Postingan Populer

RPP K13 TEOREMA PHYTAGORAS



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                        Satuan pendidikan                  ; MTsS Tgk Chik Dayah Cut Tiro
 Mata Pelajaran                      ; Matematika
                        Kelas / semester                     ; V111 / Ganjil
                        Tahun Pelajaran                      ; 2016 / 2017
Materi pokok                        ; TEOREMA PHYTAGORAS DAN GARIS-GARIS       SEGITIGA
Alokasi waktu                          ;13 JP x 45 menit
A.      Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.      Kompetensi Dasar
KD pada KI-1
1.1   Menghargai dan menghayati  ajaran agama yang dianutnya
KD pada KI-2
2.1   Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten, dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah
2.2   Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar
KD pada KI-3
3.8   Memahami Teorema Pythagoras melalui alat peraga, dan penyelidikan berbagai pola  bilangan
KD pada KI-4
4.5   Menggunakan Teorema Pythagoras untuk menyelesaikan berbagai masalah

C.      INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Indikator pada KI-1
1.1.1       menerapkan tindakan toleransi dari pengalaman belajar dan bekerja dengan matematika dalam menjalankan ajaran agama
Indikator pada KI-2
KD 2.1
2.1.1       Menunjukkan sikap bertanggungjawabdalam menyelesaikan tugas dari guru
2.1.2       Menunjukkan sikap gigih(tidak mudah menyerah) dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan Teorema Pythagoras
KD 2.2
2.2.1       Menunjukkan sikap ingin tahu yang ditandai dengan bertanya kepada siswa lain dan atau guru
2.2.2       Menunjukkan sikap percaya diri dalam mengkomunikasikan hasil-hasil tugas
Indikator pada KI-3
Pertemuan 1 dan 2
3.8.1                      Menggunakan Teorema Pythagoras untuk menyelesaikan berbagai masalah
3.8.2                      Menyusun bentuk Pythagoras
3.8.3                      Menyelesaikan Pythagoras
Pertemuan 3 dan 4
3.8.4                      Menemukan hubungan antar panjang sisi pada segitiga khusus
3.8.5                Menyelesaikan model matematika yang berkaitan dengan Pythagoras
Pertemuan ke 5 dan 6
3.8.6       Menyelesaikan model matematika yang berkaitan dengan Pythagoras
Indikator pada KI-4
Pertemuan ke 5 dan 6
4.5.1       Menyelesaikan model matematika yang berkaitan dengan Pythagoras
4.5.2          Menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan Pythagoras

D. TUJUAN PEMBELAJARAN
KI 1 dan KI 2
Peserta didik :
1.1.1.1 Bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika
1.1.1.1                   Serius dalam mengikuti pembelajaran matematika
2.2.1.1                   Suka bertanya dalam proses pembelajaran
2.2.2.1                   Suka mengamati sesuatu yang berhubungan dengan himpunan
2.2.3.1      Tidak menggantungkan diri pada orang lain dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan himpunan
2.2.4.1             Berani presentasi di depan kelas

KI 3 dan KI 4
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajran, peserta didik dapat :
Pertemuan ke-1 dan ke-2
3.8.1.1                   Menggunakan Teorema Pythagoras untuk menyelesaikan berbagai masalah
3.8.2.1                   Menyusun bentuk Pythagoras
3.8.3.1                   Menyelesaikan Pythagoras
Pertemuan ke-3 dan ke-4
3.8.4.1                   Menemukan hubungan antar panjang sisi pada segitiga khusus
3.8.5.1                   Menyelesaikan model matematika yang berkaitan dengan Pythagoras
Pertemuan ke-5 dan ke-6
3.8.6.1         Menyelesaikan model matematika yang berkaitan dengan Pythagoras
4.5.1.1                   Membuat model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan Pythagoras
4.5.2.1                   Menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan Pythagoras
E.       DESKRIPSI MATERI  PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1
1.       Konsep teorema pythagoras
2.       Bentuk konsep teorema pythagoras
Pertemuan ke-2
1.       Penerapan teorema pythagoras
2.       Menyelesaikan teorema pythagoras
Pertemuan ke-3
1.       Menemukan hubungan antar panjang sisi pada segitiga khusus
Pertemuan ke-4
1.       Menyelesaikan model matematika yang berkaitan dengan Pythagoras
Pertemuan ke-5
1.       Penggunaan teorema Pythagoras pada suatu permasalahan
2.       Penggunaan teorema Pythagoras pada suatu kehidupan nyata
Pertemuan ke-6
1.       Penggunaan teorema Pythagoras untuk menyelesaikan permasalahan yang dibuat pada tugas proyek yang telah diberikan.

