Postingan Populer

silabus k13 smp



                                                Silabus
                             Satuan pendidikan             ; MTsS Tgk Chik Dayah Cut Tiro
                             Mata Pelajaran                  ; Matematika
                             Kelas / semester                ; V111 / Ganjil
                              Tahun Pelajaran                ; 2016 / 2017
     Kompetensi Inti: 
1.  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi dasar
materi
Kegiatan pembelajaran
penilaian
Alokasi waktu
Sumber belajar
1.1   Menghargai dan meng-hayati ajaran agama yang dianutnya

2.1 Menunjuk-kan sikap lo-gis, kritis, a-nalitik, kon-sisten dan teliti, ber-tanggung jawab, res-ponsif dan tidak mudah menyerah dalam me-mecahkan masalah

2.2 Memiliki ra-sa ingin ta-hu, percaya diri, dan ke-tertarikan pada Mate-matika serta memiliki ra-sa percaya pada daya dan keguna-an Matema-tika, yang terbentuk melalui pe-ngalaman belajar

2.3 Memiliki si-kap terbuka, santun, ob-jektif, meng-hargai pen-dapat dan karya teman dalam inter-aksi kelom-pok maupun aktivitas se-hari-hari





3.1 Menerapkan operasi al-jabar yang melibatkan pecahan dalam bentuk aljabar.

~Operasi al-jabar
-   Melalui diskusi dan tanya ja-wab, siswa di-minta mema-hami konsep dasar bentuk aljabar
-   Melalui dialog dan diskusi, siswa diminta membedakan suku sejenis dan tidak seje-nis
-   Melalui dialog dan diskusi, siswa diminta menyebutkan macam-macam jenis suku
-   Melalui diskusi dan tanya ja-wab, siswa di-minta melaku-kan operasi hi-tung pada ben-tuk aljabar
-   Melalui diskusi dan tanya ja-wab, siswa di-minta melaku-kan operasi hi-tung pada pe-cahan aljabar
Melalui diskusi dan tanya ja-wab, siswa di-minta menyele-saikan perma-salahan yang berkaitan de-ngan bentuk al-jabar.
jenis:
-  Kuis
-  Tugas Individu
-  Tugas Kelompok
-  Ulangan
Bentuk Instrumen:
-  Tes Tertulis PG
Tes Tertulis Uraian
20jam pelajaran
-  BukuMate-matika 2A
-  Buku Paket
Buku refe-rensi lain
3.5 Menyajikan fungsi dalam berbagai bentuk rela-si, pasangan berurut, ru-mus fungsi, tabel, grafik, dan diagram
-  Relasi dan fungsi

-Melalui dialog dan diskusi, sis-wa diajak me-mahami konsep relasi
-   Melalui metode inkuiri, dengan contoh siswa dapat menyaji-kan relasi dalam bentuk diagram panah, himpun-an pasangan berurutan, dan diagram Carte-sius
-   Melalui dialog dan diskusi, sis-wa dapat me-mahami fungsi dan korespon-densi satu-satu
-Melalui diskusi dan tanya ja-wab, siswa da-pat menentukan bentuk fungsi
Jenis:
-  Kuis
-  Tugas Individu
-  Tugas Kelompok
-  Ulangan



Bentuk Instrumen:
-  Tes Tertulis PG
Tes Tertulis Uraian
20jam pertemuan
-  BukuMate-matika 2A
-  Buku Paket
- Buku refe-rensi lain
3.4     Menentu-kan persa-maan ga-ris lurus dan grafik-nya

-Persamaan garis lurus
-   Melalui diskusi dan tanya jawab, siswa diajak memahami ten-tang persamaan garis lurus
-   Melalui diskusi dan tanya ja-wab, siswa da-pat menentukan gradien garis lu-rus
-Melalui dialog dan diskusi, sis-wa dapat me-nentukan persa-maan garis lu-rus
Jenis:
-  Kuis
-  Tugas Individu
-  Tugas Kelompok
-  Ulangan
Bentuk Instrumen:
-  Tes Tertulis PG
Tes Tertulis Uraian
20jam pertemuan
-  BukuMate-matika 2A
-  Buku Paket
- Buku refe-rensi lain
3.2     Menentu-kan nilai variabel persama-an linear dua vari-abel da-lam kon-teks nyata

Persamaan linear dua variabel
-   Melalui diskusi dan tanya ja-wab, siswa dia-jak memahami persamaan line-ar satu variabel dan persamaan linear dua varia-bel


Jenis:
-  Kuis
-  Tugas Individu
-  Tugas Kelompok
Ulangan
10jam pelajaran
-  BukuMate-matika 2A
-  Buku Paket
- Buku refe-rensi lain
5.1.Menentukan unsur-unsur dalam teorema pithagoras, Menentukan teorema pithagoras, Penggunaan teorema pithagoras, Kebalikan teorema pithagoras dan triple pithagoras, Penerapan teorema pithagoras , Menentukan panjang garis tinggi (pengayaan, Menentukan panjang garis berat dan titik berat (pengayaan).

