURIKULUM 2013"
Posting Komentar