Postingan Populer

rpp edisi revisi vektor.1




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)
                                                  VEKTOR

Satuan Pendidikan          :     SMA
Kelas / Semester             :     X / 1(Ganjil)
 Unit 1                             :      Vektor
Sub Unit                         :     Pengertian vektor dan skalar
Pembelajaran Ke            :     2


Kompetensi inti

3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan (factual, konseptual,dan procedural)  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan  menyaji dalam ranah konkret dan ranah  abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

KOMPETENSI  DASAR  (KD) 
3.3     menjelaskan vector , operasi vector , panjang vector , sudut antarvektor dalam ruang berdimensi dua(bidang) dan berdimensi tiga(ruang).

4.3     mendeskripsikan dan menyelesaikan konsep penyajian vector dan scalar, serta pengoperasian antara dua  vector  dan aljabar vector, dalam menentukan proyeksinya, serta memeriksa kebenaran jawaban dalam pemecahan masalah vector.

INDIKATOR
∙ menjelaskan  apa itu vector dan scalar.
∙ menyajikan  vector baik secara geometris maupun analisis dan penyelesaiannya.
∙ menyelesaikan suatu vector menggunakan/dengan  proses  aljabar.

         TUJUAN PEMBELAJARAN 
    Setelah mempelajari Unit ini siswa diharapkan mampu ;
    Siswa mampu menjelaskan vector dan menyajikan vector secara geometris dan menyelesaikannya.
    Siswa diharapkan mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan vector terutama yang menggunakan proses aljabar.

MATERI PEMBELAJARAN

      Pengertian vector dan scalar.

METODE PEMBELAJARAN 

  Model pembelajaran       ;  cooperatif learning
  Metode                         ;   Diskusi ,  tanya jawab , demonstrasi dan eksperimen.


SUMBER PEMBELAJARAN
            Sumber;
∙buku matematika kelompok peminatan Kelas x.
∙buku paket.
∙buku referensi lain.



KEGIATAN  PEMBELAJARAN ;
            Pertemuan  4 ( empat )

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan sub unit yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”pengertian vektor dan skalar”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
§   Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta membaca dalam hati.
§   Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait vektor dan skalar, kemudian mendiskusikannya terkait penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
§   Tanya jawab tentang vektor dan skalar          Apa itu vektor?”
Apa itu skalar?”
          sudahkah kalian mendengar sebelumnya tentang vektor dan skalar?”
         “ jika ada,apakah perbedaaan dari keduanya?”
§  menyampaikan  inti pembelajaran hari ini, mengenai fungsi persamaan dan pertidaksamaan eksponen.
25 menit
Inti
§   mengamati mengenai vektor dan skalar , menyimak penjelasan mengenai bagaimana yang dimaksud skalar dan vektor serta perbedaannya
§   menyelesaikan beberapa contoh melalui bentuk-bentuk penyajian vektor
§   Menganalisis dan menyimpulkan data tambahan tentang bentuk-bentuk vektor dan skalar
§   Menganalisis dan menyimpulkan data tambahan tentang permasalahan yang melibatkan vektor dan skalar
§   Memberikan soal latihan tambahan terkait vektor dan skalar.
      95 menit

Penutup
§  Siswa diharapkan mengajukan pertanyaan tentang pembelajaran hari ini.
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit




0 Response to "rpp edisi revisi vektor.1"

Posting Komentar