KURIKULUM REVISI 2016
PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
|
Tema 1 : Bermain dengan Benda-Benda di Sekitarnya
Nama Madrasah : MIN 48 Pidie
Kelas / Semester : V (lima)/ 1
Nama Guru : MARYAM
Sp.d
NIP / NIK : 196412312014122013 |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : MIN 48 Pidie
Kelas
/ Semester : V(lima) / 1
Tema
1 : Benda-Benda di Lingkungan Sekitar
Pembelajaran
Ke : 1
Alokasi
Waktu :
KOMPETENSI INTI (KI)
KI 2 : Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
KOMPETENSI DASAR (KD) :
3.1
Memahami aktivitas dan perubahan
kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antarruang dan waktu serta
keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam
lingkup nasionalI
3.4 Mengidentifikasi
perubahan yang terjadi di alam, hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam,
dan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan sekitar
4.1 Menyajikan
hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam
ruang, konektivitas antarruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam
kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari
sumber-sumber yang tersedia
4.7 Menyajikan hasil laporan
tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia,
serta memprediksi apa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak
diatasi
INDIKATOR;
¡
Mengenal
aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam ruang di bidang sosial,
ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional
¡
Menyusun
laporan secara tertulis dalam bentuk tabel hasil identifikasi tentang
aktivitas dan perubahan kehidupan manusia.
¡
Menyusun
laporan secara tertulis tentang mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan
manusia dalam ruang, konektivitas antar-ruang dan waktu serta dan
keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam
lingkup nasional
¡
Mengidentifikasi
perubahan wujud benda yang dapat kembali ke wujud semula
¡
Menyajikan
hasil laporan pengamatan perubahan wujud benda
TUJUAN
PEMBELAJARAN ;
¡
Dengan
membaca teks tentang perubahan wujud benda, siswa dapat menemukan contoh–contoh
perubahan wujud benda yang terdapat pada bacaan dengan cermat dan teliti.
¡
Dengan
membaca teks tentang perubahan wujud benda, siswa menuliskan kosakata baku dan
tidak baku beserta artinya dengan tepat dengan cermat dan teliti.
¡
Dengan
memperhatikan teks bacaan siswa memahami proses perubahan wujud suatu benda
dengan pemikiran yang logis dan penuh rasa ingin tahu.
¡
Dengan
proses pengamatan secara seksama, siswa dapat mengetahui dan menjelaskan
perubahan wujud benda, membedakan proses pemanasan, pendinginan dan penguapan
secara logis dan tepat.
¡
Dengan
proses pengamatan secara teliti siswa dapat menganalisis proses perubahan wujud
serta menganalisa benda dan perubahannya secara mandiri.
¡
Dengan
membaca bacaan tentang perubahan wujud benda, siswa dapat menjelaskan pengaruh
aktivitas kehidupan manusia terhadap alam secara logis dan tepat.
MATERI
PEMBELAJARAN ;
¡
Membuat
kerajinan ronce dengan mengikuti prosedur yang benar.
¡
Melakukan
percobaan dan pengamatan tentang perubahan bentuk benda setelah mengalami
pendinginan dan pembakaran
¡
Mengamati
dan memprediksi peristiwa yang akan terjadi pada lilin yang dibakar
¡
Menjelaskan
kerusakan dan perubahan alam karena perilaku manusia berdasarkan bacaan
PENDEKATAN &
METODE PEMBELAJARAN ;
¡ Pendekatan :
Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
KEGIATAN PEMBELAJARAN ;
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
§
Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§
Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§
Menginformasikan
tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Wujud Benda dan Cirinya”.
§
Guru
menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
15 menit
|
Inti
|
§
Siswa membaca bacaan berjudul Wujud Benda dan Cirinya”, Kenapa Bisa Begitu?
§
Guru
memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta membaca dalam hati.
§
Guru
menunjuk satu siswa untuk membacakan bacaan tersebut dan meminta siswa lain
menyimak.
§
Selesai
membaca, siswa menuliskan pada tabel contoh kosakata baku dan kosakata tidak
baku yang terdapat pada bacaan.
§
Setelah
membaca dan memahami kosakata-kosakata baku dan tidak baku, siswa menuliskan
informasi-informasi yang terdapat pada bacaan di atas berkaitan dengan
perubahan wujud benda.
|
menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa
membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang
materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan
kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah
diikuti.
§
Melakukan penilaian hasil belajar
§
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN;
¡
Buku
Siswa Tema : Benda-Benda di Lingkungan
Sekitar Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2014).
