Postingan Populer

Perbandingan Trigonometri RPP Revisi terbaru


      
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)

Persamaan dan pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak

                       Satuan Pendidikan     :     SMA NEGERI 2 MUTIARA
                       Kelas / Semester       :     X / 1(Ganjil)
 Unit  5                     :    Perbandingan Trigonometri
Sub Unit                   :    Perbandingan Trigonometri dalam segitiga siku-siku
                      Pembelajaran Ke       :     5
                      Alokasi Waktu          :    

Kompetensi inti

3.      Memahami dan menerapkan, menganalisis  pengetahuan (factual, konseptual,dan procedural)  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni budaya  dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan , kebangsaan , kenegaraan , dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian , serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menyaji,dan menalar dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri , dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

KOMPETENSI DASAR (KD) 

3.5   Mendeskripsikan dan menganalisis  perbandingan  pada sudut-sudut segitiga siku-  siku
4.13  menganalisis dan menentukan nilai berdasarkan formula dasar  perbandingan trigonometri pada sudut segitiga siku-siku.

INDIKATOR;

         menjelaskan pengertian dan bentuk umum persamaan linear dua variabel
         menyelesaikan persamaan linear dua vriable dengan berbagai metode solusinya
           pengaplikasian persamaan linear dua variable dalam kehidupan sehari-hari

         TUJUAN PEMBELAJARAN 

    Setelah mempelajari Unit ini siswa diharapkan mampu
    mendeskripsikan dan menentukan sudut-sudut  perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku
menyajikan segitiga dan menentukan sudut perbandingan trigonometri (formula dasar) dan menghubungkan dengan permasalahan  sehari-hari
MATERI PEMBELAJARAN 

            Perbandingan Trigonometri dalam Segitiga Siku-siku
           
METODE PEMBELAJARAN  

Model pembelajaran       ;  cooperatif learning
Metode                         ;   Diskusi dan tanya jawab.


SUMBER PEMBELAJARAN;

             Buku matematika untuk SMA kelas X kelompok Wajib
           
             Buku paket

             Buku referensi lainnya.


            KEGIATAN PEMBELAJARAN
            Pertemuan 20 (dua puluh)

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan sub unit yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”perbandingan trigonometri dalam segitiga siku-siku
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
§   Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta membaca dalam hati.
§   Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku kemudian mendiskusikan penggunaan konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
§   Tanya jawab tentang perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku
          Apa itu perbandingan trigonometri ?”
          apakah perbandingan trigonometri hannya akan kita jumpai pada segitiga siku-siku saja ?”
         “bagaimanakah bentuk formula dasar perbandingan trigonometri?”
§  menyampaikan  inti pembelajaran hari ini, mengenai perbandingan trigometri pada segitiga siku-siku
20 menit
Inti
§   mengamati permasalahan mengenai perbandingan trigonometri
§   menyimak penjelasan mengenai bagaimana bentuk bentuk formula dasar perbandingan trigonometri didapatkan
§   menyelesaikan beberapa contoh perbandingan trigonometri berdasarkan formula dasarnya
§   Menganalisis dan menyimpulkan data tambahan tentang bentuk-bentuk formula dasar dan mengaitkan secara lengsung dengan kehidupan sehari-hari
§   menyimpulkan data tambahan tentang permasalahan yang melibatkan perbandingan trigonometri
§   Memberikan soal latihan tambahan terkait perbandingan trigonometri dalam segitiga siku-siku yang berkaitan langsung dengan permasalahan seharii-hari
           menit

Penutup
§  Siswa diharapkan mengajukan pertanyaan tentang pembelajaran hari ini.
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit





0 Response to "Perbandingan Trigonometri RPP Revisi terbaru"

Posting Komentar