F.       Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
              1.     Media
Tayangan power point, Lembar  Aktivitas Siswa
              2.     Alat dan bahan
Laptop, LCD, kertas plano, spidol, selotip, kertas bufalo
3.Sumber Belajar
a. As’ari, Abdur Rahman, dkk.  2014. Matematika SMP/MTs Kelas VIII. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta : Puskur dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud
b. Contoh peristiwa sehari-hari yang berhubungan  dengan pythagoras
c. KLKS Matematika Kelas 8


G.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1( 2 JP )
TAHAP PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Stimulasi (stimullation/ Pemberian rangsangan)










Pada tahap ini siswa dihadapkan pada sesuatu yang menimbulkan rasa ingin tahu agar timbul keinginan untuk menyelidiki sendiri.Stimulasi pada tahap ini berfungsi untuk menyediakan kondisi interaksi belajar yang dapat mengembangkan dan membantu siswa dalam mengeksplorasi bahan. Alternatif kegiatan pembelajaran yang bisa dilakukan guru antara lain:
ü  Siswa dibagi dalam beberapa kelompok dengan kemampuan anggota/siswa  yang heterogen
ü  Di masing-masing kelompok, siswa diberikan beberapa fenomena atau gambar/peraga berikut untuk mengamatinya guna memancing sikap kritis dan ketelitian  mereka:




 
 






                                                                          





1.       Identifikasi/Pernyataan masalah (Problem statement).
Setelah dilakukan stimulasi langkah selanjutya adalah guru memberi kesempatan kepada siswa dalam kelompok  untuk mengidentifikasi masalah yang relevan dengan bahan pelajaran, kemudian salah satunya dipilih dan dirumuskan dalam bentuk hipotesis yang umumnya  dirumuskan dalam bentuk pertanyaan. Alternatif kegiatan yang bisa dilakukan guru antara lain;
ü  Diberikan kesempatan kepada siswa untuk mengidentifikasi bangun-baguan datar yang ada pada gambar tersebut,
ü  Selanjutnya guru menyampaikan permasalahan:
a.       Sebutkan bangun datar apa saja  yang ada pada kerangka baja rumah dan gambar media peraga di atas !
b.      Pada media peraga  segitiga siku-siku di atas, dapatkah Anda menemukan hubungan antara panjang alas sisi siku-siku (yang berimpit dengan susunan persegi di bagian bawah) dan panjang tinggi sisi-sisi siku (yang berimpit dengan susunan persegi di bagian samping), dengan panjang sisi miringnya?
2.       Pengumpulan data (Data collection)
Pada tahap ini, guru memberi kesempatan kepada para siswa untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya yang relevan sebagai bahan menganalisis dalam rangka menjawab pertanyaan atau hipotesis di atas. Alternatif kegiatan pembelajaran yang bisa dilakukan antara lain: 
ü  Guru membimbing siswadalam kelompok untuk mengumpulkan informasi dari penyusunan beberapa segitiga siku-siku yang mungkin terbentuk, melalui penggunaan beberapa model atau peraga persegi satuan yang tersedia dengan ukuran-ukuran : 3 ´ 3; 4 ´ 4; 5 ´ 5; 6 ´ 6; 7 ´ 7; 8 ´ 8; 9 ´ 9; 10 ´ 10; 12 ´ 12; 13 ´1 3; 15 ´ 15; 16 ´ 16; 17 ´ 17; 20 ´ 20; 24 ´ 24; dan 25 ´ 25 



















                                                                                                                                 dst                                                                                      

ü   Ambillah 3 (tiga) dari model peraga persegi tersebut, kemudian susunlah model atau peraga persegi tersebut  sedemikian sehingga membentuk  segitiga siku-siku yang salah satu contohnya seperti berikut ini.
segtg-persg-1.JPG

ü  Gunakan busur derajat atau alat yang lain untuk memastikan bahwa salah satu sudut yang terbentuk adalah sudut siku-siku.  
ü  Catatlah panjang masing-masing sisi segitiga yang terbentuk dalam persegi satuan
ü  Lakukan 3 (tiga) langkah di atas untuk model atau peraga persegi yang lain untuk membentuk segitiga siku-siku,
ü  Isikan hasil yang Anda peroleh untuk melengkapi tabel berikut, kemudian presentasikan di depan kelas.

Segitiga siku-siku yg terbentuk (Gbr.No)
(1)
Panjang sisi siku-siku
(2)
Banyak persegi satuan
(3)
Panjang sisi siku-siku yg lain
(4)
Banyak persegi satuan
(5)
Panjang sisi miring
(6)
Banyak persegi satuan
(7)
1
3
9 (32)
4
16 (42)
5
25 (52)
2.
6
….
…..
64 (82)
3.
…..
24
4.
8
….
….
5.
15
225 (152)
…..







3 Pengolahan Data (data processing)
Pengolahan data merupakan kegiatan mengolah data atau informasi  yang telah diperoleh para siswa baik melalui wawancara, pengamatan, pengukuran dan sebagainya, lalu ditafsirkan. Alternatif kegiatan pembelajaran yang bisa dilakukan oleh guru antara lain:  Membimbing siswa untuk mengamati tabel , terutama pada kolom ke-3, 5, dan 7.

No. Gbr Segiiga siku-siku
Banyaknya perse-gi satuan (pada sisi siku-siku)
Banyaknya persegi satuan (pada sisi siku-siku yang lain)
Banyaknya persegi satuan (pada sisi miring)
1.
9 (32)
16 (42)
25 (52)
2.



3.



4.



5.




