Postingan Populer

rpp bermain dengan benda disekitar edisi revisi



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan         : MIN 48 Pidie
Kelas / Semester              : V / 1
Tema 2                            : Peristiwa dalam Kehidupan
Sub Tema 1                   : Macam-macam Peristiwa dalam Kehidupan
Pembelajaran Ke           : 2
Alokasi Waktu               :           

         KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar (KD)
3.1    Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional

4.1    Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumber-sumber yang tersedia

Indikator :
¡  Menjelaskan pengertian manusia dalam konteks keruangan dan kewilayahan dalam aspek sosial, ekonomi dan pendidikan
¡  Menyusun laporan secara tertulis tentang manusia dalam konteks keruangan dan kewilayahan dalam aspek sosial, ekonomi , pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional
¡  Memahami pengertian dan makna perubahan dalam kehidupan masyarakat
¡  Mempresentasikan laporan ahsil pengamatan tentang manusia dalam konteks keruangan dan kewilayahan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional

            TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan mencermati bacaan peserta didik dapat mengamati dan menceritakan tempat - tempat usaha di lingkungan di sekitarnya sebagai contoh kegiatan manusia konteks keruangan dan kewilayahan dalam aspek sosial, dan ekonomi dengan teliti.
¡  Dengan menggali informasi dari peta pikiran, peserta didik mendapatkan pengetahuan mengenai konteks kewilayahan sebuah desa dari aspek sosial, ekonomi, dan pendidikan secara cermat
¡  Dengan menggambar peta lokasi desa, peserta didik dapat melatih keterampilan menggambar ilustrasi dengan mandiri
¡  Dengan menggali informasi dari teks bacaan peserta didik dapat menceritakan dampak negatif dan positif dari sebuah kegiatan industri yang merupakan konteks kegiatan manusia dalam aspek ekonomi dan sosial dengan percaya diri
¡  Dengan melakukan diskusi secara berkelompok peserta didik dapat mengidentifikasikan peranan air dalam industri dan menumbuhkan sikap rasa ingin tahunya
¡  Dengan melakukan debat, peserta didik dapat menjelaskan manfaat dan kerugian sebuah kegiatan industri bagi masyarakat dalam konteks keruangan dan kewilayahan dalam aspek sosial, dan ekonomi dengan percaya diri.
¡  Dengan melakukan debat peserta didik dapat menghargai perbedaan pendapat antar kelompok yang merupakan contoh nyata dari pola perilaku masyarakat yang positif dengan tanggung jawab.
¡  Dengan bekerja kelompok dalam menyelesaikan proyek, peserta didik mengembangkan keterampilan kerjasama di sekolah dengan mandiri
¡  Dengan berdiskusi kelompok tentang hal-hal yang harus ada dalam masyarakat, peserta didik mendapatkan pemahaman tentang aspek sosial, ekonomi , dan pendidikan dalam kehidupan masyarakat secara percaya diri
¡  Dengan berdiskusi dalam kelompok tentang sektor-sektor yang membutuhkan air, peserta didik dapat menjelaskan pentingnya peranan air dalam masyarakat dengan teliti
¡  Dengan menyajikan hasil kerja kelompok kedepan kelas, peserta didik dapat mendeskripsikan pentingnya peranan air dalam kehidupan masyarakat secara percaya diri.
¡  Memahami pengertian dan makna perubahan dalam kehidupan masyarakat
¡  Mempresentasikan laporan ahsil pengamatan tentang manusia dalam konteks keruangan dan kewilayahan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional

         MATERI PEMBELAJARAN
¡  Informasi tentang tempat - tempat usaha di lingkungan di sekitar.
¡  Informasi dari teks bacaan dan menceritakan dampak negatif dan positif dari sebuah kegiatan industri.
¡  Informasi tentang kewilayahan sebuah desa dari aspek sosial, ekonomi, dan pendidikan.
¡  Gambar peta lokasi desa.

         PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan        : Saintifik
¡  Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

         KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Macam-macam Peristiwa dalam Kehidupan”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
15 menit
Inti
§  Peserta didik membaca teks bacaan dengan cermat dan teliti. (Mengamati)
§  Peserta didik mendengar tentang dampak positif dan negatif sebuah industri.
§  Guru membimbing peserta didik menyimak pada informasi-informasi penting yang terdapat pada bacaan.
§  Peserta didik diminta untuk mengamati peta pikiran yang disajikan di buku peserta didik. (Mengamati)
§  Peserta didik dibimbing untuk mengamati informasi-informasi penting dari peta pikiran yang disajikan.
§  Peserta didik diminta untuk membaca peta pikiran dengan baik dan benar.
§  Peserta didik dijelaskan mengenai proyek kelompok yang akan mereka lakukan setelah kegiatan mengamati informasi dari peta pikiran.
 menit
§  Peserta didik mengidentifikasi pertanyaan tentang peran air dalam industri (Menanya)
§  Peserta didik dibagi ke dalam kelompok dan masing - masing kelompok bertanya- jawab tentang peran air dalam industri.
§  Peserta didik menggunakan keterampilan bertanya tentang peran air dalam kegiatan industri
§  Setelah peserta didik mendapatkan informasi dari peta pikiran yang mereka kaji sebelumnya, peserta didik diminta untuk menentukan hal-hal yang akan mereka miliki di desa yang akan mereka rancang. Stimulus rasa ingin tahu peserta didik dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan pancingan. (Menanya)
§  Peserta didik diperbolehkan untuk saling bertanya dan bertukar informasi dengan teman-teman yang lain sehingga ide yang mereka miliki menjadi semakin kaya.
§  Peserta didik mencari beberapa kalimat yang menggunakan kata industri yang terdapat didalam buku, majalah, atau membuat kalimatnya sendiri. (Mengumpulkan Informasi)
§  Menentukan sumber data berkaitan dengan kata “industri.”
§  Peserta didik mengumpulkan data tentang industri, untuk mendiskusikannya bersama teman dan menuliskan pengertian industri berdasarkan makna yang ditulisnya.
§  Peserta didik diminta untuk menggolongkan pernyataan tentang industri dari beberapa sumber yang ditemukannya. (Mengasosiasi)
§  Peserta didik dibagi kedalam 2 kelompok besar, masing - masing memilih pernyataan yang mereka setujui untuk disajikan dalam kegiatan debat cilik.
§  Setiap kelompok menuliskan alasan dan latar belakang yang membuat mereka setuju dengan pernyataan tersebut.
§  Setiap kelompok mencari dan mengevaluasi bukti-bukti yang akan dipilih sebagai alat pembuktian yang akan memperkuat kedudukannya dalam berdebat.
§  Kegiatan berikutnya menyimpulkan dan menyusun pendapat-pendapat dalam suatu pola tertentu yang disiapkan untuk menjadi bahan pembuktian dan pertahanan. Kemudian menduga-duga pendapat lawan.
§  Peserta didik dijelaskan tentang tujuan kelompok kerja mereka yaitu, tiap kelompok kerja diminta untuk merancang sebuah desa lengkap dengan fasilitas-fasilitas umum baik dari aspek sosial, ekonomi maupun pendidikan, termasuk tempat-tempat yang membutuhkan air dan menentukan pola perilaku yang harus dimiliki oleh masyarakat desanya.
§  Peserta didik menyajikan pendapatnya tentang kerjasama tim, saling menghargai, dan perbedaan pendapat yang mungkin muncul dalam diskusi dan debat (Mengkomunikasikan)
§  Peserta didik maju ke depan kelas dan mengkomunikasikan hasil diskusi yang dilakukan dalam kelompok tentang industri
§  Peserta didik diminta untuk menentukan pola perilaku yang positif yang akan muncul di masyarakat mereka
§  Peserta didik diminta untuk menentukan fasilitas-fasilitas umum
§  Peserta didik diminta untuk menentukan sektor-sektor yang membutuhkan air
§  Peserta didik diminta untuk membuat gambar peta lokasi desa yang mereka rancang.u
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit

         SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Benda-Benda di Lingkungan Sekitar Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡  Teks bacaan tentang industri

         PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
a.      Rubrik Membuat Peta Pikiran
Kompetensi yang dinilai :
¡  Pengetahuan peserta didik tentang dampak positif dan negatif kegiatan industri
¡  Keterampilan peserta didik dalam mencari informasi dari teks bacaam
¡  Keterampilan peserta didik dalam menyajikan informasi dalam bentuk peta pikiran
¡  Sikap kemandirian peserta didik dalam menyelesaikan tugas
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
Isi dan Pengetahuan
Peta pikiran lengkap dan berisikan pema­haman peserta didik tentang materi. Keselu­ruhan materi mudah dibaca dan dipahami. Peserta didik menambahkan gambar untuk melengkapi peta pikiran
Peta pikiran lengkap dan berisikan pemahaman peserta didik tentang materi. Keseluruhan materi mudah dipahami
Peta pikiran se­bagian lengkap dan berisikan pemahaman peserta didik tentang materi. Sebagian besar materi mudah dipahami
Peta pikiran seba­gian lengkap dan berisikan pema­haman peserta didik tentang materi. Beberapa bagian dari materi mudah dipahami
Sikap
Peta pikiran dibuat dengan lengkap, man­diri, cermat dan teliti, disele­saikan sesuai batas waktu, dengan bebera­pa penambahan kreatifitas untuk menjelaskan materi
Keseluruhan peta pikiran dibuat dengan mandiri lengkap, cermat dan teliti, dis­elesaikan sesuai batas waktu yang diberikan
Sebagian be­sar peta pikiran dibuat dengan mandiri, leng­kap, cermat dan teliti, diselesai­kan sesuai batas waktu yang diberikan
Hanya beberapa bagian peta pikiran dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan
Keterampilan Penulisan
Keseluruhan peta pikiran yang sangat menarik, jelas dan benar , menunjukkan keterampilan membuat peta pikiran yang tinggi dari pem­buatnya
Keseluruhan peta pikiran yang menarik, jelas dan benar , menunjukkan keterampilan membuat peta pikiran yang baik dari pembuatnya
Sebagian be­sar peta pikiran yang dibuat dengan me­narik, jelas dan benar , menunjukkan keterampilan membuat peta pikiran yang terus berkem­bang dari pem­buatnya
Bagian-bagian peta pikiran yang dibuat dengan menarik, jelas dan benar , menunjuk­kan keterampilan membuat peta pikiran yang dapat terus ditingkatkan

