RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
(SIKLUS & TINDAKAN 1)
Perbandingan
Satuan Pendidikan : SMP
Negeri 1 TIRO
Kelas / Semester : VII
/ 1 (Ganjil)
Unit 1 : perbandingan
Sub Unit : aljabar perbandingan
Alokasi Waktu : 2
x 40 menit.
I.
KOMPETENSI
INTI
3. Memahami
dan menerapkan, menganalisis pengetahuan
(factual, konseptual,dan procedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni
budaya dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan , kebangsaan , kenegaraan , dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian , serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menyaji,dan menalar dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri , dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
II.
KOMPETENSI DASAR (KD)
a. Memiliki rasa
ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memilki rasa
percaya diri pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui
pengalaman belajar.
b. Memahami
konsep perbandingan dan menggunakan bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan
hubungan dua besaran atau lebih.
c. Menggunakan
konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan table
dan grafik
III.
INDIKATOR;
Pertmuan
pertama
⋆ mengidentifikasi perbandingan
melalui gambar berskala beserta contohnya
⋆ menjelaskan arti
perbandingan dan membandingkan dua besaran yang sejenis
Pertemuan kedua
⋆memahami perbandingan senilai dan
berbalik nilai
Pertemuan ketiga
⋆ menjelaskan pengertian
perhitungan dan perbandingan senilai dan berbalik nilai
⋆ menyelesaikan soal-soal yang
berhubunga dengan perbandingan dan mengaplikasikannya dalam kehidupan
sehari-hari.
IV.
TUJUAN PEMBELAJARAN ;
Setelah mempelajari Unit ini siswa diharapkan
mampu
⋆ mendeskripsikan dan
menganalisis apa itu perbandingan dan konsep perbandingan serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
⋆
menyajikan dan menyelesaikan masalah berkaitan dengan perbandingan baik yang
senilai maupun berbalik nilai serta mengaplikasikannya dalam kehidupan
sehari-hari.
V.
MATERI
PEMBELAJARAN ;
Perbandingan
VI.
METODE
PEMBELAJARAN ;
Model pembelajaran ; generatif
Metode ; Diskusi, tanya jawab, soal tes, kerja
kelompok.
VII.
SUMBER
PEMBELAJARAN;
Buku
matematika untuk SMP / MTs kelas 1
Buku paket
Buku referensi lainnya.
VIII. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 (pertama )
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan.
Percaya
diri.
Kerjasama
dalam kelompok.
|
§ Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a.
§ Guru mengecek
kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan posisi tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan sub unit yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”gambar berskala”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan. Serta membentuk kelompok kerja untuk siswa sesuai dengan model
yang dijalankan.
§ Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta
membaca dalam hati.
§ Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa
terkait perbandingan, membimbing siswa dalam mengambil keputusan kelompok, kemudian
mendiskusikan penggunaan konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
Tanya jawab tentang perbandingan ;
”Apa itu perbandingan?”
”sudahkah kalian mendengar sebelumnya
tentang perbandingan ?”
“bagaimanakh bentuk umum dari perbandingan?”
”Apa itu gambar berskala?”
“adakah hubungan perbandingan dengan
gambar berskala?”
§ Membimbing
siswa bersikap demokratis saat proses pembelajaran berlangsung. Serta menyampaikan inti pembelajaran hari ini, mengenai gambar
berskala
|
10 menit
|
Inti.
Kemampuan
pemecahan masalah .
Kemampuan
komunikasi.
|
§ mengamati permasalahan gambar berskala
§ menyimak penjelasan mengenai bagaimana bentuk gambar
berskala serta hubungannya dengan perbandingan.
§ menyelesaikan beberapa contoh gambar berskala dan
mengajak siswa untuk optimistik dalam mengerjakannya.
§ Menganalisis dan menyimpulkan data tambahan tentang
bentuk-bentuk gambar berskala serta membantu siswa percaya pada kemampuannya
sendiri.