ü  Cermati hubungan antara bilangan yang di depan (9, 16 dan 25) demikian juga bilangan yang ada di dalam kurung (32, 42, 52).
ü  Cermati hal serupa untuk segitiga siku-siku yang terbentuk berikutnya, kemudian dibimbing untuk menanggapi pertanyaan berikut: 
a.       Apakah bilangan-bilangan pada kolom ke – 4, merupakan jumlahan dari bilangan pada kolom ke-2 dan ke-3?
Apakah dapat dikatakan bahwa pada segitiga siku-siku, jumlah kuadrat dari panjang sisi siku-siku sama dengan kuadrat sisi miringnya?   
4.Pembuktian (Verification)
Pada tahap ini siswa dalam kelompok melakukan pemeriksaan secara cermat untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis yang ditetapkan tadi dengan temuan alternatif, dihubungkan dengan hasil pengolahan data. Alternatif kegiatan yang bisa dilakukan antara lain, siswa diarahkan untuk menjawab pertanyaan berikut: 
ü  Diberikan beberapa peraga persegi satuan dengan ukuran 5 ´ 5; 12 ´ 12 dan 13 ´ 13, apakah segitiga yang terbentuk merupakan segitiga siku-siku? 
Bagaimana dengan  peraga persegi satuan dengan ukuran 12 ´ 12; 16 ´ 16 dan 20 ´ 20, apakah segitiga yang terbentuk merupakan segitiga siku-siku? Jelaskan  
5.Generalisasi/ menarik kesimpulan  (Generalization)
Generalisasi sebagai proses menarik sebuah kesimpulan yang dapat dijadikan prinsip umum dan berlaku untuk semua kejadian atau masalah yang sama, dengan memperhatikan hasil verifikasi. Alternatif kegiatan yang bisa dilakukan dalam tahap ini, guru membimbing siswa dalam kelompok  menggunakan  bahasa dan pemahaman mereka sendiri  untuk menarik kesimpulan berikut.  
Jika panjang sisi suatu segitiga siku-siku  adalah a ; panjang sisi siku-siku yang lain adalah b; sementara panjang sisi miringnya adalah c; maka berlaku a2 + b2 = c2 atau bisa dikatakan bahwa untuk sebarang  segitiga siku-siku, jumlah kuadrat dari  dua sisi siku-siku segitiga  sama dengan kuadrat dari sisi miringnya.



















Pertemuan ke-2 ( 3 JP )
Kegiatan
Uraian Kegiatan
rencana Waktu
Pendahuluan

1.          Guru menyampaikan salam.
2.          Guru meminta salah seorang peserta didik untuk memimpin berdoa, dilanjutkan menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik.
3.          Apersepsi:
Dengan tanya jawab, guru mengecek pemahaman peserta didik  tentang materi berhubungan dengan Pythagoras. Contoh pertanyaan:
1)  Masih ingatkah kalian tentang rumus pythagoras?
2) Bagaimana rumus mencari panjang sisi miring dan sisi siku-siku pada segitiga siku-siku?
5.    Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi.
6. Guru menyampaikan cakupan materi yaitu memahami teorema Pythagoras.
7.          Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan peserta didik hari ini, yaitu peserta didik akan bekerja secara individu dan kelompok.
20 menit
Inti
Mengamati
1.          Peserta didik mengamati tayangan pada power point.

Menanya
1.  Peserta didik didorong untuk mengajukan pertanyaan berdasarkan pengamatan tabel pada tayangan tadi.
2.          Apabila proses bertanya dari peserta didik kurang lancar, Guru melontarkan pertanyaan penuntun/ pancingan secara bertahap.
Contoh pertanyaan penuntun/pancingan:
1)    Setelah mengamati gambar, apa yang terpikir dalam benak kalian?
2)    Coba buatlah pertanyaan   dari gambar itu yang berkaitan dengan Pythagoras!
Mengerjakan
1.         Secara berpasangan, peserta didik memcoba menyelesaikan tabel tersebut!
Mengkomunikasikan
1.       Beberapa peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusinya. Peserta didik lain menanggapi.
2.       Guru memberi konfirmasi.
95  menit
penutup
1.         Peserta didik bersama-sama dengan guru merefleksi kegiatan yang telah dilakukan.
2.         Peserta didik bersama-sama dengan guru membuat kesimpulan mengenai pythagoras
3.         Guru memberikan tugas rumah yang akan dibahas pertemuan selanjutnya.
4.         Salah seorang peserta didik memimpin berdoa untuk menutup pelajaran.
10  menit



















Pertemuan ke-3 ( 2 JP )
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Deskripsi Bentuk Bantuan Guru
Waktu
Pendahuluan
1.      Memulai kegiatan dengan salam dan berdoa
2.      Menyampaikan tujuan pembelajaran
3.      Menyampaikan tugas-tugas kerja kelompok
4.      Membentuk kelompok
Menyapa siswa dengan salam dilanjutkan doa.
Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
Menginformasikan  cara belajar yang akan ditempuh dengan kelompok.
15 menit
Inti
Mati


Menanya




Mencoba



Menyajikan





menalar



Membentuk jejaring
1.    Menunjukkan kepada siswa media yang berupa gambar masalah nyata yang berhubungan dengan teorema pythagoras

