Postingan Populer

RPP Matematika Kelas 9 Semester 2 (K13 Revisi terbaru)

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                 : MTsN TIRO

Mata Pelajaran                      : Matematika

Kelas/Semester                      : IX (sembilan)/1 (satu)

Materi Pokok                         : Perpangkatan dan Bentuk Akar

Alokasi Waktu                       : 2 JP

A.      Kompetensi Inti 

1

:

Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

2

:

Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

3

:

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

4

:

Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.    Kompetensi Dasar  Indikator Pencapaian Kompetensi

        1.1     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

        2.1.    Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab,      responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.

        2.2     Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki     rasa  percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman   belajar.

       2.3.   Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari- hari.

       3.1    Menjelaskan dan melakukan operasi bilangan berpangkat bilangan rasional dan bentuk

         akar, serta sifat-sifatnya.

       4.1    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar. 

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi

        1.1.I.     Berdo’a bersama sebelum belajarbilangan berpangkat dan bentuk akar sebagai wujud menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

        2.1.1     Tidak menyontek dalam mengerjakan ulangan harian (jujur)

        2.2.1.    Suka bertanya kepada guru atau teman selama proses pembelajaran (rasa ingin tahu)

        2.2.2     Memilki pendirian dalam melaksanakan presentasi, laporan proses dan hasil tugas

(percaya diri)

2.3.1         Aktif dalam kerja kelompok (gotong royong)

3.1.1       Menuliskan perkalian bilangan dalam bentuk perpangkatan.

3.1.2       Menentukan hasil perpangkatan suatu bilangan.


D.  Materi Pembelajaran

Pembelajaran Reguler ;

Pertemuan 1


1.    Menjelaskan bentuk  bilangan berpangkat, Menunjukkan bentuk perpangkatan  dari kejadian sehari-hari

             Mengamati gambar tata surya yang diketahui Jarak planet Jupiter ke matahari adalah                               778.500.000 km =7,79 x 108

         2.      Menentukan sifat-sifat bilangan berpangkat Mengamati vidio pembelahan sel  / amuba

                   a =   a1

                   a x a = a 2

                   a x a x .............................n  = an

Menentukan sifat-sifat bilangan bentuk akar :



E.  Metode Pembelajaran

Pendekatan scientific, pendekatan kontekstual, pembelajaran kooperatif.

F.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 ( 2 JP )

Tahap pembelajaran

Uraian kegiatan

Alokasi Waktu

Kegiatan Pendahuluan

1.   Guru memberi salam, menanyakan  kabar siswa , mengajak siswa berdoa, dan mengecek kehadiran siswa;

2.   Guru mengkondisikan siswa dalam suasana kelas yang menyenangkan dengan memberi kuis tentang  bilangan berpangkat untuk dikaitkan  dengan perkalian pada perpangkatan;

3.   Apersepsi ; Dengan tanya jawab guru mengingatkan kembali tentang perkalian bilangan.

Contoh :  2 x 2 x 2 x 2 = 2 ’’’

4.   Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai :

5.   Menunjukkan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, contoh:  perkembangan bakteri

6.   Menyampaikan garis besar cakupan materibilangan berpangkat

7.   Rencana kegiatan yang akan dilakukan, meliputi: pengamatan, mengerjakan tugas secara berkelompok, mempresentasikan hasil kerja kelompok, pembahasan secara klasikal

8.   Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan mencakup observasi sikap, tes tertulis, dan praktek keterampilan

 

10 menit

 

Inti

 

 

 

Mengamati(Stimulation

(stimulasi/pemberian rangsangan)

Siswa mengamati gambar tata surya ,siswa menuliskah hasil pengamatan yaitu menulis jarak planet yupiter terhadap matahari

Siswa mengamati tayangan vidio tentang proses pembelahan sel

Siswa mencatat hasil pengamatan

Menanya

Dari hasil pengamatan siswa

1.Diharapkan  bersemangat mengajukan  pertanyaan yang berkaitan dengan “Bilangan berpangkat”,

2.Apabilaprosesbertanyadarisiswakuranglancar,guru

lontarkanpertanyaan penuntun/pancingansecara bertahap

Contohpertanyaanpenuntun/pancingan

a.Tahukah kamu berapakah jarak planet Jupiter ke

matahari?

