RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : MTsN TIRO
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX (sembilan)/1 (satu)
Materi Pokok :
Perpangkatan dan Bentuk Akar
Alokasi Waktu : 2 JP
A. Kompetensi Inti
1 |
: |
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. |
2 |
: |
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya. |
3 |
: |
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. |
4 |
: |
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori. |
B. Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.1. Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti,
bertanggung jawab, responsif, dan
tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3. Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari- hari.
3.1 Menjelaskan dan melakukan operasi bilangan berpangkat bilangan rasional
dan bentuk
akar, serta sifat-sifatnya.
4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.I. Berdo’a bersama sebelum belajarbilangan
berpangkat dan bentuk akar sebagai wujud menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.1.1 Tidak menyontek dalam mengerjakan ulangan harian (jujur)
2.2.1. Suka bertanya
kepada guru atau teman selama proses pembelajaran (rasa ingin tahu)
2.2.2 Memilki pendirian dalam melaksanakan
presentasi, laporan proses dan hasil tugas
(percaya diri)
2.3.1
Aktif
dalam kerja kelompok (gotong royong)
3.1.1 Menuliskan perkalian bilangan dalam bentuk perpangkatan.
3.1.2 Menentukan hasil perpangkatan suatu bilangan.
D. Materi Pembelajaran
Pembelajaran Reguler ;
Pertemuan 1
1. Menjelaskan bentuk bilangan berpangkat, Menunjukkan bentuk perpangkatan dari kejadian sehari-hari
Mengamati gambar tata surya yang diketahui Jarak planet Jupiter ke matahari adalah 778.500.000 km =7,79 x 108
2. Menentukan sifat-sifat bilangan berpangkat Mengamati vidio pembelahan sel / amuba
a = a1
a x a = a 2
a x a x .............................n = an
Menentukan sifat-sifat bilangan bentuk akar :
E.
Metode Pembelajaran
Pendekatan scientific, pendekatan kontekstual, pembelajaran kooperatif.
F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 ( 2 JP )
Tahap pembelajaran |
Uraian
kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Guru memberi salam, menanyakan kabar siswa , mengajak siswa berdo’a, dan mengecek kehadiran siswa; 2.
Guru mengkondisikan siswa dalam suasana
kelas yang menyenangkan dengan memberi kuis tentang bilangan berpangkat
untuk dikaitkan dengan perkalian pada
perpangkatan; 3.
Apersepsi ; Dengan tanya jawab guru mengingatkan
kembali tentang perkalian bilangan. Contoh
: 2 x 2 x 2 x 2 = 2 ’’’ 4.
Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai : 5.
Menunjukkan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, contoh: perkembangan bakteri 6.
Menyampaikan garis besar cakupan materibilangan berpangkat 7.
Rencana kegiatan yang akan
dilakukan, meliputi: pengamatan, mengerjakan tugas secara
berkelompok, mempresentasikan hasil kerja kelompok, pembahasan secara
klasikal 8.
Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan
digunakan mencakup observasi sikap, tes tertulis, dan praktek keterampilan |
10 menit |
Inti |
Mengamati(Stimulation (stimulasi/pemberian
rangsangan) Siswa mengamati gambar tata surya ,siswa menuliskah
hasil pengamatan yaitu menulis jarak planet yupiter terhadap matahari Siswa mengamati tayangan vidio tentang proses
pembelahan sel Siswa mencatat hasil pengamatan Menanya Dari hasil pengamatan siswa 1.Diharapkan
bersemangat mengajukan pertanyaan
yang berkaitan dengan “Bilangan berpangkat”, 2.Apabilaprosesbertanyadarisiswakuranglancar,guru lontarkanpertanyaan penuntun/pancingansecara
bertahap Contohpertanyaanpenuntun/pancingan a.Tahukah kamu berapakah jarak planet Jupiter ke matahari?
