RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Persamaan dan pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak
Satuan Pendidikan : SMA
NEGERI
Kelas / Semester : X
/ 1(Ganjil)
Unit 1 : persamaan dan pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak
Unit 1 : persamaan dan pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak
Sub Unit : persamaan dan pertidaksamaan
linear satu variabel
Pembelajaran Ke : 1
Alokasi Waktu :
Kompetensi inti
3. Memahami
dan menerapkan, menganalisis pengetahuan
(factual, konseptual,dan procedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni
budaya dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan , kebangsaan , kenegaraan , dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian , serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menyaji,dan menalar dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri , dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI
DASAR (KD)
3.1 mendeskripsikan dan menganalisis konsep persamaan dan pertidaksamaan linear
satu variable serta menerapkannya dalam pemecahan masalah nyata.
4.1
menerapkan
konsep persamaan dan pertidaksamaan linear satu variable serta menerapkannya
dalam pemecahan masalah nyata.
4.2
membuat
model matematika berupa persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dari
situasi nyata dan matematika, serta menentukan jawaban dan menganalisis model
sekaligus jawabannya.
INDIKATOR;
⋆ menjelaskan pengertian dan
bentuk pertidaksamaan linear
⋆ menyelesaikan
pertidaksamaan linear satu variable
⋆pengaplikasianpersamaan dan
pertidaksamaan linear satu variable dalam kehidupan sehari-hari
⋆ melakukan operasi pertidaksamaan
linear dengan menggunakan sifat-sifat dasar dari pertidaksamaan.
⋆menyelesaikan suatu persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel serta menjelaskan hubungan keduanya
TUJUAN PEMBELAJARAN ;
Setelah mempelajari Unit ini siswa diharapkan
mampu
⋆ mendeskripsikan dan
menganalisis persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel serta
menerapkannya dalam kehidupan
sehari-hari.
⋆
menyajikan dan menyelesaikan masalah berkaitan dengan persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel serta mengaplikasikannya dalam kehidupan
sehari-hari.
MATERI PEMBELAJARAN
Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel
METODE PEMBELAJARAN
Model pembelajaran ; cooperatif learning
Metode ; Diskusi dan tanya jawab.
SUMBER PEMBELAJARAN;
Buku
matematika untuk SMA kelas X kelompok Wajib
Buku paket
Buku referensi lainnya.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 3 (tiga )
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a.
§ Guru mengecek
kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan posisi tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan sub unit yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”persamaan dan pertidaksamaan
linear satu variabel”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan.
§ Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta
membaca dalam hati.
§ Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa
terkait pertidaksamaan linear satu variabel, kemudian mendiskusikan
penggunaan konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
§ Tanya jawab tentang bentuk-bentuk pertidaksamaan linear
satu variabel
”Apa itu pertidaksamaan linear?”
”sudahkah kalian mendengar sebelumnya
tentang pertidaksamaan linear ?”
”Adakah perbedaan antara persamaan linear
dengan pertidaksamaan linear?”
“bagaimanakah bentuk umum dari
pertidaksamaan llinear?”
§ menyampaikan inti pembelajaran hari ini, mengenai pertidaksamaan
linear satu variabel
|
20 menit
|
Inti
|
§ mengamati permasalahan mengenai pertidaksamaan linear
§ menyimak penjelasan mengenai bagaimana bentuk
pertidaksamaan linear satu variabel
§ menyelesaikan beberapa contoh pertidaksamaan linear satu
variabel
§ Menganalisis dan menyimpulkan data tambahan tentang
bentuk-bentuk pertidaksamaan linear
§ menyimpulkan data tambahan tentang permasalahan yang
melibatkan pertidaksamaan linear
§ Memberikan soal latihan tambahan terkait persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel
|
menit
|
Penutup
|
§
Siswa diharapkan mengajukan pertanyaan tentang pembelajaran hari ini.
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan
/ rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang
pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa
berdo’a (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
0 Response to "RPP persamaan dan pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak 3"
Posting Komentar