Postingan Populer

sejarah komputer




MEDIA KOMPUTER
  Laila akmal
                                                


A.             Pengertian Media Komputer
Media berasal dari kata “medium” yang berasal dari bahasa Latin “medius” yang berarti “tenah” atau “sedang”. Pengertian media mengarah pada sesuatu yang mengantar/meneruskan informasi (pesan) antara sumber (pemberi pesan) dan penerima pesan (Latuheru, 1988: 9). Dengan demikian, media merupakan suatu alat, sarana atau perangkat yang dapat memudahkan pekerjaan penggunanya. Media dapat dikatakan pula sebagai bentuk-bentuk komunikasi baik tercetak maupun audio visual, sehingga media dapat dimanipulasi, dilihat, dibaca, dan didengar. Dalam menggunakan media, maka harus memperhatikan beberaoa teknik agar media yang dipergunakan itu dapat dimanfaatkan dengan maksimal dan tidak menyimpang dari tujuan media tersebut.
Dalam hal ini, ditinjau dari kesiapan pengadaannya, computer merupakan contoh media rancangan yang perlu dirancang dan dipersiapkan secara khusus dengan maksud dan tujuan pembelajaran tertentu. Istilah komputer berasal dari bahasa Latin “computare” atau to compute yang artinya menghitung (alat hitung), tetapi dalam perkembangannya, komputer mengalami peningkatan fungsi dengan berkembang pesatnya Tehnologi Informasi dan Electonika (TIE), arti menghitung hanya bagian kecil dari proses pengolahan data hingga menghasilkan sebuah informasi (Arisandy, Windia: 2012). Menurut Lia Kuswayanto (2006), computer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data secara cepat dan tepat. Komputer dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis dapat menerima dan menyimpan data masukan, memprosesnya, dan menghasilkan keluaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa computer adalah alat elektronik atau mesin yang dapat deprogram untuk menerima data dan mengolahnya menjadi informasi yang berguna. Pengolahan data menggunakan computer dikenal pula dengan istilah Pengolahan Data Elektronik (PDE) atau Electronic Data Processing (EDP).
Dengan demikian, komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer. Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat di layar monitor belum dalam bentuk cetak (print out).

B.             Sejarah Media Komputer
Komputer pada awalnya dirancang untuk digunakan sebagai keperluan perhitungan. Inspirasinya diambil dari alat hitung tertua bernama “Abacus”, pada 300SM dikenal sebagai Sipoa yang berasal dari Negeri Cina. Charles Babbage, seorang ahli matematika dari Inggris pertama kali mengemukakan gagsan tentang komputer yang dapat diprogram. menyelesaikan prinsip-prinsip pemakaian umum komputer digital seabad penuh sebelum perkembangan besar-besaran mesin hitung elektronik terjadi. Mesin yang dirancangnya, yang diberinya nama "mesin analitis" pada pokoknya mampu melaksanakan apa saja yang bisa dilakukan kalkulator modern (meski tidak sama cepatnya, karena "mesin analis" bukanlah dirancang untuk bertenaga listrik). Sayangnya, berhubung teknologi abad ke-19 belumlah cukup maju, Babbage tidak sanggup merampungkan konstruksi "mesin analis" itu, selain memang tidak memiliki waktu dan biaya besar. Sesudah matinya, gagasannya yang begitu cemerlang nyaris dilupakan orang.
Kemudian pada tahun 1973, Howard G. Aitken, seorang doktor dari Harvard University meneruskan gagasan Charles Babbage dan menyelesaikan rancangan mesin komputernya. Ia bekerjasama dengan IBM (International Business Machine Corp), yang berhasil membuuat sebuah mesin yang bekerja dengan tenaga elektromekanik yang diberi nama Harvard Mark-1. Komputer generasi pertama ini berat totalnya 5 ton dengan kemampuan membuat kalkulasi angka 23 digit selama 6 detik.
Diteruskan dengan komputer generasi kedua yang muncul pada tahun 1960-1964. Komputer ini diberi nama IBM-7090, yang merupakan komputer komersial yang menggunakan transistor sebagai penguat sinyal. Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan segala macam pekerjaan baik yang bersifat ilmiah ataupun komersial
Muncul konsep komputer generasi ke-dua yang memacu orang untuk melakukan penelitian lebih mendalam mengenai komputer. Pada generasi ke-tiga ini, ribuan transistor akhirnya berhasil digabung dalam satu bentuk yang sangat kecil. Secuil silicium yang mempunyai ukuran beberapa milimeter berhasil diciptakan, dan inilah yang disebut sebagai Integrated Circuit atau IC-Chip yang merupakan ciri khas komputer generasi ketiga.
Pada generasi ke-empat munculah microprocessor merupakan chiri khas komputer generasi keempat yang merupakan pemadatan ribuan IC ke dalam sebuah Chip. Karena bentuk yang semakin kecil dan kemampuan yang semakin meningkat dan harga yang ditawarkan juga semakin murah. Microprocessor merupakan awal kelahiran komputer personal.
Pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke dalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor di antaranya adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Di pasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium. Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, di samping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih tajam, di samping itu kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat.
Pentium-4 diproduksi dengan menggunakan teknologi 0.18 mikron. Dengan bentuk yang semakin kecil mengakibatkan daya, arus dan tegangan panas yang dikeluarkan juga semakin kecil. Dengan processor yang lebih cepat dingin, dapat dihasilkan kecepatan MHz yang lebih tinggi. Kecepatan yang dimiliki adalah 20 kali lebih cepat dari generasi     Pentium 3.