Bagaimana kamu dapat menuliskan jarak tersebut dalam

bentukyang lebih sederhana bilangan berpangkat?Siswa

menjawab sesuai hipotesanya 

  b.Setelah kamu mengamatipembelahan sel pada hewan

 berselsatu dalam tayangan vidio Bagaimanakah pola

pembelahanyang terbentuk tiap satuan waktunya?

Berapakah jumlahseluruh hewan tersebut pada satuan

waktu tertentu? kamumenghitung jumlah seluruhnya

setelah satu waktuan waktu?

Siswa menjawab sesuai hipotesanya  ( hasil sementara)

 

Mengumpulkan Informasi

1.     Secara kelompok siswa mengumpulkan data hasil guntingan kertas pada kegiatan 1.1(buku siswa)

2.     Siswa melengkapi tabel pada pada kegiatan 1.1

3.     Siswa melengkapi tabel hasil perpangkatan, dengan tekun padakegiatan 1.2

4.     Siswa menyalin dan melengkapi tabel pemangkatan dengan tekun pada kegiatan 1.2

Siswa mengamati dengan teliti contoh tabel hasil pemangkatan pada perkalian bilangan (Keg. 1.1)

 




Menalar

      1.      Secara berkelompok siswa menyelesaikan LK

     2.     Siswa menyimpulkan masalah yang ada di LK dan               mencocokkan dengan hipotesis yang sudah dibuat

Mengomunikasikan

Siswa mengkomonikasikan hasil kerjanya dengan cara menulis di buku tugas dan ditukar dengan kelompok lain

 

50 menit

Penutup

1.   Siswa bersama-sama dengan guru merangkum isi pembelajaran tentang perpangkatan bilangan bulat;

2.   Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

3.   Guru melakukan penilaian berbentuk kuis tertulis(terlampir);

4.   Guru melakukan tindak lanjut dengan memberikan tugasindividu (dari buku siswa halaman 10)

5.   Guru menginformasikan secara garis besar isi kegiatan pada pertemuan berikutnya yakni tetangPerkalian pada Perpangkatan

 

20 menit

G.    Media/alat, bahan dan sumber belajar

1.   Media/ alat

Kalkulator dan power poin

2.   Bahan

Kertas karton, gunting dan penggaris

3.  Sumber belajar

a.      Sinaga, Bornok, dkk. 2014  matematika SMP/MTs Kelas IX semester I yang diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

b.     Lembar Kerja Siswa buatan guru

c.      Buku pendukung yang sesuai.


Mengetahui                                                                                                    Beureunuen, 15 Juli 2021

Kepala Madrasah                                                                                            Guru Mata Pelajaran


Tarmizi, S.Pd                                                                                                   Laila Akmal, S.Pd

NIP.-----------------                                                                                            NIP.-------------

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lampiran 1a (Pertemuan Pertama)

LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) 1

BILANGAN BERPANGKAT

KEGIATAN :  


LEMBAR JAWABAN :

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


A.      TMT (Tugas Mandiri Terstruktur)

1.       Sederhanakanlah:

 

B.    TMTT (Tugas Mandiri Tidak terstruktur):

Carilah artikel mengenai manfaat belajar perpangkatan dan bentuk akar


------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

PETUNJUK PENENTUAN NILAI SIKAP SPIRITUAL

1. Rumus Penghitungan Skor Akhir

Skor akhir = (jumlah perolehan skor / skor maksimal x 4) x 4

Skor Maksimal = Banyaknya Indikator  4

2. Kategori nilai sikap peserta didik didasarkan pada Permendikbud No 81A Tahun 2013 yaitu:

Sangat Baik (SB)   : apabila memperoleh Skor Akhir: 3,33< Skor Akhir ≤ 4,00

Baik (B)                 : apabila memperoleh Skor Akhir: 2,33< Skor Akhir ≤ 3,33

Cukup (C)              : apabila memperoleh Skor Akhir: 1,33< Skor Akhir ≤ 2,33

Kurang (K)             : apabila memperoleh Skor Akhir:     Skor Akhir ≤ 1,33

3.   Tuntas/Tidak Tuntas

Tuntas apabila memperoleh Kategori sikap  Baik (B)

Tidak Tuntas apabila memperoleh Kategori sikap  Baik (B)

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lampiran 2b: (Pertemuan Satu )

LEMBAR PENILAIAN SIKAP SOSIAL 

A. Petunjuk Umum

1. Instrumen penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi.

2. Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.

