Postingan Populer

RPP Perbandingan Trigonometri Kelas X



      
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  
                                         (RPP)

Persamaan dan pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak

                       Satuan Pendidikan    :    SMA NEGERI 2 MUTIARA
                       Kelas / Semester       :   X / 1(Ganjil)
                       Unit  5                       :   Perbandingan Trigonometri
                       Sub Unit                    :   Menentukan Nilai Perbandingan Trigonometri untuk Sudut-sud                                                                 sudut Istimewa
                      Pembelajaran Ke       :     5
                     Alokasi Waktu            :    45 Menit

Kompetensi inti
3.      Memahami dan menerapkan, menganalisis  pengetahuan (factual, konseptual,dan procedural)  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni budaya  dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan , kebangsaan , kenegaraan , dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian , serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menyaji,dan menalar dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri , dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI DASAR (KD)
3.5   Mendeskripsikan dan menganalisis nilai perbandingan  trigometri untuk sudut-sudut istimewa
4.13  menganalisis dan menentukan nilai perbandingan trigonometri berdasarkan sudut-sudut istimewa

INDIKATOR;
         menjelaskan apa itu nilai perbandingan trigonometri
         menyelesaikan perbandingan trigonometri berdasarkan sudut-sudut istimewa
           pengaplikasian nilai perbandingan trigonometri sudut-sudut istimewa dalam kehidupan sehari-hari

         TUJUAN PEMBELAJARAN
    Setelah mempelajari Unit ini siswa diharapkan mampu
    mendeskripsikan dan menentukan nilai perbandingantrigonometri untuk  sudut-sudut istimewa
menentukan sudut perbandingan trigonometri untuk  sudut  45

MATERI PEMBELAJARAN
            Menentukan Nilai Perbandingan Trigonometri untuk Sudut-sudut  Istimewa
           
METODE PEMBELAJARAN  

Model pembelajaran    ;  cooperatif learning
Metode                         ;   Diskusi dan tanya jawab.



SUMBER PEMBELAJARAN;
             Buku matematika untuk SMA kelas X kelompok Wajib
           
             Buku paket

             Buku referensi lainnya.



            KEGIATAN PEMBELAJARAN
            Pertemuan 21 (dua puluh satu)

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
§       Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a.
§      Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§       Menginformasikan sub unit yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”menentukan nilai perbandingan trigonometri untuk sudut – sudut istimewa
§      Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
§         Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta membaca dalam hati.
§          Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait nilai perbandingan trigonometri pada sudut-sudut istimewa kemudian mendiskusikan penggunaan konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
§          Tanya jawab tentang perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku
          apakah nilai perbandingan trigonometri untuk sudut istimewa hannya akan kita jumpai pada segitiga siku-siku saja ?”
§      menyampaikan  inti pembelajaran hari ini, mengenai cara menentukan nilai perbandingan trigometri untuk sudut-sudut istimewa
20 menit
Inti
§          mengamati permasalahan mengenai nilai perbandingan trigonometri pada sudut-sudut istimewa
§          menyimak penjelasan mengenai bagaimana bentuk bentuk formula untuk setiap sudut istimewa  
§          menyelesaikan beberapa contoh perbandingan trigonometri berdasarkan formula sudut istimewa yang ditentukan
§           Menganalisis dan menyimpulkan data tambahan mengenai setiap perbandingan trigonometri untuk setiap sudut istimewa
§           menyimpulkan data tambahan tentang permasalahan yang melibatkan nilai perbandingan trigonometri untuk sudut-sudut istimewa
§          Memberikan soal latihan tambahan terkait nilai perbandingan trigonometri sudut-sudut istimewa yang berkaitan langsung dengan permasalahan seharii-hari
           menit

Penutup
§      Siswa diharapkan mengajukan pertanyaan tentang pembelajaran hari ini.
§      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§       Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§      Melakukan penilaian hasil belajar
§      Mengajak semua siswa berdo’a (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit




            PENILAIAN;
1.     Tehnik dan bentuk instrumen
     Tehnik
   Bentuk Instrumen
 pengamatan sikap
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
  tes tertulis
Tes uraian
  penilaian sikap
∙ lembar penilaian sikap
           
a.      Pengamatan sikap
Lembar pengamatan sikap

No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1
Menunjukkan rasa syukur kepada tuhan
3


sangat bersyukur
2
Menunjukkan kemampuan bekerja sama dalam kerja kelompok
3


kemampuan dalam bekelompok sangat
3
Menunjukkan ketekunan dan disiplin dalam belajar da bekerja baik secara individu maupun berkelompok
3


sangat tekun dan disiplin
           
Rubric pengamatan sikap
NO
 Aspek yang dinilai
Rubrik
1
Menunjukkan arasa syukur kepada tuhan yang maha Esa
3.menunjukkan ekspresi rasa syukur kepada Tuhan yang maha Esa yang telah memberikan potensi kepada kita untuk menggali ilmu pengetahuan lebih dalam lagi.
2.belum secara eksplisit menunjukkan ekspresi atau ungkapan syukur , namun menaruh minat terhadap kebesaran Tuhan saat refleksi
1.belum menunjukkan ekspresi rasa syukur atau menaruh minat terhadap kebesaran Tuhan saat refleksi
2
Menunjukkan kemampuan bekerja sama dalam berkelompok
3.menunjukkan kemampuan bekerja sama antar anggota kelompok dan terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
2.menunjukkan kemampuan bekerja sama , namun baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1.tidak menunjukkan kemampuan bekerja sama , dan sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat.
3
Menunjukkan ketekunan dan disiplin dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
3.tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan , berupaya tepat waktu
2.berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya..
1.tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas ,dan tugasnya tidak selesai

b.     Lembar Tes Tulis  
     " Pada lembar tes tulis, bapak / ibu guru bebas mengkreasikan soal-soal yang akan dibuat.         minimal 3 soal dalam setiap lembar tes tulis."

Gambar 1. contoh lembaran tes tulis

     Penilaian sikap
No
Nama Peserta Didik
Aspek yang Dinilai
Percaya Diri
Teliti
Disiplin
1
Aldi putra



2
Dian islami



3
Dian munira



4
Laila rahma



5
Mastura



6
Mizzan



7
Muhammad yasir



8
Naziratul husna



9
Nurul huda



10
Rahmat fadhillah



11
rajuddin



12
Tursina akmalia



13
Ulan shakira



14
zulfikar



15
zulnizah



16
Arif mumfadhil



                     Keterangan:     1: Kurang        2 : Cukup      3 : Baik         4 : baik sekali


REKAPITULASI  PENILAIAN SISWA TEMA 5  SUBTEMA  1 sd 2

Nama Siswa     :  

Kelas               :   X

Tema               :   5

Sub Tema        :   1 & 2

 

 

 

 

Sikap

Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

Diisi oleh  guru dalam kalimat positif tentang apa yang  menonjol dan apa yang  perlu usaha-usaha pengembangan untuk mencapai kompetensi yang  ditetapkan pada kelas yang  diikutinya.

Menunjukkan perilaku  jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya  diri, dan cinta tanah air.

Diisi oleh  guru dalam kalimat positif tentang apa yang  menonjol dan apa yang  perlu usaha-usaha pengembangan untuk mencapai kompetensi yang  ditetapkan pada kelas yang  diikutinya

Pengetahua

Mengingat dan memahami pengetahuan faktual dan konseptual berdasarkan rasa ingin tahu  tentang:

-  dirinya,

-  makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya benda-benda lain di sekitarnya

Kompetensi

1

2

3

4

  3.5  Mendeskripsikan dan menganalisis  perbandingan  pada sudut-sudut segitiga siku-siku dan penulisan sudut-sudutnya

 

 

 

 

 

Keterampilan

Menyajikan kemampuan mengamati, menanya, dan mencoba dalam:

-         bahasa yang jelas,  logis  dan sistematis

-  tindakan anak beriman dan berakhlak  mulia

4.13 menganalisis dan menentukan nilai-nilai perbandingan trigonometri pada sudut-sudut istimewa segitiga siku-siku.

 

 

 

 

Jurnal penilaian siswa per subtema ini bisa  digunakan sebagai data  untuk pengisian rapot akademik siswa per semester. Dari data  pencapaian siswa per subtema ini, guru  dapat melihat dan  mengukur pencapaian kompetensi siswa dan  memberikan umpan balik yang  konstruktif berdasarkan data  penilaian autentik yang  dimilikinya.





                                                                                                              Pidie 18 September 2021
         Guru Mapel                                                                           Kepala SMA Negeri 2 Mutiara



                                                                                                        
Hamdiah. S.Pd                                                                                  Muslem, S.Pd. M.pd.
NIP 198110192006042003                                                               NIP. 197605042000081001
                                                                                                                       
                                       
      






0 Response to "RPP Perbandingan Trigonometri Kelas X "

Posting Komentar