  C.      Jenis-Jenis Media Komputer
Menurut Yuhefizar (2011), adapun jenis-jenis media komputer adalah, sebagai berikut:
         1.       PC atau Personal Computer
Sesuai dengan namanya personal computer, maka PC adalah komputer yang ditujukan untuk pemakaian satu orang atau dimiliki secara pribadi. Sebelum PC ini muncul, komputer dahulunya berwujud sangat besar, sehingga hanya dimiliki oleh perusahaan tertentu saja. PC pertama bernama Altair yang diproduki oleh MITS pada tahun 1975.
   2.      Komputer Desktop
Merupakan komputer yang dirancang untuk tidak dapat dipindahkan-pindahkan, atau khusus dirancang untuk diletakkan disuatu tempat seperti diatas meja kerja. Komputer jenis ini sangat banyak beredar dipasaran, terutama dikalangan perguruan tinggi, kantor dan perusahaan.
   3.       Laptop
Dahulu istilah laptop berbeda dengan notebook ditinjau dari segi ukuran, namun sekarang laptop atau notebook mengacu ke maksud yang sama, yaitu komputer portable (mudah dibawa-bawa) yang tergabung langsung dengan monitor, keyboard, mouse pad/trackbal, processor, harrdisk, memory dan peripheral lainnya dengan ukuran yang kecil dan ringan. Kemampunya bahkan melebihi komputer dekstop maupun PC. Layar pada laptop menggunakan LCD berukuran variasi, mulai dari 12 inchi hingga 17 inchi.  Semakin besar layar monitor, maka akan semakin berat laptop tersebut.
   4.      Tablet PC
Tablet PC adalah laptop atau portable computer berbentuk buku (Setyaji, Jarot. 2010: 7). Salah satu jenis komputer ini menggunakan layar sentuh, sehingga pengguna dapat menggunakan pulpen digital ataupun sentuhan jari selain keyboard atau mouse komputer. Layar Tablet PC dapat juga dimungkingakn untuk bergerak memutar hingga 360 derajat.
    5.     PDA, Personal Digital Assistants
PDA adalah komputer canggih yang menggunakan flash memory sebagai pengganti media penyimpanan. PDA tidak memiliki keyboard, namun menggunakan teknologi layar sentuh (touchscreen) sebagai media input. PDA mempunyai ukuran yang sangat kecil, sedikit diatas ukuran handphone dan dapat dengan mudah dibawa kemana-mana. Versi PDA kini dalam pemfungsiannya juga dapat digunakan sebagai handphone.
    6.       Komputer Workstation
Workstation sebenarnya adalah komputer desktop yang memiliki kelebihan utama dalam hal kemampuan prosesor, memori yang besar, dan kemampuannya dalam menjalankan aplikasi-aplikasi yang membutuhkan dayaguna tinggi, seperti aplikasi 3 dimensi, grafik, multimedia dan lain sebagainya.
     7.      Komputer Server
Server adalah komputer diperuntukan untuk menyediakan layanan terhadap komputer lainnya (client) dalam sebuah jaringan. Komputer server memiliki prosesor yang kuat, memori yang besar, dan kapasitas harddisk yang lebih besar.
    8.      Komputer Mainframe
Komputer mainframe merupakan  komputer dengan ukuran besar yang mampu melayani ratusan program aplikasi secara bersamaan, mendukung puluhan bahasa pemrograman yang berbeda, mampu menyimpan dan mengakses informasi rutin dengan kapasitas yang besar, mampu melayani ratusan transaksi secara bersamaan, bahkan lebih dan kelebihan lainnya. Komputer ini biasanya berfungsi sebagai pusat data pada perusahaan besar. Namun dengan perkembangan zaman, komputer-komputer terbaru saat ini secara bertahap akan mampu menyaingi kelebihan dari komputer mainframe ini. Untuk ukuran yang sedang disebut dengan mini komputer dan ukuran lebih kecil disebut dengan mikro komputer.
   9.      Wearable Computer
Wearable Computer adalah perkembangan terbaru dalam bidang komputer, yaitu perangkat komputer menyatu. Aplikasi-aplikasi yang biasa digunakan seperti email, database, multimedia, kalender terintegrasi langsung dengan jam tangan, handphone atau dalam bentuk lainnya. Sehingga perangkat komputer sudah menyatu dalam kehidupan kita sehari-hari.
D.      Manfaat Penggunaan Media Komputer
Manusia menciptakan suatu barang untuk dapat mempermudah pekerjaan yang dilakukannya. Dengan kata lain manusia menciptakan suatu barang dengan maksud tertentu dan berguna bagi pemakainya, begitu pula dengan media komputer. Adapun manfaat dari media komputer adalah, sebagai berikut:
  1.            Komputer sebagai sarana mempermudah kerja :
Dengan komputer banyak pekerjaan yang dapat di selesaikan dengan mudah, bila dahulu orang mengetik surat harus dengan mesin tik, dan bila ada kesalahan maka kertas tersebut akan di sobek dan di ketik ulang kembali, selain itu dengan mesin tik dokumen yang telah di ketik tidak dapat di edit kembali, sementara dengan menggunakan komputer kita dapat mengetik dokumen, mengedit dan menyimpan dokumen tersebut untuk dapat di edit berulang-ulang.