§ Memberikan soal latihan tambahan terkait gambar
berskala.
|
55 menit
|
Penutup.
Kreativitas.
Berpikir
kritis.
|
§
Siswa mengajukan pertanyaan tentang pembelajaran hari ini dan
mengidentifikasi berbagai masalah yang terjadi.
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan
/ rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti dan memberi kesempatan untuk masing-masing menyelesaikan
masalah sesuai dengan rencana masing-masing.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa
berdo’a (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
5 menit
|
Pertemuan II (kedua)
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan.
Percaya
diri.
Kerjasama
dalam kelompok.
|
§ Guru memberikan
salam dan mengajak semua siswa berdo’a.
§ Guru mengecek
kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan posisi tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan sub unit yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”perbandingan senilai dan berbalik nilai” dan menbimbing
siswa untuk memiliki rasa ingin tahu yang besar.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan suatau permasalahan. Serta membentuk kelompok kerja untuk siswa
sesuai dengan model yang dijalankan, dan memberi kebebasan kepada siswa untuk
mencoba hal-hal baru yang efektif.
§ Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta
membaca dalam hati.
§ Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa
terkait perbandingan.
§ membimbing siswa dalam mengambil keputusan kelompok, kemudian
mendiskusikan penggunaan konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
§ Tanya jawab tentang perbandingan senilai dan berbalik
nilai
”Apa itu perbandingan senilai?”
”Apa itu perbandingan berbalik nilai?”
”sudahkah kalian mendengar sebelumnya
tentang perbandingan senilai dan berbalik nilai ?”
§ Membimbing
siswa bersikap demokratis saat proses pembelajaran berlangsung. Serta menyampaikan inti pembelajaran hari ini, mengenai gambar
berskala
§ Memberikan
usulan dan gagasan baru terhadap masalah yang dihadapi siswa.
|
10 menit
|
Inti.
Kemampuan
pemecahan masalah .
Kemampuan
komunikasi.
|
§ mengamati permasalahan perbandingan senilai dan
berbalik nilai,dengan bertujuan untuk dimilikinya akan rasa ingin tahu yang
besar akan suatu permasalahan.
§ menyimak penjelasan mengenai bagaimana bentuk gambar
berskala serta hubungannya dengan perbandingan, dengan penjelasan yang lugas
dan bahasa tubuh yang baik, dengan tujuan memudahkan siswa dalam memahami apa
yang disampaikan.
§ menyelesaikan beberapa contoh gambar berskala dan
mengajak siswa untuk optimistik dalam mengerjakannya.
§ Menganalisis dan menyimpulkan data tambahan tentang
bentuk-bentuk gambar berskala serta membantu siswa percaya pada kemampuannya
sendiri.
§ Memberikan soal latihan tambahan terkait perbandingan
senilai dan berbalik nilai.
|
55 menit
|
Penutup.
Kreativitas.
Berpikir
kritis.
|
§
Siswa mengajukan pertanyaan tentang pembelajaran hari ini dan
mengidentifikasi berbagai masalah yang terjadi dengan sikap mental yang baik
dan bisa dipercaya semua orang.
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan
/ rangkuman hasil belajar selama sehari sesuai dengan kemampuan diri
masing-masing.
§
menyampaikan ide baru sesuai dengan konteks permasalahan.
§
Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi), dengan
pertanyaannya lebih dulu dicari tahu atau pertanyaan yang memang benar tidak
diketahui bagaimana dan apa jawabannya.
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti dan memberi kesempatan untuk masing-masing menyelesaikan
masalah sesuai dengan rencana masing-masing.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa
berdo’a (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
5 menit
|
Pertemuan III (ketiga)
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan.
Percaya
diri.
Kerjasama
dalam kelompok.
|
§ Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a.
§ Guru mengecek
kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan posisi tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan sub unit yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”perhitungan dalam perbandingan senilai dan berbalik nilai”
dan menbimbing siswa untuk memiliki rasa ingin tahu yang besar.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan suatau permasalahan. Serta membentuk kelompok kerja untuk siswa
sesuai dengan model yang dijalankan.
