RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan pendidikan ; MTsS Tgk Chik Dayah Cut Tiro
Mata Pelajaran ; Matematika
Kelas / semester ; V111 / Ganjil
Tahun Pelajaran ; 2016 / 2017
Materi pokok ;
Relasi fungsi dan grafik fungsi
Alokasi waktu ;13
JP x 45 menit
A.
Kompetensi Inti
1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
|
2
|
:
|
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
3
|
:
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
|
4
|
:
|
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1
|
1.1 Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1.1 Berdoa sebelum dan sesudah
pelajaran
1.1.2 Menggunakan waktu seefektif
mungkin
1.1.3 Bersemangat dalam mengikuti
pembelajaran matematika
|
2
|
2.2
Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika
serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk
melalui pengalaman belajar
|
2.2.1
Suka bertanya selama proses pembelajaran.
2.2.2
Berani mengutarakan pendapat
2.2.3
Tanggung jawab dalam mengerjakan tugas
2.2.4 Bekerja sama dan mementingkan hasil kerja
kelompok
|
3
|
3.5
Menyajikan fungsi dalam berbagai bentuk relasi, pasangan berurut, rumus
fungsi, tabel, grafik dan diagram
|
3.5.1 Menyebutkan relasi dua
himpunan
3.5.2 Membedakan fungsi dan bukan
fungsi
3.5.3 Menyebutkan ciri-ciri fungsi
3.5.4 Menyajikan fungsi ke bentuk
diagram panah, diagram cartesius, dan himpunan pasangan berurutan
3.5.5 Menentukan nilai fungsi
3.5.6 Menggambar grafik fungsi
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. KI
1 dan KI 2
Perserta didik:
a.
Berdoa sebelum dan
sesudah pembelajaran
b.
Menggunakan waktu
seefektif mungkin
c.
Bersemangat dalam
pembelajaran matematika
d.
Suka bertanya selama
proses pembelajaran
e.
Berani mengungkapkan
pendapatnya
f.
Bertanggungjawab dalam
menyelesaikan tugasnya
g.
Bekerjasama dan
mementingkan hasil kelompok
2. KI 3
Pertemuan
1, peserta didik dapat:
a.
Menyebutkan relasi antardua
himpunan
b.
Membedakan fungsi dan
bukan fungsi
c.
Menyebutkan ciri-ciri
fungsi
Pertemuan 2, peserta didik dapat:
a.
Menyajikan fungsi ke
dalam diagram panah, diagram cartesius, dan himpunan pasangan berurutan.
Pertemuan 3, peserta didik dapat:
a.
Menentukan nilai fungsi
jika diketahui daerah asal
b.
Menentukan daerah asal
jika diketahui nilai fungsi
Pertemuan 4, peserta didik dapat:
a.
Menggambar grafik
fungsi
D . Materi Pembelajaran
Relasi adalah hubungan yang
memasangkan anggota-anggota himpunan A dan anggota-anggota himpunan B.
Fungsi adalah relasi khusus yang
memasangkan setiap anggota himpunan A tepat satu di anggota B. Pada fungsi
terdapat domain yaitu himpunan/daerah asal, kodomain yaitu himpunan/daerah
kawan, dan range yaitu himpunan/daerah hasil.
Fungsi umumnya disajikan dengan
tiga cara: diagram panah, diagram cartesius, dan himpunan pasangan berurutan.
Fungsi f yang menghubungkan anggota himpunan A dan
himpunan B dinotasikan f: A à B. Jika adalah anggota himpunan A, dan adalah anggota himpunan B, maka fungsinya
dinotasikan: atau
E
. Kegiatan
Pembelajaran
1. Pertemuan 1
(4 X 45 menit)
Pendahuluan (25 menit)
1)
Guru memberikan salam
dan meminta seluruh peserta didik berdoasebelum
pelajaran dimulai.
2)
Guru menyiapkan peserta
didik psikis dan fisik agar peserta didik bersemangat
dalam mengikuti pembelajaran.
3)
Guru mengingatkan
kembali bagaimana cara menyajikan himpunan.
4)
Guru memotivasi peserta
didik dengan mengaitkan materi pada kehidupan sehari-hari. Misalnya: peserta
didik diminta menyebutkan kaitan antara provinsi dan ibukota provinsinya.