b.      Rubrik Debat Cilik
Kompetensi yang dinilai :
¡  Pengetahuan peserta didik tentang kegiatan industri bagi masyarakat dalam kon­teks keruangan dan kewilayahan dalam aspek sosial, dan ekonomi dengan percaya diri.
¡  Keterampilan peserta didik dalam mengumpulkan fakta pendukung
¡  Keterampilan peserta didik dalam mencari dan mengevaluasi bukti-bukti yang akan dipilih sebagai alat pembuktian yang akan memperkuat kedudukannya dalam berdebat
¡  Ketertiban peserta didik dalam melakukan debat

Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
Isi
(Pengetahuan)
Dapat membuat pernyataan - pernyataan di mana semua poin sangat berhubungan erat dengan topik sesuai dengan pendiriannya (positif/negatif)
Dapat membuat pernyataan - pernyataan yang sebagian besar poin berhubun­gan erat dengan topik sesuai dengan pendi­riannya (positif/negatif)
Dapat mem­buat pernyataan - pernyataan, namun bebera­pa poin belum berhubungan dengan topik sesuai dengan pendiriannya (positif/negatif)
Perlu latihan lebih sering dalam membuat pernyataan - pernyataan yang berhubungan dengan topik sesuai dengan pendiriannya (positif/negatif)
Sumber infor­masi, fakta, & keterangan yang men­dukung
Banyak sekali fakta pendukung yang masuk akal. Sumber informasi sangat banyak untuk menjadi bahan pembuk­tian
Ada fakta pen­dukung yang masuk akal. Sumber infor­masi cukup untuk menjadi bahan pembuk­tian
Hanya sedikit fakta pen­dukung yang masuk akal. Sumber infor­masi sedikit yang dapat dijadikan bahan pembuktian
Tidak ada fakta/ bukti pendukung selama debat ber­langsung. Tidak ada sumber infor­masi yang dapat dijadikan bahan pembuktian
Keterampilan
Dapat mencari dan mengevaluasi bukti-bukti yang akan dipilih sebagai alat pembuktian yang akan memperkuat kedudukannya dalam berdebat, di mana semua poin sangat berhubungan erat dengan pernyataannya
Dapat mencari dan mengevalu­asi bukti-bukti yang akan dipilih sebagai alat pembuk­tian yang akan memperkuat kedudukannya dalam berdebat, di mana seba­gian besar poin berhubungan erat dengan pernyataannya
Dapat mencari dan mengevaluasi bukti-bukti yang akan dipilih sebagai alat pembuktian yang akan memperkuat kedudukannya dalam berdebat, namun beberapa poin tidak berhubungan dengan pernyataannya
Perlu latihan lebih sering dalam mencari dan men­gevaluasi bukti-bukti yang akan dipilih sebagai alat pembuktian yang dapat mem­perkuat kedudu­kannya dalam berdebat
Sikap
Seluruh anggota tim mengikuti tata tertib dan aturan dalam memberikan sanggahan dan argumennya.
Hampir selu­ruh anggota tim mengikuti tata tertib dan aturan dalam memberikan sanggahan dan argumennya.
Beberapa ang­gota tim mengi­kuti tata tertib dan aturan dalam memberi­kan sanggahan dan argumen­nya.
Anggota tim tidak mengikuti tata tertib dan aturan dalam memberi­kan sanggahan dan argumennya.

c.       Rubrik Proyek “Mari Membangun Desa”
Kompetensi yang dinilai :
¡  Pengetahuan peserta didik tentang aspek-aspek sosial, ekonomi dan pendidikan dalam masyarakat
¡  Keterampilan dalam menuangkan ide
¡  Sikap kemandirian

Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
Tekhnik
(Pengeta­huan)
Proyek mencer­minkan pema­haman yang kuat tentang aspek-aspek sosial, ekono­mi dan pen­didikan dalam masyarakat
Proyek mencer­minkan pemahaman yang cukup kuat tentang aspek-aspek sosial, ekonomi dan pen­didikan dalam masyarakat
Proyek mencer­minkan pemaha­man yang kurang kuat tentang aspek-aspek so­sial, ekonomi dan pendidikan dalam masyarakat
Proyek mencer­minkan pemaha­man yang tidak kuat tentang aspek-aspek so­sial, ekonomi dan pendidikan dalam masyarakat

Tabel rancangan terisi dengan informasi-infor­masiyang dibu­tuhkan secara lengkap dan beraturan
Tabel rancan­gan terisi den­gan informasi-informasiyang dibutuhkan secara lengkap dan kurang beraturan
Tabel rancangan terisi dengan informasi-infor­masiyang dibu­tuhkan secara cukup lengkap dan kurang beraturan
Tabel rancangan terisi dengan informasi-infor­masiyang dibutuh­kan secara kurang lengkap dan kurang beraturan
Kemandirian dan pengum­pulan tugas
Menunjukkan kemandirian penuh dalam pengerjaan tugas dan men­gumpulkan tugas sebelum waktu yang ditentukan
Mandiri dalam pengerjaan tugas dan tepat waktu dalam mengumpulkan tugas
Menunjukkan ke­mandirian namun belum stabil dalam sebagian besar proses dan terlam­bat mengumpul­kan tugas
Belum menunjuk­kan kemandirian dan sangat ter­lambat mengum­pulkan tugas
Keterampilan
Sangat terampil dalam menter­jemahkan ide dan gagasan kedalam gambar ilustrasi
Terampil dalam
menterjemah­kan ide dan gagasan ke­dalam gambar ilustrasi
Cukup terampil dalam menterje­mahkan ide dan gagasan kedalam gambar ilustrasi .
Kurang terampil dalam menterje­mahkan ide dan gagasan kedalam gambar ilustrasi .


Alternatif Format Penilaian
Hasil Penilaian Tugas        :  ________________________________
Kelas                                    :  ________________________________
Nama Guru                        :  ________________________________

Nama Siswa
Aspek 1
Aspek 2
Aspek 3
Aspek 4
Ekal




Aisy




Zidan




………





Keterangan :
¡  Kolom aspek diisi dengan jenis aspek/kompetensi yang dinilai
¡  Hasil pencapaian peserta didik pada setiap aspek diisi dengan angka 1 – 4 sesuai dengan pencapaian peserta didik di setiap aspek/kompetensi
¡  Rubrik-rubrik yang disajikan pada buku guru digunakan sebagai acuan dalam pengisian format penilaian ini.

REKAPITULASI  PENILAIAN SISWA TEMA 2 SUBTEMA  1
Nama Siswa       :   ____________________________________________
Kelas                   :   V
Tema                   :   2
Sub Tema           :   1




Sikap
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

Diisi oleh  guru dalam kalimat positif tentang apa yang  menonjol dan apa yang  perlu usaha-usaha pengembangan untuk mencapai kompetensi yang  ditetapkan pada kelas yang  diikutinya.
Menunjukkan perilaku  jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya  diri, dan cinta tanah air.

Diisi oleh  guru dalam kalimat positif tentang apa yang  menonjol dan apa yang  perlu usaha-usaha pengembangan untuk mencapai kompetensi yang  ditetapkan pada kelas yang  diikutinya
Pengetahuan
Mengingat dan memahami pengetahuan faktual dan konseptual berdasarkan rasa ingin tahu  tentang:
-  dirinya,
-  makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya benda-benda lain di sekitarnya
Kompetensi
1
2
3
4
3.1     Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional









Keterampilan
Menyajikan
kemampuan mengamati, menanya, dan mencoba dalam:
-         bahasa yang jelas,  logis  dan sistematis
- karya yang  estetis
- gerakan anak sehat
-  tindakan anak beriman dan berakhlak  mulia
4.1     Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari  sumber-sumber yang  tersedia




Jurnal penilaian siswa per subtema ini bisa  digunakan sebagai data  untuk pengisian rapot akademik siswa per semester. Dari data  pencapaian siswa per subtema ini, guru  dapat melihat dan  mengukur pencapaian kompetensi siswa dan  memberikan umpan balik yang  konstruktif berdasarkan data  penilaian autentik yang  dimilikinya.



Mengetahui,
Kepala Madrasah MI  Pidie


( Mr, S.Ag)
NIP. 110413

Tiro, 20 Juli 2017
Guru Mata Pelajaran


( Mam, S.Pd )
NIP 1901412 2 013

0 Response to "rpp bermain dengan benda disekitar edisi revisi "

Posting Komentar