2.    Siswa mengamati gambar yang telah ditunjukkan

3.    Siswa diminta memikirkan masalah yang ada pada LKS-1, berikut:

4.    Siswa mencoba menjawab masalah  yang disediakan dalam kelompoknya
5.    Menyajikan hasil jawaban dalam kelompoknya.
6.    Siswa  berdiskusi tentang permasalahan yang ada
7.    Siswa menyimpulkan dari hasil diskusi dalam kelompoknya
8.    Masing-masing kelompok mendemontrasikan temuannya pada kelas;
Mengingatkan siswa bagaimana menentukan panjang salah satu sisi segitiga siku-siku dengan menggunakan teorema Pythagoras 
Menjelaskan kepada siswa tentang hubungan teorema Pythagoras pada gambar tersebut
Membagikan LKS-1
Jika siswa belum dapat menjawab ditopang dengan pertanyaan:
Perhatikan gambar tersebut, bangun datar apa yang terbentuk dari sketsa gambar tersebut?






Mengamati siswa berdiskusi pada masing-masing kelompok.




20 menit


20 menit


5 menit



10 menit









25 menit
penutup
1.      Siswa merangkum isi pembelajaran yaitu tentang aplikasi teorema Pythagoras pada masalah nyata
2.      Memberikan tes uraian yang dikerjakan mandiri.
siswa merangkum  pembelajaran hari ini dan menginformasikan garis besar isi kegiatan pada pertemuan berikutnya, yaitu mengerjakan lembaran soal yang diberikan guru.
15 menit
10 menit
1









Pertemuan ke-4 ( 2 JP )
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Deskripsi Bentuk Bantuan Guru
waktu
Pendahuluan
1.      Memulai kegiatan dengan salam dan berdoa
2.      Menyampaikan tujuan pembelajaran
3.      Menyampaikan tugas-tugas kerja kelompok
4.      Membentuk kelompok seperti pertemuan sebelumnya
Menyapa siswa dengan salam dilanjutkan doa.
Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
Menginformasikan  cara belajar yang akan ditempuh dengan kelompok.
10 menit
Inti


mengamati

e
menanya

mencoba


Menyajikan

Menalar

Membentuk jejaring sosial


1.    Menunjukkan kepada siswa media yang berupa gambar masalah nyata yang berhubungan dengan teorema pythagoras

2.    Siswa mengamati gambar yang telah ditunjukkan

3.    Siswa diminta memikirkan masalah yang ada pada LKS-1

4.    Siswa mencoba menjawab masalah  yang disediakan dalam kelompoknya
5.    Menyajikan hasil jawaban dalam kelompoknya.
6.    Siswa  berdiskusi tentang permasalahan yang ada


7.    Siswa menyimpulkan dari hasil diskusi dalam kelompoknya
8.    Masing-masing kelompok mendemontrasikan temuannya pada kelas
Mengingatkan siswa tentang masalah yang disajikan pada pertemuan sebelumnya 
Mereview kembali tentang aplikasi teorema Pythagoras dalam kehidupan sehar-hari
Membagikan LKS-1(Tugas proyek)
Jika siswa belum dapat menjawab ditopang dengan pertanyaan:?






Mengamati siswa berdiskusi pada masing-masing kelompok.

10 menit


10 menit


5 menit

10 menit


15 menit

penutup
1.      Siswa merangkum isi pembelajaran yaitu tentang aplikasi teorema Pythagoras pada masalah nyata
  2. Memberikan tes uraian   yang dikerjakan mandiri.
siswa merangkum  pembelajaran hari ini dan menginformasikan garis besar isi kegiatan pada pertemuan berikutnya, yaitu mengerjakan lembaran soal yang diberikan guru.

10 menit
10 menit




















               




Pertemuan ke-5 ( 2JP )
Kegiatan
Uraian Kegiatan
Rencana Waktu
Pendahuluan

1.          Guru menyampaikan salam.
2.          Guru meminta salah seorang peserta didik untuk memimpin berdoa, dilanjutkan menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik.
3.          Apersepsi:
Dengan tanya jawab, guru mengecek pemahaman peserta didik  tentang materi luas persegi dan luas segitiga siku-siku yang berhubungan dengan Pythagoras. Contoh pertanyaan:
1)  Masih ingatkah kalian tentang rumus luas segitiga?
2) Bagaimana rumus mencari panjang sisi miring pada segitiga siku-siku?
4.  Guru memotivasi peserta didik dengan menyampaikan bahwa materi teorema pythagoras sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi prasyarat untuk mempelajari materi berikutnya.
5.    Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi.
6. Guru menyampaikan cakupan materi yaitu memahami teorema Pythagoras dan menyelesaikan masalah nyata yang berhubungan dengan pythagoras
8.          Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan peserta didik hari ini, yaitu peserta didik akan bekerja secara individu dan kelompok.
15 menit
Inti
Mengamati
1.         Peserta didik mengamati tayangan pada power point.

