Postingan Populer

RPP PERSAMAAN DAN FUNGSI KUADRAT SMP/MTS EDISI 2021

                                     RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan                : MTs Tiro

Mata Pelajaran                      : Matematika

Kelas/Semester                      : IX (sembilan)/2 (Dua)

Materi Pokok                         : Persamaan dan Fungsi Kuadrat

Alokasi Waktu                       : 2 JP

 

 

A.      Komptensi Inti:

 

1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

2.   Menghargai  dan menghayati perilaku jujur, disiplin,  tanggungjawab, peduli (toleransi,gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

3.   Memahami dan menerapkan  pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di satuan pendidikan dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

 

B.      Kompetensi Dasar: 

 

1.1    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

2.1    Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik dan kreatif, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam menyelesaikan masalah sehari-hari, yang merupakan pencerminan sikap positif dalam bermatematika

2.2    Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar

3.2    Menjelaskan persamaan kuadrat dan karakteristiknya berdasarkan akar-akarnya serta cara penyelesaiannya.

3.3    Menjelaskan fungsi kuadrat dengan menggunakan tabel, persamaan, dan grafik.

3.4    Menjelaskan hubungan antara koefisien dan diskriminan fungsi kuadrat dengan grafiknya.

 

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi

 

1.1.1   Menunjukkan sikaptekun dalam mempelajari sifat-sifat fungsi kuadrat sebagai cermin menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya(spiritual)

2.1.1   Menunjukkan sikap teliti terhadap kebenaran konsep dan penyelesaian (teliti)

2.2.1   Menunjukkan sikapsuka bertanya kepada guru atau teman lain selama proses pembelajaran (rasa ingin tahu)

3.2.1   Menentukan akar persamaan kuadrat dengan memfaktorkan.

3.2.2   Mengidentifikasi jumlah dan hasil kali akar-akar dari persamaan kuadrat berdasarkan koefisien-koefisiennya.

3.2.3   Menentukan akar persamaan kuadrat dengan melengkapkan kuadrat sempurna.

3.2.4   Menentukan akar persamaan kuadrat dengan menggunakan rumus kuadratik (rumus abc).

3.2.5   Mengidentifikasi karakteristik dari penyelesaian persamaan kuadrat dengan melihat nilai Diskriminannya.

3.3.1   Menentukan nilai optimum dari fungsi kuadrat.

3.3.2   Membuat sketsa garfik fungsi kuadrat.

3.4.1   Menjelaskan pengaruh dari koefisien x2 pada fungsi kuadrat f(x) terhadap karakteristik dari grafik fungsi f(x).

 

 

D.      Materi Pembelajaran Reguler dan Remedi/Pengayaan

        1. Materi Pembelajaran Reguler

            Menggambar grafik fungsi kuadrat                  (Pertemuan ke-1)

2.   Materi Pembelajaran Remedial

    Menggambar grafik fungsi kuadrat

 

E.       Kegiatan Pembelajaran

 

Model pembelajaran : DiscoveryBased Learning

Pertemuan ke 1         :Menggambar grafik fungsi kuadrat pada bidang kartesius dengan tabel(2 jp)

Langkah  Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi waktu

Pendahuluan

1.     Guru memberi salam, menanyakan kabar, mengajak peserta didik berdoa, dan mengecek kehadiran Peserta didik;

2.     Peserta didik mendengarkan dan menanggapi cerita guru tentang manfaat belajar fungsi kuadrat  dalam kehidupan sehari-hari;

3.     Guru mengomunikasikan tujuan belajar, dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai;

4.     Guru menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh (pengamatan dalam kelompok, presentasi hasil diskusi , dan penugasan kelompok/individual) 

5.     Guru mengecek kemampuan prasyarat peserta didik dengan tanya jawab mengenai pembelajaran sebelumnya

6.     Guru mengecek apakah peserta didiktelah membawa alat gambar

7.     Guru membagi LK

8.     Guru memberikan apersepsi tentang bentuk umum fungsi kuadrat

9.     Guru menyampaikan cakupan materi fungsi kuadrat

10.  Guru menyampaikan rencana pembelajaran fungsi kuadrat

11.  Guru menyampaikan teknik penilaian

10 menit

Inti

Mengamati :