  2.            Kompter Sebagai Sarana Komunikasi
Zaman dahulu bila berkomunikasi dengan seseorang yang berada jauh dari kita, kita dapat menggunakan fasilitas telepon, tapi itu kita hanya mendengar suara teman atau saudara kita. Dengan komputer kita dapat :
a.            Berbicara dengan teman atau saudara kita
b.            Sambil bicara kita bisa melihat mereka dengan menggunakan webcam
c.            Dapat menuliskan kata-kata kita kepada mereka (Chating)
d.            Juga kita dapat menulis surat kepada mereka (Email)
e.            Kita dapat mengirim gambar atau file kepada mereka dll
  3.            Komputer sebagai Alat Hiburan
Dahulu alat hiburan kita hanyalah radio, tape, televisi dan jalan-jalan untuk mengetahui kondisi dan situasi dari satu wilayah. Dengan komputer kita dapat mengghibur dirikita dengan berbagai fasilitas yang terdapat pada komputer antara lain :
a.            Mendenar lagu-lagu atau musik melalui CD/DVD atau melalui Internet
b.            Menonton Vidoe lewat kaset CD/DVD atau melalui Internet
c.            Bermain Game, dengan aplikasi game yang kita Install sendiri atau Game online dengan Internet.
d.            Berhubungan dengan teman melalui fasilitas Chating, atau Webcam
e.            Menonton TV, dari saluran TV Reciver yang kita pasang pada komputer atau melalui TV Chanel Online dengan Internet
  4.            Komputer Sebagai Alat Pendidikan
Dahulu fasilitas pendidikan hanya kita peroleh melalui Sekolah, dan selain di sekolah informasi pendidikan dapat kita peroleh melalui media Radio, Televisi, Koran, dan tempat-tempat kursus. Dengan menggunakan Komputer yang terhubung dengan Internet ataupun tidak kita dapat memperoleh pendidikan dan Ilmu pengetahuan, antara lain :
a.            Dari aplikasi yang kita Install. Setiap aplikasi yang kita install pasti ada menu bantuannya (help) yaitu tutorial cara menggunakan program dan pelatihan.
b.            Aplikasi yang kita Install dapat membuat kita menjadi ahli dalam beberapa bidang seperti : Adobe photoshope, dengan aplikasi ini kita bisa menjadi seorang yang mahir bidang grafis, Power Point ; dengan aplikasi ini kita menjadi seorang yang mahir di bidang persentasi, Autocad ; dengan aplikasi ini kita bisa menjadi seorang yang mahir di bidang disain arsitektur dll.
c.            Selain dari aplikasi yang kita install, bila kita terhubung dengan Internet kita dapa memperoleh pendidikan atau Ilmu pengetahuan seperti : Sejarah, Kebudayaan, Matematika, Sosial, Biologi, Kedokteran atau Kesehatan, Ekonomi, Politik, Website Designe, Bahasa (segala Bahasa dapat di peroleh), pengetahuan Agama.
  5.            Komputer Sebagai Sarana Informasi
Dengan komputer kita dapat melihat atau memperoleh informasi yang kita butuhkan seperti :
a.               Informasi pendidikan, tempat-tempat pendidikan
b.               Informasi Hiburan, mencari tempat-tempat hiburan
c.               Informasi Travel, mencari dan memesan tiket transprotasi
d.               Informasi Produk, mencari produk yang kita inginkan.
e.               Informasi Pekerjaan, menjari lowongan kerja.
f.               Informasi Berita, mencari kejadian atau berita dalam dan luar negeri
g.               Informasi Cuaca, mengetahui keadaan cuaca saat ini
h.               Informasi Lalu lintas, mengetahui situasi lalulintas
i.               Informasi Kesehatan, mencari tips kesehatan serta tempat2 untuk pengobatan.
j.               Informasi Politik
k.               Informasi Perdagangan
l.               Informasi Usaha, mencari peluang untuk membuka usaha
m.               dan masih banyak lagi informasi yang dapat kita peroleh dari Komputer yang terhubung dengan Internet.
  6.            Komputer Sebagai Sarana Usaha
Selain untuk komunikasi, mempermudah pekerjaan, serta alat hiburan, komputer juga dapat dipergunakan sebagai alat untuk melakukan banyak usaha yang mendatangkan penghasilan bagi kita antara lain :
a.        Membuat Rental Komputer
b.        Membuat Warnet
c.        Membuat Usaha percetakan
d.        Membuat usaha Video Editing
e.        Membuat Usaha Ringtone dan Wallpaper ke Hp
f.        Membuat Usaha Sablon
g.        Membuat usaha Service dan Install Komputer Software
h.        Membuka usaha Disain Arsitektur.
i.        Membuka Usaha disain Grafis untuk periklanan
j.        Membuka Usaha disain Website
k.        Membuka Usaha programer akounting dan keuangan
l.        Membuka Usaha Kursus Komputer
m.        Membuat Jasa Website sebagai media Informasi
n.        Mengarang dan membuat buku Online yang dapat di jual
 

