Postingan Populer

RPP persamaan dan pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak 3



      
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)

Persamaan dan pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak

                       Satuan Pendidikan     :     SMA NEGERI
                       Kelas / Semester       :     X / 1(Ganjil)
                       Unit 1                      :    persamaan dan pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak            
 Sub Unit                  :    persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
                       Pembelajaran Ke       :     1
                       Alokasi Waktu          :    

Kompetensi inti
3.      Memahami dan menerapkan, menganalisis  pengetahuan (factual, konseptual,dan procedural)  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni budaya  dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan , kebangsaan , kenegaraan , dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian , serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menyaji,dan menalar dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri , dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
 KOMPETENSI DASAR (KD) 
3.1   mendeskripsikan  dan menganalisis  konsep persamaan dan pertidaksamaan linear satu variable serta menerapkannya dalam pemecahan masalah nyata.
4.1     menerapkan konsep persamaan dan pertidaksamaan linear satu variable serta menerapkannya dalam pemecahan masalah nyata.
4.2     membuat model matematika berupa persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dari situasi nyata dan matematika, serta menentukan jawaban dan menganalisis model sekaligus jawabannya.

INDIKATOR;
         menjelaskan pengertian dan bentuk pertidaksamaan linear
         menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variable
           pengaplikasianpersamaan dan pertidaksamaan linear satu variable dalam kehidupan sehari-hari
         melakukan operasi pertidaksamaan linear dengan menggunakan sifat-sifat dasar dari pertidaksamaan.
         menyelesaikan suatu persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel serta menjelaskan hubungan keduanya

         TUJUAN PEMBELAJARAN ;
    Setelah mempelajari Unit ini siswa diharapkan mampu
    mendeskripsikan dan menganalisis persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel serta menerapkannya dalam  kehidupan sehari-hari.
menyajikan dan menyelesaikan masalah berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

MATERI PEMBELAJARAN
            Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel           

METODE PEMBELAJARAN  

Model pembelajaran    ;  cooperatif learning
Metode                         ;   Diskusi dan tanya jawab.


SUMBER PEMBELAJARAN;
            Buku matematika untuk SMA kelas X kelompok Wajib
           
            Buku paket

            Buku referensi lainnya.

            KEGIATAN PEMBELAJARAN
            Pertemuan 3 (tiga )

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan sub unit yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
§   Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta membaca dalam hati.
§   Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait pertidaksamaan linear satu variabel, kemudian mendiskusikan penggunaan konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
§   Tanya jawab tentang bentuk-bentuk pertidaksamaan linear satu variabel
          Apa itu pertidaksamaan linear?”
          sudahkah kalian mendengar sebelumnya tentang pertidaksamaan linear ?”
          Adakah perbedaan antara persamaan linear dengan  pertidaksamaan linear?”
         “bagaimanakah bentuk umum dari pertidaksamaan llinear?”
§  menyampaikan  inti pembelajaran hari ini, mengenai pertidaksamaan linear satu variabel
20 menit
Inti
§   mengamati permasalahan mengenai pertidaksamaan linear
§   menyimak penjelasan mengenai bagaimana bentuk pertidaksamaan linear satu variabel
§   menyelesaikan beberapa contoh pertidaksamaan linear satu variabel
§   Menganalisis dan menyimpulkan data tambahan tentang bentuk-bentuk pertidaksamaan linear
§   menyimpulkan data tambahan tentang permasalahan yang melibatkan pertidaksamaan linear
§   Memberikan soal latihan tambahan terkait persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
           menit

Penutup
§  Siswa diharapkan mengajukan pertanyaan tentang pembelajaran hari ini.
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit




0 Response to "RPP persamaan dan pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak 3"

Posting Komentar