5)
Guru menayanngkan
beberapa contoh himpunan bilangan dan meminta siswa menemukan kaitan
antarhimpunan tersebut.
6)
Guru menegaskan tujuan
pembelajaran
Kegiatan Inti (120 menit)
1) Mengamati
a)
Peserta didik diminta
untuk mengamati beberapa contoh himpunan yang tersaji dalam tayangan powerpoint.
2) Menanya
a)
Peserta didik
merumuskan pertanyaan “Apakah kaitan antara himpunan-himpunan itu?”
3) Mengumpulkan informasi
a)
Peserta didik secara
berpasangan dengan teman sebangkunya mencermati himpunan-himpunan yang tersaji
dan mendiskusikan kaitan antarhimpunan tersebut.
b)
Guru menginformasikan
bahwa peserta didik berdiskusi selama 5 menit, diharapkan peserta dapat menggunakan waktu seefektif mungkin.
4) Menganalisis informasi
a) Peserta
didik secara berpasangan menyebutkan kaitan antarhimpunan.
b) Guru
berkeliling mengamati pekerjaan peserta didik, dan menjadi fasilitator bagi
peserta didik yang membutuhkan bantuan.
5) Mengomunikasikan
Peserta didik mengomunikasikan
hasil diskusi di depan teman-temannya. Peserta didik diharapkan berani mengemukakan
a)
pendapat.Peserta
didik yang lain diharapkan dapat menanggapi pekerjaan temannya, baik dengan bertanya, maupun memberikan saran.
b)
Guru memberikan umpan
balik berupa penegasan apa yang dimaksud dengan relasi.
6) Mengamati
a)
Peserta didik diminta
mengamati berbagai himpunan yang telah didiskusikannya khususnya pada relasi
pertama dan relasi kedua.
7) Menanya
a)
Peserta didik
diharapkan dapat merumuskan pertanyaan “Apakah perbedaan antara relasi pertama
dan relasi kedua?”
8) Mengumpulkan informasi
a)
Peserta didik secara
berpasangan dengan teman sebangkunya mendiskusikan apakah perbedaan-perbedaan
relasi pertama dan relasi kedua.
b)
Guru menginformasikan
bahwa waktu berdiskusi adalah 5 menit, diharapkan peserta didik dapat menggunakan waktu secara efisien.
9) Menganalisis informasi
a)
Peserta didik secara
berpasangan menyebutkan perbedaan relasi pertama dan relasi kedua.
b)
Guru berkeliling
mengamati pekerjaan peserta didik, dan menjadi fasilitator bagi peserta didik
yang membutuhkan bantuan.
10) Mengomunikasikan
a)
Peserta didik
mengomunikasikan hasil diskusi di depan teman-temannya. Peserta didik
diharapkan berani mengemukakan pendapat.
Peserta didik yang lain diharapkan dapat menanggapi pekerjaan temannya,
baik dengan bertanya, maupun
memberikan saran.
b)
Guru memberikan umpan
balik berupa penegasan relasi yang merupakan fungsi dan relasi yang bukan
fungsi.
c)
Guru meminta peserta
didik menyebutkan ciri-ciri fungsi berdasarkan contoh fungsi dan bukan fungsi
yang telah disebutkan.
d)
Guru mengomunikasikan
domain, kodomain, dan range.
Penutup (35 menit)
1)
Guru bersama siswa
melakukan refleksi atas apa yang telah dipelajari hari ini, yaitu mengenai
relasi, fungsi, ciri fungsi, serta pengertian domain, kodomain, dan range.
2)
Guru memberikan
penghargaan kepada pasangan peserta didik yang telah berpartisipasi dalam
pembelajaran.
3)
Guru memberikan Kuis
kecil yang dikerjakan peserta didik secara individu selama 15 menit.
4)
Guru memintapeserta
didik mempelajari materi selanjutnya yaitu penyajian fungsi.
5)
Guru meminta peserta
didik bekerja dalam kelompok di luar jam sekolah untuk mengumpulkan informasi
mengenai kejadian sehari-hari yang merupakan fungsi.
6)
Guru menutup
pembelajaran dengan doa.
2. Pertemuan 2
(3
X
45 menit)
Pendahuluan (20 menit)
1)
Guru memberikan salam
dan meminta seluruh peserta didik berdoasebelum
pelajaran dimulai.