Bagaimana
kamu dapat menuliskan jarak tersebut dalam bentukyang lebih sederhana bilangan berpangkat?Siswa menjawab
sesuai hipotesanya b.Setelah kamu mengamatipembelahan sel pada hewan berselsatu
dalam tayangan vidio
Bagaimanakah pola pembelahanyang terbentuk tiap satuan waktunya? Berapakah jumlahseluruh hewan tersebut pada
satuan waktu tertentu? kamumenghitung jumlah seluruhnya setelah satu waktuan waktu? Siswa
menjawab sesuai hipotesanya ( hasil
sementara)
Mengumpulkan
Informasi 1.
Secara
kelompok siswa mengumpulkan data hasil guntingan
kertas pada kegiatan 1.1(buku
siswa) 2.
Siswa melengkapi tabel pada pada kegiatan
1.1 3.
Siswa melengkapi tabel hasil perpangkatan, dengan tekun padakegiatan 1.2 4.
Siswa menyalin dan melengkapi tabel pemangkatan dengan tekun
pada kegiatan 1.2 Siswa
mengamati dengan teliti contoh
tabel hasil pemangkatan pada perkalian bilangan (Keg. 1.1)
Menalar 1. Secara berkelompok siswa
menyelesaikan LK 2.
Siswa menyimpulkan masalah yang
ada di LK dan mencocokkan dengan hipotesis yang sudah dibuat Mengomunikasikan Siswa mengkomonikasikan hasil kerjanya dengan cara menulis di buku tugas dan ditukar dengan kelompok lain |
50 menit |
Penutup |
1.
Siswa bersama-sama dengan guru merangkum isi pembelajaran tentang
perpangkatan bilangan bulat; 2.
Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; 3.
Guru melakukan
penilaian berbentuk kuis tertulis(terlampir); 4.
Guru melakukan
tindak lanjut dengan memberikan tugasindividu
(dari buku siswa halaman 10) 5.
Guru menginformasikan
secara garis besar isi kegiatan pada pertemuan berikutnya yakni
tetangPerkalian pada Perpangkatan |
20 menit |
G. Media/alat, bahan dan sumber
belajar
1.
Media/ alat
Kalkulator dan power poin
2.
Bahan
Kertas karton, gunting dan penggaris
3. Sumber
belajar
a.
Sinaga, Bornok, dkk. 2014 matematika SMP/MTs Kelas IX semester I yang
diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
b.
Lembar Kerja Siswa buatan guru
c.
Buku pendukung yang sesuai.
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Tarmizi, S.Pd Laila Akmal, S.Pd
NIP.----------------- NIP.-------------
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Lampiran 1a (Pertemuan Pertama)
LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) 1
BILANGAN BERPANGKAT
KEGIATAN :
LEMBAR JAWABAN :
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
A. TMT (Tugas Mandiri Terstruktur)
1. Sederhanakanlah:
B. TMTT (Tugas Mandiri Tidak
terstruktur):
Carilah artikel mengenai manfaat belajar perpangkatan dan bentuk akar
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
PETUNJUK PENENTUAN NILAI SIKAP SPIRITUAL
1. Rumus Penghitungan Skor Akhir
Skor akhir = (jumlah perolehan skor / skor maksimal x 4) x 4
Skor Maksimal = Banyaknya Indikator
2. Kategori nilai sikap
peserta didik didasarkan pada Permendikbud No 81A Tahun 2013 yaitu:
Sangat Baik (SB) : apabila memperoleh Skor Akhir: 3,33< Skor
Akhir ≤ 4,00
Baik (B) : apabila memperoleh Skor Akhir: 2,33< Skor Akhir
≤ 3,33
Cukup (C) : apabila memperoleh Skor Akhir: 1,33< Skor Akhir ≤
2,33
Kurang (K) : apabila memperoleh Skor Akhir: Skor Akhir ≤ 1,33
3. Tuntas/Tidak Tuntas
Tuntas apabila memperoleh Kategori sikap
Tidak Tuntas apabila memperoleh
Kategori sikap
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Lampiran 2b: (Pertemuan Satu )
LEMBAR PENILAIAN SIKAP SOSIAL
A. Petunjuk Umum
1. Instrumen penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar
Observasi.
2. Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.
