RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Persamaan dan pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak
Satuan Pendidikan : SMA
NEGERI 2 MUTIARA
Kelas / Semester : X
/ 1(Ganjil)
Unit 7 : Aturan Sinus Cosinus
Sub Unit : Aturan Cosinus dan Pembuktiannya
Pembelajaran Ke : 7
Alokasi Waktu :
Kompetensi inti
3. Memahami
dan menerapkan, menganalisis pengetahuan
(factual, konseptual,dan procedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni
budaya dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan , kebangsaan , kenegaraan , dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian , serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menyaji,dan menalar dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri , dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI
DASAR (KD)
3.7 Memahami konsep dan menentukan aturan cosinus
serta pembuktian secara nyata.
4.15 Menyajikan aturan cosinus dan membuktikannya.
INDIKATOR
⋆ menjelaskan apa itu aturan
cosinus dan konsep nya
⋆ menyelesaikan
aturan cosinus menggunakan permasalahan yang nyata
⋆pengaplikasian aturan cosinus
dalam kehidupan sehari-hari
⋆menyelesaikan suatu permasalahan
cosinus dan membuktikan kebenaran konsepnya
TUJUAN PEMBELAJARAN ;
Setelah
mempelajari Unit ini siswa diharapkan mampu
⋆ mendeskripsikan dan
mengemukakan konsep aturan cosinus serta
menerapkannya dalam kehidupan
sehari-hari.
⋆
menyajikan dan menyelesaikan masalah berkaitan dengan aturan cosinus serta mengaplikasikannya
dalam kehidupan sehari-hari.
MATERI PEMBELAJARAN
Aturan Cosinus Dan Pembuktiannya
METODE PEMBELAJARAN
Model pembelajaran ; cooperatif learning
Metode ; Diskusi dan tanya jawab.
SUMBER PEMBELAJARAN;
Buku
matematika untuk SMA kelas X kelompok Wajib
Buku paket
Buku referensi lainnya.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 29 (dua puluh sembilan)
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
§ Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a. § Guru mengecek
kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan posisi tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. § Menginformasikan sub unit yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”aturan cosinus dan pembuktiannya” § Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan. § Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta
membaca dalam hati. § Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa
terkait rumus cosinus, kemudian mendiskusikan penggunaan konsep tersebut
dalam kehidupan sehari-hari. § Tanya jawab tentang aturan cosinus ”Apa itu aturan cosinus?” ”sudahkah kalian mendengar sebelumnya
tentang cosinus ?” “apakah perbedaan antara sinus
dengan cosinus?” “samakah proses pembuktian cosinus
dengan sinus?” § menyampaikan inti pembelajaran hari ini, mengenai aturan
cosinus serta pembuktiannya |
20 menit |
Inti |
§ mengamati permasalahan mengenai aturan cosinus § menyimak penjelasan mengenai bagaimana bentuk rumus
cosinus § menyelesaikan beberapa contoh penggunaan aturan cosinus
dan pembuktiaannya § Menganalisis dan menyimpulkan data tambahan tentang aturan
cosinus dan pembuktiannya § Menganalisis dan menyimpulkan data tambahan tentang
permasalahan yang melibatkan aturan cosinus § Memberikan soal latihan tambahan terkait aturan cosinus
dan pembuktiannya |
menit |
Penutup |
§
Siswa diharapkan mengajukan pertanyaan tentang pembelajaran hari ini. §
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan
/ rangkuman hasil belajar selama sehari §
Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) §
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang
pembelajaran yang telah diikuti. §
Melakukan penilaian hasil
belajar §
Mengajak semua siswa
berdo’a (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) |
15 menit |
PENILAIAN
1. Tehnik dan bentuk instrumen
Tehnik |
Bentuk Instrumen |
∙ pengamatan
sikap |
∙ Lembar
Pengamatan Sikap dan Rubrik |
∙ tes tertulis |
∙ Tes uraian |
∙ penilaian sikap |
∙lembar penilaian sikap |
a. Pengamatan sikap
Lembar pengamatan sikap
No |
Aspek yang
dinilai |
3 |
2 |
1 |
Keterangan |
1 |
