RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan pendidikan ; MTsS Tgk Chik Dayah Cut Tiro
Mata Pelajaran ;
Matematika
Kelas / semester ; V111 / Ganjil
Tahun Pelajaran ; 2016 / 2017
Materi pokok ; PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL
Alokasi waktu ;10 JP x 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
3
|
:
|
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
|
4
|
:
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori.
|
B . Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1
|
1.1 Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
|
1.1.1 Berdoa sebelum dan sesudah
pelajaran
1.1.2 Menggunakan waktu seefektif
mungkin
1.1.3 Bersemangat dalam mengikuti
pembelajaran matematika
|
2
|
2.2
Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika
serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk
melalui pengalaman belajar
|
2.2.1
Suka bertanya selama proses pembelajaran.
2.2.2
Berani mengutarakan pendapat
2.2.3
Tanggung jawab dalam mengerjakan tugas
2.2.4 Bekerja sama dan mementingkan hasil kerja
kelompok
|
3
|
3.4 Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel dan
penafsirannya.
|
3.4.1 Memahami sistem persamaan linier
3.4.2 membuat model matematika dari
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV
3.4.3 menyelesaikan permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV.
|
C . Tujuan
Pembelajaran
1. KI 1 dan KI 2
Perserta
didik:
a.
Berdoa sebelum dan sesudah
pembelajaran
b.
Menggunakan waktu seefektif
mungkin
c.
Bersemangat dalam pembelajaran matematika
d.
Suka bertanya selama proses
pembelajaran
e.
Berani mengungkapkan pendapatnya
f.
Bertanggungjawab dalam
menyelesaikan tugasnya
g.
Bekerjasama dan mementingkan
hasil kelompok
2. KI
3
Pertemuan pertama sampai ke tiga . siswa
diharapkan:
1.siswa
diharapkan untuk memahami dan mengenal sistem persamaan linier.
2.Siswa dapat membuat model matematika dari permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV
3.Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variable
Karakter
siswa yang diharapkan :
v Rasa ingin tahu
v Tanggung Jawab
v Kerja keras
v Kekompakan dan Cermat
D.
Deskripsi Materi Pembelajaran
1. Penerapan Sistem Persamaan Linear Dua Varibel
Dalam kehidupan sehari – hari banyak
permasalahan yang dapat kita selesaikan menggunakan SPLDV. Akan tetapi,
permasalahan tersebut harus diubah terlebih dahulu menjadi bentuk SPLDV. Adapun
langkah – langkah menyelesaikan permasalahan sehari – hari yang berkaitan
dengan SPLDV sebagai berikut :
1).Melakukan
pemisalan terhadap kedua besaran yang belum diketahui dengan dan .
2).Membuat model matematika dengan mengubah dua
pernyataan dalam soal menjadi dua persamaan dalam dan .
3).Menyelesaikan sistem persamaan tersebut.
Untuk lebih jelasnya, Perhatikan contoh berikut !
Naufal dan Weno mengunjungi toko buku Gramedia pada hari Minggu. Pada saat
itu, Naufal membeli 3 buah buku tulis dan 2 buah pena seharga sedangkan Weno membeli 4 buah buku tulis dan 3
buah pena seharga Rp . Hitunglah harga masing – masing
buku dan pena yang dibeli Naufal dan Weno !
Penyelesaian :
Langkah 1 :
Melakukan pemisalan
Misalkan harga 1 buah buku
harga 1 buah pena
Langkah 2 :
Membuat model matematika
·
Harga 3 buah buku tulis dan 2 buah
pena adalah , sehingga
persamaannya adalah
... (1)
·
Harga 4 buah buku tulis dan 3 buah
pena adalah , sehingga
persamaannya adalah
... (2)
Jadi, SPLDV dari permasalahan tersebut adalah
... (1)
... (2)
Langkah 3 :
Menyelesaikan SPLDV
Menyelesaikan permasalahan SPLDV dengan metode gabungan (eliminasi – substitusi).
Metode Eliminasi
Metode Substitusi
Subtitusi nilai , ke persamaan (1)
Jadi, harga masing – masing buku dan pena
adalah Rp dan Rp .
2. Model dan Metode Pembelajaran
Model : Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together
Metode : Diskusi kelompok, tanya jawab, dan pemberian
tugas, Problem solving.
E. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (60 menit)
Fase
1(untuk pertemuan 1 sampai 3) :
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
1.
Guru
menyiapkan siswa secara fisik dan psikis, seperti:
a)
Guru
meminta ketua kelas untuk memimpin doa dan memberi salam
b)
Guru
menanyakan kabar dan kesiapan siswa untuk belajar
c)
Guru
meminta informasi tentang kehadiran siswa
2.
Guru
menyampaikan apersepsi dengan mengatakan:
“Pada pertemuan sebelumnya, kamu telah membahas tentang
Penyelesaian Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Nah, pada pertemuan hari ini
kita akan belajar tentang Penerapan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dalam
kehidupan sehari – hari.”
3.
Guru memberikan motivasi kepada siswa
dengan menyampaikan permasalahan dalam kehidupan sehari – hari terkait Sistem
Persamaan Linear Dua Variabel. (Video durasi 2 menit)
4.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
Fase 2(untuk pertemuan 1
sampai 3) :
Menyajikan
informasi kepada siswa dengan jalan demonstrasi atau lewat bahan bacaan
1.
Guru
menyampaikan materi secara garis besar dengan demonstrasi.
2.
Guru menyajikan informasi kepada siswa
bahwa materi pelajaran akan disajikan dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Number Head Together melalui bahan bacaan yaitu
LKS dan akan diselesaikan oleh siswa dalam belajar kelompok yang telah
ditentukan.
