RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : MTs Tiro
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX (sembilan)/2 (Dua)
Materi Pokok :
Persamaan dan Fungsi Kuadrat
Alokasi Waktu : 2 JP
A. Komptensi
Inti:
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi,gotong royong), santun, percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di satuan pendidikan dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
B. Kompetensi
Dasar:
1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik dan
kreatif, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah
menyerah dalam menyelesaikan masalah sehari-hari, yang merupakan pencerminan
sikap positif dalam bermatematika
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri dan
ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan
matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar
3.2
Menjelaskan persamaan kuadrat dan karakteristiknya
berdasarkan akar-akarnya serta cara penyelesaiannya.
3.3
Menjelaskan fungsi kuadrat dengan menggunakan tabel,
persamaan, dan grafik.
3.4
Menjelaskan hubungan antara koefisien dan diskriminan
fungsi kuadrat dengan grafiknya.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.1.1
Menunjukkan
sikaptekun dalam mempelajari sifat-sifat fungsi
kuadrat sebagai cermin menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya(spiritual)
2.1.1
Menunjukkan
sikap teliti terhadap kebenaran konsep dan penyelesaian (teliti)
2.2.1 Menunjukkan sikapsuka bertanya
kepada guru atau teman lain selama proses pembelajaran (rasa ingin tahu)
3.2.1 Menentukan akar persamaan kuadrat dengan memfaktorkan.
3.2.2 Mengidentifikasi jumlah dan hasil kali akar-akar dari
persamaan kuadrat berdasarkan koefisien-koefisiennya.
3.2.3 Menentukan akar persamaan kuadrat dengan melengkapkan
kuadrat sempurna.
3.2.4 Menentukan akar persamaan kuadrat dengan menggunakan
rumus kuadratik (rumus abc).
3.2.5 Mengidentifikasi karakteristik dari penyelesaian
persamaan kuadrat dengan melihat nilai Diskriminannya.
3.3.1 Menentukan nilai optimum dari fungsi kuadrat.
3.3.2 Membuat sketsa garfik fungsi
kuadrat.
3.4.1
Menjelaskan pengaruh dari koefisien x2 pada
fungsi kuadrat f(x) terhadap karakteristik dari grafik fungsi f(x).
D. Materi Pembelajaran Reguler dan Remedi/Pengayaan
1. Materi Pembelajaran Reguler
Menggambar grafik fungsi kuadrat (Pertemuan ke-1)
2. Materi Pembelajaran Remedial
Menggambar grafik fungsi kuadrat
E. Kegiatan
Pembelajaran
Model
pembelajaran : DiscoveryBased Learning
Langkah Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi
waktu |
Pendahuluan |
1. Guru memberi salam, menanyakan kabar,
mengajak peserta didik berdoa, dan mengecek kehadiran Peserta didik; 2. Peserta didik mendengarkan dan menanggapi
cerita guru tentang manfaat belajar fungsi kuadrat dalam kehidupan sehari-hari; 3. Guru mengomunikasikan tujuan belajar, dan
hasil belajar yang diharapkan akan dicapai; 4. Guru menginformasikan cara belajar yang
akan ditempuh (pengamatan dalam kelompok, presentasi hasil diskusi , dan
penugasan kelompok/individual) 5. Guru mengecek kemampuan prasyarat peserta
didik dengan tanya jawab mengenai pembelajaran sebelumnya 6. Guru mengecek apakah peserta didiktelah
membawa alat gambar 7. Guru membagi LK 8. Guru memberikan apersepsi tentang bentuk
umum fungsi kuadrat 9. Guru menyampaikan cakupan materi fungsi
kuadrat 10. Guru menyampaikan rencana pembelajaran
fungsi kuadrat 11. Guru menyampaikan teknik penilaian |
10 menit |
Inti |
Mengamati : Peserta didik mencermati bagaimana
proses terbentuknya grafik fungsi kuadrat dengan berbagai posisidaribentuk fungsinya
melalui tayangan LCD dengan program geogebra, misal grafik dari : f(x) = x2,
f(x) = -2x2, f(x) = x2− 4, f(x) = -2x2 +