Menunjukkan rasa syukur kepada tuhan |
|
|
|
|
2 |
Menunjukkan kemampuan bekerja sama
dalam kerja kelompok |
|
|
|
|
3 |
Menunjukkan ketekunan dan disiplin
dalam belajar da bekerja baik secara individu maupun berkelompok |
|
|
|
|
Rubric pengamatan sikap
NO |
Aspek yang
dinilai |
Rubrik |
1 |
Menunjukkan arasa syukur kepada tuhan yang maha Esa |
3.menunjukkan ekspresi rasa syukur
kepada Tuhan yang maha Esa yang telah memberikan potensi kepada kita untuk
menggali ilmu pengetahuan lebih dalam lagi. 2.belum secara eksplisit menunjukkan
ekspresi atau ungkapan syukur , namun menaruh minat terhadap kebesaran Tuhan
saat refleksi 1.belum menunjukkan ekspresi rasa
syukur atau menaruh minat terhadap kebesaran Tuhan saat refleksi |
2 |
Menunjukkan kemampuan bekerja sama dalam berkelompok |
3.menunjukkan kemampuan bekerja sama
antar anggota kelompok dan terlibat aktif dalam kegiatan kelompok 2.menunjukkan kemampuan bekerja sama ,
namun baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh 1.tidak menunjukkan kemampuan bekerja
sama , dan sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah
didorong untuk terlibat. |
3 |
Menunjukkan ketekunan dan disiplin dalam belajar dan
bekerja baik secara individu maupun berkelompok |
3.tekun dalam menyelesaikan tugas
dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan , berupaya tepat waktu 2.berupaya tepat waktu dalam
menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya.. 1.tidak berupaya sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas ,dan tugasnya tidak selesai |
b. Lembar Tes Tulis
1. Pada segitiga ABC, carilah sisi c jika b=5,4 cm ,<B=70 dan <C=80
2. Diketahui sisi-sisi suatu segitiga 7cm,8cm, 9cm. hitunglah besar sudut di hadapan sisi 9cm.
Penilaian sikap
No |
Nama Peserta Didik |
Aspek yang Dinilai |
||
Percaya Diri |
Teliti |
Disiplin |
||
1 |
Aldi putra |
|
|
|
2 |
Dian islami |
|
|
|
3 |
Dian munira |
|
|
|
4 |
Laila
rahma |
|
|
|
5 |
Mastura |
|
|
|
6 |
Mizzan |
|
|
|
7 |
Muhammad
yasir |
|
|
|
8 |
Naziratul
husna |
|
|
|
9 |
Nurul
huda |
|
|
|
10 |
Rahmat
fadhillah |
|
|
|
11 |
rajuddin |
|
|
|
12 |
Tursina
akmalia |
|
|
|
13 |
Ulan
shakira |
|
|
|
14 |
zulfikar |
|
|
|
15 |
zulnizah |
|
|
|
16 |
Arif
mumfadhil |
|
|
|
Keterangan: 1: Kurang 2 : Cukup 3 : Baik 4 : baik sekali
REKAPITULASI PENILAIAN SISWA TEMA 7 SUBTEMA
1 sd 2 Nama Siswa : Kelas :
X Tema :
7 Sub Tema : 1 & 2 |
||||||
Sikap |
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. |
Diisi
oleh guru dalam kalimat positif
tentang apa yang menonjol dan apa
yang perlu usaha-usaha pengembangan
untuk mencapai kompetensi yang
ditetapkan pada kelas yang
diikutinya. |
||||
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, percaya diri,
dan cinta tanah air. |
Diisi
oleh guru dalam kalimat positif
tentang apa yang menonjol dan apa
yang perlu usaha-usaha pengembangan
untuk mencapai kompetensi yang
ditetapkan pada kelas yang diikutinya |
|||||
Pengetahua |
Mengingat
dan memahami pengetahuan faktual dan konseptual berdasarkan rasa ingin
tahu tentang: - dirinya, - makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya
benda-benda lain di sekitarnya |
Kompetensi |
1 |
2 |
3 |
4 |
3.7 memahami konsep dan menentukan aturan
sinus cosinus serta pembuktian secara nyata. |
|
|
|
|
||
Keterampilan |
Menyajikan
kemampuan mengamati, menanya, dan mencoba dalam: - bahasa yang jelas, logis
dan sistematis - tindakan anak beriman dan berakhlak mulia |
4.15 menyajikan aturan sinus cosinus dan membuktikannya. |
|
|
|
|
Jurnal
penilaian siswa per subtema ini bisa
digunakan sebagai data untuk
pengisian rapot akademik siswa per semester. Dari data pencapaian siswa per subtema ini, guru dapat melihat dan mengukur pencapaian kompetensi siswa
dan memberikan umpan balik yang konstruktif berdasarkan data penilaian autentik yang dimilikinya. |
Pidie 23 Agustus 2021
Guru Mata Pelajaran Mengetahui
Hamdiah. S.Pd Muslem, S.Pd. M.pd.
NIP 198110192006042003 NIP. 197605042000081001
0 Response to "RPP Revisi Terbaru Persamaan dan pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak"
Posting Komentar