7.            Komputer Sebagai Sarana Kontrol
Dibeberapa pabrik, Perhotelan, dan perusahaan banyak komputer dipergunakan sebagai sarana untuk mengontrol atau mengoperasikan system seperti :
a.            Mengontrol pengoperasian mesin Robot pabrik
b.            Mengontorl kamera security
c.            Mengontrol escalator
d.            Pengontorlan pencahayaan untuk lampu Studio rekaman
e.            Pengontrolan peralatan Editing Video
f.            Pengontrolan tata lampu traffic jalan
g.            Pengontrolan system jaringan Network

E.       Media Komputer sebagai Media Pembelajaran
Media merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan pembelajaran. Melalui media proses pembelajaran bisa lebih menarik dan menyenangkan. Aplikasi komputer dalam bidang pembelajaran memungkinkan berlangsungnya proses belajar secara individual (individual learning). Pemakai komputer atau user dapat melakukan interaksi langsung dengan sumber informasi. Perkembangan teknologi komputer jaringan (computer network/Internet) saat ini telah memungkinkan pemakainya melakukan interaksi dalam memperoleh pengetahuan dan informasi yang diinginkan. Berbagai bentuk interaksi pembelajaran dapat berlangsung dengan tersedianya medium komputer.
Teknologi berbasis komputer merupakan cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan sumber-sumber yang berbasis mikroprosesor (Puspita Dewi, Tri: 2011). Perbedaan antara media yang dihasilkan oleh teknologi berbasis koputer dengan dua teknologi lainnya adalah karena informasi/materi disimpan dalam bentuk digital, bukan dalam bentuk cetakan atau visual. Berbagai jenis aplikasi  teknologi berbasis komputer dalam pengajaran umumnya  dikenal sebagai Computer Assisted Instruction (pengajaran berbantuan komputer). Aplikasi tersebut meliputi drills dan practice (latihan untuk membantu siswa menguasai materi yang telah dipelajari sebelumnya), tutorial (penyajian materi pelajaran secara bertahap), permainan dan simulasi (latihan mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang baru dipelajari).
Beberapa tujuan yang dapat dicapai dalam penggunaan media komputer menurut Steofandi Fizari (2010), adalah sebagai berikut:
  1.      Untuk Tujuan Kognitif
Komputer dapat mengajarkan konsep-konsep aturan, prinsip, langkah-langkah, proses, dan kalkulasi yang kompleks. Komputer juga dapat menjelaskan konsep tersebut dengan sederhana dengan penggabungan visual dan audio yang dianimasikan.
 
