Postingan Populer

RPP fungsi eksponensial dan logaritma Edisi Revisi


               RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)
FUNGSI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN EKSPONEN DAN       LOGARITMA

Satuan Pendidikan         :     SMA NEGERI 2 MUTIARA
Kelas / Semester           :     X / 1(Ganjil)
   Unit 1                           :    Fungsi Persamaan dan Pertidaksamaan   eksponen                         dan logaritma
Sub Unit                       :     Masalah yang melibatkan fungsi eksponensial dan logaritma.
Pembelajaran Ke          :     1
Alokasi Waktu              :     1 x 3 jp

Kompetensi inti


 3            ; Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan (factual, konseptual,dan procedural)  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4             ;Mengolah, menalar, dan  menyaji dalam ranah konkret dan ranah  abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan. 
                KOMPETENSI  DASAR  (KD) :

3.2  memilih dan menerapkan aturan eksponen sesuai dengan   karakteristik  permasalahan yang akan diselesaikan dan memeriksa kebenaran langkah – langkahnya.       
4.2 menyajikan masalah nyata menggunakan operasi aljabar berupa eksponen serta menyelesaikannya menggunakan sifat-sifat dan aturan yang telah terbukti kebenarannya.

INDIKATOR;
menjelaskan  ulang  pengertian fungsi persamaan eksponensial, logaritma dan  bentuk grafik fungsinya.
melakukan operasi persamaan eksponensial , logaritma  dan  menyelesaikan dengan berbagai  bentuk eksponensial dan logaritma.
memahami masalah yang melibatkan fungsi eksponensial   dan logaritma serta penyelesaiannya.

         TUJUAN PEMBELAJARAN ;
    Setelah mempelajari Unit ini siswa diharapkan mampu ;
Siswa mampu mendeskripsikan dan menentukan penyelesaian fungsi   eksponensial dan fungsi logaritma menggunakan masalah kontekstual , serta keterkaitannya.
Siswa diharapkan mampu menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan    fungsi eksponensial dan fungsi logagritma.

MATERI PEMBELAJARAN ;
 masalah yang melibatkan fungsi eksponensial dan logaritma.
               
METODE PEMBELAJARAN  ;

 Model pembelajaran     ;  cooperatif learning
Metode                         ;   Diskusi dan tanya jawab.

SUMBER PEMBELAJARAN;
            Sumber;
buku matematika kelompok peminatan Kelas x.
buku paket.
buku referensi lain.
                KEGIATAN  PEMBELAJARAN ;
            Pertemuan 3 (tiga )

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan sub unit yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”maslah yang melibatkan fungsi eksponensial dan logaritma
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
§   Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta membaca dalam hati.
§   Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait fungsi eksponen dan grafiknya , kemudian mendiskusikannya terkait penggunaan masalah yang melibatkan  eksponen dan logaritma.
§   Tanya jawab tentang bentuk-bentuk persamaan eksponensial.
          masih ingatkah kalian apa itu eksponen dan logaritma?”
          sudahkah kalian mengetahui dimana letak perbedaan keduanya?”
         “ pernahkah kalian membaca tentang masalah yang melibatkan kedua fungsi yang sudah pernah kita pelajari sebelumnya? Adakah kesulitan dalam memahaminya?”
§  menyampaikan  inti pembelajaran hari ini, mengenai masalah yang melibatkan fungsi eksponensial dan logaritma.
10 menit
Inti
§   mengamati permasalahan mengenai maslah yang melibatkan fungsi eksponen dan logaritma
§   menyimak penjelasan mengenai bagaimana  permasalahan bisa ada.
§   menyelesaikan beberapa contoh permasalahan yang terjadi
§   Menganalisis dan menyimpulkan data tambahan tentang bentuk-bentuk persamaan dan pertidaksamaan eksponen
§   Menganalisis dan menyimpulkan data tambahan tentang permasalahan yang melibatkan eksponen dan logaritma.
§   Memberikan soal latihan tambahan terkait permasalahan yang melibatkan keduanya
      30 menit