6x, f(x) = x2− 8x + 15 Menanya : Peserta didikdimotivasiuntuk
mengajukanataumembuatpertanyaan
berkaitan dengan cara menggambar grafik fungsi kuadrat. ApabilaprosesbertanyadariPeserta didikkuranglancar,gurumelontarkanpertanyaan
penuntun/pancingansecara
bertahap. Kemungkinan pertanyaan yang muncul di
benak Peserta didiksetelahdidorongbertanyaantara
lain: 1. Bagaimana cara menggambar
grafik fungsi kuadrat dengan mudah tanpa menggunakan bantuan geogebra ? 2. Apakah yang membedakan bentuk
maupun posisi grafik fungsi kuadrat berdasarkan bentuk fungsinya ? Menggali Informasi : Berdasarkan konsep fungsi yang sudah dipelajari di kelas VIII bahwa fungsi dapat dinyatakan dengan diagram kartesius diawali dengan membuat tabel fungsi untuk beberapa nilai x, kemudian pasangan (x. y) dengan y = f(x) ditentukan di diagram tersebut lalu dihubungkan antar noktah yang satu dengan yang lain secara berurutan. Untuk itu Peserta didik diminta untuk mencoba membuat tabel fungsi serta menggambarkannya di bidang kartesius. Menalar : Peserta
didiksecara berkelompok diminta untuk
mendiskusikan penyelesaian permasalahan berikut sekaligus membuat
kesimpulannya ! 1. Gambarlah
grafik fungsi kuadrat berikut pada bidang kartesius dengan terlebih dahulu
membuat tabel fungsinya ! a. f(x)
= x2, dengan
mencoba x = -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3. b. f(x)
= -2x2, dengan
mencoba x = -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3. c. f(x)
= x2− 4, dengan
mencoba x = -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3. d. f(x)
= -2x2 + 4x, dengan mencoba x = -2, -1, 0, 1, 2, 3, 4,
5 e. f(x)
= x2−6x + 5 dengan
mencoba x = -1, 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7 2.
Buatlah kesimpulan tentang : - cara menggambar grafik fungsi kuadrat ! - penyebab
posisi terbuka ke atas atau ke bawahnya grafik ! Mengkomunikasikan : Setiap kelompok memajang setiap gambar grafik
itu pada kertas manila dan saling melihat juga gambar grafik kelompok lain
lalu salah satu kelompok menyampaikan kesimpulannya dan kelompok lain
menanggapinya. |
50 menit |
penutup |
1. Guru memandu peserta didik merangkum
isipembelajaran hari ini 2. Mengajak peserta didik melakukan refleksi kegiatan pembelajaran 3. Memberikan tindak lanjut dan memberikan PR
pada buku peserta didik halaman… 4.
Menginformasikan
garis besar tindak lanjut dan isi kegiatan
pada pertemuan berikutnya 5.
Berdoa di akhir pembelajaran |
20
menit |
A. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan (Terlampir)
B.
Media/alat, Bahan, dan Sumber
Belajar
1. Media/alat : LCD proyektor, vidio.
2. Bahan :
Kertas manila, kertas berpetak
3. Sumber Belajar : Buku Peserta didik Matematika untuk SMP/MTs Kelas IX Semester 1 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015.
Mengetahui, Beureunuen, 13 Agustus 2021
Kepala MTs Tiro Guru Mata Pelajaran
Tarmizi, S.Pd Laila Akmal, S.Pd
NIP: --------------- NIP:
------------------
LAMPIRAN PENILAIAN
Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik Penilaian
NO |
Aspek
yang dinilai |
Tehnik
Penilaian |
Waktu
penilaian |
1. |
Menunjukkan
sikaptekun
dalam mem-pelajari sifat-sifat fungsi kuadrat sebagai cermin menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya(Spiritual) |
Pengamatan
Penilaian
teman |
Setiap kegiatan menalardalam pembelajaran |
2. |
Menunjukkan
sikap teliti terhadap kebenaran konsep dan penyelesaian (teliti) |
Pengamatan
Penilaian
teman |
Diskusi
sebangku ketika menentu kan persamaan sumbu simetri, nilai dan
titik optimum fungsi kuadrat |
3. |
Menunjukkan
sikapsuka bertanya kepada guru atau teman
lain selama proses pembelajaran (rasa ingin tahu) |
Pengamatan
Penilaian
teman |
Diskusi
menyelesaikan soal |
1.
