Postingan Populer

RPP PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL(SPL2V)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan   : SMAN 1 MUTIARA.
Kelas/Semester         : X IPS 1 / 1 (Ganjil).
Mata Pelajaran          : Matematika.
Hari/Tanggal             : Selasa, 18 September 2017.
Topik                         : Sistem Persamaan linear 2 variabel
Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit.
Pertemuan Ke           :2.

       A.     Kompetensi Inti 
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual,prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam  ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar
3.3 Mendeskripsikan konsep sistem persamaan linier dua variabel serta mampu menerapkan berbagai strategi yang efektif dalam menentukan himpunan penyelesaiannya serta memeriksa kebenaran jawabannya dalam pemecahan masalah matematika.
4.4 Menggunakan SPLDV untuk menyajikan masalah kontekstual dan menjelaskan makna tiap besaran secara lisan maupun tulisan.
4.5 Membuat model matematika berupa SPLDV dari situasi nyata dan matematika, serta menentukan jawab dan menganalisis model sekaligus jawabnya.

C. Indikator
1. Menyebutkan konsep sistem persamaan linear dua variabel.
2. Menyelesaikan sistem persamaan linier dua variabel dengan metode substitusi,  dan eliminasi,
3. Menentukan himpunan penyelesaian dari SPLDV
4. Menentukan penyelesaian dari model matematika yang berupa SPLDV

       D. Tujuan Pembelajaran
              Dengan kegiatan dalam pembelajaran SPLDV iini diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1. Menyebutkan konsep sistem persamaan linier dua variabel.
2. Menyelesaikan sistem persamaan linier dua variabel dengan metode substitusi,  dan eliminasi,
3. Menentukan himpunan penyelesaian dari SPLDV.
4. Menentukan penyelesaian dari model matematika yang berupa SPLDV.

       E. Materi Ajar
Fakta
Persamaan Linear Dua Variabel, Konstanta, Koefisien, Variabel, Himpunan Penyelesaian.

Konsep
Persamaan Linear Dua Variabel
Persamaan linear dua variabel adalah persamaan yang didefinisikan sebagai ax+by+c=0 dengan  a dan b tidak keduanya nol, di mana x dan y adalah variabel, a koefisien dari x, b koefisien dari y, dan c adalah konstanta. Misalkan a, b, dan c bilangan real dan a, b keduanya tidak nol. Himpunan penyelesaian persamaan linear   ax + by = c adalah himpunan semua pasangan (x, y) yang memenuhi persamaan linear tersebut.






Sistem Persamaan Linier Dua Variabel
Sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) adalah suatu sistem persamaan linear dengan dua variabel.
Bentuk umum sistem persamaan linear dengan dua variabel x dan y adalah
ax1 + by1 = c1
ax2 + by2 = c2 
dengan a1, a2, b1, b2, c1, dan c2 bilangan real; a1 dan b1 tidak keduanya 0; a2 dan b2 tidak keduanya 0.
x, y : variabel
a1, a2 : koefisien variabel x
b1, b2 : koefisien variabel y
c1, c2 : konstanta persamaan

Penyelesaian SPLDV
Dalam menentukan penyelesaian dari SPL, Anda dapat menggunakan beberapa cara berikut ini :
A.    Metode Eliminasi
Metode eliminasi berarti menghilangkan salah satu variabel sehingga memperoleh nilai variabel yang lain.
Contoh 1 :
Tentukan peryelesaian dari persamaan di bawah ini dengan eliminasi
2x + 3y = 6
  x + y = 2

Jawab :
2x + 3y = 6    x 1 => 2x + 3y = 6
  x + y = 2      x 2  =>2x + 2y = 4      -           
                                           y   = 2
2x + 3y = 6    x 1 => 2x + 3y = 6
  x + y = 2      x 3  =>3x + 3y = 6      -           
                                      - x      = 0
                                            x  = 0
Jadi Himpunan penyelesaianya adalah { 0 , 2 }