Peserta didik mencermati bagaimana proses terbentuknya grafik fungsi kuadrat dengan berbagai posisidaribentuk fungsinya melalui tayangan LCD dengan program geogebra, misal grafik dari : f(x) = x2, f(x) = -2x2, f(x) = x2− 4, f(x) = -2x2 + 6x,  f(x) = x2− 8x + 15

Menanya :

Peserta didikdimotivasiuntuk mengajukanataumembuatpertanyaan berkaitan dengan cara menggambar grafik fungsi kuadrat.

ApabilaprosesbertanyadariPeserta didikkuranglancar,gurumelontarkanpertanyaan penuntun/pancingansecara bertahap.

Kemungkinan pertanyaan yang muncul di benak Peserta didiksetelahdidorongbertanyaantara lain:

1.   Bagaimana cara menggambar grafik fungsi kuadrat dengan mudah tanpa menggunakan bantuan geogebra ?

2.   Apakah yang membedakan bentuk maupun posisi grafik fungsi kuadrat berdasarkan bentuk fungsinya ?

Menggali Informasi :

Berdasarkan konsep fungsi yang sudah dipelajari di kelas VIII bahwa fungsi dapat dinyatakan dengan diagram kartesius diawali dengan membuat tabel fungsi untuk beberapa nilai x, kemudian pasangan (x. y) dengan y = f(x) ditentukan di diagram tersebut lalu dihubungkan antar noktah yang satu dengan yang lain secara berurutan. Untuk itu Peserta didik diminta untuk mencoba membuat tabel fungsi serta menggambarkannya di bidang kartesius.

Menalar :

Peserta didiksecara berkelompok diminta untuk mendiskusikan penyelesaian permasalahan berikut sekaligus membuat kesimpulannya !

1.   Gambarlah grafik fungsi kuadrat berikut pada bidang kartesius dengan terlebih dahulu membuat tabel fungsinya !

a.    f(x) = x2,                  dengan mencoba x = -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3.

b.   f(x) = -2x2,               dengan mencoba x = -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3.

c.    f(x) = x2− 4,             dengan mencoba x = -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3.

d.   f(x) = -2x2 + 4x,       dengan mencoba x = -2, -1, 0, 1, 2, 3, 4, 5

e.    f(x) = x2−6x + 5       dengan mencoba x = -1, 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7

2.   Buatlah kesimpulan tentang :

-  cara menggambar grafik fungsi kuadrat !

-  penyebab posisi terbuka ke atas atau ke bawahnya grafik !

Mengkomunikasikan :

Setiap kelompok memajang setiap gambar grafik itu pada kertas manila dan saling melihat juga gambar grafik kelompok lain lalu salah satu kelompok menyampaikan kesimpulannya dan kelompok lain menanggapinya.

50 menit

penutup

1.   Guru memandu peserta didik merangkum isipembelajaran hari ini

2.   Mengajak peserta didik  melakukan refleksi kegiatan pembelajaran

3.   Memberikan tindak lanjut dan memberikan PR pada buku peserta didik  halaman…

4.   Menginformasikan garis besar tindak lanjut dan isi kegiatan pada pertemuan berikutnya

5.   Berdoa di akhir pembelajaran

20 menit

A.      Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan (Terlampir)

 

B.      Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar    

        1.   Media/alat                  : LCD proyektor, vidio.

        2.   Bahan                          : Kertas manila, kertas berpetak

        3.  Sumber Belajar           : Buku Peserta didik Matematika untuk SMP/MTs Kelas IX                                                                          Semester 1 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015.