Menanya
2.         Peserta didik didorong untuk mengajukan pertanyaan berdasarkan pengamatan gambar jarak rumah dengan pantai pada tayangan tadi.
3.          Apabila proses bertanya dari peserta didik kurang lancar, Guru melontarkan pertanyaan penuntun/ pancingan secara bertahap.
Contoh pertanyaan penuntun/pancingan:
1)    Setelah mengamati gambar, apa yang terpikir dalam benak kalian?
2)    Coba buatlah pertanyaan   dari gambar itu yang berkaitan dengan Pythagoras!
Mengumpulkan data
1.         Secara berpasangan, peserta didik menggambarkan dan menentukan jarak antara rumah dengan pantai.
2.         Peserta didik secara berpasangan menyelesaikan LKS 1 nomor 1. (Lampiran 1)
3.         Apabila proses mengumpulkan informasi dari peserta didik kurang lancar, Guru melontarkan pertanyaan penuntun/pancingan secara bertahap.
Menalar
1.       Peserta didik menyimpulkan jarak antar rumah dengan pantai menggunakan teorema Pythagoras.
2.       Peserta didik secara berpasangan menyelesaikan LKS 1 nomor 2. (Lampiran 1)
Mengkomunikasikan
3.       Beberapa peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusinya. Peserta didik lain menanggapi.
4.       Guru memberi konfirmasi.
Mencipta
1.       Peserta didik membuat masing-masing sebuah soal tentang teorema Pythagoras dan menyelesaikannya.
90 menit
Penutup
1.         Peserta didik bersama-sama dengan guru merefleksi kegiatan yang telah dilakukan.
2.         Peserta didik bersama-sama dengan guru membuat kesimpulan mengenai penerapan teorema Pythagoras pada masalah nyata.
3.         Guru memberikan tugas proyek yang akan dibahas pertemuan selanjutnya.
4.         Salah seorang peserta didik memimpin berdoa untuk menutup pelajaran.
15 menit







Pertemuan ke-6 ( 2 JP )
Kegiatan
Uraian Kegiatan
Rencana Waktu
Pendahuluan

1.         Guru menyampaikan salam.
2.         Guru meminta salah seorang peserta didik untuk memimpin berdoa, dilanjutkan menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik.
3.          Apersepsi:
Dengan tanya jawab, guru mengecek pemahaman peserta didik  tentang materi pythagoras yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
4.          Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi.
5.          Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan peserta didik hari ini, yaitu peserta didik akan bekerja secara individu dan kelompok.
15 menit
Inti
Mengamati
1.         Peserta didik mencermati permasalahan  tugas proyek yang berkaitan dengan Pythagoras dalam kehidupan nyata yang telah mereka buat.
Menanya
1.          Peserta didik didorong untuk mengajukan pertanyaan berdasarkan pengamatan yang dilakukan.
Mengumpulkan data
1.          Secara berpasangan, peserta didik didorong untuk mencari dan menuliskan informasi pada permasalahan tersebut.
2.          Peserta didik secara berpasangan mencoba merumuskan cara untuk menyelesaikan permasalahan terkait himpunan yang ada.
Menalar
1.          Secara berkelompok peserta didik mendiskusikan Lembar Aktivitas Siswa 1 yang diberikan Guru tentang teorema Pythagoras pada kehidupan nyata. Guru berkeliling untuk membimbing peserta didik.
2.           Secara berkelompok peserta didik mendiskusikan Lembar Aktivitas Siswa 1 yang diberikan Guru tentang permasalahn pythagoras
3.          Secara berkelompok peserta didik melakukan pemeriksaan secara cermat permasalahan pada LKS.
Mengkomunikasikan
1.Peserta didik menuliskan kesimpulan hasil diskusinya pada kertas plano.
2.   Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
50 menit
Penutup               
1.  Peserta didik bersama-sama dengan guru merefleksi kegiatan yang telah dilakukan,
2. Peserta didik bersama-sama dengan guru membuat kesimpulan mengenai theorema Pythagoras yang telah dipelajari.
1.Guru menyampaikan pemberitahuan ulangan harian   materi pythagoras, untuk dipelajari di rumah.
2.Salah seorang peserta didik memimpin berdoa untuk menutup pelajaran.
15 menit




















H.     PENILAIAN
1.       Sikap Spiritual
Teknik Penilaian               : Observasi
 Instrumen Penilaian      : Lembar Observasi
 Pedoman Penskoran     : Terlampir
 Kisi-kisi                                                :
No.
Butir Nilai
Indikator
Jumlah Butir Instrumen
1
Bersyukur atas anugerah Tuhan
Bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika
1
Serius dalam mengikuti pembelajaran matematika
1


Jumlah
2


2.       Sikap Sosial
Teknik Penilaian:Observasi
Instrumen Penilaian: Lembar Observasi
       Pedoman Penskoran: Terlampir
       Kisi-kisi:
Pertemuan ke-1, Pertemuan ke-4
No.
Butir Nilai
Indikator
Jumlah Butir Instrumen
1
Memiliki sikap konsisten, teliti, responsif, tanggung jawab, dan tidak mudah menyerah
Menyetujui pendapat yang benar dengan konsisten
1
Suka memberikan pendapat jika diberikan suatu permasalahan
1
Menunjukkan ketelitian dalam menyelesaikan suatu permasalahan
1
Menyelesaikan tugas tepat pada waktunya
1

