Postingan Populer

RPP K13 PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                           Satuan pendidikan                          ; MTsS Tgk Chik Dayah Cut Tiro
                          Mata Pelajaran                                ; Matematika
 Kelas / semester                               ; V111 / Ganjil
 Tahun Pelajaran                                ; 2016 / 2017
                         Materi pokok                                   ; PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL
Alokasi waktu                                    ;10  JP x 45 menit
A.      Kompetensi Inti
     1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
     2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
      3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
       4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

 B . Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1.1 Berdoa sebelum dan sesudah pelajaran
1.1.2 Menggunakan waktu seefektif mungkin
1.1.3 Bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika
2
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar
2.2.1 Suka bertanya selama proses pembelajaran.
2.2.2 Berani mengutarakan pendapat
2.2.3 Tanggung jawab dalam mengerjakan tugas
2.2.4  Bekerja sama dan mementingkan hasil kerja kelompok
3
3.4 Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel dan penafsirannya.

3.4.1 Memahami sistem persamaan linier
3.4.2 membuat model matematika dari permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV
3.4.3 menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV.

C . Tujuan Pembelajaran                                                                                                                                           1. KI 1 dan KI  2                                                                                                                                                              Perserta didik:
a.       Berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran
b.      Menggunakan waktu seefektif mungkin
c.         Bersemangat dalam pembelajaran matematika
d.      Suka bertanya selama proses pembelajaran
e.       Berani mengungkapkan pendapatnya
f.       Bertanggungjawab dalam menyelesaikan tugasnya
g.      Bekerjasama dan mementingkan hasil kelompok

2.              KI 3
Pertemuan pertama sampai ke tiga . siswa diharapkan:
                1.siswa diharapkan untuk memahami dan mengenal sistem persamaan linier.
2.Siswa dapat membuat model matematika dari permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV
3.Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variable
  Karakter siswa yang diharapkan :             
v Rasa ingin tahu
v Tanggung Jawab
v Kerja keras
v Kekompakan  dan Cermat

D.      Deskripsi Materi Pembelajaran
1.       Penerapan Sistem Persamaan Linear Dua Varibel
Dalam kehidupan sehari – hari banyak permasalahan yang dapat kita selesaikan menggunakan SPLDV. Akan tetapi, permasalahan tersebut harus diubah terlebih dahulu menjadi bentuk SPLDV. Adapun langkah – langkah menyelesaikan permasalahan sehari – hari yang berkaitan dengan SPLDV sebagai berikut :
1).Melakukan pemisalan terhadap kedua besaran yang belum diketahui dengan  dan .
2).Membuat model matematika dengan mengubah dua pernyataan dalam soal menjadi dua    persamaan dalam  dan .
3).Menyelesaikan sistem persamaan tersebut.
Untuk lebih jelasnya, Perhatikan contoh berikut !
Naufal dan Weno mengunjungi toko buku Gramedia pada hari Minggu. Pada saat itu, Naufal membeli 3 buah buku tulis dan 2 buah pena seharga  sedangkan Weno membeli 4 buah buku tulis dan 3 buah pena seharga Rp . Hitunglah harga masing – masing buku dan pena yang dibeli Naufal dan Weno !
Penyelesaian :
Langkah 1       : Melakukan pemisalan
                             Misalkan harga 1 buah buku
                                                 harga 1 buah pena
Langkah 2       : Membuat model matematika
·     Harga 3 buah buku tulis dan 2 buah pena adalah , sehingga persamaannya adalah
 ... (1)
·     Harga 4 buah buku tulis dan 3 buah pena adalah , sehingga persamaannya adalah
 ... (2)
Jadi, SPLDV dari permasalahan tersebut adalah
 ... (1)
 ... (2)
Langkah 3       : Menyelesaikan SPLDV
  Menyelesaikan permasalahan SPLDV dengan metode gabungan  (eliminasi – substitusi).

Metode Eliminasi
 
                                                                      
                                                                    
Metode Substitusi
Subtitusi nilai , ke persamaan (1)
  
Jadi, harga masing – masing buku dan pena adalah Rp  dan Rp .
  2. Model dan Metode Pembelajaran
Model        :  Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together
Metode     :  Diskusi kelompok, tanya jawab, dan pemberian tugas, Problem solving.
E.        Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (60 menit)
Fase 1(untuk pertemuan 1 sampai 3)         :
 Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
1.    Guru menyiapkan siswa secara fisik dan psikis, seperti:
a)  Guru meminta ketua kelas untuk memimpin doa dan memberi salam
b) Guru menanyakan kabar dan kesiapan siswa untuk belajar
c)  Guru meminta informasi tentang kehadiran siswa
2.    Guru menyampaikan apersepsi dengan mengatakan:
“Pada pertemuan sebelumnya, kamu telah membahas tentang Penyelesaian Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Nah, pada pertemuan hari ini kita akan belajar tentang Penerapan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dalam kehidupan sehari – hari.”
3.    Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan menyampaikan permasalahan dalam kehidupan sehari – hari terkait Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. (Video durasi 2 menit)
4.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

Fase 2(untuk pertemuan 1 sampai 3)  :
 Menyajikan informasi kepada siswa dengan jalan demonstrasi atau lewat bahan bacaan
1.        Guru menyampaikan materi secara garis besar dengan demonstrasi.
2.        Guru menyajikan informasi kepada siswa bahwa materi pelajaran akan disajikan dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Number Head Together melalui bahan bacaan yaitu LKS dan akan diselesaikan oleh siswa dalam belajar kelompok yang telah ditentukan.
        