Instrumen Penilaian
1.1
Instrumen
Penilaian KompetensiSikap
a. Penilaian Kompetensi
Sikap Melalui Observasi
Penilaian Sikap Kegiatan Praktikum/Diskusi
Mata Pelajaran |
: |
MATEMATIKA |
Kelas/Semester |
: |
IX/Genap |
Kompetensi Dasar |
: |
1.2 Menjelaskan persamaan kuadrat dan karakteristiknya
berdasarkan akar-akarnya serta cara penyelesaiannya. |
Topik/Subtopik |
: |
Fungsi
Kuadrat, Akar persamaanKuadrat, rumus abc |
Indikator Pencapaian
Kompetensi |
: |
3.2.1 Menentukan akar persamaan kuadrat dengan
memfaktorkan. 3.2.2 Mengidentifikasi jumlah dan hasil kali akar-akar
dari persamaan kuadrat berdasarkan koefisien-koefisiennya. 3.2.3 Menentukan akar persamaan kuadrat dengan
melengkapkan kuadrat sempurna. 3.2.4 Menentukan akar persamaan kuadrat dengan menggunakan
rumus kuadratik (rumus abc). 3.2.5 Mengidentifikasi karakteristik dari penyelesaian
persamaan kuadrat dengan melihat nilai Diskriminannya. |
Instrumen: Lembar
Pengamatan Penilaian KompetensiSikap Mata Pelajaran : Matematika Kelas/Semester : IX/1 Topik/Subtopik : Grafik Fungsi Kuadrat, Akar persamaanKuadrat, rumus abc Indikator Pencapaian Kompetensi: 1.1.1 Menunjukkan
sikaptekun dalam mempelajari
sifat-sifat fungsi kuadrat sebagai cermin menghargai
dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya (spiritual) 2.1.6 Menunjukkan sikapteliti terhadap kebenaran konsep dan
penyelesaian (teliti) 2.2.6 Menunjukkan sikapsuka bertanya kepada guru atau teman lain
selama proses pembelajaran (rasa ingin tahu) Waktu Penilaian: Setiap Pertemuan
( 5 x 2 jp ) Rubrik Penilaian: 4 = selalu
, 3 = sering, 2 = kadang-kadang, 1 = jarang
|
b. Penilaian Sikap melalui Penilaian Diri
Mata Pelajaran |
: |
MATEMATIKA |
Kelas/Semester |
: |
IX/Genap |
Kompetensi Dasar |
: |
3.2 Menjelaskan fungsi kuadrat dengan menggunakan tabel,
persamaan, dan grafik. |
Topik/Subtopik |
: |
Fungsi
Kuadrat,Tabel, Persamaan dan grafik |
Indikator Pencapaian
Kompetensi |
: |
3.3.1 Menentukan nilai optimum dari fungsi kuadrat. 3.3.2 Membuat sketsa garfik fungsi
kuadrat. |
Instrumen: Penilaian
Diri Kecenderungan
persepsi diri Nama
:
................................... Peserta
didik terhadap kompetensi yang Kelas :
IX - ..... yang
dimiliki dirinya No.
