RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
VEKTOR
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas / Semester : X / 1(Ganjil)
Unit 1 :
Vektor
Sub Unit : Pengertian vektor dan skalar
Pembelajaran Ke : 2
Kompetensi inti
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan (factual, konseptual,dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi,seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan.
KOMPETENSI DASAR
(KD)
3.3 menjelaskan vector , operasi vector ,
panjang vector , sudut antarvektor dalam ruang berdimensi dua(bidang) dan
berdimensi tiga(ruang).
4.3 mendeskripsikan dan menyelesaikan konsep
penyajian vector dan scalar, serta pengoperasian antara dua vector
dan aljabar vector, dalam menentukan proyeksinya, serta memeriksa
kebenaran jawaban dalam pemecahan masalah vector.
INDIKATOR
∙
menjelaskan apa itu vector dan scalar.
∙
menyajikan vector baik secara geometris
maupun analisis dan penyelesaiannya.
∙
menyelesaikan suatu vector menggunakan/dengan
proses aljabar.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari Unit ini siswa diharapkan
mampu ;
∙ Siswa mampu menjelaskan vector dan
menyajikan vector secara geometris dan menyelesaikannya.
∙ Siswa diharapkan mampu menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan vector terutama yang menggunakan proses aljabar.
MATERI PEMBELAJARAN
Pengertian
vector dan scalar.
METODE PEMBELAJARAN
Model pembelajaran ; cooperatif learning
Metode ; Diskusi ,
tanya jawab , demonstrasi dan eksperimen.
SUMBER PEMBELAJARAN
Sumber;
∙buku matematika
kelompok peminatan Kelas x.
∙buku paket.
∙buku referensi lain.
KEGIATAN PEMBELAJARAN ;
Pertemuan 4 (
empat )
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a.
§ Guru mengecek
kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan posisi tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan sub unit yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”pengertian vektor dan skalar”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan.
§ Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta
membaca dalam hati.
§ Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa
terkait vektor dan skalar, kemudian mendiskusikannya terkait penggunaannya
dalam kehidupan sehari-hari.
§ Tanya jawab tentang vektor dan skalar ”Apa itu vektor?”
”Apa itu skalar?”
”sudahkah kalian mendengar sebelumnya
tentang vektor dan skalar?”
“ jika ada,apakah perbedaaan dari
keduanya?”
§ menyampaikan inti pembelajaran hari ini, mengenai fungsi
persamaan dan pertidaksamaan eksponen.
|
25 menit
|
Inti
|
§ mengamati mengenai vektor dan skalar , menyimak
penjelasan mengenai bagaimana yang dimaksud skalar dan vektor serta
perbedaannya
§ menyelesaikan beberapa contoh melalui bentuk-bentuk
penyajian vektor
§ Menganalisis dan menyimpulkan data tambahan tentang
bentuk-bentuk vektor dan skalar
§ Menganalisis dan menyimpulkan data tambahan tentang
permasalahan yang melibatkan vektor dan skalar
§ Memberikan soal latihan tambahan terkait vektor dan
skalar.
|
95 menit
|
Penutup
|
§
Siswa diharapkan mengajukan pertanyaan tentang pembelajaran hari ini.
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan
/ rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang
pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa
berdo’a (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
0 Response to "rpp edisi revisi vektor.1"
Posting Komentar