Postingan Populer

RPP Persamaan Eksponen dan Logaritma



      
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)
FUNGSI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN EKSPONEN DAN LOGARITMA


Satuan Pendidikan          :     SMA NEGERI 2 MUTIARA
Kelas / Semester               :     X / 1(Ganjil)
   Unit 1                                :     Fungsi Persamaan dan Pertidaksamaan eksponen                                                             dan logaritma
Sub Unit                            :     Fungsi Persamaan dan Pertidaksamaan Eksponensial
Pembelajaran Ke             :     1
Alokasi Waktu                 :     2 x 3 jp

Kompetensi inti
1             ; Menghargai dan meghayati ajaran agama yang dianutnya.
 2            ; Menghargai dan menghayati perilaku jujur , disiplin,tanggung jawab,peduli(toleransi, gotong royong , damai ), santun,percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminnan bangsa dalam pergaulan dunia.
 3            ; Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan (factual, konseptual,dan procedural)  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4             ;Mengolah, menalar, dan  menyaji dalam ranah konkret dan ranah  abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
            KOMPETENSI  DASAR  (KD) :
 2.1 menghayati pola hidup disiplin , kritis , bertanggung jawab , konsisten  dan jujur serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
3.2  memilih dan menerapkan aturan eksponen sesuai dengan   karakteristik  permasalahan yang akan diselesaikan dan memeriksa kebenaran langkah – langkahnya.  
4.2 menyajikan masalah nyata menggunakan operasi aljabar berupa eksponen serta menyelesaikannya menggunakan sifat-sifat dan aturan yang telah terbukti kebenarannya.

INDIKATOR;
∙menjelaskan pengertian fungsi persamaan eksponensial dan bentuk grafik fungsinya.
∙melakukan operasi persamaan eksponensial dan menyelesaikan dengan berbagai     bentuk eksponensial.
∙memahami masalah   yang melibatkan fungsi eksponensial  serta penyelesaiannya.

         TUJUAN PEMBELAJARAN ;
    Setelah mempelajari Unit ini siswa diharapkan mampu ;
∙Siswa mampu mendeskripsikan dan menentukan penyelesaian fungsi   eksponensial dan fungsi logaritma menggunakan masalah kontekstual , serta keterkaitannya.
∙Siswa diharapkan mampu menyajikan dan menyelesaikan masalah yang                berkaitan dengan fungsi eksponensial.

MATERI PEMBELAJARAN ;
 fungsi persamaan dan pertidaksamaan  eksponensial
           
METODE PEMBELAJARAN  ;

 Model pembelajaran ;  cooperatif learning
Metode                         ;   Diskusi dan tanya jawab.

SUMBER PEMBELAJARAN;
            Sumber;
∙buku matematika kelompok peminatan Kelas x.
∙buku paket.
∙buku referensi lain.
            KEGIATAN  PEMBELAJARAN ;
            Pertemuan 1 (pertama )

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan sub unit yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” fungsi persamaan dan pertidaksamaan  eksponensial ”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
§   Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta membaca dalam hati.
§   Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait fungsi eksponen dan grafiknya , kemudian mendiskusikannya terkait penggunaan eksponen.
§   Tanya jawab tentang bentuk-bentuk persamaan eksponensial.
          Apa itu eksponen?”
          sudahkah kalian mendengar sebelumnya tentang eksponen?”
         “ jika ada, adakah kesulitan dalam menyelesaikan soalnya?”
§  menyampaikan  inti pembelajaran hari ini, mengenai fungsi persamaan dan pertidaksamaan eksponen.
20 menit
Inti
§   mengamati permasalahan mengenai fungsi dan bentuk-bentuk eksponen
§   menyimak penjelasan mengenai bagaimana bentuk  fungsi dan bentuk-bentuk eksponen
§   menyelesaikan beberapa contoh eksponen
§   Menganalisis dan menyimpulkan data tambahan tentang bentuk-bentuk persamaan dan pertidaksamaan eksponen
§   Menganalisis dan menyimpulkan data tambahan tentang permasalahan yang melibatkan eksponen
§   Memberikan soal latihan tambahan terkait eksponen .
      100 menit

Penutup
§  Siswa diharapkan mengajukan pertanyaan tentang pembelajaran hari ini.
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit
           


0 Response to "RPP Persamaan Eksponen dan Logaritma"

Posting Komentar