Absen : PETUNJUK
: isilah dengan jujur dan memberi
tanda Ö pada kolom
4= sangat baik, 3 = Baik ,2 =
cukup,1 = kurang
|
c. Penilaian
Kompetensi Sikap Antar Peserta didik
Mata Pelajaran |
: |
MATEMATIKA |
Kelas/Semester |
: |
IX/Genap |
Kompetensi Dasar |
: |
3.3 Menjelaskan hubungan antara koefisien dan
diskriminan fungsi kuadrat dengan grafiknya. |
Topik/Subtopik |
: |
Grafik,
Sumbu Simetri, Nilai dan Titik Optimum
fungsi kuadrat |
|
|
3.4.1
Menjelaskan pengaruh dari koefisien x2 pada
fungsi kuadrat f(x) terhadap karakteristik dari grafik fungsi f(x). 3.4.2
Mengidentifikasi sumbu simetri dari grafik fungsi
kuadrat f(x) dengan memperhatikan nilai dari koefisien x2
dan x. 3.4.3
Menjelaskan hubungan antara nilai diskriminan dan
titik potong grafik fungsi kuadrat terhadap sumbu-x. |
Instrumen: topik/Subtopik : Grafik, Sumbu Simetri, Nilai dan Titik Optimum fungsi kuadrat Nama Teman yang dinilai :
……………........................
Tanggal Penilaian : ............................................ Nama Penilai : ............................................ - Amati
perilaku temanmu dengan cermat selama menjalani diskusi atau presentasi -
Berikan tanda v pada kolom yang disediakan berdasarkan hasil
pengamatanmu. -
Serahkan hasil pengamatanmu kepada gurumu PETUNJUK
: isilah dengan jujur dan memberi
tanda Ö pada kolom
4 =
sangat baik, 3 = Baik ,2 = cukup, 1 =
kurang
|
||||||||||||||||||||||||||||||
|
d.
Penilaian Kompetensi
Sikap melaluiJurnal
Mata pelajaran |
: |
MATEMATIKA |
|
Kelas/Semester |
: |
IX/GENAP |
|
Kompetensi Dasar |
: |
3.4 Menjelaskan hubungan antara koefisien dan
diskriminan fungsi kuadrat dengan grafiknya. |
|
Topik/Subtopik |
: |
Grafik,
Sumbu Simetri, Nilai dan Titik Optimum
fungsi kuadrat |
|
Instrumen: JURNAL Nama Peserta didik : ........................................ Kelas : IX Aspek yang dinilai : Sikap/prilaku yang ekstrim positip atau
negative
|
2.2.
Instrumen Penilaian Kompetensi Pengetahuan
a. Tes Tertulis
1) Soal Pilihan Ganda
Mata Pelajaran |
: |
MATEMATIKA |
Kelas/Semester |
: |
IX/GENAP |
Kompetensi Dasar |
: |
3.4 Menjelaskan hubungan antara koefisien dan
diskriminan fungsi kuadrat dengan grafiknya. |
Topik/Subtopik |
: |
Grafik,
Sumbu Simetri, Nilai dan Titik Optimum
fungsi kuadrat |
Indikator Pencapaian
Kompetensi |
: |
3.4.1
Menjelaskan pengaruh dari koefisien x2 pada
fungsi kuadrat f(x) terhadap karakteristik dari grafik fungsi f(x). 3.4.2
Mengidentifikasi sumbu simetri dari grafik fungsi
kuadrat f(x) dengan memperhatikan nilai dari koefisien x2
dan x. 3.4.3
Menjelaskan hubungan antara nilai diskriminan dan
titik potong grafik fungsi kuadrat terhadap sumbu-x. |
Instrumen : Tes Tertulis (Pilihan Ganda beralasan) Berikan tanda silang
pada abjad jawaban yang paling tepat dan tulislah alasannya ! 1. Grafik fungsi y = x2+
4x - 21 melalui titik (n, -9). maka nilai nadalah .... a. 0 b. 1 c. 2 d.
3 alasan : ....................................................................................................................................................... 2. Suatu fungsi y = x2
- 8x + 12 mempunyai sumbu simetri dengan persamaan .... a. -4 b.