  2.      Untuk Tujuan Psikomotor
Dengan bentuk pembelajaran yang dikemas dalam bentuk games & simulasi sangat bagus digunakan untuk menciptakan kondisi dunia kerja. Beberapa contoh program antara lain; simulasi pendaratan pesawat, simulasi perang dalam medan yang paling berat dan sebagainya.
  3.      Untuk Tujuan Afektif
Bila program didesain secara tepat dengan memberikan potongan klip suara atau video yang isinya menggugah perasaan, pembelajaran sikap/ afektif pun dapat dilakukan mengunakan media komputer.
Menurut Haryanto, Yuli (2008), keuntungan pembelajaran berbantuan komputer adalah:
1.      Pembelajaran berbantuan komputer bila dirancang dengan baik, merupakan media     pembelajaran yang sangat efektif, dapat dimudahkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran.
2.      Meningkatkan motivasi belajar siswa.
3.      Mendukung pembelajaran individual sesuai kemampuan siswa.
4.      Melatih siswa untuk terampil memilih bagian-bagian isi pembelajaran yang dikehendaki.
5.      Dapat digunakan sebagai penyampai balikan langsung.
6.      Dalam mengerjakan latihan-latihan proses koreksi jawaban dapat dimintakan bantuan komputer dan disajikan dengan cepat atau sesuai kecepatan yang diperlukan pembelajaran.
7.      Materi dapat diulang-ulang sesuai keperluan, tanpa harus menimbulkan rasa jenuh guru atau narasumbernya.
Media komputer memiliki keterbatasan dalam penggunaanya sebagai media.

pembelajaran, adapun keterbatasannya menurut Arsyad (2002) adalah sebagai berikut:
1.      Keterbatasan bentuk dialog/ komunikasi
2.      Sering siswa mempunyai jalan pikiran yang belum tentu dapat terancang dan diungkapkan dengan tepat melalui komputer.
3.      Feeback yang diperlukan siswa pada dasarnya sangat bervariasi, tetapi dengan komputer kepentingan siswa masing-masing tidak selalu dapat terlacak atau disediaakan  oleh program komputer, sehingga program yang tersedia saat ini belum memperhitungkan kreativitas siswa
4.      Beberapa program yang disediakan mungkin menyebabkan belajar hafalan yang kurang bermakna bagi siswa
5.      Keterseringan menggunakan komputer dapat menyebakan ketergantungan yang berakibat kurang baik.
6.      Mengurangi sikap interaksi sosial yang seharusnya merupakan bagian dalam pendidikan, karena komputer hanya efektif bila digunakan oleh satu orang atau beberapa orang dalam kelompok kecil.

Dengan demikian, komputer merupakan alat yang bisa dimanfaatkan sebagai media utama dalam pembelajaran karena berbagai macam kemampuan yang dimilikinya, diantaranya memiliki respon yang cepat secara virtual (tampilan) terhadap masukan yang diberikan siswa (user), mempunyai kapasitas untuk menyimpan dan memanipulasi informasi, serta dapat digunakan secara luas sebagai alat dalam kegiatan pembelajaran.


0 Response to "sejarah komputer"

Posting Komentar