2)
Guru menyiapkan peserta
didik psikis dan fisik agar peserta didik bersemangat
dalam mengikuti pembelajaran.
3)
Guru mengingatkan
materi yang telah dipelajari sebelumnya
4)
Guru menayangkan
beberapa contoh diagram yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari.
5)
Guru menegaskan tujuan
pembelajaran.
6)
Guru menginformasikan
bahwa hari ini peserta didik akan bekerja secara kelompok dan meminta peserta
didik berkumpul dengan kelompoknya.
Kegiatan Inti (90 menit)
1) Mengamati
a)
Peserta didik diminta
untuk mengamati beberapa contoh diagram dalam tayangan powerpoint.
2) Menanya
a)
Peserta didik
merumuskan pertanyaan “Bagaimana cara membuat diagram-diagram semacam itu?”
b)
Guru menginformasikan
bahwa terdapat kaitan antara domain, kodomain, dan range dalam membuat
diagram-diagram semacam itu. Siswa diminta untuk membaca buku siswa halaman
96-97.
c)
Guru membagikan kertas
manila dan spidol kepada masing-masing kelompok.
3) Mengumpulkan informasi
a)
Peserta didik secara
berkelompok membuat penyajian fungsi dalam waktu 30 menit. Diharapkan peserta
dapat menggunakan waktu seefektif
mungkin. Kelompok yang telah selesai diminta untuk memasangkan hasil karya
di dinding kelas.
4) Menganalisis informasi
a) Setiap
kelompok diminta berdiri di depan hasil karya yang bukan miliknya.
b) Setiap
kelompok diminta memberikan kritik, saran, tanggapan, dan pertanyaan atas
pekerjaan kelompok lain dan segera berpindah ke kelompok yang lain setelah 3
menit.
5) Mengomunikasikan
a)
Satu-dua kelompok
membacakan kritikan, tanggapan, saran, maupun pertanyaan kepada salah stau
kelompok yang lain.
b)
Guru memberikan umpan
balik.
Penutup (25 menit)
1)
Guru bersama siswa
melakukan refleksi atas apa yang telah dipelajari hari ini, yaitu mengenai
penyajian fungsi dapat dengan diagram panah, diagram cartesius, dan himpunan
pasangan berurutan.
2)
Guru memberikan
penghargaan kepada pasangan kelompok yang telah berpartisipasi dalam
pembelajaran.
3)
Guru memberikan PR
kepada siswa.
4)
Guru meminta peserta
didik mempelajari materi selanjutnya yaitu rumus dan nilai fungsi.
5)
Guru menutup
pembelajaran dengan doa.
3. Pertemuan 3 (3 X 45 menit)
Pendahuluan (25 menit)
1)
Guru memberikan salam
dan meminta seluruh peserta didik berdoasebelum
pelajaran dimulai.
2)
Guru menyiapkan peserta
didik psikis dan fisik agar peserta didik bersemangat
dalam mengikuti pembelajaran.
3)
Guru mengingatkan
materi yang telah dipelajari sebelumnya
4)
Guru menayangkan
beberapa contoh kejadian sehari-hari yang melibatkan rumus fungsi.
5)
Guru menegaskan tujuan
pembelajaran.
6)
Guru menginformasikan
bahwa hari ini peserta didik akan bekerja secara berkelompok.
Kegiatan Inti (90 menit)
1) Mengamati
a)
Peserta didik diminta
untuk mengamati permasalahan taksi yang melibatkan rumus fungsi dalam tayangan powerpoint.
2) Menanya
a)
Peserta didik
merumuskan pertanyaan “Bagaimana jika ingin menaiki taksi tetapi hanya
mempunyai uang sebesar Rp50.000?”. “Berapa kilometer maksimal jarak yang dapat
ditempuh jika hanya mempunyai uang sebesar Rp50.000?”
b)
Guru membagikanLKS 1
kepada siswa (terlampir).
3) Mengumpulkan informasi
a)
Peserta didik secara
berkelompok mengerjakan LKS 1 secara berkelompok selama 20 menit. Diharapkan
peserta dapat menggunakan waktu
seefektif mungkin.
b)
Guru sebagai
fasilitator berkeliling untuk mengamati pekerjaan setiap kelompok.
4) Menganalisis informasi
a) Setiap
kelompok diharapkan dapat menyimpulkan sendiri mengenai rumus fungsi dari
langkah-langkah pada LKS yang telah dikerjakan.