B. Petunjuk Pengisian
Berdasarkan pengamatan Anda selama satu KD (Kompetensi
Dasar) terakhir, nilailah sikap setiap peserta didik Anda dengan memberi skor
4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Observasi dengan ketentuan sebagai berikut:
4 = apabila melakukan perilaku yang diamati sebanyak
lebih dari 5 kali
3 = apabila melakukan perilaku yang diamati sebanyak 3-5
kali
2 =apabila melakukan perilaku yang diamati sebanyak 1-2
kali
1= apabila TIDAK PERNAH melakukan perilaku yang diamati
LEMBAR OBSERVASI
Kelas :IX-A
Semester : Ganjil
Materi
Pokok: Perpangkatan dan bentuk akar
Tahun Pelajaran : 2021/2022
Periode Pengamatan : Tanggal … s.d. ...
Butir Nilai : Menunjukkan sikap jujur, disiplin, peduli, dan percaya diri.
Indikator Sikap :
1. Menunjukkan sikap jujur dalam mengerjakan tugas dan kuis
2. Menunjukkan sikap disiplin dalam pengumpulan tugas
3. Menunjukkan sikap peduli terhadap teman saat bekerja dalam kelompok
4. Menunjukkan sikap percaya diri dalam mengungkapkan pendapat
No |
Nama |
Skor Indikator Sikap Sosial |
Jumlah Perolehan Skor |
Skor Akhir |
Tuntas/Tidak Tuntas |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
PETUNJUK PENENTUAN NILAI SIKAP SOSIAL
1. Rumus Penghitungan
Skor Akhir
Skor akhir = (jumlah perolehan skor / skor maksimal x 4) x 4
Skor Maksimal = Banyaknya Indikator
2. Kategori nilai sikap
peserta didik didasarkan pada Permendikbud No 81A Tahun 2013 yaitu:
Sangat Baik (SB) : apabila memperoleh Skor Akhir: 3,33< Skor
Akhir ≤ 4,00
Baik (B) : apabila memperoleh Skor Akhir: 2,33< Skor Akhir
≤ 3,33
Cukup (C) : apabila memperoleh Skor Akhir: 1,33< Skor Akhir ≤
2,33
Kurang (K) : apabila memperoleh Skor Akhir: Skor Akhir ≤ 1,33
3. Tuntas/Tidak Tuntas
Tuntas apabila memperoleh Kategori sikap
Tidak Tuntas apabila memperoleh Kategori sikap
Lampiran 2d:
(Pertemuan Kesatu)
INSTRUMEN PENILAIAN
KETERAMPILAN
Indikator soal:
1. Membuat peragaan dari guntingan kertas.
2. Menentukan bilangan pangkat.
Teknik Penilaian : Tertulis
Setelah
mengisi tabel diatas apa yang dapat kamu simpulkan tentang bilangan berpangkat .
Tulis
bentuk umum perkalian berulang dan bentuk pangkat.
Rubrik Penskoran untuk tiap butir
Komponen |
Rubrik penskoran: |
a. Cara
kerja melipat dan menggunting kertas |
Skor 4: 3 deskriptor benar Skor 3: 2 deskriptor benar Skor 2: 1 deskriptor benar Skor 1: sudah melipat tetapi tidak sesuai dengan petunjuk. |
b. Menghitung banyaknyakertas
setelah potongan pertama,
kedua, ketiga, keempat, dan kelima. Deskriptor penilaian: Banyaknya potongan kertas
setelah potongan
pertama benar, banyaknya kertas setelah potongan kedua benar, banyaknya kertas
setelah potongan ketiga benar, banyaknya kertas setelah
potongankeempat benar,
banyaknya kertas setelah potongankelima benar. |
Skor 4: 4 deskriptor benar Skor 3: 3 deskriptor benar Skor 2: 2 deskriptor benar Skor 1: 1 deskriptor benar |
c. Pengisian
tabel, dan kesimpulan |
Skor 4: diisi semua dan memberi kesimpulan yang benar Skor 3: diisi empat sampai lima baris Skor 2: diisi dua sampai tiga baris Skor 1: diisi hanya satu |
0 Response to "RPP Matematika Kelas 9 Semester 2 (K13 Revisi terbaru)"
Posting Komentar