Tidak mudah menyerah dalam menyelesaikan suatu permasalahan
1


Jumlah
5

Pertemuan ke- 2, dan ke -5
No.
Butir Nilai
indikator
Jumlah Butir Instrumen
1
memiliki rasa ingin tahu dan percaya diri
Suka bertanya selama proses pembelajaran
1
Antusias dalam mengamati permasalahan yang diberikan
1
Tidak menggantungkan diri kepada teman untuk menyelesaikan masalah
1
Berani mengkomunikasikan hasil diskusinya di depan kelas
1


Jumlah
4

Pertemuan ke-3 dan ke-6
No.
Butir Nilai
Indikator
Jumlah Butir Instrumen
1
Memiliki sikap terbuka, santun, dan menghargai pendapat dan karya teman
Mengucapkan terimakasih atas masukan teman
1
Mendengarkan pendapat dari teman
1
Memperhatikan teman saat menyampaikan pemdapat
1
Sabar menunggu selesainya teman berpedapat
1
Merasakan senang (senyum, wajah berseri-seri) kalau diberi masukan teman
1


Jumlah
5

 






 3.PENGETAHUAN
Teknik Penilaian             :Tes
Instrumen Penilaian     : Uraian
Pedoman Penskoran    : Terlampir
kisi-kisi                                :
No.
Indikator
Jumlah Butir Soal
Nomor Butir Instrumen
1
Menyelesaikan model matematika yang berkaitan dengan Pythagoras
1
1
2
Menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan Pythagoras
2
2, 3
3
Membuat model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan Pythagoras
1
4
4
Menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan Pythagoras
2
5,6

Jumlah
6

   4.KETERAMPILAN
Pertemuan ke-5:
No.
Indikator
Nomor Butir Instrumen
1

2
Menyajikan penyelesaian masalah nyata dengan menggunakan teorema Pythagoras
Membuat permasalahan yang berkaitan dengan Pythagoras beserta jawabannya
1

2
Pertemuan ke-6:
No.
Indikator
Nomor Butir Instrumen
1

2
Membuat pengukuran benda disekitar beserta foto yang ditempel kertas bufalo
Membuat langkah-langkah dan hasil penyelesaian dari permasalahan yang telah dibuat.
1

2

diketahui :                                           Disetujui:                                                  Dibuat:
Kepala Sekolah                          Wakepsek                                        Guru Matematika

NIP :                                               NIP:                                                         NIP:                                            
Lampiran 1
Lembar Kerja Siswa 1
Nama    kelompok            : __________________
Kelas                                     : __________________
Alokasi Waktu   : 15 menit

Setelah  mengerjakan LKS ini, siswa diharapkan dapat menyelesaikan masalah sehari-hari dengan menggunakan Teorema Pythagoras dan menunjukkan kerja sama  antar anggota kelompok

Petunjuk :
·         Kerjakan bersama kelompokmu!
           Perhatikan gambar tangga di bawah ini !                                                                                                      Diketahui panjang tangga 5 meter dan jarak ujung bawah tangga ke tembok adalah 4 meter. Berapa jarak antara ujung tangga atas dengan lantai?
Kegiatan 2
Perhatikan gambar sawah di atas!
Pak Ali memiliki sebidang sawah berbentuk persegi panjang dengan panjang 20 meter dan lebarnya 15 meter. Pak Ali akan membuat pematang sawah pada salah satu diagonalnyakemudian menanaminya dengan pohon cabe. Jika jarak antar pohon setengah meter dan harga bibit satu pohon cabe Rp 2000,- maka berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli pohon cabe?
Lampiran 2
Kunci LKS
 
 
Kegiatan 1
Untuk menyelesaikan permasalahan di atas, ikutilangkah berikut:
1)      Sketsakan permasalahan di atas!


 





2)      Rounded Rectangle:   =  
=   
 =  
 = 3 
Hitunglah panjang sisi yang belum diketahui dengan   menggunakan Teorema Pythagoras.






3)      Hasil yang kamu dapat pada langkah no.2 adalah jarak antara ujung  tanggaat                              asdengan lantai. Jadi, jarak  antara ujung tangga atas dengan lantai adalah                   3 meter


 
Kegiatan 2
Perhatikan gambar sawah berikut ini !
Untuk menyelesaikan permasalahan di atas, ikutilangkah berikut:
1)      Sketsakan bentuk sawahdan diagonalnya di tempat yang disediakan!






Text Box: 20 m


Text Box: 5 m
 







                                                                                                                               
2)      Hitunglah panjang diagonalmu itu! Teorema apa yang kalian gunakan untuk menghitung panjang diagonal? Teorema Pythagoras


Rounded Rectangle: Panjang diagonal =  
=   
   =  
   = 25
 







3)      Kalian ingin menanam pohon cabe di pematang sawah (diagonalnya) dengan jarak antar pohon ½ meter. Untuk menentukan biaya pembelian pohon cabe, Bagilah panjang diagonalnya dengan jarak antar pohon! Kemudian kalikan dengan harga satu pohon cabe.