5) Mengomunikasikan
a) Salah
satu kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
b) Kelompok
yang lain diharapkan berani bertanya
kepada kelompok yang tampil.
c)
Guru memberikan umpan
balik mengenai rumus fungsi dan nilai fungsi.
d)
Guru memberikan contoh
soal tentang rumus fungsi dan nilai fungsi.
Penutup (20 menit)
1)
Guru bersama siswa
melakukan refleksi atas apa yang telah dipelajari hari ini, yaitu mengenai
rumus fungsi dan nilai fungsi.
2)
Peserta didik diminta
mengerjakan kuis kecil (terlampir) secara individu selama 15 menit.
3)
Guru memberikan
penghargaan kepada kelompok yang telah berpartisipasi dalam pembelajaran.
4)
Guru meminta peserta
didik mempelajari materi selanjutnya yaitu menggambar grafik fungsi.
5)
Guru menutup
pembelajaran dengan doa.
4. Pertemuan 4
(3
X
45 menit)
Pendahuluan (25 menit)
1)
Guru memberikan salam
dan meminta seluruh peserta didik berdoasebelum
pelajaran dimulai.
2)
Guru menyiapkan peserta
didik psikis dan fisik agar peserta didik bersemangat
dalam mengikuti pembelajaran.
3)
Guru mengingatkan
materi yang telah dipelajari sebelumnya.
4)
Guru menayangkan
beberapa contoh grafik fungsi yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari.
5)
Guru menegaskan tujuan
pembelajaran.
Kegiatan Inti (95 menit)
1) Mengamati
a)
Peserta didik diminta
untuk mengamati beberapa contoh grafik fungsi dalam tayangan powerpoint.
2) Menanya
a)
Peserta didik
merumuskan pertanyaan “Bagaimana cara membuat grafik-grafik semacam itu?”
3) Mengumpulkan informasi
a)
Guru menjelaskan
langkah-langkah membuat grafik fungsi. Peserta didik diminta mencermati.
b)
Guru meminta peserta
didik menirukan langkah-langkah menggambar grafik fungsi. Perserta didik
diberikan rumus fungsi, lalu diminta membuat tabel fungsi, menentukan
titik-titik koordinat, dan menggambarkannya dalam grafik cartesius.
4) Menganalisis informasi
a) Peserta
didik diminta untuk mengratikan grafik fungsi yang telah dibuatnya. Diharapkan
peserta didik menemukan kaitan antara domain dan range (domain terletak pada
sumbu x dan range terletak pada sumbu y) pada grafik fungsi yang telah mereka
buat.
5) Mengomunikasikan
a)
Satu-dua peserta didik
mengomunikasikan kaitan antara domain dan range terhadap grafik fungsi yang
telah merka buat. Diharapkan peserta didik berani
mengemukakan pendapatnya. Peserta didik yang lain juga diharapkan bertanya kepada peserta didik yang
melakukan presentasi.
b)
Guru memberikan umpan
balik.
Penutup (15 menit)
1)
Guru bersama siswa
melakukan refleksi atas apa yang telah dipelajari hari ini, yaitu mengenai
langkah-langkah menggambar grafik fungsi.
2)
Guru memberikan
penghargaan kepada peserta didik yang telah berpartisipasi dalam pembelajaran.
3)
Guru memberikan PR
kepada siswa.
4)
Guru meminta peserta
didik mempelajari materi selanjutnya yaitu persamaan garis lurus.
5)
Guru menutup
pembelajaran dengan doa.
D.
Penilaian
1. Penilaian Sikap
Spiritual
a.
Teknik Penilaian:
Penilaian Diri
b.
Bentuk Instrumen:
Lembar Penilaian Diri
c.
Kisi-kisi
No
|
Butir Sikap
|
Indikator Sikap
|
Jumlah Butir Instrumen
|
1
|
Beriman kepada Tuhan YME
|
1. Berdoa sebelum dan
sesudah pembelajaran.
|
1
|
2
|
Bersyukur kepada Tuhan YME
|
2. Menggunakan waktu
seefektif mungkin
3. Bersemangat dalam
mengikuti pembelajaran matematika
|
1
|
Jumlah
|
2
|
d.
Instrumen: Lembar
Penilaian Diri (Lampiran)
e.
Petunjuk Perhitungan
Skor (Lampiran)
2. Penilaian Sikap Sosial
a.
