Postingan Populer

RPP K 13 Revisi PERBANDINGAN

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)
(SIKLUS & TINDAKAN 1)

Perbandingan

                        Satuan Pendidikan    :     SMP Negeri 1 TIRO
                        Kelas / Semester       :     VII / 1 (Ganjil)
Unit 1                        :      perbandingan
Sub Unit                    :      aljabar perbandingan
                        Alokasi Waktu           :     2 x 40 menit.

I.              KOMPETENSI INTI
3.     Memahami dan menerapkan, menganalisis  pengetahuan (factual, konseptual,dan procedural)  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni budaya  dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan , kebangsaan , kenegaraan , dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian , serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.  Mengolah, menyaji,dan menalar dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri , dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
II.           KOMPETENSI DASAR (KD)
a.       Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memilki rasa percaya diri pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
b.       Memahami konsep perbandingan dan menggunakan bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan hubungan dua besaran atau lebih.
c.       Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan table dan grafik

III.        INDIKATOR;
          Pertmuan pertama
         mengidentifikasi perbandingan melalui gambar berskala beserta contohnya
         menjelaskan arti perbandingan dan membandingkan dua besaran yang sejenis
            Pertemuan kedua
         memahami perbandingan senilai dan berbalik nilai
            Pertemuan ketiga 
         menjelaskan pengertian perhitungan dan perbandingan senilai dan berbalik nilai
         menyelesaikan soal-soal yang berhubunga dengan perbandingan dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
IV.     TUJUAN PEMBELAJARAN ;
    Setelah mempelajari Unit ini siswa diharapkan mampu
    mendeskripsikan dan menganalisis apa itu perbandingan dan konsep perbandingan serta   menerapkannya dalam  kehidupan sehari-hari.
menyajikan dan menyelesaikan masalah berkaitan dengan perbandingan baik yang senilai maupun berbalik nilai serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
V.           MATERI PEMBELAJARAN ;
            Perbandingan
VI.         METODE PEMBELAJARAN  ;

Model pembelajaran    ;   generatif
Metode                         ;   Diskusi, tanya jawab, soal tes, kerja kelompok.
VII.          SUMBER PEMBELAJARAN;
            Buku matematika untuk SMP / MTs kelas 1
           
            Buku paket

            Buku referensi lainnya.

VIII.  KEGIATAN PEMBELAJARAN
            Pertemuan 1 (pertama )

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan.













Percaya diri.






Kerjasama dalam kelompok.







§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan sub unit yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”gambar berskala”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. Serta membentuk kelompok kerja untuk siswa sesuai dengan model yang dijalankan.
§   Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta membaca dalam hati.
§   Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait perbandingan, membimbing siswa dalam mengambil keputusan kelompok, kemudian mendiskusikan penggunaan konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
Tanya jawab tentang perbandingan ;
          Apa itu perbandingan?”
          sudahkah kalian mendengar sebelumnya tentang perbandingan ?”
         “bagaimanakh bentuk umum dari perbandingan?”
          Apa itu gambar berskala?”
         “adakah hubungan perbandingan dengan gambar berskala?”
§  Membimbing siswa bersikap demokratis saat proses pembelajaran berlangsung. Serta menyampaikan  inti pembelajaran hari ini, mengenai gambar berskala
10 menit
Inti.


Kemampuan pemecahan masalah .

Kemampuan komunikasi.

§   mengamati permasalahan gambar berskala
§   menyimak penjelasan mengenai bagaimana bentuk gambar berskala serta hubungannya dengan perbandingan.
§   menyelesaikan beberapa contoh gambar berskala dan mengajak siswa untuk optimistik dalam mengerjakannya.
§   Menganalisis dan menyimpulkan data tambahan tentang bentuk-bentuk gambar berskala serta membantu siswa percaya pada kemampuannya sendiri.
§   Memberikan soal latihan tambahan terkait gambar berskala.
      55 menit

Penutup.

Kreativitas.



Berpikir kritis.

§  Siswa mengajukan pertanyaan tentang pembelajaran hari ini dan mengidentifikasi berbagai masalah yang terjadi.
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti dan memberi kesempatan untuk masing-masing menyelesaikan masalah sesuai dengan rencana masing-masing.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
5 menit


Pertemuan II  (kedua)

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan.













Percaya diri.






Kerjasama dalam kelompok.







§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan sub unit yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”perbandingan senilai dan berbalik nilai” dan menbimbing siswa untuk memiliki rasa ingin tahu yang besar.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan suatau permasalahan. Serta membentuk kelompok kerja untuk siswa sesuai dengan model yang dijalankan, dan memberi kebebasan kepada siswa untuk mencoba hal-hal baru yang efektif.
§   Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta membaca dalam hati.
§   Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait perbandingan.
§   membimbing siswa dalam mengambil keputusan kelompok, kemudian mendiskusikan penggunaan konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
§   Tanya jawab tentang perbandingan senilai dan berbalik nilai
          Apa itu perbandingan senilai?”
          Apa itu perbandingan berbalik nilai?”
          sudahkah kalian mendengar sebelumnya tentang perbandingan senilai dan berbalik nilai ?”
§  Membimbing siswa bersikap demokratis saat proses pembelajaran berlangsung. Serta menyampaikan  inti pembelajaran hari ini, mengenai gambar berskala
§  Memberikan usulan dan gagasan baru terhadap masalah yang dihadapi siswa.
10 menit
Inti.


Kemampuan pemecahan masalah .

Kemampuan komunikasi.

