Postingan Populer

tips menghadapi masalah



               Ingin menulis, tapi tak tahu mau nulis apa. Ingin tulis cerita tak tahu cerita apa yang akan ditulis, begitulah kalau hati kita sedang tidak enak daging. Masalah selalu datang bertubi-tubi, yang satu baru selesai ditambah lagi masalah lain. Itulah kehidupan .
          Tidak ada hidup tanpa masalah, dan masalah yang kita dapati, itulah realita dari kehidupan didunia. Dan masalah akan berhenti ketika kita sudah innalillahi.masalah yang kita daapati beragam-ragam, ada masalah antara keluarga(ibu vs anak, Kakak vs adik,  adik vs keponakan dsb nya), masalah dengan tetangga, dan masalah-masalah lain yang menganggu tentramnya hidup kita, dan sekaligus menguji kesabaran, dan tujuan akhir dari masalahpun tidak lain dan tidak bukan adalah untuk membuat diri kita menjadi lebih dewasa( dewasa dalam hidup, dewasa dalam berpikir, dewasa dalam mengambil keputusan, dewasa dalam menghadapi berbagai permasalahan), itulah hidup tanpa mengenal siapa diri kita (apakah polisi, anak pejabat tinggi, maupun petani) pasti akan mendapatkan masalah dalam kehidupan dan masalah yang dimilikipun sesuai dengan taraf kehidupan masing-masing,,,,,,,,,,,,,,,
          Berikut saya ingin bagikan beberapa tips dalam menghadapi gelimangan masalah dalam hidup, mau tahu ini dia;
1.        Sabar.
Kenapa saya bilang sabar. Karena sabar sebagian dari iman . dan apabila iman kita kokoh maka kita tidak akan goyah pendirian. Yakinkan dalam diri (hati) anda bahwa tidak ada manusia hidup didunia yang fana ini tanpa masalah, dan masalah akan membawa anda kearah yang dewasa dan masalah juga akan membawa anda ke syurga. Kenapa seperti itu???? Karena saat kita punya masalah kita harus mengana lisa dulu dan jangan buru-buru ambil tindakan, karena menyelesaikan masalah dalam keadaan marah bukan memperbaik keadaan tapi malah memperkeruh keadaan. 
2.      Hadapi vs lari
Kenapa itu???? Coba kita pikirkan  apabila kita mendapati sebuah masalah apakah kita ingin menyelesaiknannya atau lari dari masalah yang ada, kalau kita lari berarti kita sama saja seperti pengecut(ALIAS LEMPAR BATU SEMBUNYI TANGAN), kalian mau yang mana!!!!
Sebenarnya menyelesaikan masalah dalam hidup itu sangat mudah (tapi tidak semudah membalikkan telapak tangan ea????) , pertama kita kenali apa masalah yang kita hadapi, pikirkan baik-baik salah siapakah masalah yang sudah terjadi ini, apakah kamu, ibumu, ataupun tetanggamu (yang memiliki mulut /lidah yang memang benar-benar tidak ada tulang, sehingga pembicaraan dia membuat kita terperangkap dalam masalah yang kita pikir kecil tadi jadi bak gunung meletus mengeluarkan larva yang banyak dan wargapun harus mengungsi),, sesudah kita kenal akan masalah kita tadi, dekatkan diri dengan masalah tadi hadapi dan bicarakan dengan lembut selembut-lembutnya(tapi tegas, dan tepat sasaran) dan jangan biarkan orang lain membantahnya dulu…dan kalau bisa kamu menyelesaikan masalah tadi hanya denga orang yang bersangkutan saja dan jangan biarkan ada orang lain saat kalian menyelesaikan masalah karena itu dapat membuat masalah kalian nanti tak terpecahkan dan tak ada titik temunya.
3.     Berserah diri kepada yang khalik
Saat masalah yang terjadi dalam hidupmu tak ada lagi jalan yang bisa digunakan untuk menyelesaikannya, maka alangkah lebih baiknya kita berserahkan diri kepada Allah S.W.T . karena Allah maha tahu akan segal-galanya.dan saran dari saya jika kalian dalam masalah sesegeralah ke kamar mandi untuk ambil wudhu’ kemudian jika datang waktu salat, salatlah dulu, setelah itu ambillah Al-QUR’AN dan bacalah dia jangan henti-henti hingga membuat kalian lelah dan damai akan perasaanmu, karena manfaat dari membaca al-quran sendiri yaitu dapat menenangkan hati. Dan apabila memang dengan cara itu belum cukup, maka pakailah sepatu olahraga  anda dan larilah menelusuri jalan/ taman dan jangan henti jika anda belum benar-benar merasa lelah / capek karena lari tadi, sehingga stres anda berkurang…..
Itulah beberapa tips yang bisa saya share semoga bermanfaat, dan ingatlah satu hal, setiap yang bernyawa pasti akan mati, dan setiap masalah pasti ada jalan keluar,,,,,
Don’t be panic , sabar , jalani dan jangan pernah menyerah yang benar pasti menang, tidak menang didunia akan menang diakhirat…
Salam sehat selalu
Laila akmal

0 Response to "tips menghadapi masalah"

Posting Komentar