Teknik Penilaian:
Observasi
b.
Bentuk Instrumen:
Lembar Observasi
c.
Kisi-kisi:
No
|
Butir Nilai
|
Indikator Sikap
|
Jumlah Butir Instrumen
|
1.
|
Menunjukkan sikap kritis dan
tanggungjawab
|
1. Suka bertanya selama
proses pembelajaran
|
1
|
2. Tanggungjawab dalam
mengerjakan tugas.
|
1
|
||
2.
|
Memiliki rasa ingin tahu dan
percaya diri
|
3. Berani mengutarakan
pendapat.
|
1
|
3.
|
Memiliki sikap menghargai
pendapat orang lain.
|
4. Bekerjasama dan
mementingkan hasil kerja kelompok
|
1
|
Jumlah
|
4
|
d.
Instrumen: Lembar
Observasi (Lampiran)
e.
Pentunjuk Perhitungan
Skor (Lampiran)
3. Penilaian Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian: Tes
b.
Bentuk Instrumen:
Uraian
c.
Kisi-kisi:
No
|
Indikator/ Tujuan Pembelajaran
|
Jumlah Butir Soal
|
1
|
Menyebutkan relasi dua himpunan
|
1
|
2
|
Membedakan fungsi dan bukan fungsi
|
2
|
3
|
Menyebutkan ciri-ciri fungsi
|
|
4
|
Menyajikan fungsi ke berbagai
bentuk
|
2
|
5
|
Menentukan nilai fungsi jika
diketahui daerah asal dan menentukan daerah asal jika diketahui nilai fungsi
|
2
|
6
|
Menggambar grafik fungsi
|
2
|
Jumlah
|
10
|
d.
Instrumen: (Lampiran)
e.
Petunjuk Perhitungan
Skor (Rubrik) (Lampiran)
a.
Media/alat,
Bahan, Sumber Belajar
1.
Media ; Tayangan
powerpoint
2.
Alat dan Bahan ; Laptop,
LCD, kertas manila, spidol, penggaris
3.
Sumber Belajar ; As’ari
Abdur Rahman, dkk. 2014. Matematika –
Studi dan Pengajaran. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang,
Kemendikbud. Halaman 78 – 104.
Mata
pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Semester : VIII-____ / Ganjil
Alokasi
Waktu : 20 menit
Anggota
Kelompok :
___________________________________
___________________________________
___________________________________
Petunjuk Belajar:
Sebelum
mengerjakan masalah berikut sebaiknya kamu membaca buku siswa halaman 95.
Informasi:
Rumus fungsi dapat dibentuk dari pola perhitungan aritmetika.
Bismillahirrohmaanirrohiim
Permasalahan:
Sebuah perusahaan taksiYellow menetapkan ketentuan bahwa tarif
awal taksi adalah Rp 10.000,00 dan tarif per kilometernya adalah Rp 5.000,00.
a)
Tentukan
tarif taksi Yellow jika menempuh
jarak: 5 km, 10 km, 15 km, 20 km, dan 25 km.
5 km à
10 km à
15 km à
20 km à
25 km à
b)
Jika
Pak Andi hanya mempunyai uang Rp 100.000,00 di dompetnya, berapa kilometer
jarak maksimal yang dapat ditempuh menggunakan taksi Yellow?
c)
Dari
jawaban yang kalian buat pada soal (a), kalian akan mendapatkan 5 pola, bagian
mana (dalam pola tersebut) yang selalu tetap?
d)
Dari
jawaban yang kalian buat pada soal (a), kalian akan mendapatkan 5 pola, bagian
mana (dalam pola tersebut) yang selalu berubah?
e)
Coba
tuliskan rumus fungsi dari permasalahan ini! (INGAT, variabel adalah suatu dalam aljabar yang dapat berubah-ubah
nilainya!)
Alhamdulillahirabbil’alamiin
Lampiran
B
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP
SPIRITUAL
(LEMBAR PENILAIAN DIRI)
A. Petunjuk Umum
1. Instrumen
penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Penilaian Diri
2. Instrumen ini
diisi oleh PESERTA DIDIK untuk menilai dirinya sendiri.
B. Petunjuk
Pengisian
1.