Kegiatan Inti (300menit)
Fase 3 (untuk pertemuan 1
sampai 3) :
Mengorganisasikan
siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar
5. Guru mengorganisasikan siswa dalam kelompok yang heterogen.
6. Guru memberikan nomor kepada setiap anggota kelompok.
7. Guru membagikan LKS tentang Penerapan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel kepada setiap
anggota kelompok dan mengorientasikan siswa
untuk belajar materi SPLDV melalui melalui LKS yang tersedia.
Fase
4 (untuk
pertemuan 1 sampai 3) :
Membimbing
kelompok bekerja dan belajar
1. Guru membimbing
siswa untuk mengidentifikasi hal-hal yang diketahui dan apa yang ditanyakan.
2. Guru mengawasi kerja kelompok dengan
mendatangi kelompok dan memberi bantuan bila
ada kesulitan dalam mengerjakan LKS,
bukan memberi jawaban.
3. Guru mengarahkan siswa untuk mengerjakan soal Lembar
Kerja Kepala Bernomor yang ada pada LKS.
Fase
5 (untuk pertemuan 1 sampai 3):
Evaluasi
4. Guru meminta seorang siswa mewakili setiap kelompoknya untuk ke depan kelas
menyampaikan jawaban berdasarkan hasil diskusi kelompok, sedangkan kelompok lain memberikan
tanggapan.
5. Guru menyebutkan nomor kepala siswa secara acak untuk
menampilkan jawaban soal Lembar Kerja Kepala Bernomor di depan kelas.
Fase
6 (untuk pertemuan 1 sampai 3):
Memberikan penghargaan
6.
Guru memberikan penghargaan
berupa penguatan verbal kepada masing-masing kelompok.
7.
Guru memberikan
tanggapan terhadap
hasil presentasi siswa meliputi
tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, maupun melengkapi informasi siswa.
8.
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik dari segi keaktifan,
kekompakan, dan tanggung jawab.
Kegiatan Penutup ( 70 menit)
1.
Guru bersama siswa menyimpulkan
materi pelajaran tentang, sistem
persamaan linear dua variabel,memahami
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV, dan siswa dapat
menyelesaikan permasalahan kesehariannya yang berhubungan dengan SPLDV.
2.
Guru
memberikan tes tertulis (post test) secara individu kepada siswa tentang materi
yang telah dipelajari selama 20 menit.
3.
Guru memberikan
tugas untuk dikerjakan di rumah dari Modul Matematika
untuk SMP/MTs kelas VIII penerbit Gema Nusa halaman 47 Lembar Kerja Siswa nomor 1
- 3.
4.
Guru meminta siswa untuk mempelajari materi pertemuan berikutnya mengenai
Pythagoras.
5.
Guru menutup pelajaran dan
memberi salam.
H. Alat dan Sumber Belajar
Alat dan Bahan : a.Spidol
b.PapanTulis
c.Karton d.Infokus
e.
Buku dan Pena
Sumber :
a.
Buku Matematika untuk SMP/MTs kelas VIII penerbit Erlangga
b.
LKS Tentang
Penerapan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
c.
Buku lain
yang relevan
I .Penilaian Hasil Belajar
Jenis/Teknik :
Tes Tertulis
Bentuk
Instrumen : Uraian
Instrumen :
Irgi membeli 2 kg mangga dan 1 kg
apel di Giant seharga Rp65.000,00,
sedangkan Wahyu membeli 1 kg mangga dan 2 kg apel ditempat yang sama dengan
harga Rp70.000,00. Berapakah harga 3 kg mangga dan 2 kg apel ?
No
|
Jawaban
|
Skor
|
1
|
Penyelesaian :
Langkah 1 :
Melakukan pemisalan
Misalkan harga 1 kg
mangga
harga 1 kg
apel
Langkah 2 :
Membuat model matematika
·
Harga 2 kg mangga dan 1 kg apel adalah , sehingga persamaannya adalah
... (1)
·
Harga 1 kg mangga dan 2 kg apel adalah , sehingga persamaannya adalah
... (2)
Jadi, SPLDV dari permasalahan tersebut
adalah
... (1)
... (2)
Langkah 3 :
Menyelesaikan SPLDV
Menyelesaikan permasalahan SPLDV dengan metode gabungan (eliminasi – substitusi).
Metode Eliminasi
Metode Substitusi
Subtitusi nilai , ke persamaan (1)
Harga 3 kg mangga dan 2 kg apel =
Jadi, harga 3 kg mangga dan 2 kg apel adalah Rp .
|
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
|
Jumlah
|
21
|
Mengetahui
Kepala Sekolah MTsS TGK CHIK Dayah Cut Tiro
( )
NIP. ……………………………………….
POST TEST
MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL
Nama : __________________________________
Waktu: 20 Menit
No Urut :
__________________________________
· Jawablah
pertanyaan dibawah ini dengan benar dan teliti.
1.
Irgi membeli 2 kg mangga dan 1 kg apel di Giant seharga Rp65.000,00, sedangkan Wahyu membeli 1 kg mangga dan
2 kg apel ditempat yang sama dengan harga Rp70.000,00. Berapakah harga 3 kg
mangga dan 2 kg apel ?
Penyelesaian :
Langkah 1 :
Melakukan pemisalan
Misalkan harga 1 kg
mangga
harga 1 kg
apel
Langkah 2 :
Membuat model matematika
0 Response to "RPP K13 PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL"
Posting Komentar