§ memberi
kebebasan kepada siswa untuk mencoba hal-hal baru yang efektif.
§ Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta
membaca dalam hati.
§ Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa
terkait perbandingan secara kelompok.
§ membimbing siswa bagaimana cara bersosialisasi yang
baik dalam kelompok serta mengambil keputusan kelompok, kemudian
mendiskusikan penggunaan konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
§ Tanya jawab tentang perhitungan perbandingan senilai
dan berbalik nilai.
”Apa itu perhitungan dalam perbandingan?”
”sudahkah kalian mendengar sebelumnya
tentang perhitungan dalam perbandingan ?”
“bagaimanakh bentuk umumnya?”
”dapatkah kita mengaplikasikannya dalam
kehidupan sehari-hari?”
“samakah grafik perbandingan senilai
dengan berbalik nilai? Jika tidak! Dimanakah perbedaannya!”
§ Membimbing
siswa bersikap demokratis saat proses pembelajaran berlangsung.
§ menyampaikan inti pembelajaran hari ini, mengenai perhitungan dalam perbandingan senilai dengan berbalik
nilai serta hubungannya dengan grafik perbandingan.
§ Menbimbing
siswa untuk mengelola waktu sebaik mungkin selama proses pembelajaran
berlangsung.
§ Memberikan
usulan dan gagasan baru terhadap masalah yang dihadapi siswa.
|
10 menit
|
Inti.
Kemampuan
pemecahan masalah .
Kemampuan
komunikasi.
|
§ mengamati permasalahan gambar berskala bertujuan untuk
dimiliki akan rasa ingin tahu yang besar akan suatu permasalahan.
§ menyimak penjelasan mengenai bagaimana bentuk perhitungan
dalam perbandingan senilai dengan berbalik nilai serta hubungannya dengan
grafik perbandingan, dengan penjelasan yang lugas dan bahasa tubuh yang baik,
tujuannya memudahkan siswa dalam memahami apa yang disampaikan.
§ menyelesaikan beberapa contoh dan mengajak siswa untuk
optimistik dalam mengerjakannya.
§ Menganalisis dan menyimpulkan data tambahan serta
membantu siswa percaya pada kemampuannya sendiri.
§ Memberikan soal latihan tambahan terkait perhitungan
perbandingan senilai dan berbalik nilai serta mengaplikasikannya dalam
kehidupan sehari-hari.
|
55 menit
|
Penutup.
Kreativitas.
Berpikir
kritis.
|
§
Siswa mengajukan pertanyaan tentang pembelajaran hari ini dan
mengidentifikasi berbagai masalah yang terjadi dengan sikap mental yang baik
dan bisa dipercaya semua orang.
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan
/ rangkuman hasil belajar selama sehari sesuai dengan kemampuan diri
masing-masing.
§
menyampaikan ide baru sesuai dengan konteks permasalahan.
§
Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi), dengan
pertanyaannya lebih dulu dicari tahu atau pertanyaan yang memang benar tidak
diketahui bagaimana dan apa jawabannya.
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti dan memberi kesempatan untuk masing-masing menyelesaikan
masalah sesuai dengan rencana masing-masing.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa
berdo’a (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
5 menit
|
IX.
EVALUASI
Prosedur : soal tes
Jenis
: tertulis.
Bentuk
: uraian
Alat
tes : soal.
X.
PENILAIAN
A. Lembar
kerja siswa
Soal terlampir
No. 1 skor betul
2
No.
2 skor betul 3
B. Tes
akhir
Soal terlampir
Mengetahui
sigli, 2021
Kepala Sekolah Guru Mata pelajaran
Muslem, S.Pd. M.pd.
Laila S.pd.
NIP.
NIP.
,
0 Response to "RPP K 13 Revisi PERBANDINGAN "
Posting Komentar