Berdasarkan
perilaku kalian selama satu KD (Kompetensi Dasar) terakhir, nilailah sikap
setiap peserta didik Anda dengan memberi skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar
Observasi dengan ketentuan sebagai berikut:
4 = apabila melakukan perilaku yang diamati sebanyak
lebih dari 5 kali
3 = apabila melakukan perilaku yang diamati sebanyak
3-5 kali
2 =apabila melakukan perilaku yang diamati sebanyak
1-2 kali
1= apabila TIDAK PERNAH melakukan perilaku yang
diamati
2.
Kolom
SKOR AKHIR dan KETUNTASAN diisi oleh guru.
LEMBAR
PENILAIAN DIRI
Nama
Peserta Didik: …
Kelas
:VIII-___
Semester
: Ganjil
Materi
Pokok: Fungsi
Tahun
Pelajaran : 2014/2015
Periode
Pengamatan : Tanggal … s.d. ...
Butir
Nilai :
1.
Berdo’a
sebelum dan sesudah aktivitas/pelajaran
2.
Menggunakan
waktu seefektif mungkin dalam pembelajaran
3.
Bersemangat
dalam pembelajaran matematika
Lampiran C
PETUNJUK
PENENTUAN NILAI SIKAP
1.
Rumus Penghitungan Skor Akhir
Skor Maksimal = Banyaknya Indikator
4
2. Kategori nilai sikap peserta didik
didasarkan pada Permendikbud No 81A Tahun 2013 yaitu:
Sangat Baik (SB)
: apabila memperoleh Skor Akhir:
3,33< Skor Akhir ≤ 4,00
Baik (B) : apabila memperoleh
Skor Akhir: 2,33< Skor Akhir ≤ 3,33
Cukup (C) : apabila memperoleh Skor
Akhir: 1,33< Skor Akhir ≤ 2,33
Kurang (K) : apabila memperoleh Skor
Akhir: Skor Akhir ≤ 1,33
3.Tuntas/Tidak Tuntas
Tuntas apabila
memperoleh Kategori sikap Baik (B)
Tidak Tuntas apabila
memperoleh Kategori sikap Baik (B)
Lampiran D
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR
OBSERVASI)
A.
Petunjuk Umum
1. Instrumen
penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi.
2. Instrumen ini
diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.
B. Petunjuk
Pengisian
Berdasarkan
pengamatan Anda selama satu KD (Kompetensi Dasar) terakhir, nilailah sikap
setiap peserta didik Anda dengan memberi skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar
Observasi dengan ketentuan sebagai berikut:
4 = apabila
melakukan perilaku yang diamati sebanyak lebih dari 5 kali
3 = apabila melakukan
perilaku yang diamati sebanyak 3-5 kali
2 =apabila
melakukan perilaku yang diamati sebanyak 1-2 kali
1= apabila TIDAK
PERNAH melakukan perilaku yang diamati
LEMBAR OBSERVASI
Kelas
:VIII-____
Semester
: Ganjil
Materi
Pokok: Fungsi
Tahun
Pelajaran : 2014/2015
Periode
Pengamatan : Tanggal … s.d. ...
Butir Nilai :Menunjukkan
sikap suka bertanya, berani mengemukakan
pendapat, tanggungjawab, dan kerjasama.
Indikator
Sikap :
1.
Suka
bertanya
2.
Berani
mengemukakan pendapat
3.
Tanggungjawab
4.
Bekerjasama
dan mengutamakan hasil pemikiran kelompok
Lampiran E
PETUNJUK
PENENTUAN NILAI SIKAP
1.
Rumus Penghitungan Skor Akhir
Skor Maksimal = Banyaknya Indikator 4
2. Kategori nilai sikap peserta didik
didasarkan pada Permendikbud No 81A Tahun 2013 yaitu:
Sangat Baik (SB)
: apabila memperoleh Skor Akhir:
3,33< Skor Akhir ≤ 4,00
Baik (B) : apabila memperoleh
Skor Akhir: 2,33< Skor Akhir ≤ 3,33
Cukup (C) : apabila memperoleh Skor
Akhir: 1,33< Skor Akhir ≤ 2,33
Kurang (K) :
apabila memperoleh Skor Akhir: Skor
Akhir ≤ 1,33
3.Tuntas/Tidak Tuntas
Tuntas apabila
memperoleh Kategori sikap Baik (B)
Tidak Tuntas apabila
memperoleh Kategori sikap Baik (B)
Lampiran F
Nama :
____________________________________________
Kelas/
No Urut : ____________________________________________
Waktu : 15 menit
KUIS
Bismillahirrahmaanirrahiim
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1.