Mengetahui,                                                                              Beureunuen, 13 Agustus 2021

Kepala MTs Tiro                                                                      Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

Tarmizi, S.Pd                                                                           Laila Akmal, S.Pd

NIP: ---------------                                                                      NIP: ------------------


LAMPIRAN PENILAIAN

Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

1.   Teknik Penilaian

NO

Aspek yang dinilai

Tehnik Penilaian

Waktu penilaian

1.

Menunjukkan sikaptekun dalam mem-pelajari sifat-sifat fungsi kuadrat sebagai cermin menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya(Spiritual)

Pengamatan

Penilaian teman

Setiap kegiatan menalardalam pembelajaran

2.

Menunjukkan sikap teliti terhadap kebenaran konsep dan penyelesaian (teliti)

Pengamatan

Penilaian teman

Diskusi sebangku ketika menentu kan persamaan sumbu simetri, nilai dan titik optimum fungsi kuadrat

3.

Menunjukkan sikapsuka bertanya kepada guru atau teman lain selama proses pembelajaran (rasa ingin tahu)

Pengamatan

Penilaian teman

Diskusi menyelesaikan  soal

1.   Instrumen Penilaian

1.1    Instrumen Penilaian KompetensiSikap

a.       Penilaian  Kompetensi  Sikap  Melalui  Observasi

                   Penilaian  Sikap Kegiatan Praktikum/Diskusi

Mata Pelajaran       

:

MATEMATIKA

Kelas/Semester      

:

IX/Genap

Kompetensi Dasar 

:

1.2    Menjelaskan persamaan kuadrat dan karakteristiknya berdasarkan akar-akarnya serta cara penyelesaiannya.

Topik/Subtopik

:

Fungsi Kuadrat, Akar persamaanKuadrat, rumus abc

Indikator Pencapaian Kompetensi

:

3.2.1   Menentukan akar persamaan kuadrat dengan memfaktorkan.

3.2.2   Mengidentifikasi jumlah dan hasil kali akar-akar dari persamaan kuadrat berdasarkan koefisien-koefisiennya.

3.2.3   Menentukan akar persamaan kuadrat dengan melengkapkan kuadrat sempurna.

3.2.4   Menentukan akar persamaan kuadrat dengan menggunakan rumus kuadratik (rumus abc).

3.2.5   Mengidentifikasi karakteristik dari penyelesaian persamaan kuadrat dengan melihat nilai Diskriminannya.

Instrumen:

Lembar Pengamatan Penilaian  KompetensiSikap

Mata Pelajaran  : Matematika

Kelas/Semester : IX/1

Topik/Subtopik : Grafik Fungsi Kuadrat, Akar persamaanKuadrat, rumus abc

Indikator Pencapaian Kompetensi:

1.1.1    Menunjukkan sikaptekun dalam mempelajari sifat-sifat fungsi kuadrat sebagai cermin

            menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya (spiritual)

2.1.6    Menunjukkan sikapteliti terhadap kebenaran konsep dan penyelesaian (teliti)

2.2.6    Menunjukkan sikapsuka bertanya kepada guru atau teman lain selama proses pembelajaran (rasa ingin tahu)

Waktu Penilaian: Setiap Pertemuan ( 5 x 2 jp )

Rubrik Penilaian: 4 = selalu , 3 = sering, 2 = kadang-kadang, 1 = jarang

No

Nama Peserta didik

Sikap/perilaku yang diamati

Hasil Penilaian dan tindak lanjut

Spiritual

Teliti

rasa ingin tahu

Kesim

pulan/

Modus

Sikap masih perlu dikem-

bangkan

Sikap yang sudah sangat baik

1

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

....

 

 

 

 

 

 

 

30

 

 

 

 

 

 

 

b. Penilaian Sikap melalui Penilaian Diri

Mata Pelajaran       

:

MATEMATIKA

Kelas/Semester      

:

IX/Genap

Kompetensi Dasar 

:

3.2     Menjelaskan fungsi kuadrat dengan menggunakan tabel, persamaan, dan grafik.

Topik/Subtopik

:

Fungsi Kuadrat,Tabel, Persamaan dan grafik

Indikator Pencapaian Kompetensi

:

3.3.1   Menentukan nilai optimum dari fungsi kuadrat.

3.3.2   Membuat sketsa garfik fungsi kuadrat.

 

Instrumen:

Penilaian Diri

Kecenderungan persepsi diri                                      Nama               : ...................................

