Silabus
berkarakter
Mata pelajaran ;
Matematika (peminatan)
Kelas / Semester ;
X / 1(Ganjil)
Satuan pendidikan ;
SMA NEGERI 2 MUTIARA
Kompetensi inti
1 ; Menghargai dan meghayati ajaran
agama yang dianutnya.
2 ;
Menghargai dan menghayati perilaku jujur , disiplin,tanggung
jawab,peduli(toleransi, gotong royong , damai ), santun,percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminnan bangsa dalam pergaulan dunia.
3
; Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan (factual, konseptual,dan
procedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4
;Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi dasar
|
Materi pokok/ pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indicator
|
Penilaian
|
waktu
|
Sumber belajar
|
Nilai karakter
|
1.1 Menghargai
dan meghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Memiliki motivasi internal , kemampuan
bekerja sama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap
toleransi dalam perbedaan srategi berpikir dalam memilih dan menerapkan
srategi menyelesaikan masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berperilaku jujur , tangguh menghadapi masalah , kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar matematika.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa
ingin tahu, dan perilaku peduli lingkungan.
|
|
|
∙Memahami
, menghayati, dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
∙
mehamai dan memiliki
motivasi internal , kemampuan
bekerja sama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap
toleransi dalam perbedaan srategi berpikir dalam memilih dan menerapkan
srategi menyelesaikan masalah.
∙ Memahami dan mampu mentransformasi diri
dalam berperilaku jujur , tangguh menghadapi masalah , kritis dan disiplin
dalam melakukan tugas belajar matematika.
∙ Memahami dan menunjukkan sikap bertanggung
jawab, rasa ingin tahu, da perilaku peduli lingkungan.
|
|
|
|
|
3.2 memilih
dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai dengan karakteristik permasalahan yang akan diselesaikan dan
memeriksa kebenaran langkah – langkahnya.
4.2 menyajikan masalah nyata menggunakan
operasi aljabar berupa eksponen dan logaritma serta menyelesaikannya
menggunakan sifat-sifat dan aturan yang telah terbukti kebenarannya.
|
Fungsi
persamaan dan pertidaksamaan eksponensial dan logaritma.
|
∙
melalui diskusi dan tanya jawab , siswa diminta memahami konsep dan
sifat-sifat bilangan berpangkat dan logaritma.
∙
melalui dialog dan diskusi , siswa diminta
melakukan operasi hitung pada bilangan berpangkat dan logaritma.
∙ melalui dialog dan diskusi , siswa dapat memecahkan masalah yang berkaitan
dengan bilangan berpangkat dan logaritma.
|
∙ menjelaskan pengertian fungsi persamaan
eksponensial dan bentuk grafik fungsinya.
∙ melakukan operasi persamaan eksponensial
dan menyelesaikan dengan berbagai bentuk eksponensial.
∙ menjelaskan pengertian fungsi
persamaan logaritma dan bentuk grafik
fungsinya.
∙ melakukan operasi persamaan logaritma dan menyelesaikan dengan
berbagai bentuk persamaan logaritma.
∙memahami masalah yang
melibatkan fungsi eksponensial dan logaritma serta penyelesaiannya.
|
Jenis;
∙ tugas individu.
∙ tugas kelompok.
∙ ulangan.
Bentuk instrument;
∙Tes tertulis PG.
∙Tes tertulis uraian.
Jenis;
∙ tugas individu.
∙ tugas kelompok.
∙ ulangan.
Bentuk instrument;
∙Tes tertulis PG.
∙Tes
tertulis uraian
|
28 x 45’
|
Sumber;
∙buku matematika
kelompok peminatan
Kelas x.
∙buku paket.
∙buku referensi lain.
|
∙Disiplin.
∙Jujur
∙Rasa ingin tahu.
∙Tanggung jawab.
|
|
|||||||
3.3 menjelaskan vector , operasi vector , panjang
vector , sudut antarvektor dalam ruang berdimensi dua(bidang) dan berdimensi
tiga(ruang).
4.3 mendeskripsikan dan menyelesaikan konsep
penyajian vector dan scalar, serta pengoperasian antara dua vector
dan aljabar vector, dalam menentukan proyeksinya, serta memeriksa
kebenaran jawaban dalam pemecahan masalah vector.
|
Vector
|
∙
melalui diskusi dan tanya jawab , siswa diajak memahami vector beserta
pengertian vector dan scalar.
∙ melalui dialog dan diskusi , siswa diajak menyajikan vector.
∙ melalui dialog dan diskusi ,
siswa diajak menyelesaikan operasi – operasi vector.
∙melalui diskusi dan
penugasan siswa diharapkan dapat menyajikan proyeksi orthogonal vector di R^3
secara maksimal
|
∙ menjelaskan pengertian
vector dan scalar, serta penyajiannnya.
∙ melakukan operasi
dasar dua vector.
∙ menyelesaikan operasi
aljabar vector dalam bentuk koordinat cartesius, serta menyajikannya dalam
vector ruang dimensi tigga(R^3).
∙ menyelesaikan hasil
kali dua vektor dalam bentuk operasi DOT.
∙ menyajikan hasil
proyeksi orthogonal dalam suatu
vector.
|
18
x 45’
|
Sumber;
∙buku matematika kelompok
peminatan
Kelas x.
∙buku paket.
∙buku referensi lain.
|
∙Disiplin.
∙Jujur
∙Rasa ingin tahu.
∙Tanggung jawab.
|
|
Pidie ,18 September 2017
Guru Pamong
Mahasiswa PPL
Hamdiah , S.Pd.
Laila Akmal
N03
NPM;141010
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 2
Mutiara
MuslemAH, S.Pd., M.pd.
NIP. 191
|
|||||||
|
0 Response to "silabus kelas xI SMA"
Posting Komentar