RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Persamaan dan pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak
Satuan Pendidikan : SMA
NEGERI 2 MUTIARA
Kelas / Semester : X
/ 1(Ganjil)
Unit 1 : persamaan dan pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak
Unit 1 : persamaan dan pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak
Sub Unit : pertidaksamaan linear dan
pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak
Pembelajaran Ke : 1
Alokasi Waktu :
Kompetensi inti
3. Memahami dan menerapkan,
menganalisis pengetahuan (factual,
konseptual,dan procedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan ,
kebangsaan , kenegaraan , dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian
, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menyaji,dan menalar dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya disekolah secara mandiri , dan mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan.
KOMPETENSI
DASAR (KD)
3.1 mendeskripsikan dan menganalisis konsep pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak serta menerapkannya dalam pemecahan
masalah nyata.
4.1
menerapkan
konsep pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak serta menerapkannya dalam memecahkan
masalah nyata.
4.2
membuat
model matematika berupa pertidaksamaan linear dua variable yang melibatkan
nilai mutlak dari situasi nyata dan matematika, serta menentukan jawaban dan
menganalisis model sekaligus jawabannya.
INDIKATOR;
⋆ menjelaskan pengertian dan
bentuk pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak
⋆ menyelesaikan
pertidaksamaan linear satu variable dalam tanda mutlak
⋆pengaplikasian pertidaksamaan
linear satu variable dalam kehidupan sehari-hari
⋆ melakukan operasi pertidaksamaan
linear dalam tanda mutlak dengan menggunakan sifat-sifat dasar dari
pertidaksamaan.
⋆menyelesaikan suatu
pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak dengan menggunakan konsep hubungan
antara dua pertidaksamaan
TUJUAN PEMBELAJARAN ;
Setelah mempelajari Unit ini siswa diharapkan
mampu
⋆ mendeskripsikan dan
menganalisis pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
⋆
menyajikan dan menyelesaikan masalah berkaitan dengan pertidaksamaan linear
dalam tanda nilai mutlak serta
mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
MATERI PEMBELAJARAN
Pertidaksamaan Linear Dalam Tanda Mutlak
METODE PEMBELAJARAN
Model pembelajaran ; cooperatif learning
Metode ; Diskusi dan tanya jawab.
SUMBER PEMBELAJARAN;
Buku
matematika untuk SMA kelas X kelompok Wajib
Buku paket
Buku referensi lainnya.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 2 (dua )
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a.
§ Guru mengecek
kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan posisi tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan sub unit yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan.
§ Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta
membaca dalam hati.
§ Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa
terkait pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak, kemudian mendiskusikan
penggunaan konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
§ Tanya jawab tentang bentuk-bentuk pertidaksamaan linear
dalam tanda mutlak
”Apa itu pertidaksamaan linear?”
”sudahkah kalian mendengar sebelumnya
tentang persamaan linear ?”
”Adakah perbedaan antara persamaan linear
dengan pertidaksamaan linear?”
”Apa itu tanda mutlak ?”
”adakah perbedaan antara nilai mutlak
dengan tanda mutlak?”
“bagaimanakah bentuk umum dari
pertidaksamaan llinear?”
§ menyampaikan inti pembelajaran hari ini, mengenai pertidaksamaan
linear dalam tanda mutlak
|
20 menit
|
Inti
|
§ mengamati permasalahan mengenai pertidaksamaan linear
dalam tanda mutlak
§ menyimak penjelasan mengenai bagaimana bentuk pertidaksamaan
linear
§ menyelesaikan beberapa contoh pertidaksamaan linear dalam
tanda mutlak
§ Menganalisis dan menyimpulkan data tambahan tentang
bentuk-bentuk pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak
§ Menganalisis dan menyimpulkan data tambahan tentang
permasalahan yang melibatkan pertidaksamaan linear
§ Memberikan soal latihan tambahan terkait persamaan
linear dalam tanda mutlak
|
menit
|
Penutup
|
§
Siswa diharapkan mengajukan pertanyaan tentang pembelajaran hari ini.
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan
/ rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang
pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa
berdo’a (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
0 Response to "RPP persamaan dan pertidaksamaan linear tanda mutlak 2"
Posting Komentar