Kegiatan Inti (300menit)
Fase 3 (untuk pertemuan 1 sampai 3)                 :
 Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar
5.    Guru mengorganisasikan siswa dalam kelompok yang heterogen.
6.    Guru memberikan nomor kepada setiap anggota kelompok.
7.    Guru membagikan LKS tentang Penerapan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel  kepada setiap anggota kelompok dan mengorientasikan siswa untuk belajar materi SPLDV melalui melalui LKS yang tersedia.

Fase 4 (untuk pertemuan 1 sampai 3)                 :
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
1.    Guru membimbing siswa untuk mengidentifikasi hal-hal yang diketahui dan apa yang ditanyakan.
2.    Guru mengawasi kerja kelompok dengan mendatangi kelompok dan memberi bantuan bila ada kesulitan dalam mengerjakan LKS, bukan memberi jawaban.
3.    Guru mengarahkan siswa untuk mengerjakan soal Lembar Kerja Kepala Bernomor yang ada pada LKS.

Fase 5 (untuk pertemuan 1 sampai 3):
 Evaluasi
4.    Guru meminta seorang siswa mewakili setiap kelompoknya untuk ke depan kelas menyampaikan jawaban berdasarkan hasil diskusi kelompok, sedangkan kelompok lain memberikan tanggapan.
5.    Guru menyebutkan nomor kepala siswa secara acak untuk menampilkan jawaban soal Lembar Kerja Kepala Bernomor di depan kelas.






Fase 6 (untuk pertemuan 1 sampai 3):
      Memberikan penghargaan
6.       Guru memberikan penghargaan berupa penguatan verbal kepada masing-masing kelompok.
7.       Guru memberikan tanggapan terhadap hasil presentasi siswa meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, maupun melengkapi informasi siswa.
8.       Guru memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik dari segi keaktifan, kekompakan, dan tanggung jawab.

Kegiatan Penutup ( 70 menit)
1.       Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran tentang, sistem persamaan linear dua variabel,memahami permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV, dan siswa dapat menyelesaikan permasalahan kesehariannya yang berhubungan dengan SPLDV.
2.       Guru memberikan tes tertulis (post test) secara individu kepada siswa tentang materi yang telah dipelajari selama 20 menit.
3.       Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah dari Modul Matematika untuk SMP/MTs kelas VIII penerbit Gema Nusa halaman 47 Lembar Kerja Siswa nomor 1 - 3.
4.       Guru meminta siswa untuk mempelajari materi pertemuan berikutnya mengenai Pythagoras.
5.       Guru menutup pelajaran dan memberi salam.
H.       Alat dan Sumber Belajar
            Alat dan Bahan      :                                                                                                                                                      a.Spidol                                                                                                                                                                  b.PapanTulis                                                                                                                                                                            c.Karton                                                                                                                                                                                   d.Infokus                                                                                                                                                                                        e. Buku dan Pena                                                                                                                                    Sumber                             :
a.       Buku Matematika untuk SMP/MTs kelas VIII penerbit Erlangga
b.      LKS Tentang Penerapan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
c.       Buku lain yang relevan
  I .Penilaian Hasil Belajar
Jenis/Teknik                        : Tes Tertulis
Bentuk Instrumen             :  Uraian
Instrumen                             :
Irgi membeli 2 kg mangga dan 1 kg apel di Giant seharga Rp65.000,00, sedangkan Wahyu membeli 1 kg mangga dan 2 kg apel ditempat yang sama dengan harga Rp70.000,00. Berapakah harga 3 kg mangga dan 2 kg apel ?
No
Jawaban
Skor
1
Penyelesaian :
Langkah 1          : Melakukan pemisalan
                                Misalkan harga 1 kg mangga
                                                    harga 1 kg apel
Langkah 2          : Membuat model matematika
·     Harga 2 kg mangga dan 1 kg apel adalah , sehingga persamaannya adalah
 ... (1)
·     Harga 1 kg mangga dan 2 kg apel adalah , sehingga persamaannya adalah
 ... (2)
Jadi, SPLDV dari permasalahan tersebut adalah
  ... (1)
  ... (2)
Langkah 3          : Menyelesaikan SPLDV
  Menyelesaikan permasalahan SPLDV dengan metode gabungan  (eliminasi – substitusi).

Metode Eliminasi
 
                                                                                                      
                                                                                                       
                                                                                       

Metode Substitusi
Subtitusi nilai , ke persamaan (1)
  
Harga 3 kg mangga dan 2 kg apel =
Jadi, harga 3 kg mangga dan 2 kg apel adalah Rp .


1
1



1


1

1
1





1
1
1
1

1

1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
Jumlah
21




Mengetahui
Kepala Sekolah MTsS TGK CHIK Dayah Cut Tiro

(                           )
NIP. ……………………………………….


POST TEST
MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL
Nama                    : __________________________________                   Waktu: 20 Menit
No Urut                                : __________________________________
·     Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar dan teliti.

1.       Irgi membeli 2 kg mangga dan 1 kg apel di Giant seharga Rp65.000,00, sedangkan Wahyu membeli 1 kg mangga dan 2 kg apel ditempat yang sama dengan harga Rp70.000,00. Berapakah harga 3 kg mangga dan 2 kg apel ?

Penyelesaian :
Langkah 1          : Melakukan pemisalan
                                Misalkan harga 1 kg mangga
                                                    harga 1 kg apel
Langkah 2          : Membuat model matematika









0 Response to "RPP K13 PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL"

Posting Komentar