B.   Metode Substitusi
Metode substitusi berarti memasukan variabel pertama pada persamaan pertama ke variabel kedua pada persamaan kedua.
Contoh 2 :
Tentukan peryelesaian dari persamaan di bawah ini dengan subtitusi
2x + 3y = 6
  x + y = 2
Jawab :
x + y = 2
x = 2 – y
subtitusikan kepersamaan 
                                 2x + 3y = 6
                        2(2 – y ) + 3y = 6
                             4 – 2y + 3y = 6
                                        4 + y = 6
                                                y = 6 – 4
                                                 y = 2
subtitusikan kepersamaan 
                                          x = 2 – y
                                          x = 2 – 2
                                          x = 0
Jadi himpunan penyelesaiannya adalah { 0 , 2 }

Prinsip
Menentukan himpunan penyelesaian dari Persamaan Linear Dua Variabel, Sistem Persamaaan Linier Dua Variabel,
Prosedur
Langkah – langkah untuk menentukan himpunan penyelesaian dari Persamaan Linear Dua Variabel, Sistem Persamaaan Linier Dua Variabel,
      
       F. Model dan Metode Pembelajaran
Model pembelajaran   : 1. Enquiry-Discovery Learning ( guru dan siswa aktif )
Metode                           : 1. Ceramah
                                         2. Tanya Jawab
     3. Pemberian Tugas

G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
    Langkah – langkah kegiatan :

Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Langkah-langkah Pembelajaran
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Guru mengucapkan salam.
·         Berdo’a sebelum pelajaran dimulai
·         Guru mengabsen peserta didik
·         Guru meminta peserta didik membuka buku panduan
·         Guru menuliskan/ menyebutkan materi  yang akan dipelajari.
5 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·     Melalui buku siswa, siswa diajukan masalah nyata yang berkaitan dengan menemukan konsep sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV), menentukan himpunan penyelesaian dari SPLDV, menyajikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan SPLDV ke dalam model matematika, membuat model matematika berupa SPLDV dari situasi nyata, menentukan penyelesaian dari model matematika yang berupa SPLDV dan menafsirkan penyelesaian dari SPLDV yang diperoleh.
·     Siswa masing – masing mengamati dan mencoba untuk memahami masalah tersebut.
Menanya
·     Melalui masalah yang disajikan, siswa dibimbing untuk mengajukan gagasan, pertanyaan dan komentar mengenai masalah tersebut.
·     Dari pertanyaan – pertanyaan yang diajukan ini, siswa diarahkan untuk mengkaji masalah tersebut ke dalam menemukan konsep sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV), menentukan himpunan penyelesaian dari SPLDV, menyajikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan SPLDV ke dalam model matematika, membuat model matematika berupa SPLDV dari situasi nyata, menentukan penyelesaian dari model matematika yang berupa SPLDV dan menafsirkan penyelesaian dari SPLDV yang diperoleh.
Mengeksplorasi
·     Siswa dibimbing untuk mengumpulkan informasi sebanyak – banyaknya, berupa contoh soal dan penyelesaiannya menemukan konsep sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV), menentukan himpunan penyelesaian dari SPLDV, menyajikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan SPLDV ke dalam model matematika, membuat model matematika berupa SPLDV dari situasi nyata, menentukan penyelesaian dari model matematika yang berupa SPLDV dan menafsirkan penyelesaian dari SPLDV yang diperoleh.
Mengasosiasi
·     Siswa masing – masing diminta untuk mendiskusikan permasalahan mengenai menemukan konsep sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV), menentukan himpunan penyelesaian dari SPLDV, menyajikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan SPLDV ke dalam model matematika, membuat model matematika berupa SPLDV dari situasi nyata, menentukan penyelesaian dari model matematika yang berupa SPLDV dan menafsirkan penyelesaian dari SPLDV yang diperoleh.
·     Siswa dibimbing untuk memahami langkah – langkah penyelesaian dari permasalahan yang diberikan.
Mengkomunikasikan
·     Salah satu siswa diminta untuk mempresentasikan hasil pekerjaannya, sementara siswa lain, menanggapi dan menanyakan hasil presentasi dan guru memberikan konfirmasi.                  
·         Guru meminta siswa untuk mencoba beberapa contoh soal.
20 menit
Penutup
·         Guru menanyakan kembali kepada siswa tentang kejelasan materi yang  telah dipelajari.
·         Guru menindak lanjuti materi pelajaran dengan memberikan tugas kepada peserta didik yang akan dikumpul pada pertemuan berikutnya dan mengakhiri kegiatan belajar  mengajar dengan memberikan pesan untuk mempelajari materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
·         Guru mengucapkan salam.
5 menit

H. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
·                                 Alat / Media     : Karton putih ditulis hitam , White Board, dan Spidol
·                                   Sumber           :  Buku Pokok
-  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Matematika untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Semester 1.Jakarta : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
§  Buku Penunjang
- Sukino. 2014. Matematika untuk SMA/MA Kelas X Kelompok Wajib Semester 1. Jakarta :        Erlangga.

I. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
Pengamatan dan tes
Selama pembelajaran
2.
Pengetahuan
Pengamatan dan tes
Penyelesaian tugas
3.
Keterampilan
Pengamatan
Penyelesaian tugas
            a.   Keaktifan siswa dalam bertanya maupun menjawab
     b.   Tes tertulis berbentuk uraian
     c.   Instrumen / soal :
SOAL :
1.    Dengan menggunakan metode grafik tentukan himpunan penyelesaian dari x + y = 2 dan 3x + y = 6, gambarkan grafiknya
2.    Dengan menggunakan metode eliminasi tentukan himpunan penyelesaian dari x + y =  2 dan 4x + 2y = 7.
3.    Dengan menggunakan metode substitusi tentukan penyelesaian dari x + y = 65 dan x = 2y – 10.
4.    Menggunakan metode gabungan tentukan himpunan penyelesaian dari 3x + y = 7 dan x + 4y = 6.

No
Kunci Jawaban
Skor Nilai
1
x + y = 2       x4   4x + 4y = 8
4x + 2y = 7   x1   4x + 2y = 7   -
                                     2y = 1
                                       y = 1/2
x + y = 2       x2   2x + 2y = 4
4x + 2y = 7   x1   4x + 2y = 7   -
                                   -2x = -3
                                       y = -3/2
jadi HP nya adalah { 1/2 , -3/2 }

2
3
2
2
1
2
3
2

2
2
Substitusikan pada persamaan x + y = 65
(2y – 10) + y = 65
                 3y = 75
                   y = 25

x = 2y – 10
x = 2(25) – 10
x = 50 – 10
x = 40
2
3
3
1

1
2
3
2
3
Eliminasi
menghilangkan salah satu variabel dari SPLDV tersebut.
Eliminasi y
3x + y = 7   x4   12x + 4y = 28
x + 4y = 6   x1        x + 4y =   6   -
                                    11x = 22
                                         x = 2 

substitusi
nilai x = 2 menggantikan variabel x pada salah satu persamaan awal, misalkan persamaan (1).
3x + y = 7
      3 (2) + y = 7
  6 + y = 7
    y = 7 – 6
    y = 1

Jadi, dapat dituliskan Hp = {(2, 1)}

2

2
3
4
2


1


2
3
2
4
2

3
4.
Substitusi
Nilai x=3 menggantikan variable x pada salah sattu persamaan awal, misalnya;
2x-y=4
2(3)-y=4
6-y=4
-y= 4-6
-y=-2
Y=2
3
2
3
4
3
2
2
2
1
Jumlah
100

                                                                                 Pidie ,18 September 2017
Guru Pamong                                                              Mahasiswa PPL I,(calon)

           

Aidil Fitri Syah, S.Pd.                                                   Laila Akmal
NIP : 196402121986011002                                      NPM : 14101121006

Mengetahui
Kepala SMAN 1 MUTIARA



H. Muhammad Amin, S.Pd., M.M.

NIP. 196506041988031004

0 Response to "RPP PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL(SPL2V)"

Posting Komentar