Rounded Rectangle: Biayapembelianbibitpohoncabe =  
    = 50  
 = 100000
 





4)      Jadi, biaya yang harus dikeluarkan Pak Ali untuk membeli pohon cabe adalah Rp 100.000,-












Lampiran 3
Tanggal : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Nama                    : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Kelas                     : . . .  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Tes Uraian (Waktu: maksimal 15 menit)
Petunjuk:
1.    Kerjakan soal berikut secara individu, tidak boleh menyontek dan tidak boleh bekerjasama.
2.     jawablah pertanyaan berikut :
a.       Tinggi sebuah jendela lantai 2 pada sebuah gedung kira-kira 8 m. Di depan gedung tersebut ada sebuah taman dengan lebar 6 m. Berapakah panjang tangga minimum yang dibutuhkan agar kaki-kaki tangga tidak merusak taman?
b.      Suatu ketika terjadi gempa bumi yang mengakibatkan tiang listrik patah. Jika tiang tersebut patah pada ketinggian 16 m dari tanah dan jarak kaki tiang listrik dengan ujung atas tiang listrik yang patah adalah 12 m. Berapa tinggi tiang listrik sebenarnya ?



















Lampiran 4
KUNCI JAWABAN DAN PENSKORAN


 
1.  Panjang tangga minimum adalah =  =
                                                                                                =  = 10
Jadi panjang tangga minimum adalah 10 m.......................skor 50






2.  Diketahui tinggi tiang listrik sesudah patah =  16 m dan jarak kaki tiang listrik dan ujung atas tiang listrik yang patah = 12 m
      Panjang tiang listrik yang patah =
       =
                                                         =  = 20
     Jadi tinggi tiang listrik sebenarnya adalah 16 + 20 = 36 m...............................................skor 50


Total skor  100
Rubrik Penilaian Soal 1

No
Alternatif penyelesaian
Aspek yang dimunculkan
Skor
1

Tanpa menjawab
0
2

Menjawab sebagian salah
12
3

Menjawab dengan benar
50
Rubrik Penilaian Soal 2

No
Alternatif penyelesaian
Aspek yang dimunculkan
Skor
1

Tanpa menjawab
0
2

Menjawab sebagian salah
25
3

Menjawab dengan benar tanpa gambar
30
4

Menjawab dengan benar lengkap gambar
50
Lampiran 5
LEMBAR AKTIVITAS SISWA
Pokok Bahasan    : Teorema Pythagoras
Hari/Tanggal       :
Alokasi Waktu     : 20 menit
Kelas                    : VIII
Nama siswa              :

a.    Seorang anak menaikkan layang-layang dengan benang yang panjangnya 100 meter. Jarak anak ditanah dengan titik yang tepat berada dibawah laying-layang adalah 60 meter. Hitunglah ketinggian layang-layang tersebut!
Jawab;
Kegiatan 1

Kegiatan 2


Lampiran 6
Instrumen Penilaian Pengetahuan
No.
Soal
Alternatif Penyelesaian
Skor
1
Seorang anak menaikkan layang-layang dengan benang yang panjangnya 100 meter. Jarak anak ditanah dengan titik yang tepat berada dibawah laying-layang adalah 60 meter. Hitunglah ketinggian laying-layang tersebut!
= 1002 - 602                                                   = 10.000 – 3600                                             = √6400                                        = 80 meter
Jadi, tinggi layang-layang tersebut yaitu 80 meter
1               1               1             1              
1


Jumlah
5
2
AC²= AB² + BC²                                                 = 500² + 600²                                                 = 25.000 + 36.000                                               = √61.000
1                 1               1                1



jumlah
4
3
= 192 – 11,52
= 361 – 132,25
= √228,75
= 15,12
Jadi, lebar layar monitor computer tersebut yaitu 15,12 inch
1
1
1
1
1


Jumlah
5


Total Skor
21

Petunjuk Penentuan Nilai Pengetahuan
1. Rumus penghitungan nilai:

     Nilai =   X 100 dan Konversi nilai =  X 4
1.    Kategori nilai pengetahuan:
No.
Rentang Nilai
1
0        ˂      D            1,00
2
1,00   ˂      D+          1,33
3
1,33   ˂      C-           1,66
4
1,66   ˂      C            2,00
5
2,00   ˂      C+          2,33
6
2,33     ˂      B-         2,66
7
2,66     ˂      B          3,00
8
3,00    ˂      B+         3,33
9
3,33    ˂      A-          3,66
10
3,66    ˂      A           4,00















Lampiran 7
Instrumen Penilaian Sikap Spiritual
(Lembar observasi)
Petunjuk :
1. Instrumen penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi
2. Instrumen ini diisi oleh guru selama pelaksanaan pembelajaran KD 3.8
3. Keterangan skor:
    4 = jika selalu melakukan perilaku yang diamati
    3 = jika sering melakukan perilaku yang diamati
    2 = jika kadang-kadang perilaku yang diamati
    1 = jika tidak pernah perilaku yang diamati


Nama Peserta Didik                            : ………………….
Kelas                                                         : ………………….
Tanggal Pengamatan                          : …………… s.d. ..............
Materi Pembelajaran                         : …………………..
Butir Nilai                                                : Bersyukur atas anugerah Tuhan
Indikator sikap                                      :
1. Bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika
2. Serius dalam mengikuti pembelajaran matematika