4 c. 8 d. 12 alasan :
....................................................................................................................................................... 3. Jenis dan nilai
optimum dari fungsi y = -3x2 + 12x adalah .... a. maksimum , -12 b.
minimum, -12 c. maksimum, 12 d.
minimum, 12 alasan :
....................................................................................................................................................... Pedoman penskoran
jawaban Peserta didik
|
1) Soal Uraian
Mata Pelajaran |
: |
MATEMATIKA |
Kelas/Semester |
: |
IX/GENAP |
Kompetensi Dasar |
: |
3.4 Menjelaskan hubungan antara koefisien dan
diskriminan fungsi kuadrat dengan grafiknya. |
Topik/Subtopik |
: |
Grafik,
Sumbu Simetri, Nilai dan Titik Optimum
fungsi kuadrat |
Indikator Pencapaian
Kompetensi |
: |
3.4.1
Menjelaskan pengaruh dari koefisien x2 pada
fungsi kuadrat f(x) terhadap karakteristik dari grafik fungsi f(x). 3.4.2
Mengidentifikasi sumbu simetri dari grafik fungsi
kuadrat f(x) dengan memperhatikan nilai dari koefisien x2
dan x. 3.4.3
Menjelaskan hubungan antara nilai diskriminan dan
titik potong grafik fungsi kuadrat terhadap sumbu-x. |
Instrumen : Tes Tertulis (Uraian) Selesaikanlah soal di
bawah ini dengan benar dan jelas ! 1.
Gambar grafik dari y =
x2 - 4x - 12 ! 2.
Gambar grafik dari y =
-x2 +2x +35 ! 3.
Tentukan persamaan
sumbu simetri dari y = x2 -
10x − 21 ! 4.
Diketahui persamaan
sumbu simetri dari y = 3x2
- mx +11 adalah x = -6. Tentukan nilai
m ! 5.
Tentukan nilai dan
jenis optimum dari fungsi y = x2 - 16 dengan rumus ! 6.
Tentukan nilai dan
jenis optimum dari fungsi y = -5x2 + 20 dengan rumus ! 7.
Jika suatu fungsi y = x2
- 4x + c mempunyai nilai minimum -25, maka tentukan nilai c ! 8.
Jika suatu fungsi y = x2
+ bx - 40 mempunyai nilai minimum -49, maka tentukan nilai b ! 9.
Tentukan titik dan
jenis optimumnya dari fungsi y = x2 +4x− 45 ! 10. Tentukan titik dan jenis optimumnya dari fungsi y = x2
-7x+ 12 ! Pedoman penskoran
jawaban Peserta didik
|
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
menggambar grafik fungsi linear dan grafik fungsi kuadrat (atau menggambar dua grafik fungsi kuadrat) dimungkinkan kedua grafik tersebut saling berpotongan.
Dari
gambar di atas grafik fungsi linear y = x − 1 dan grafik fungsi kuadrat y = x2
- 5x + 4 berpotongan pada dua titik koordinat, yaitu (0, 1) dan (5, 4).
Sedangkan grafik fungsi kuadrat y = x2 − 5x + 4 dan y = x2 − 4x + 2 berpotongan pada satu titik koordinat, yaitu (2, -2).
Kamu juga dapat menentukan titik potongnya
tanpa menggambar grafik. Caranya adalah dengan “menyamakannya”.
1. Titik potong grafik fungsi linear dan fungsi
kuadrat.
Fungsi linear :
y = -x + 1, fungsi kuadrat : y = x2
− 5x + 4 Dengan menyamakan
kedua fungsi di atas
diperoleh x2 – 5x + 4 = x − 1
x2 – 5x + 4 − x + 1 = 0
x2 – 6x + 5 = 0
(x – 1)(x − 5) = 0
Diperoleh x = 1
atau x = 5.
Dari nilai x di
atas kamu dapat memperoleh nilai y dengan mensubstitusikan nilai x pada salah
satu fungsi.
Untuk x = 1 → y
= x − 1 = 1 − 1 = 0, diperoleh titik koordinat (1, 0).
Untuk x = 5 → y
= x − 1 = 5 − 1 = 4, diperoleh titik koordinat (5, 4).
Jadi titik
potongnya pada titik koordinat (1, 0) dan (3, 2).
2. Titik potong
dua fungsi kuadrat.