Peserta didik terhadap kompetensi yang                   Kelas               : IX - .....

yang dimiliki dirinya                                                  No. Absen       :

 

PETUNJUK : isilah dengan jujur dan  memberi tanda Ö  pada kolom  4= sangat baik,   3 = Baik ,2 = cukup,1 = kurang

No

PERNYATAAN

Tingkat kemampuan

4

3

2

1

1

Menggambar grafik fungsi kuadrat pada bidang kartesius dengan tabel

 

 

 

 

2

Menentukan sumbu simetri berdasarkan grafik fungsi kuadrat

 

 

 

 

3

Menentukan nilai dan titik optimum berdasarkan grafik fungsi kuadrat

 

 

 

 

4

Menentukan sumbu simetri berdasarkan rumus

 

 

 

 

5

Menentukan nilai dan titik optimum berdasarkan rumus

 

 

 

 

c.   Penilaian Kompetensi Sikap Antar Peserta didik

Mata Pelajaran       

:

MATEMATIKA

Kelas/Semester      

:

IX/Genap

Kompetensi Dasar 

:

3.3   Menjelaskan hubungan antara koefisien dan diskriminan fungsi kuadrat dengan grafiknya.

Topik/Subtopik

:

Grafik, Sumbu Simetri,  Nilai dan Titik Optimum fungsi kuadrat

 

 

3.4.1   Menjelaskan pengaruh dari koefisien x2 pada fungsi kuadrat f(x) terhadap karakteristik dari grafik fungsi f(x).

3.4.2   Mengidentifikasi sumbu simetri dari grafik fungsi kuadrat f(x) dengan memperhatikan nilai dari koefisien x2 dan x.

3.4.3   Menjelaskan hubungan antara nilai diskriminan dan titik potong grafik fungsi kuadrat terhadap sumbu-x.

Instrumen:

topik/Subtopik    : Grafik, Sumbu Simetri,  Nilai dan Titik Optimum fungsi kuadrat

Nama Teman yang dinilai      : ……………........................

Tanggal Penilaian                  : ............................................

Nama Penilai                          : ............................................

-  Amati perilaku temanmu dengan cermat selama menjalani diskusi  atau presentasi

-  Berikan tanda v pada kolom yang disediakan berdasarkan hasil pengamatanmu.

-  Serahkan hasil pengamatanmu kepada gurumu

PETUNJUK : isilah dengan jujur dan  memberi tanda Ö  pada kolom 

4 = sangat baik, 3 = Baik ,2 = cukup,   1 = kurang

 

NO

Perilaku

4

3

2

1

1

Menunjukkan sikaptekun dalam mempelajari sifat-sifat fungsi kuadrat sebagai cermin menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

(Spiritual)

 

 

 

 

2

Menunjukkan sikapteliti terhadap kebenaran konsep dan penyelesaian (teliti)

 

 

 

 

3

Menunjukkan sikapsuka bertanya kepada guru atau teman lain selama proses pembelajaran (rasa ingin tahu)

 

 

 

 

 

Modus

 

 

d.  Penilaian Kompetensi Sikap melaluiJurnal

Mata pelajaran       

:

MATEMATIKA

 

Kelas/Semester      

:

IX/GENAP

 

Kompetensi Dasar 

:

3.4   Menjelaskan hubungan antara koefisien dan diskriminan fungsi kuadrat dengan grafiknya.

 

Topik/Subtopik

:

Grafik, Sumbu Simetri,  Nilai dan Titik Optimum fungsi kuadrat

 

Instrumen:

JURNAL

Nama Peserta didik    : ........................................