Teorema Pythagoras dan garis-garis pada segitiga.
-   Melalui diskusi dan tanya ja-wab, siswa dia-jak memahami konsep pithagoras dan un-sur-unsurnya
-   Melalui diskusi dan tanya ja-wab, siswa dia-jak menentukan teorema pithagoras dan penggunaannya
Melalui dialog dan diskusi, sis-wa dapat mengetahui teorema pithagoras kebalikan dan triple pithagoras.
Jenis:
-  Kuis
-  Tugas Individu
-  Tugas Kelompok
Ulangan
25jam pertemuan
-  BukuMate-matika 2A
-  Buku Paket
- Buku refe-rensi lain
3.6 Mengiden-tifikasi un-sur, keli-ling, dan luas dari lingkaran
3.7     Menentu-kan hu-bungan sudut pu-sat, pan-jang bu-sur, dan luas juring
4.6 Menyele-saikan permasa-lahan nya-ta yang terkait penerapan hubungan sudut pu-sat, pan-jang bu-sur, dan luas juring
Lingkaran
-   Melalui diskusi dan tanya ja-wab, siswa dia-jak memahami konsep ling-karan dan un-sur-unsurnya
-   Melalui diskusi dan tanya ja-wab, siswa dia-jak menentukan keliling dan luas lingkaran
- Melalui dialog dan diskusi, sis-wa dapat me-nentukan hu-bungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring
Jenis:
-  Kuis
-  Tugas Individu
-  Tugas Kelompok
-  Ulangan
Bentuk Instrumen:
-  Tes Tertulis PG
Tes Tertulis Uraian
25jam pertemuan
-  Buku Mate-matika 2A
-  Buku Paket
-Buku refe-rensi lain

7.1 Mengenal sifat-sifat garis singgung lingkaran,Menghitung panjang garis singgung lingkaran serta menentukan kedudukan dua lingkaran serta dapat menerapkan konsep garis singgung lingkaran.

Garis singgung lingkaran
-   Melalui diskusi dan tanya ja-wab, siswa dia-jak memahami konsep garis singgung lingkaran dan sifat-sifatnya.
-   Melalui diskusi dan tanya ja-wab, siswa dia-jak menentukan kedudukan dua lingkaran.
-Melalui dialog dan diskusi, sis-wa dapat menerapkan konsep garis singgung lingkaran.
Jenis:
-  Kuis
-  Tugas Individu
-  Tugas Kelompok
-  Ulangan
Bentuk Instrumen:
-  Tes Tertulis PG
Tes Tertulis Uraian
20 jam pertemuan
-  Buku Mate-matika 2A
-  Buku Paket
-Buku refe-rensi lain
8.1. memahami sifat-sifat kubus, balok,dan bagian-bagiannya serta menentukan ukurannya, Bangun ruang beraturan, kubus dan unsuur-unsurnya
,balok dan unsur-unsurnya
,model rangka dan jarring-jaring,luas permukaan dan volume.
Kubus dan balok
-   Melalui diskusi dan tanya ja-wab, siswa di-minta mema-hami konsep dasar dari balok dan kubus
-   Melalui dialog dan diskusi, siswa diminta membedakan mana balok dan kubus
-   Melalui dialog dan diskusi, siswa diminta menyebutkan macam-macam bangun yang berhubungan dengan konsep kubus dan balok
-   Melalui diskusi dan tanya ja-wab, siswa di-minta melaku-kan operasi model rangka dari kubus dan balok.
-   Melalui diskusi dan tanya ja-wab, siswa di-minta melaku-kan operasi hitung luas dan volume dari kubus dan balok
-Melalui diskusi dan tanya ja-wab, siswa di-minta menyele-saikan perma-salahan yang berkaitan dengan kubus dan balok.
Jenis:
-  Kuis
-  Tugas Individu
-  Tugas Kelompok
-  Ulangan
Bentuk Instrumen:
-  Tes Tertulis PG
Tes Tertulis Uraian
20 jam pertemuan
-  Buku Mate-matika 2A
-  Buku Paket
-Buku refe-rensi lain
9.1.memahami sifat-sifat prisma dan limas, dan menjelaskan bagian-bagiannya serta dapat menghitung besaran-besaran pada prisma dan limas, serta pengertiannya.
Prisma dan limas
-   Melalui diskusi dan tanya ja-wab, siswa di-minta mema-hami konsep dasar dari prisma dan limas
-   Melalui dialog dan diskusi, siswa diminta membedakan mana prisma dan limas
-   Melalui dialog dan diskusi, siswa diminta menyebutkan macam-macam bangun yang berhubungan dengan konsep prisma dan limas.
-   Melalui diskusi dan tanya ja-wab, siswa di-minta mampu melukiskan prisma dan limas.
-   Melalui diskusi dan tanya ja-wab, siswa di-minta melaku-kan operasi hitung luas dan volume dari prisma dan limas.
-Melalui diskusi dan tanya ja-wab, siswa di-minta menyele-saikan perma-salahan yang berkaitan dengan prisma dan limas.
Jenis:
-  Kuis
-  Tugas Individu
-  Tugas Kelompok
-  Ulangan
Bentuk Instrumen:
-  Tes Tertulis PG
Tes Tertulis Uraian
20 jam pertemuan
-  Buku Mate-matika 2A
-  Buku Paket
-Buku refe-rensi lain

0 Response to "silabus k13 smp"

Posting Komentar