Fungsi kuadrat f 1(x) = x2 − 5x + 4 dan f2 (x) = x2 − 4x + 2 yaitu pada titik (2, -2)
LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK 1
Indikator Pencapaian Kompetensi :
3.3.1 Menggambar grafik fungsi kuadrat pada bidang kartesius
dengan tabel
Langkah Kegiatan :
Mengamati :
- Peserta didik mencermati bagaimana proses
terbentuknya grafik fungsi kuadrat dengan berbagai
posisi dari bentuk fungsinya melalui tayangan LCD
dengan program geogebra, misal grafik dari :
f(x) = x2, f(x) = -2x2, f(x) = x2−
4, f(x) = -2x2 + 6x, f(x) = x2−
8x + 15
- Peserta didik menuliskan catatan hasil pengamatannya
terutama mengenai bentuk grafiknya, posisi
terbukanya
grafik dan titik potong kurva terhadap sumbu x.
Catatan
hasil pengamatannya :
...................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
Menanya :
Peserta didikdimotivasiuntuk mengajukanataumembuatpertanyaan
berkaitan dengan cara menggambar grafik fungsi kuadrat.
Pertanyaan :
...................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
Menggali Informasi :
Silakan setiap kelompok
menggali informasi dari buku paket atau internet tentang cara menggambar grafik
fungsi kuadrat.
Hasil Pemikiran :
...................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
Menalar :
Peserta didik
secara berkelompok diminta untuk mendiskusikan penyelesaian permasalahan
berikut sekaligus membuat kesimpulannya !
1. Gambarlah masing-masing
grafik fungsi kuadrat berikut pada bidang kartesius yang berbeda
dengan terlebih dahulu membuat tabel
fungsinya !
# Lengkapilah
tabel berikut :
a. f(x) = x2, dengan
mencoba x = -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3.
x |
-3 |
-2 |
-1 |
0 |
1 |
2 |
3 |
x2 |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
y = f(x) |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
(x, y) |
( ..., ... ) |
( ..., ... ) |
( ..., ... ) |
( ..., ... ) |
( ..., ... ) |
( ..., ... ) |
( ..., ... ) |
b. f(x) = -2x2, dengan mencoba x = -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3.
x |
-3 |
-2 |
-1 |
0 |
1 |
2 |
3 |
-2x2 |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
y = f(x) |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
(x, y) |
( ..., ... ) |
( ..., ... ) |
( ..., ... ) |
( ..., ... ) |
( ..., ... ) |
( ..., ... ) |
( ..., ... ) |
c. f(x) = x2−
4, dengan mencoba x = -3, -2,
-1, 0, 1, 2, 3.
x |
-3 |
-2 |
-1 |
0 |
1 |
2 |
3 |
x2 |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
-4 |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
y = f(x) |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
(x, y) |
( ..., ... ) |
( ..., ... ) |
( ..., ... ) |
( ..., ... ) |
( ..., ... ) |
( ..., ... ) |
( ..., ... ) |
# Gambarlah
grafik masing-masing fungsi di atas pada bidang kartesius di kertas berpetakyang
telah
disediakan :
2. Silakan
setiap kelompok membuat kesimpulan tentang :
- cara menggambar grafik fungsi kuadrat !
Hasil Pemikiran :
...................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
- penyebab posisi terbuka ke atas
atau ke bawahnya grafik !
Hasil Pemikiran :
...................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
Mengkomunikasikan :
Silakan setiap kelompok memajang setiap gambar grafik yang
sudah dibuat itu pada kertas manila di ruang kelas dan saling melihat juga
gambar grafik kelompok lain lalu salah satu kelompok menyampaikan kesimpulannya
dan kelompok lain menanggapinya.
Hasil Tanggapan :
...................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
Cobalah sekali lagi setiap kelompok untuk menggambar grafik dari f(x) = x2−12x + 6 pada bidang kartesius !
Latihan soal
:
Selesaikanlah
soal-soal berikut :
1. Gambarlah grafik dari f(x)
= x2+8x + 3 pada bidang kartesius !
2. Suatu titik ( -2, p) dilalui oleh kurva dari
grafik y = x2 + 11x − 12 !
3Jika grafik dari y = x2 + 5x − c melalui titik (-4, 1) !
0 Response to "RPP PERSAMAAN DAN FUNGSI KUADRAT SMP/MTS EDISI 2021"
Posting Komentar