B. Petunjuk Pengisian

Berdasarkan pengamatan Anda selama satu KD (Kompetensi Dasar) terakhir, nilailah sikap setiap peserta didik Anda dengan memberi skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Observasi dengan ketentuan sebagai berikut:

4 = apabila melakukan perilaku yang diamati sebanyak lebih dari 5 kali

3 = apabila melakukan perilaku yang diamati sebanyak 3-5 kali

2 =apabila melakukan perilaku yang diamati sebanyak 1-2 kali

1= apabila TIDAK PERNAH melakukan perilaku yang diamati

 --------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

LEMBAR OBSERVASI

Kelas :IX-A

Semester :                        Ganjil                     

Materi Pokok:                 Perpangkatan dan bentuk akar

Tahun Pelajaran :             2021/2022

Periode Pengamatan :     Tanggal … s.d. ...

Butir Nilai :                    Menunjukkan sikap jujur, disiplin, peduli, dan percaya diri.

Indikator Sikap :

1. Menunjukkan sikap jujur dalam mengerjakan tugas dan kuis

2. Menunjukkan sikap disiplin dalam pengumpulan tugas

3. Menunjukkan sikap peduli terhadap teman saat bekerja dalam kelompok

4. Menunjukkan sikap percaya diri dalam mengungkapkan pendapat

No

Nama

Skor Indikator Sikap Sosial

Jumlah Perolehan Skor

Skor Akhir

Tuntas/Tidak Tuntas

1

2

3

4

1

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

 


PETUNJUK PENENTUAN NILAI SIKAP SOSIAL

1. Rumus Penghitungan Skor Akhir

Skor akhir = (jumlah perolehan skor / skor maksimal x 4) x 4

Skor Maksimal = Banyaknya Indikator  4

2. Kategori nilai sikap peserta didik didasarkan pada Permendikbud No 81A Tahun 2013 yaitu:

Sangat Baik (SB)   : apabila memperoleh Skor Akhir: 3,33< Skor Akhir ≤ 4,00

Baik (B)                 : apabila memperoleh Skor Akhir: 2,33< Skor Akhir ≤ 3,33

Cukup (C)              : apabila memperoleh Skor Akhir: 1,33< Skor Akhir ≤ 2,33

Kurang (K)             : apabila memperoleh Skor Akhir:     Skor Akhir ≤ 1,33

 

3.   Tuntas/Tidak Tuntas

Tuntas apabila memperoleh Kategori sikap  Baik (B)

Tidak Tuntas apabila memperoleh Kategori sikap  Baik (B)

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lampiran 2d: (Pertemuan Kesatu) 

INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN

Indikator soal:

1. Membuat peragaan dari guntingan kertas.

2. Menentukan bilangan pangkat.

Teknik Penilaian : Tertulis








Setelah mengisi tabel diatas apa yang dapat kamu simpulkan tentang bilangan berpangkat .

Tulis bentuk umum perkalian berulang dan bentuk pangkat.

 

Rubrik Penskoran untuk tiap butir

Komponen

Rubrik penskoran:

a.      Cara kerja melipat dan menggunting kertas

 

Skor 4: 3 deskriptor benar

Skor 3: 2 deskriptor benar

Skor 2: 1 deskriptor benar

Skor 1: sudah melipat tetapi tidak sesuai dengan petunjuk.

b.     Menghitung banyaknyakertas setelah potongan pertama, kedua, ketiga, keempat, dan kelima.

Deskriptor penilaian:

Banyaknya potongan kertas setelah potongan pertama benar, banyaknya kertas setelah potongan kedua benar, banyaknya kertas setelah potongan ketiga benar, banyaknya kertas setelah potongankeempat benar, banyaknya kertas setelah potongankelima benar.

Skor 4: 4 deskriptor benar

Skor 3: 3 deskriptor benar

Skor 2: 2 deskriptor benar

Skor 1: 1 deskriptor benar

c.      Pengisian tabel, dan kesimpulan

Skor 4: diisi semua dan memberi kesimpulan yang benar

Skor 3: diisi empat sampai lima  baris

Skor 2: diisi dua sampai tiga baris

Skor 1: diisi hanya satu


                                                                                                        Mengetahui 
                                                                                                        Guru Mata Pelajaran


                                                                                                        Laila akmal, S.Pd.
                                                                                                        NIP.---------------




0 Response to "RPP Matematika Kelas 9 Semester 2 (K13 Revisi terbaru)"

Posting Komentar