Kelas                           : IX

Aspek yang dinilai     : Sikap/prilaku yang ekstrim positip atau negative

 

No.

tanggal

KEJADIAN MENONJOL

KETERANGAN/ TINDAK LANJUT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.2.  Instrumen Penilaian Kompetensi Pengetahuan

a.   Tes Tertulis

1)     Soal Pilihan Ganda

Mata Pelajaran       

:

MATEMATIKA

Kelas/Semester      

:

IX/GENAP

Kompetensi Dasar 

:

3.4      Menjelaskan hubungan antara koefisien dan diskriminan fungsi kuadrat dengan grafiknya.

Topik/Subtopik

:

Grafik, Sumbu Simetri,  Nilai dan Titik Optimum fungsi kuadrat

Indikator Pencapaian Kompetensi

:

3.4.1   Menjelaskan pengaruh dari koefisien x2 pada fungsi kuadrat f(x) terhadap karakteristik dari grafik fungsi f(x).

3.4.2   Mengidentifikasi sumbu simetri dari grafik fungsi kuadrat f(x) dengan memperhatikan nilai dari koefisien x2 dan x.

3.4.3   Menjelaskan hubungan antara nilai diskriminan dan titik potong grafik fungsi kuadrat terhadap sumbu-x.

Instrumen :

Tes Tertulis (Pilihan Ganda beralasan)

 

Berikan tanda silang pada abjad jawaban yang paling tepat dan tulislah alasannya !

1. Grafik fungsi y = x2+ 4x - 21 melalui titik (n, -9). maka nilai nadalah ....

     a. 0                         b. 1                              c. 2                              d. 3

     alasan : .......................................................................................................................................................

 

2. Suatu fungsi y = x2 - 8x + 12 mempunyai sumbu simetri dengan persamaan  ....

     a. -4                        b. 4                              c. 8                              d. 12

     alasan : .......................................................................................................................................................

3. Jenis dan nilai optimum dari fungsi y = -3x2 + 12x adalah ....

     a. maksimum , -12 b. minimum,  -12        c. maksimum, 12         d. minimum, 12

     alasan : .......................................................................................................................................................

 

Pedoman penskoran jawaban Peserta didik

 

No. soal

Aspek Penilaian

Skor

1

Jawaban benar, alasan benar

2

 

Jawaban benar, alasan kurang benar atau tanpa alas an

1

 

Jawaban salah

0

2

Jawaban benar, alasan benar

3

 

Jawaban benar, alasan kurang benar atau tanpa alas an

2

 

Jawaban salah

0

3

Jawaban benar, alasan benar

5

 

Jawaban benar, alasan kurang benar atau tanpa alas an

2

 

Jawaban salah

0

 

Skor maksimal

10

 

Skor minimal

0

1)     Soal Uraian

Mata Pelajaran       

:

MATEMATIKA

Kelas/Semester      

:

IX/GENAP

Kompetensi Dasar 

:

3.4    Menjelaskan hubungan antara koefisien dan diskriminan fungsi kuadrat dengan grafiknya.

Topik/Subtopik

:

Grafik, Sumbu Simetri,  Nilai dan Titik Optimum fungsi kuadrat

Indikator Pencapaian Kompetensi

:

3.4.1   Menjelaskan pengaruh dari koefisien x2 pada fungsi kuadrat f(x) terhadap karakteristik dari grafik fungsi f(x).

3.4.2   Mengidentifikasi sumbu simetri dari grafik fungsi kuadrat f(x) dengan memperhatikan nilai dari koefisien x2 dan x.

3.4.3   Menjelaskan hubungan antara nilai diskriminan dan titik potong grafik fungsi kuadrat terhadap sumbu-x.

Instrumen :

Tes Tertulis (Uraian)

 

Selesaikanlah soal di bawah ini dengan benar dan jelas !

