Postingan Populer

RPP REVISI terbaru Trigonometri




      
    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)

Persamaan dan pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak

                        Satuan Pendidikan      :     SMA NEGERI 2 MUTIARA
                        Kelas / Semester         :     X / 1(Ganjil)
Unit  6                         :    Trigonometri Sudut-sudut Berelasi
Sub Unit                      :     Sudut-sudut Relasi di Kuadran I
                       Pembelajaran Ke          :     6
                       Alokasi Waktu              :    

Kompetensi inti
3.      Memahami dan menerapkan, menganalisis  pengetahuan (factual, konseptual,dan procedural)  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni budaya  dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan , kebangsaan , kenegaraan , dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian , serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menyaji,dan menalar dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri , dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

KOMPETENSI DASAR (KD)

3.6   Menganalisis dan mendeskripsikan sudut-sudut berelasi pada kuadran I.

4.14 menentukan nilai perbandingan untuk sudut-sudut berelasi untuk kuadran I


INDIKATOR
        
         menjelaskan pengertian dan menentukan formula dasar sudut relasi kuadran I
         pengaplikasian  nilai suatu relasi dalam kehidupan hari-hari
            

         TUJUAN PEMBELAJARAN
  
  Setelah mempelajari Unit ini siswa diharapkan mampu
     menjelaskan apa itu relasi dan menentukan nilai suatu relasi pada kuadran I
      menentukan nilai relasi 𝜹  dengan  =  90० - 𝜹
menentukan nilai relasi 𝜹    dengan  =   360० +𝜹

MATERI PEMBELAJARAN
        
           Sudut-Sudut Relasi Pada Kuadran I
           
METODE PEMBELAJARAN  

Model pembelajaran        ;  cooperatif learning
Metode                          ;   Diskusi dan tanya jawab.



SUMBER PEMBELAJARAN;
          
              Buku matematika untuk SMA kelas X kelompok Wajib
           
             Buku paket

             Buku referensi lainnya.



            KEGIATAN PEMBELAJARAN
            Pertemuan 22 (dua puluh dua)

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan sub unit yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”sudut-sudut relasi di kuadran I”
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
§   Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta membaca dalam hati.
§   Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa segitiga siku-siku kemudian menentukan relasi pada segitiga sehingga menemukan sudut-sudutnya , setelah itu siswa mendiskusikan penggunaan konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
§   Tanya jawab tentang perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku
          Apa itu relasi ?”
          apakah sudut ?”
         “dimanakah perbedaan relasi dengan sudut?”
§  menyampaikan  inti pembelajaran hari ini, mengenai sudut relasi pada kuadran I
20 menit
Inti
§   mengamati permasalahan relasi
§   menyimak penjelasan mengenai bagaimana bentuk bentuk formula dasar suatu relasi dengan menggunakan segitiga
§   menyelesaikan penurunan perbandingan berdasarkan gambar dari segitigasehingga menemukan formula dasarnya
§   Menganalisis dan menyimpulkan data tambahan tentang bentuk-bentuk formula dasar dan mengaitkan secara lengsung dengan kehidupan sehari-hari
§   menyimpulkan data tambahan tentang permasalahan yang melibatkan sudut relasi pada kuadran I
§   Memberikan soal latihan tambahan terkait sudut relasi pada kuadran I dalam segitiga siku-siku yang berkaitan langsung dengan permasalahan seharii-hari
           menit

Penutup
§  Siswa diharapkan mengajukan pertanyaan tentang pembelajaran hari ini.
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit






0 Response to "RPP REVISI terbaru Trigonometri "

Posting Komentar