Jika
diketahui himpunan dan , tentukanlah relasi yang sesuai dengan
kedua himpunan tersebut!
2.
Diketahui
himpunan dan . Relasi antara himpunan A dan himpunan
B adalah “satu lebihnya dari”. Apakah relasi dari A ke B merupakan fungsi?
Jelaskan!
3.
Buatlah
contoh fungsi dan bukan fungsi serta jelaskan mengapa fungsi dan mengapa bukan
fungsi!
Alhamdulillaahirrabbil’alamiin
Lampiran G
PETUNJUK
(RUBRIK) PENSKORAN DAN PENENTUAN NILAI
Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
1. Jika diketahui himpunan dan , tentukanlah relasi yang sesuai dengan kedua himpunan tersebut!
|
Relasi yang tepat antara himpunan P
dan Q adalah relasi “faktor dari”
|
3
|
2. Diketahui himpunan dan . Relasi antara himpunan A dan himpunan B adalah “satu lebihnya dari”.
Apakah relasi dari A ke B merupakan fungsi? Jelaskan!
|
Relasi “satu lebihnya dari” antara
himpunan A dan himpunan B adalah bukan fungsi karena ada anggota himpunan A
yang tidak mempunyai pasangan di himpunan B.
|
5
|
3. Buatlah contoh fungsi dan bukan fungsi serta jelaskan mengapa fungsi
dan mengapa bukan fungsi!
|
Contoh fungsi:
Himpunan danau di Provinsi Jawa
Timur dan himpunan nama-nama kota di Provinsi Jawa Timur dengan relasi
“terletak di”
Karena setiap danau mempunyai 1
lokasi.
Contoh bukan fungsi:
Himpunan merk handphone dan himpunan nama-nama siswa kelas VIII SMP Musasi
dengan relasi “kepunyaan dari”
Karena setiap merk mempunyai
pemilik lebih dari satu siswa.
|
3
3
3
3
|
Skor Maksimal
|
20
|
Perhitungan
nilai akhir peserta didik:
Lampiran H
Nama :
____________________________________________
Kelas/
No Urut : ____________________________________________
Waktu : 15 menit
KUIS
Bismillahirrahmaanirrahiim
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
- Untuk , tentukan nilai fungsi jika domainnya adalah dan gambarkan semuanya (domain, rumus fungsi dan nilai fungsi) dalam diagram panah!
- Fungsi ditentukan dengan rumus . Tentukan nilai jika:
a.
b.
Alhamdulillaahirrabbal’alamiin
Lampiran I
PETUNJUK (RUBRIK) PENSKORAN DAN PENENTUAN NILAI
Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
|||
1.
Untuk , tentukan nilai fungsi jika
domainnya adalah dan gambarkan semuanya (domain, rumus fungsi
dan nilai fungsi) dalam diagram panah!
|
Diketahui:
Domain
|
1
1
1
1
1
4
|
|||
2. Fungsiditentukan dengan rumus. Tentukan nilaijika:
b.
|
Diketahui:
a.
b.
|
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
|
|||
Skor Maksimal
|
20
|
Perhitungan
nilai akhir peserta didik:
Lampiran J
Nama :
____________________________________________
Kelas/
No Urut :
____________________________________________
PEKERJAAN RUMAH
Bismillahirrahmaanirrahiim
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
- Gambarlah grafik fungsi . Dengan daerah asal
- Gambarlah grafik fungsi dengan daerah asal
Alhamdulillaahirrabbal’alamiin
Lampiran K
PETUNJUK (RUBRIK) PENSKORAN DAN PENENTUAN
NILAI
Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
||||||||||||||||||||||||||||||
1.
Gambarlah grafik fungsi . Dengan daerah asal
|
Diketahui:
Domain
|
1
4
5
|
||||||||||||||||||||||||||||||
2. Gambarlah grafik fungsidengan daerah asal
|
Diketahui:
Domain
|
1
4
5
|
||||||||||||||||||||||||||||||
Skor
Maksimal
|
20
|
Perhitungan
nilai akhir peserta didik:
0 Response to "RPP K13 relasi fungsi dan grafik fungsi"
Posting Komentar