1.      Gambar grafik dari y = x2 - 4x - 12 !

2.     Gambar grafik dari y = -x2 +2x +35 !

3.     Tentukan persamaan sumbu simetri dari  y = x2 - 10x − 21 !

4.     Diketahui persamaan sumbu simetri dari  y = 3x2 - mx +11 adalah x = -6. Tentukan nilai  m !

5.     Tentukan nilai dan jenis optimum dari fungsi y = x2 - 16 dengan rumus !

6.     Tentukan nilai dan jenis optimum dari fungsi y = -5x2 + 20 dengan rumus !

7.     Jika suatu fungsi y = x2 - 4x + c mempunyai nilai minimum -25, maka tentukan nilai c !

8.     Jika suatu fungsi y = x2 + bx - 40 mempunyai nilai minimum -49, maka tentukan nilai b !

9.     Tentukan titik dan jenis optimumnya dari fungsi y = x2 +4x− 45 !

10.  Tentukan titik dan jenis optimumnya dari fungsi y = x2 -7x+ 12 !

 

Pedoman penskoran jawaban Peserta didik

 

Aspek Penilaian

Skor

Bobot

Nilai

Benar dalam menulis cara/rumus, benar dalam menghitung, benar dalam menentukan kesimpulan akhirnya

4

2,5

10

Benar dalam menulis cara/rumus, benar dalam menghitung, salah dalam menentukan kesimpulan akhirnya

3

 

7,5

Benar dalam menulis cara/rumus, salah dalam menghitung, salah dalam menentukan kesimpulan akhirnya

2

 

5

Salah dalam menulis cara/rumus, salah dalam menghitung, salah dalam menentukan kesimpulan akhirnya

1

 

2,5

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

menggambar grafik fungsi linear dan grafik fungsi kuadrat (atau menggambar dua grafik fungsi kuadrat) dimungkinkan kedua grafik tersebut saling berpotongan.


Dari gambar di atas grafik fungsi linear y = x − 1 dan grafik fungsi kuadrat y = x2 - 5x + 4 berpotongan pada dua titik koordinat, yaitu (0, 1) dan (5, 4). Sedangkan grafik fungsi kuadrat y = x2  − 5x + 4 dan y = x2  − 4x + 2 berpotongan pada satu titik  koordinat, yaitu (2, -2).

  Kamu juga dapat menentukan titik potongnya tanpa menggambar grafik. Caranya adalah dengan “menyamakannya”.

1.   Titik potong grafik fungsi linear dan fungsi kuadrat.

Fungsi linear : y = -x + 1, fungsi kuadrat : y = x− 5x + 4   Dengan menyamakan kedua fungsi di  atas diperoleh     x2 – 5x + 4    = x − 1  

             x2 – 5x + 4 − x + 1     = 0

              x2  – 6x + 5               = 0

             (x – 1)(x − 5)            = 0

Diperoleh x = 1 atau x = 5.

Dari nilai x di atas kamu dapat memperoleh nilai y dengan mensubstitusikan nilai x pada salah satu fungsi.

Untuk x = 1 → y = x − 1 = 1 − 1 = 0, diperoleh titik koordinat (1, 0).

Untuk x = 5 → y = x − 1 = 5 − 1 = 4, diperoleh titik koordinat (5, 4).

Jadi titik potongnya pada titik koordinat (1, 0) dan (3, 2).

 

2.   Titik potong  dua fungsi kuadrat.

Fungsi kuadrat f 1(x) = x2 − 5x + 4 dan f(x) = x2 − 4x + 2 yaitu pada titik (2, -2)


LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK 1

 

Indikator Pencapaian Kompetensi :

3.3.1    Menggambar grafik fungsi kuadrat pada bidang kartesius dengan tabel

 

Langkah Kegiatan  :

 

Mengamati :

 

- Peserta didik mencermati bagaimana proses terbentuknya grafik fungsi kuadrat dengan berbagai

posisi dari bentuk fungsinya melalui tayangan LCD dengan program geogebra, misal grafik dari :

f(x) = x2, f(x) = -2x2, f(x) = x2− 4, f(x) = -2x2 + 6x,  f(x) = x2− 8x + 15

- Peserta didik menuliskan catatan hasil pengamatannya terutama mengenai bentuk grafiknya, posisi

  terbukanya grafik dan titik potong kurva terhadap sumbu x.

