Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a.
§ Guru mengecek
kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan posisi tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan sub unit yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”menentukan nilai perbandingan trigonometri untuk sudut –
sudut istimewa
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan.
§ Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta
membaca dalam hati.
§ Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa
terkait nilai perbandingan trigonometri pada sudut-sudut istimewa kemudian
mendiskusikan penggunaan konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
§ Tanya jawab tentang perbandingan trigonometri pada
segitiga siku-siku
”apakah nilai perbandingan trigonometri
untuk sudut istimewa hannya akan kita jumpai pada segitiga siku-siku saja ?”
§ menyampaikan inti pembelajaran hari ini, mengenai cara
menentukan nilai perbandingan trigometri untuk sudut-sudut istimewa
|
20 menit
|
Inti
|
§ mengamati permasalahan mengenai nilai perbandingan trigonometri
pada sudut-sudut istimewa
§ menyimak penjelasan mengenai bagaimana bentuk bentuk
formula untuk setiap sudut istimewa
§ menyelesaikan beberapa contoh perbandingan trigonometri
berdasarkan formula sudut istimewa yang ditentukan
§ Menganalisis dan menyimpulkan data tambahan mengenai
setiap perbandingan trigonometri untuk setiap sudut istimewa
§ menyimpulkan data tambahan tentang permasalahan yang
melibatkan nilai perbandingan trigonometri untuk sudut-sudut istimewa
§ Memberikan soal latihan tambahan terkait nilai perbandingan
trigonometri sudut-sudut istimewa yang berkaitan langsung dengan permasalahan
seharii-hari
|
menit
|
Penutup
|
§ Siswa diharapkan mengajukan pertanyaan tentang pembelajaran hari ini.
§ Bersama-sama siswa membuat kesimpulan
/ rangkuman hasil belajar selama sehari
§ Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§ Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang
pembelajaran yang telah diikuti.
§ Melakukan penilaian hasil
belajar
§ Mengajak semua siswa
berdo’a (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
∙ pengamatan
sikap
|
∙ Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
∙ tes
tertulis
|
∙ Tes uraian
|
∙ penilaian
sikap
|
∙ lembar
penilaian sikap
|
No
|
Aspek yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
Menunjukkan
rasa syukur kepada tuhan
|
3
|
sangat bersyukur
|
||
2
|
Menunjukkan
kemampuan bekerja sama dalam kerja kelompok
|
3
|
kemampuan dalam bekelompok sangat
|
||
3
|
Menunjukkan
ketekunan dan disiplin dalam belajar da bekerja baik secara individu maupun
berkelompok
|
3
|
sangat tekun dan disiplin
|
NO
|
Aspek yang
dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Menunjukkan arasa syukur kepada tuhan yang maha Esa
|
3.menunjukkan ekspresi rasa syukur
kepada Tuhan yang maha Esa yang telah memberikan potensi kepada kita untuk
menggali ilmu pengetahuan lebih dalam lagi.
2.belum secara eksplisit menunjukkan
ekspresi atau ungkapan syukur , namun menaruh minat terhadap kebesaran Tuhan
saat refleksi
1.belum menunjukkan ekspresi rasa
syukur atau menaruh minat terhadap kebesaran Tuhan saat refleksi
|
2
|
Menunjukkan kemampuan bekerja sama dalam berkelompok
|
3.menunjukkan kemampuan bekerja sama
antar anggota kelompok dan terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
2.menunjukkan kemampuan bekerja sama ,
namun baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1.tidak menunjukkan kemampuan bekerja
sama , dan sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah
didorong untuk terlibat.
|
3
|
Menunjukkan ketekunan dan disiplin dalam belajar dan
bekerja baik secara individu maupun berkelompok
|
3.tekun dalam menyelesaikan tugas
dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan , berupaya tepat waktu
2.berupaya tepat waktu dalam
menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya..
1.tidak berupaya sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas ,dan tugasnya tidak selesai
|
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek yang Dinilai
|
||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Disiplin
|
||
1
|
Aldi putra
|
|||
2
|
Dian islami
|
|||
3
|
Dian munira
|
|||
4
|
Laila rahma
|
|||
5
|
Mastura
|
|||
6
|
Mizzan
|
|||
7
|
Muhammad yasir
|
|||
8
|
Naziratul husna
|
|||
9
|
Nurul huda
|
|||
10
|
Rahmat fadhillah
|
|||
11
|
rajuddin
|
|||
12
|
Tursina akmalia
|
|||
13
|
Ulan shakira
|
|||
14
|
zulfikar
|
|||
15
|
zulnizah
|
|||
16
|
Arif mumfadhil
|
REKAPITULASI PENILAIAN SISWA TEMA 5 SUBTEMA
1 sd 2 Nama Siswa : Kelas :
X Tema :
5 Sub Tema : 1 & 2 |
||||||
Sikap |
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. |
Diisi
oleh guru dalam kalimat positif
tentang apa yang menonjol dan apa
yang perlu usaha-usaha pengembangan
untuk mencapai kompetensi yang
ditetapkan pada kelas yang
diikutinya. |
||||
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, percaya diri,
dan cinta tanah air. |
Diisi
oleh guru dalam kalimat positif
tentang apa yang menonjol dan apa
yang perlu usaha-usaha pengembangan
untuk mencapai kompetensi yang
ditetapkan pada kelas yang
diikutinya |
|||||
Pengetahua |
Mengingat
dan memahami pengetahuan faktual dan konseptual berdasarkan rasa ingin
tahu tentang: - dirinya, - makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya
benda-benda lain di sekitarnya |
Kompetensi |
1 |
2 |
3 |
4 |
3.5 Mendeskripsikan dan menganalisis perbandingan pada sudut-sudut segitiga siku-siku dan
penulisan sudut-sudutnya
|
|
|
|
|
||
Keterampilan |
Menyajikan
kemampuan mengamati, menanya, dan mencoba dalam: - bahasa yang jelas, logis
dan sistematis - tindakan anak beriman dan berakhlak mulia |
4.13 menganalisis dan menentukan nilai-nilai perbandingan
trigonometri pada sudut-sudut istimewa segitiga siku-siku. |
|
|
|
|
Jurnal
penilaian siswa per subtema ini bisa
digunakan sebagai data untuk
pengisian rapot akademik siswa per semester. Dari data pencapaian siswa per subtema ini, guru dapat melihat dan mengukur pencapaian kompetensi siswa
dan memberikan umpan balik yang konstruktif berdasarkan data penilaian autentik yang dimilikinya. |
0 Response to "RPP Perbandingan Trigonometri Kelas X "
Posting Komentar