Postingan Populer

rpp persamaan dan pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak K13 revisi



      
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)

Persamaan dan pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak

                        Satuan Pendidikan    :     SMA NEGERI 2 MUTIARA
                        Kelas / Semester      :     X / 1(Ganjil)
Unit 1                       :    persamaan dan pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak            
 Sub Unit                   :     Persamaan Linear dan Nilai Mutlak.
                        Pembelajaran Ke      :     1
                       Alokasi Waktu          :    

Kompetensi inti
3.      Memahami dan menerapkan, menganalisis  pengetahuan (factual, konseptual,dan procedural)  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni budaya  dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan , kebangsaan , kenegaraan , dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian , serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menyaji,dan menalar dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri , dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI DASAR (KD)
3.1     mendeskripsikan  dan menganalisis  konsep nilai mutlak dalam persamaan dan linear     serta menerapkannya dalam pemecahan masalah nyata.

4.1   menerapkan konsep nilai mutlak dalam persamaan linear dalam memecahkan masalah nyata.
4.2     membuat model matematika berupa persamaan linear dan nilai mutlak dari situasi nyata dari matematika, serta menentukan dan menganalisis model sekaligus jawabannya.


INDIKATOR;
         menjelaskan pengertian dan bentuk persamaan linear dan
         menyelesaikan persamaan linear satu variable
         pengaplikasian persamaan linear satu variable dalam kehidupan sehari-hari
         menjelaskan pengertian dan bentuk persamaan nilai mutlak
         menyelesaikan suatu persamaan nilai mutlak dengan menggunakan sifat-sifat tanda mutlak

         TUJUAN PEMBELAJARAN ;
    Setelah mempelajari Unit ini siswa diharapkan mampu
    mendeskripsikan dan menganalisis persamaan linear dan konsep nilai mutlak serta   menerapkannya dalam  kehidupan sehari-hari.
menyajikan dan menyelesaikan masalah berkaitan dengan persamaan linear dan nilai mutlak serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

MATERI PEMBELAJARAN ;
            Persamaan Linear dan Nilai Mutlak   

METODE PEMBELAJARAN  ;

Model pembelajaran    ;  cooperatif learning
Metode                         ;   Diskusi dan tanya jawab.


SUMBER PEMBELAJARAN;
            Buku matematika untuk SMA kelas X kelompok Wajib
           
            Buku paket

            Buku referensi lainnya.


            KEGIATAN PEMBELAJARAN
            Pertemuan 1 (pertama )

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan sub unit yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”persamaan linear dan nilai mutlak”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
§   Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta membaca dalam hati.
§   Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait persamaan linear dan nilai mutlak, kemudian mendiskusikan penggunaan konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
§   Tanya jawab tentang bentuk-bentuk persamaan linear dan nilai mutlak
          Apa itu persamaan linear?”
          sudahkah kalian mendengar sebelumnya tentang persamaan linear ?”
         “bagaimanakh bentuk umum dari persamaan llinear?”
          Apa itu nilai mutlak ?”
          sudahkah kalian mendengar sebelumnya tentang nilai mutlak?”
         “ taukah kalian bentuk umum dari nilai mutlak?”

§  menyampaikan  inti pembelajaran hari ini, mengenai persamaan linear dan nilai mutlak
20 menit
Inti
§   mengamati permasalahan mengenai persamaan linear dan nilai ,utlak
§   menyimak penjelasan mengenai bagaimana bentuk persamaan linear dan nilai mutlak serta pembedaan keduanya
§   menyelesaikan beberapa contoh persamaan linear serta nilai mutlak
§   Menganalisis dan menyimpulkan data tambahan tentang bentuk-bentuk persamaan linear dan nilai mutlak
§   Menganalisis dan menyimpulkan data tambahan tentang permasalahan yang melibatkan persamaan linear dan nilai mutlak
§   Memberikan soal latihan tambahan terkait persamaan linear dan nilai mutlak
           menit

Penutup
§  Siswa diharapkan mengajukan pertanyaan tentang pembelajaran hari ini.
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit


0 Response to "rpp persamaan dan pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak K13 revisi"

Posting Komentar