§   mengamati permasalahan perbandingan senilai dan berbalik nilai,dengan bertujuan untuk dimilikinya akan rasa ingin tahu yang besar akan suatu permasalahan.
§   menyimak penjelasan mengenai bagaimana bentuk gambar berskala serta hubungannya dengan perbandingan, dengan penjelasan yang lugas dan bahasa tubuh yang baik, dengan tujuan memudahkan siswa dalam memahami apa yang disampaikan.
§   menyelesaikan beberapa contoh gambar berskala dan mengajak siswa untuk optimistik dalam mengerjakannya.
§   Menganalisis dan menyimpulkan data tambahan tentang bentuk-bentuk gambar berskala serta membantu siswa percaya pada kemampuannya sendiri.
§   Memberikan soal latihan tambahan terkait perbandingan senilai dan berbalik nilai.
      55 menit

Penutup.

Kreativitas.



Berpikir kritis.

§  Siswa mengajukan pertanyaan tentang pembelajaran hari ini dan mengidentifikasi berbagai masalah yang terjadi dengan sikap mental yang baik dan bisa dipercaya semua orang.
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari sesuai dengan kemampuan diri masing-masing.
§  menyampaikan ide baru sesuai dengan konteks permasalahan.
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi), dengan pertanyaannya lebih dulu dicari tahu atau pertanyaan yang memang benar tidak diketahui bagaimana dan apa jawabannya.
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti dan memberi kesempatan untuk masing-masing menyelesaikan masalah sesuai dengan rencana masing-masing.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
5 menit
Pertemuan III (ketiga)

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan.













Percaya diri.






Kerjasama dalam kelompok.







§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan sub unit yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”perhitungan dalam perbandingan senilai dan berbalik nilai” dan menbimbing siswa untuk memiliki rasa ingin tahu yang besar.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan suatau permasalahan. Serta membentuk kelompok kerja untuk siswa sesuai dengan model yang dijalankan.
§   memberi kebebasan kepada siswa untuk mencoba hal-hal baru yang efektif.
§   Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta membaca dalam hati.
§   Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait perbandingan secara kelompok.
§   membimbing siswa bagaimana cara bersosialisasi yang baik dalam kelompok serta mengambil keputusan kelompok, kemudian mendiskusikan penggunaan konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
§   Tanya jawab tentang perhitungan perbandingan senilai dan berbalik nilai.
          Apa itu perhitungan dalam perbandingan?”
          sudahkah kalian mendengar sebelumnya tentang perhitungan dalam perbandingan ?”
         “bagaimanakh bentuk umumnya?”
          dapatkah kita mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari?”
         “samakah grafik perbandingan senilai dengan berbalik nilai? Jika tidak! Dimanakah perbedaannya!”
§  Membimbing siswa bersikap demokratis saat proses pembelajaran berlangsung.
§   menyampaikan  inti pembelajaran hari ini, mengenai perhitungan dalam perbandingan senilai dengan berbalik nilai serta hubungannya dengan grafik perbandingan.
§  Menbimbing siswa untuk mengelola waktu sebaik mungkin selama proses pembelajaran berlangsung.
§  Memberikan usulan dan gagasan baru terhadap masalah yang dihadapi siswa.
10 menit
Inti.


Kemampuan pemecahan masalah .

Kemampuan komunikasi.

§   mengamati permasalahan gambar berskala bertujuan untuk dimiliki akan rasa ingin tahu yang besar akan suatu permasalahan.
§   menyimak penjelasan mengenai bagaimana bentuk perhitungan dalam perbandingan senilai dengan berbalik nilai serta hubungannya dengan grafik perbandingan, dengan penjelasan yang lugas dan bahasa tubuh yang baik, tujuannya memudahkan siswa dalam memahami apa yang disampaikan.
§   menyelesaikan beberapa contoh dan mengajak siswa untuk optimistik dalam mengerjakannya.
§   Menganalisis dan menyimpulkan data tambahan serta membantu siswa percaya pada kemampuannya sendiri.
§   Memberikan soal latihan tambahan terkait perhitungan perbandingan senilai dan berbalik nilai serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
      55 menit

Penutup.

Kreativitas.



Berpikir kritis.

§  Siswa mengajukan pertanyaan tentang pembelajaran hari ini dan mengidentifikasi berbagai masalah yang terjadi dengan sikap mental yang baik dan bisa dipercaya semua orang.
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari sesuai dengan kemampuan diri masing-masing.
§  menyampaikan ide baru sesuai dengan konteks permasalahan.
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi), dengan pertanyaannya lebih dulu dicari tahu atau pertanyaan yang memang benar tidak diketahui bagaimana dan apa jawabannya.
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti dan memberi kesempatan untuk masing-masing menyelesaikan masalah sesuai dengan rencana masing-masing.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
5 menit


IX.        EVALUASI
Prosedur          : soal tes
Jenis                 : tertulis.
Bentuk             : uraian
            Alat tes            : soal.
X.           PENILAIAN
A.       Lembar kerja siswa
Soal terlampir
No. 1 skor betul 2
No. 2 skor betul 3

B.       Tes akhir
Soal terlampir


           Mengetahui                                                                          sigli,                             2021
         Kepala Sekolah                                                                            Guru Mata pelajaran
 

     Muslem, S.Pd. M.pd.                                                                         Laila S.pd.
NIP.                                                                                               NIP.     


,

0 Response to "RPP K 13 Revisi PERBANDINGAN "

Posting Komentar