RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Persamaan dan pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak
Satuan Pendidikan : SMA
NEGERI 2 MUTIARA
Kelas / Semester : X
/ 1(Ganjil)
Unit 6 : Trigonometri
Sudut-sudut Berelasi
Sub Unit : Sudut-sudut Relasi di Kuadran I
Pembelajaran Ke : 6
Alokasi Waktu :
Kompetensi inti
3. Memahami
dan menerapkan, menganalisis pengetahuan
(factual, konseptual,dan procedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni
budaya dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan , kebangsaan , kenegaraan , dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian , serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menyaji,dan menalar dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri , dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI
DASAR (KD)
3.6 Menganalisis dan mendeskripsikan sudut-sudut
berelasi pada kuadran I.
4.14 menentukan nilai perbandingan untuk sudut-sudut berelasi
untuk kuadran I
INDIKATOR
⋆ menjelaskan pengertian dan
menentukan formula dasar sudut relasi kuadran I
⋆ pengaplikasian nilai suatu relasi dalam kehidupan hari-hari
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari Unit ini siswa diharapkan
mampu
⋆ menjelaskan apa itu
relasi dan menentukan nilai suatu relasi pada kuadran I
⋆
menentukan nilai relasi 𝜹 dengan
= 90० - 𝜹
⋆
menentukan nilai relasi 𝜹 dengan
= 360० +𝜹
MATERI PEMBELAJARAN
Sudut-Sudut Relasi Pada Kuadran I
METODE PEMBELAJARAN
Model pembelajaran ; cooperatif learning
Metode ; Diskusi dan tanya jawab.
SUMBER PEMBELAJARAN;
Buku matematika untuk SMA kelas X kelompok
Wajib
Buku paket
Buku referensi lainnya.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 22 (dua puluh dua)
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a.
§ Guru mengecek
kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan posisi tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan sub unit yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”sudut-sudut relasi di kuadran
I”
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan.
§ Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta
membaca dalam hati.
§ Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa
segitiga siku-siku kemudian menentukan relasi pada segitiga sehingga
menemukan sudut-sudutnya , setelah itu siswa mendiskusikan penggunaan konsep
tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
§ Tanya jawab tentang perbandingan trigonometri pada
segitiga siku-siku
”Apa itu relasi ?”
”apakah sudut ?”
“dimanakah perbedaan relasi dengan
sudut?”
§ menyampaikan inti pembelajaran hari ini, mengenai sudut
relasi pada kuadran I
|
20 menit
|
Inti
|
§ mengamati permasalahan relasi
§ menyimak penjelasan mengenai bagaimana bentuk bentuk
formula dasar suatu relasi dengan menggunakan segitiga
§ menyelesaikan penurunan perbandingan berdasarkan gambar
dari segitigasehingga menemukan formula dasarnya
§ Menganalisis dan menyimpulkan data tambahan tentang
bentuk-bentuk formula dasar dan mengaitkan secara lengsung dengan kehidupan
sehari-hari
§ menyimpulkan data tambahan tentang permasalahan yang
melibatkan sudut relasi pada kuadran I
§ Memberikan soal latihan tambahan terkait sudut relasi
pada kuadran I dalam segitiga siku-siku yang berkaitan langsung dengan
permasalahan seharii-hari
|
menit
|
Penutup
|
§
Siswa diharapkan mengajukan pertanyaan tentang pembelajaran hari ini.
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan
/ rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang
pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa
berdo’a (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
0 Response to "RPP REVISI terbaru Trigonometri "
Posting Komentar