            Catatan hasil pengamatannya :

...................................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................................

...................................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................................

...................................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................................

 

Menanya :

Peserta didikdimotivasiuntuk mengajukanataumembuatpertanyaan berkaitan dengan cara menggambar grafik fungsi kuadrat.

            Pertanyaan :

...................................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................................

...................................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................................

...................................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................................

 

Menggali Informasi :

Silakan setiap kelompok menggali informasi dari buku paket atau internet tentang cara menggambar grafik fungsi kuadrat.

Hasil Pemikiran :

...................................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................................

...................................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................................

...................................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................................

 

Menalar :

Peserta didik secara berkelompok diminta untuk mendiskusikan penyelesaian permasalahan berikut sekaligus membuat kesimpulannya !

1. Gambarlah masing-masing grafik fungsi kuadrat berikut pada bidang kartesius yang berbeda

    dengan terlebih dahulu membuat tabel fungsinya !

 

# Lengkapilah tabel berikut :
a. f(x)
= x2,                 dengan mencoba x = -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3.

x

-3

-2

-1

0

1

2

3

x2

...

...

...

...

...

...

...

y = f(x)

...

...

...

...

...

...

...

(x, y)

( ..., ... )

( ..., ... )

( ..., ... )

( ..., ... )

( ..., ... )

( ..., ... )

( ..., ... )

b. f(x) = -2x2,              dengan mencoba x = -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3.

x

-3

-2

-1

0

1

2

3

-2x2

...

...

...

...

...

...

...

y = f(x)

...

...

...

...

...

...

...

(x, y)

( ..., ... )

( ..., ... )

( ..., ... )

( ..., ... )

( ..., ... )

( ..., ... )

( ..., ... )

 

c. f(x) = x2− 4,            dengan mencoba x = -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3.

x

-3

-2

-1

0

1

2

3

x2

...

...

...

...

...

...

...

-4

...

...

...

...

...

...

...

y = f(x)

...

...

...

...

...

...

...

(x, y)

( ..., ... )

( ..., ... )

( ..., ... )

( ..., ... )

( ..., ... )

( ..., ... )

( ..., ... )

# Gambarlah grafik masing-masing fungsi di atas pada bidang kartesius di kertas berpetakyang telah

   disediakan :

2. Silakan setiap kelompok membuat kesimpulan tentang :

            - cara menggambar grafik fungsi kuadrat !

Hasil Pemikiran :

...................................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................................

...................................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................................

...................................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................................

 

            - penyebab posisi terbuka ke atas atau ke bawahnya grafik !

Hasil Pemikiran :

...................................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................................

...................................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................................

...................................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................................

 

Mengkomunikasikan :

Silakan setiap kelompok memajang setiap gambar grafik yang sudah dibuat itu pada kertas manila di ruang kelas dan saling melihat juga gambar grafik kelompok lain lalu salah satu kelompok menyampaikan kesimpulannya dan kelompok lain menanggapinya.

Hasil Tanggapan :

...................................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................................

...................................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................................

...................................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................................

 

Cobalah sekali lagi setiap kelompok untuk menggambar grafik dari f(x) = x2−12x + 6 pada bidang kartesius !

Latihan soal :

Selesaikanlah soal-soal berikut :

1. Gambarlah  grafik dari f(x) = x2+8x + 3 pada bidang kartesius !

2. Suatu  titik ( -2, p) dilalui oleh kurva dari grafik  y = x2 + 11x − 12 !

3Jika grafik dari y = x2 + 5x − c  melalui titik (-4, 1) !




    Terima kasih atas kunjungannya. untuk RPP dan Perangkat pembelajaran yang lain, Boleh di liat di bawah ya. Jangan lupa komentar dan saran atas ketidakpuasaan dan kesalahannya.

    

                                                    "semoga bermanfaat"


























0 Response to "RPP PERSAMAAN DAN FUNGSI KUADRAT SMP/MTS EDISI 2021"

Posting Komentar