RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Persamaan dan pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak
Satuan Pendidikan : SMA
NEGERI 2 MUTIARA
Kelas / Semester : X
/ 1(Ganjil)
Unit 1 : persamaan dan pertidaksamaan linear dalam
tanda mutlak
Sub Unit : Persamaan Linear dan
Nilai Mutlak.
Pembelajaran Ke : 1
Alokasi Waktu :
Kompetensi inti
3. Memahami
dan menerapkan, menganalisis pengetahuan
(factual, konseptual,dan procedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni
budaya dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan , kebangsaan , kenegaraan , dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian , serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menyaji,dan menalar dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri , dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI
DASAR (KD)
3.1 mendeskripsikan dan menganalisis konsep nilai mutlak dalam persamaan dan linear
serta menerapkannya dalam pemecahan
masalah nyata.
4.1 menerapkan konsep nilai mutlak dalam
persamaan linear dalam memecahkan masalah nyata.
4.2
membuat model matematika berupa persamaan
linear dan nilai mutlak dari situasi nyata dari matematika, serta menentukan dan
menganalisis model sekaligus jawabannya.
INDIKATOR;
⋆ menjelaskan pengertian dan
bentuk persamaan linear dan
⋆ menyelesaikan
persamaan linear satu variable
⋆pengaplikasian persamaan linear
satu variable dalam kehidupan sehari-hari
⋆ menjelaskan pengertian dan
bentuk persamaan nilai mutlak
⋆ menyelesaikan suatu persamaan
nilai mutlak dengan menggunakan sifat-sifat tanda mutlak
TUJUAN PEMBELAJARAN ;
Setelah mempelajari Unit ini siswa diharapkan
mampu
⋆ mendeskripsikan dan
menganalisis persamaan linear dan konsep nilai mutlak serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
⋆
menyajikan dan menyelesaikan masalah berkaitan dengan persamaan linear dan
nilai mutlak serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
MATERI PEMBELAJARAN ;
Persamaan Linear dan Nilai Mutlak
METODE PEMBELAJARAN ;
Model pembelajaran ; cooperatif learning
Metode ; Diskusi dan tanya jawab.
SUMBER PEMBELAJARAN;
Buku
matematika untuk SMA kelas X kelompok Wajib
Buku paket
Buku referensi lainnya.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 (pertama )
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a.
§ Guru mengecek
kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan posisi tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan sub unit yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”persamaan linear dan nilai mutlak”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan.
§ Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta
membaca dalam hati.
§ Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa
terkait persamaan linear dan nilai mutlak, kemudian mendiskusikan penggunaan
konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
§ Tanya jawab tentang bentuk-bentuk persamaan linear dan
nilai mutlak
”Apa itu persamaan linear?”
”sudahkah kalian mendengar sebelumnya
tentang persamaan linear ?”
“bagaimanakh bentuk umum dari
persamaan llinear?”
”Apa itu nilai mutlak ?”
”sudahkah kalian mendengar sebelumnya
tentang nilai mutlak?”
“ taukah kalian bentuk umum dari
nilai mutlak?”
§ menyampaikan inti pembelajaran hari ini, mengenai persamaan
linear dan nilai mutlak
|
20 menit
|
Inti
|
§ mengamati permasalahan mengenai persamaan linear dan
nilai ,utlak
§ menyimak penjelasan mengenai bagaimana bentuk persamaan
linear dan nilai mutlak serta pembedaan keduanya
§ menyelesaikan beberapa contoh persamaan linear serta
nilai mutlak
§ Menganalisis dan menyimpulkan data tambahan tentang
bentuk-bentuk persamaan linear dan nilai mutlak
§ Menganalisis dan menyimpulkan data tambahan tentang
permasalahan yang melibatkan persamaan linear dan nilai mutlak
§ Memberikan soal latihan tambahan terkait persamaan
linear dan nilai mutlak
|
menit
|
Penutup
|
§
Siswa diharapkan mengajukan pertanyaan tentang pembelajaran hari ini.
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan
/ rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang
pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa
berdo’a (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
0 Response to "rpp persamaan dan pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak K13 revisi"
Posting Komentar