RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Persamaan dan pertidaksamaan linear dalam tanda mutlak
Satuan Pendidikan : SMA
NEGERI 2 MUTIARA
Kelas / Semester : X
/ 1(Ganjil)
Unit 5 : Perbandingan
Trigonometri
Sub Unit : Perbandingan Trigonometri dalam
segitiga siku-siku
Pembelajaran Ke : 5
Alokasi Waktu :
Kompetensi inti
3.
Memahami
dan menerapkan, menganalisis pengetahuan
(factual, konseptual,dan procedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni
budaya dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan , kebangsaan , kenegaraan , dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian , serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menyaji,dan menalar dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri , dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI DASAR
(KD)
3.5 Mendeskripsikan dan menganalisis perbandingan
pada sudut-sudut segitiga siku- siku
4.13 menganalisis dan menentukan nilai berdasarkan
formula dasar perbandingan trigonometri
pada sudut segitiga siku-siku.
INDIKATOR;
⋆ menjelaskan
pengertian dan bentuk umum persamaan linear dua variabel
⋆ menyelesaikan
persamaan linear dua vriable dengan berbagai metode solusinya
⋆pengaplikasian persamaan linear
dua variable dalam kehidupan sehari-hari
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mempelajari Unit ini siswa diharapkan mampu
⋆ mendeskripsikan dan menentukan
sudut-sudut perbandingan trigonometri
pada segitiga siku-siku
⋆ menyajikan
segitiga dan menentukan sudut perbandingan trigonometri (formula dasar) dan
menghubungkan dengan permasalahan
sehari-hari
MATERI PEMBELAJARAN
Perbandingan Trigonometri dalam
Segitiga Siku-siku
METODE PEMBELAJARAN
Model
pembelajaran ; cooperatif learning
Metode ; Diskusi dan tanya jawab.
SUMBER PEMBELAJARAN;
Buku matematika untuk SMA kelas X kelompok
Wajib
Buku paket
Buku referensi lainnya.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 20 (dua puluh)
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a.
§ Guru mengecek
kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan posisi tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan sub unit yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”perbandingan trigonometri
dalam segitiga siku-siku
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan.
§ Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta
membaca dalam hati.
§ Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa
terkait perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku kemudian
mendiskusikan penggunaan konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
§ Tanya jawab tentang perbandingan trigonometri pada
segitiga siku-siku
”Apa itu perbandingan trigonometri ?”
”apakah
perbandingan trigonometri hannya akan kita jumpai pada segitiga siku-siku
saja ?”
“bagaimanakah bentuk formula dasar
perbandingan trigonometri?”
§ menyampaikan inti pembelajaran hari ini, mengenai perbandingan
trigometri pada segitiga siku-siku
|
20 menit
|
Inti
|
§ mengamati permasalahan mengenai perbandingan
trigonometri
§ menyimak penjelasan mengenai bagaimana bentuk bentuk
formula dasar perbandingan trigonometri didapatkan
§ menyelesaikan beberapa contoh perbandingan trigonometri
berdasarkan formula dasarnya
§ Menganalisis dan menyimpulkan data tambahan tentang
bentuk-bentuk formula dasar dan mengaitkan secara lengsung dengan kehidupan
sehari-hari
§ menyimpulkan data tambahan tentang permasalahan yang
melibatkan perbandingan trigonometri
§ Memberikan soal latihan tambahan terkait perbandingan
trigonometri dalam segitiga siku-siku yang berkaitan langsung dengan
permasalahan seharii-hari
|
menit
|
Penutup
|
§
Siswa diharapkan mengajukan pertanyaan tentang pembelajaran hari ini.
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan
/ rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang
pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa
berdo’a (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
0 Response to "Perbandingan Trigonometri RPP Revisi terbaru"
Posting Komentar