Penutup
§  Siswa diharapkan mengajukan pertanyaan tentang pembelajaran hari ini.
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

5 menit


                PENILAIAN; 
1.     Tehnik dan bentuk instrumen
     Tehnik
   Bentuk Instrumen
 pengamatan sikap
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
  tes tertulis
Tes uraian
  portofolio
Panduan penyusunan Portofolio
           
a.      Pengamatan sikap
Lembar pengamatan sikap

No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1
Menunjukkan rasa syukur kepada tuhan




2
Menunjukkan kemampuan bekerja sama dalam kerja kelompok




3
Menunjukkan ketekunan dan disiplin dalam belajar da bekerja baik secara individu maupun berkelompok




            Rubric pengamatan sikap
           
NO
 Aspek yang dinilai
Rubrik
1
Menunjukkan arasa syukur kepada tuhan yang maha Esa
3.menunjukkan ekspresi rasa syukur kepada Tuhan yang maha Esa yang telah memberikan potensi kepada kita untuk menggali ilmu pengetahuan lebih dalam lagi.
2.belum secara eksplisit menunjukkan ekspresi atau ungkapan syukur , namun menaruh minat terhadap kebesaran Tuhan saat refleksi
1.belum menunjukkan ekspresi rasa syukur atau menaruh minat terhadap kebesaran Tuhan saat refleksi
2
Menunjukkan kemampuan bekerja sama dalam berkelompok
3.menunjukkan kemampuan bekerja sama antar anggota kelompok dan terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
2.menunjukkan kemampuan bekerja sama , namun baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1.tidak menunjukkan kemampuan bekerja sama , dan sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat.
3
Menunjukkan ketekunan dan disiplin dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
3.tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan , berupaya tepat waktu
2.berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya..
1.tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas ,dan tugasnya tidak selesai

b.     Lembar Tes Tulis
Soal ;
1)      Himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan 2(4^x) – 5(2^x) + 2 > 0 adalah…
2)       Tentukan himpunan penyelesaian dari 3log (x + 1) = 3log 4…
3)      Nilai X yang memenuhi persamaan 10log (2x – 5) = 10log (x + 3) adalah…
4)      Akar – akar dari persamaan 2log2 x – 6 2log x + 8 =0 , adalah x1 dan x2.           Nilai x1 + x2 adalah…
Jawaban;
1)      HP {x|x<-1 atau x>1}
2)      HP {3}
3)      8
4)      20
Lembar matematika
Eksplorasi matematika buku matematika kelas X SMA  Peminatan
Penerapan konsep logaritma banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, seperti menghitung nilai investasi tabungan, menghitung pertumbuhan bakteri , dan menghitung kekuatan  gempa bumi. Buatlah kelompok yang terdiri dari 2 / 3 oarang. Bersama teman sekelompok carilah penerapan-penerapan konsep logaritma pada permasalahan selain contoh yang telah dijelaskan dalam buku. Carilah sumber informasi berbagai buku yang terdapat diperpustakaan ataupun internet. Bekerjasamalah dengan teman sekelompokmu agar mendapatkan hasil yang maksimal. Buatlah hasil laporan dalam bentuk tulisan dengan menggunakan Microsoft Word.


                                                                                                         Pidie ,18 September 2017
         Guru Pamong                                                                                   Mahasiswa PPL

                                                                                                                       
         Hamdiah , S.Pd.                                                                                Laila Akmal
NIP :198110192006042003                                                               NPM;14101121006
                                                                                                                       
      Mengetahui
Kepala SMA Negeri 2 Mutiara


Muslem, S.Pd., M.pd.
NIP. 197605042000081001






0 Response to "RPP fungsi eksponensial dan logaritma Edisi Revisi"

Posting Komentar