¡
Buku,
teks bacaan perubahan wujud benda, dan gambar tentang perilaku yang tidak
selaras dengan lingkungan
PENILAIAN HASIL
PEMBELAJARAN
Rubrik
Tugas Pengamatan Perubahan Wujud Benda
Kompetensi yang dinilai:
¡
Pengetahuan tentang perubahan wujud benda
¡
Keterampilan siswa dalam mengamati
¡
Kecermatan,
ketelitian, dan kemandirian dalam mengerjakan tugas
Aspek
|
Baik
Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
perlu Bimbingan
|
|||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
||||||||||
pengetahuan
|
Siswa
menunjukkan pemahaman materi yang sangat baik dalam tahapan pengamatan
|
Siswa
menunjukkan pemahaman materi yang baik dalam tahapan pengamatan
|
Siswa
menunjukkan pemahaman materi dengan cukup baik dalam tahapan pengamatan
|
Siswa
masih perlu menunjuk-kan pemaha-man materi dalam tahapan mpengamatan mereka
|
|||||||||
Siswa
mampu bekerja secara sistematis dan mencatat hasil pengamatan dengan sangat
baik, rinci, dan jelas
|
siswa
mampu bekerja secara sistematis dan mencatat hasil pengamatan dengan rinci
dan jelas
|
Siswa
perlu bekerja secara lebih sistematis dan menamba-hkan beberapa perbaikan
agar dapat mencatat hasil pengama-tan dengan rinci dan jelas
|
Siswa
sangat perlu bimbingan untuk bekerja secara lebih sistematis dan mencatat
hasil pengamatan agar lebih rinci dan jelas
|
||||||||||
Pengamatan
|
Siswa dapat menganalisa proses peruba-han wujud
benda dengan sangat cermat dan tepat
|
siswa dapat menganalisa proses perubahan wujud benda dengan baik
|
Siswa masih perlu belajar untuk menganalisa proses perubahan wujud benda dengan baik
|
Siswa belum mampu menganalisa proses perubahan wujud benda dengan baik
|
|||||||||
Kemandirian,
& Manajemen Waktu (attitude)
|
siswa
sangat mandiri mengerjakan tugas, dan mampu menyelesaikan sebelum waktu
yang ditentukan
|
siswa
bersikap mandiri mengerjakan tugas, ,dan selesai tepat waktu
|
siswa
masih perlu diingatkan sesekali untuk bekerja secara mandiri dan
menyelesaikan tugas tepat waktu
|
siswa
masih perlu dibimbing dalam bekerja mandiri dan agar menyelesaikan tugas
tepat pada waktunya
|
|||||||||
REKAPITULASI PENILAIAN SISWA TEMA 1 SUBTEMA 1
Nama Siswa :
Kelas : V
Tema : 1
Sub Tema : 1
|
|||||||||||||
Sikap
|
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang
dianutnya
|
Diisi oleh guru dalam
kalimat positif tentang apa yang
menonjol dan apa yang perlu
usaha-usaha pengembangan untuk mencapai kompetensi yang ditetapkan pada kelas yang diikutinya
|
|||||||||||
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air
|
Diisi oleh guru dalam
kalimat positif tentang apa yang
menonjol dan apa yang perlu
usaha-usaha pengembangan untuk mencapai kompetensi yang ditetapkan pada kelas yang diikutinya
|
||||||||||||
Pengetahuan
|
Mengingat dan memahami pengetahuan faktual dan konseptual
berdasarkan rasa ingin tahu tentang:
- dirinya,
- makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya benda-benda lain di sekitarnya
|
Kompetensi
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||||
3.1 Memahami aktivitas dan
perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu
serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pen- didikan dan
budaya dalam lingkup nasional
|
|||||||||||||
Keterampilan
|
Menyajikan kemam- puan
mengamati, menanya, dan men- coba
dalam:
- bahasa yang
jelas, logis dan sistematis
- karya yang estetis
- gerakan anak sehat
- tindakan anak
beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Menyajikan hasil
pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas
antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial,
ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumber-sumber yang tersedia
|
|||||||||||
Jurnal penilaian siswa per subtema ini bisa digunakan
sebagai data untuk pengisian rapot akademik siswa per semester. Dari
data pencapaian siswa per subtema ini,
guru dapat melihat dan mengukur
pencapaian kompetensi siswa dan
memberikan umpan balik yang
konstruktif berdasarkan data
penilaian autentik yang
dimilikinya
|
|||||||||||||
Mengetahui,
Kepala Madrasah
MIN 48 Pidie
( M. Nasir, S.Ag)
NIP. 19710413 199803 1 014
|
Tiro, 20 Juli
2017
Guru Mata
Pelajaran
( Maryam, S.Pd )
NIP 19641231 201412 2 013
|
0 Response to "RPP bermain dengan benda disekitar (MIN/SD) EDISI REVISI"
Posting Komentar