No.
Nama
Skor Indikator Sikap
Jumlah Perolehan Skor
Skor Akhir
Tuntas/Tidak
Indikator 1
Indikator 2
1






2






dst







Petunjuk Penentuan Nilai Sikap Spiritual
1. Rumus penghitungan skor akhir:
2. Kategori nilai sikap:
    SB = 3,33 < skor akhir ≤ 4,00
    B   = 2,33 < skor akhir ≤ 3,33
    C   = 1,33 < skor akhir ≤ 2,33
    K   =            skor akhir ≤1,33
Lampiran 8
Instrumen Penilaian Sikap Sosial
(Lembar observasi)
Petunjuk :
1. Instrumen penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi
2. Keterangan skor:
    4 = jika selalu melakukan perilaku yang diamati
    3 = jika sering melakukan perilaku yang diamati
    2 = jika kadang-kadang perilaku yang diamati
    1 = jika tidak pernah perilaku yang diamati

Nama Peserta Didik                            : ………………….
Kelas                                                         : ………………….
Tanggal Pengamatan                          : …………… s.d. ..............
Materi Pokok                                        : …………………..
Butir Nilai                                  : Memiliki sikap konsisten, teliti, responsif, tanggung jawab, dan tidak mudah menyerah
Indikator sikap                                      :
1. Menyetujui pendapat yang  benar dengan konsisten
2. Suka memberikan pendapat jika diberikan suatu permasalahan
3. Menunjukkan ketelitian daam menyelesaikan suatu permasalahan
4. Menyelesaikan tugas tepat pada waktunya
5. Tidak mudah menyerah dalam menyelesaikan suatu permasalahan

No.
Nama
Skor Indikator Sikap
Jumlah Perolehan Skor
Skor Akhir
Tuntas/Tidak
Idktr 1
Idktr 2
Idktr 3
Idktr 4
Idktr 5
1









2









dst










Petunjuk Penentuan Nilai Sikap Sosial
1. Rumus penghitungan skor akhir:
2. Kategori nilai sikap:
    SB = 3,33 < skor akhir ≤ 4,00
    B   = 2,33 < skor akhir ≤ 3,33
    C   = 1,33 < skor akhir ≤ 2,33
    K   =  skor akhir ≤1,33
Lampiran9                                                                                                                                                                         InstrumenPenilaiaKeterampilan                                                                                                                                   Petunjuk:                                                                                                                                                                       1.InstrumenpenilaianketerampilaniniberupaLembarObservasi.                                                                                                                                       2. Keterangan skor:
    4 = jika memenuhi indikator 1
    3 = jika memenuhi indikator 2
    2 = jika memenuhi indikator 3
    1 = jika memenuhi indikator 4
No.
Butir Nilai
Kriteria
1
Menyiapkan alat
1. Menyiapkan semua alat dan buku yang menunjang pembelajaran untuk menyelesaikan permasalahan
2.  Menyiapkan sebagian besar alat dan buku yang menunjang pembelajaran untuk menyelesaikan permasalahan
2.      Menyiapkan sebagian kecil alat untuk membuat permasalahan
4. Tidak menyiapkan sebagian kecil alat untuk membuat permasalahan
2
Proses menyelesaikan permasalahan
1. Langkah menyelesaikan permasalahan dengan metode yang benar dan teliti
2. Langkah menyelesaikan permasalahan dengan metode yang benar tetapi kurang teliti
3. Langkah menyelesaikan permasalahan dengan metode yang kurang benar
4. Langkah menyelesaikan permasalahan dengan metode yang tidak benar
3
Hasil  penyelesaian masalah
1. Memperoleh hasil penyelesaian masalah dengan sangat tepat
2. Memperoleh hasil penyelesaian masalah dengan cukup tepat
b.   Memperoleh hasil penyelesaian masalah dengan kurang tepat
c.    Tidak Memperoleh hasil penyelesaian masalah
Lampiran 10
Lembar Observasi Penilaian Keterampilan


Nama Peserta Didik                            : ………………….
Kelas                                                         : ………………….
Tanggal Pengamatan                          : …………… s.d. ..............
Materi Pokok                                        : …………………..
Butir Nilai                                  :                             :
1. Membuat permasalahan
2. Proses penulisan langkah-langkah penyelesaian masalah
3. Hasil penyelesaian masalah

No.
Nama
             skor
Jumlah Perolehan Skor
Skor Akhir
Tuntas/Tidak
Butir  1
Butir2
Butir 3



1







2







dst

















Petunjuk Penentuan Nilai Keterampilan
1.Rumus penghitungan skor akhir:
Kategori nilai keterampilan:
No.
Rentang Nilai
1
0        ˂      D            1,00
2
1,00   ˂      D+          1,33
3
1,33   ˂      C-           1,66
4
1,66   ˂      C            2,00
5
2,00   ˂      C+          2,33
6
2,33     ˂      B-         2,66
7
2,66     ˂      B          3,00
8
3,00    ˂      B+         3,33
9
3,33    ˂      A-          3,66
10
3,66    ˂      A           4,00

0 Response to "RPP K13 TEOREMA PHYTAGORAS"

Posting Komentar