Postingan Populer

protah k13


        PROGRAM TAHUNAN
Satuan pendidikan              ; MTsS Tgk. Chik Dayah Cut Tiro
Mata pelajaran                   ;Matematika
Kelas                                ; V111
Tahun pelajaran                  ; 2016/2017

Kompetensi inti
K1 1           ; Menghargai dan meghayati ajaran agama yang dianutnya.
K1 2           ; Menghargai dan menghayati perilaku jujur , disiplin,tanggung jawab,peduli(toleransi, gotong royong), santun,percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
K1 3            ; Memahami dan menerapkan pengetahuan (factual, konseptual,dan procedural)  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
K1 4            ;Mengolah, menyaji,dan menalar dalam ranah konkret(menggunakan,mengurai,merangkai,memodifikasidan membuat)dan ranah abstrak(menulis, membaca,menghitung,menggambar,  dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang / teori.
                                                 
Semester

Standar kompetensi
Kompetensi dasar
Materi

Kegiatan pembelajaran

Alokasi waktu

keterangan
1
Operasi Aljabar
                 

1.memahami dan mengoperasikan operasi bentuk  aljabar serta menggunkanya dalam pemecahan masalah.
1.1.menyelesaikan operasi bentuk aljabar.
1.2.menentukan factor-faktor suku aljabar
1.3.menyelesaikan operasi pecahan bentuk aljabar.
>pengertian dasar operasi aljabar
>penjumlahan dan pengurangan pada bentuk Aljabar
>perkalian dan pangkat pada bentuk aljabr
>bentuk ax+ay
>selisih dua kuadrat
>bentuk kuadrat dan factor-faktornya
>Operasi hitung pecahan
>menyederhanakan pecahan
Menyederhanakan suku banyak dengan menggunakan sifat-sifat operasi aljabar
6x+5y=
10x45’


 Relasi,Fungsi dan Grafik fungsi.






2. memahami dan mengenali  tentang relasi,fungsi dan grafik fungsi.
2.1.pengertian relasi
2.2.menyatakan bentuk fungsi
2.3.menghitung nilai fungsi.
>pengertian relasi
>definisi dan notasi suatu fungsi
>menyatakan suatu fungsi
>produk cartesius dan diagram koordinat
>menentukan banyaknya pemetaan (fungsi)
>perkawanan(korespondensi) satu-satu
>menghitung nilai suatu fungsi
>menyusun table fungsi
>grafik  fungsi
>menentukan bentuk fungsi
>pemakaian fungsi kuadrat (pengayaan)
Menyederhanakan dan menjabarkan bentuk grafik fungsi.
Jika f(x)=x2-4x maka tentukan f(x-3)
12x45’


Persamaan Garis Lurus.






3.memahami persamaan garis lurus dan menentukan gradient suatu garis lurus.
3.1. persamaan garis lurus
3.2.gradient (kemiringan)suatu garis lurus
3.3. kedudukan dua garis lurus.
3.4. membuat persamaan garis lurus
3.5. jarak dan titik tengah garis lurus ( pengayaan)
3.6. aplikasi persamaan garis lurus.
>coordinat cartesius
>menggambar sketsa grafik garis pada koordinat cartesius
>pengertian gradient
>dua garis berimpit
>dua garis sejajar
>dua garis saling tegak lurus
>dua garis saling berpotongan
>jarak antara dua titik
>jarak titik terhadap garis
>titik tengah garis
>bidang fisika
>bidang ekonomi
Lukislah sketsa grafik
Y=3x
12x45’


Sistem Persamaan linear Dua Variabel(SPLDV)






4.Memahami sistem persamaan linear dua variable dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
4.1. persamaan linear satu variable
4.2.persamaan linear dua variable
4.3. system persamaan linear dua variable(SPLDV)
4.4. Sistem persamaan non linear dua variable(SPNLDV).
>cara substitusi
>dengan sifat-sifat kesamaan.
>metode grafik
>metode eliminasi
Tentukan himpunan penyelesaian dari 2a+3=1 untuk variable pada himpunan bilangan cacah.
10x45’


Teorema Pythagoras dan Garis-garis pada segitiga





               

5.Menentukan, memahami dan menerapkan teorema pithagoras dalam pemecahan masalah sehari-hari.
5.1.unsur-unsur dalam teorema pithagoras.
5.2.Menentukan teorema pithagoras.
5.3.Penggunaan teorema pithagoras.
5.4.Kebalikan teorema pithagoras dan triple pithagoras.
5.5.Penerapan teorema pithagoras
5.6.Menentukan panjang garis tinggi (pengayaan).
5.7.Menentukan panjang garis berat dan titik berat (pengayaan).

>Penentuan luas persegi
>penentuan panjang sisi persegi(akar kuadrat bilangan)
>penentuan luas segitiga
>perhitungan panjang sisi segitiga siku-siku
>perhitungan jarak antara dua titik
>perbandingan sisi –sisi segitiga siku-siku untuk sudut istimewa
>penyelesaian persoalan dalam bangun datar
>penyelesaian persoalan dalam bangun ruang
>kebalikan teorema pithagoras
>triple Pythagoras
>proyeksi suatu titik pada garis
>proyeksi suatu garis pada garis
>Rumus garis tinggi segitiga ABC
>Dalil steward
>Menentukan panjang garis berat segitiga
>menentukan titik berat segitiga.
Segitiga ABC siku-siku dengan panjang AB=6cm, hitunglah;
A.panjang BC
B. panjang AC.
10x45’


0 Response to "protah k13"

Posting Komentar