Postingan Populer

RPP fungsi eksponen dan logaritma Edisi Revisi


               RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)
FUNGSI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN EKSPONEN DAN LOGARITMA


Satuan Pendidika           :     SMA NEGERI 2 MUTIARA
Kelas / Semester            :     X / 1(Ganjil)
   Unit 1                              :     Fungsi Persamaan dan Pertidaksamaan eksponen                                                           dan logaritma
         Sub Unit                          :    Fungsi , persamaan dan pertidaksamaan logaritma
Pembelajaran Ke            :    1
Alokasi Waktu                :    2 x 3 jp

Kompetensi inti

 3            ; Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan (factual, konseptual,dan procedural)  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4             ;Mengolah, menalar, dan  menyaji dalam ranah konkret dan ranah  abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

                KOMPETENSI  DASAR  (KD) :
3.2  memilih dan menerapkan aturan logaritma sesuai dengan   karakteristik  permasalahan yang akan diselesaikan dan memeriksa kebenaran langkah – langkahnya.       
4.2 menyajikan masalah nyata menggunakan operasi aljabar berupa  logaritma serta menyelesaikannya menggunakan sifat-sifat dan aturan yang telah terbukti kebenarannya.

INDIKATOR;
menjelaskan pengertian fungsi persamaan  logaritma dan bentuk grafik fungsinya.
melakukan operasi persamaan logaritma dan menyelesaikan dengan berbagai    bentuk persamaan logaritma.
memahami masalah   yang melibatkan  logaritma serta  penyelesaiannya.

         TUJUAN PEMBELAJARAN ;
    Setelah mempelajari Unit ini siswa diharapkan mampu ;
Siswa mampu mendeskripsikan dan menentukan penyelesaian fungsi  logaritma menggunakan masalah kontekstual , serta keterkaitannya.
Siswa diharapkan mampu menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi logagritma.

MATERI PEMBELAJARAN ;
 fungsi persamaan dan pertidaksamaan logaritma
               

METODE PEMBELAJARAN  ;

 Model pembelajaran     ;  cooperatif learning
Metode                         ;   Diskusi dan tanya jawab.

SUMBER PEMBELAJARAN;
            Sumber;
buku matematika kelompok peminatan Kelas x.
buku paket.
buku referensi lain.
                KEGIATAN  PEMBELAJARAN ;
            Pertemuan 11 ( dua )

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan  sub unit yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” fungsi persamaan dan pertidaksamaan logaritma”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
§   Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta membaca dalam hati.
§   Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait fungsi logaritma dan grafiknya , kemudian mendiskusikannya terkait penggunaan  logaritma.
§   Tanya jawab tentang bentuk-bentuk persamaan logaritma.
          Apa itu logaritma?”
          pernahkah sebelumnya berjumpa dengan logaritma?”
         “ masih ingatkah kalian bentuk-bentuk dari persamaan logaritma?”
§  menyampaikan  inti pembelajaran hari ini, mengenai fungsi persamaan dan pertidaksamaan logaritma.
20 menit
Inti
§   mengamati permasalahan mengenai fungsi dan bentuk-bentuk logaritma
§   menyimak penjelasan mengenai bagaimana bentuk  fungsi dan logaritma
§   menyelesaikan beberapa contoh logaritma.
§   Menganalisis dan menyimpulkan data tambahan tentang bentuk-bentuk persamaan dan pertidaksamaan logaritma
§   Menganalisis dan menyimpulkan data tambahan tentang permasalahan yang melibatkan logaritma.
§   Memberikan soal latihan tambahan terkait logaritma .
      100 menit

Penutup
§  Siswa diharapkan mengajukan pertanyaan tentang pembelajaran hari ini.
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit


               






0 Response to "RPP fungsi eksponen dan logaritma Edisi Revisi"

Posting Komentar